Manajemen Kelas Prasekolah
Rp 103.000Kode | RR.PK0487 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Manajemen Kelas Prasekolah
Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd.
Cetakan: 1, 2024
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
272 Halaman
ISBN: 978-602-446-714-2
Sinopsis:
Manajemen kelas adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Mengelola kelas merupakan bagian integral dari proses belajar mengajar. Efektivitas pengelolaan kelas menunjukkan kepedulian seorang guru terhadap proses pembelajaran. Guru bergantung pada efisiensinya untuk melakukan tugas dengan lebih efektif. Oleh karena itu, manajemen ruang kelas baik sebagai proses maupun sebagai pendekatan, mempunyai dampak yang besar terhadap pembelajaran siswa. Manajemen kelas berorientasi pada tindakan dan tujuan serta dirancang untuk menawarkan disiplin kepada siswa untuk mencegah gangguan sebelum itu terjadi pada saat kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Siswa akan berkembang dengan jelas sehingga penting agar strategi manajemen kelas dikomunikasikan oleh guru secara efektif. Manajemen kelas terbagi atas dua, yaitu: pertama, manajemen fisik mencakup semua alat dan fasilitas fisik atau struktural di kelas yang meliputi penataan ruang belajar, perencanaan pembelajaran, dan asesmen. Kedua, manajemen siswa yang ada di dalamnya. Bagian ini mencakup mengenai perilaku, cara memberikan perlakukan dalam proses pembelajaran, dan hal yang berkaitan dengan pengembangan diri serta pembelajaran siswa. Guru di bagian ini diajak untuk mengenal lebih jauh karakteristik perkembangan dan gaya belajar siswa, termasuk strategi disiplin pada siswa yang berada dalam kategori usia dini. Selain memuat konsep teori, buku ini juga dilengkapi dengan uraian implementasi di kelas sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca.
—
Daftar Isi
BAB 1 PENGANTAR MANAJEMEN KELAS
A. Manajemen Kelas
B. Teori-Teori Psikologi dalam Proses Pembelajaran
BAB 2 ETIKA PROFESI
A. Etika Profesi
B. Membangun Komunitas Kelas yang Positif
C. Implementasi di Kelas
BAB 3 KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
A. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini
B. Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini
C. Gaya Belajar Anak
D. Bermain bagi Anak Usia Dini
E. Implementasi di Kelas
BAB 4 DISIPLIN KELAS
A. Disiplin Kelas
B. Implementasi di Kelas
BAB 5 PENATAAN RUANG BELAJAR
A. Lingkungan Belajar di Dalam Ruangan Kelas (Indoor Classroom)
B. Lingkungan Belajar di Luar Ruangan Kelas (Outdoor Classroom)
C. Implementasi di Kelas
BAB 6 PERENCANAAN PEMBELAJARAN
A. Perencanaan Pembelajaran
B. Memahami Kurikulum Merdeka
C. Implementasi di Kelas
BAB 7 ASESMEN ANAK USIA DINI
A. Penilaian Anak Usia Dini
B. Implementasi di Kelas
BAB 8 KOMUNIKASI DENGAN ORANG TUA SISWA
Strategi Berkomunikasi dengan Orang Tua
BAB 9 RAGAM KEGIATAN KELAS
A. Kegiatan Memasak
B. Karyawisata
C. Keamanan dan Perlindungan Anak di Lingkungan Sekolah
Manajemen Kelas Prasekolah
Berat | 530 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.225 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Yurniwati, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 196 Halaman ISBN: 978-602-446-327-4 Sinopsis : Guru sebagai ujung tombak di bidang pendidikan memegang peranan sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menyediakan buku sebagai sumber… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 285 HLM + xiii ISBN : 979-692-385- Sinopsis : Psikologi merupakan suatu disiplin ilmu yang dalam waktu bersamaan menempatkan manusia pada dua posisi sekaligus: sebagai subjek dan sebagai objek. Sebagai subjek manusia menjadi pelaku aktif… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Sunaryo Kartadinata, Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 15×21 cm, 204 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-641-1 Sinopsis : Perdamaian, kedamaian, dan bahkan kekerasan pertama kali dibangun dalam pikiran manusia. Jika kedamaian ada dalam pikiran kita, maka lingkungan kita akan cenderung menjadi damai. Oleh karena itu, terciptanya kedamaian pertama… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Nanang Priatna, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 352 Halaman ISBN: 978-602-446-304-5 Sinopsis : Mengapa matematika diakui sebagai tolok ukur utama untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang? Hal ini sesuai dengan karakteristik matematika sebagai ilmu yang bersifat… selengkapnya
Rp 100.800 Rp 126.00020%
Penulis: Muhibbin Syah Cetakan: 22, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 280 halaman ISBN: 979-514-672-6 Sinopsis: Seorang pendidik (guru, dosen, dsb.) dan tenaga kependidikan (kepala sekolah Madrasah dan para wakilnya) sangat memerlukan aneka ragam pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan profesinya sesuai dengan tuntutan zaman dan… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: Sarwiji Suwandi, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 224 Halaman ISBN: 978-602-446-349-6 Sinopsis : Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah kini tengah dilaksanakan di berbagai sektor kehidupan. Gerakan literasi tidak sebatas gerakan membaca dan menulis saja, tetapi terkait erat… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Abdul Majid, M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 400 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-143-0 Sinopsis: Standar proses pendidikan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu prinsip pendidikan adalah proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang… selengkapnya
Rp 84.000 Rp 105.00020%
Prof. Dr. Wardi Bachtiar, M.A 16 x 24 cm – 372 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 4, 2013 ISBN: 979-692-671-7 Sinopsis : Buku ini membicarakan gagasangagasan segar dalam bidang sosiologi sejak periode awal kelahirannya hingga pemikiran yang mengedepankan teori kontemporer. Beberapa tokoh penting juga ditampilkan dalam berbagai pemikirannya… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Judul : MENJADI GURU PROFESIONAL Pengarang : MOH. UZER USMAN Tahun : Cet 29, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 154 halaman ISBN : 979-514-003-5 Sinopsis: Dalam buku ini penulis memberikan petunjuk praktis untuk menjadi guru profesional. Kepraktisannya menonjol terutama karena menyertakan pedoman, contoh-contoh, dan ciri-ciri profesionalisme keguruan. Anda dapat menggunakannya untuk… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Hasbiyallah, Dr., H., M.Ag. dan Nayif Sujudi, M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 308 Halaman ISBN: 978-602-446-369-4 Sinopsis : Perkembangan dan perubahan teknologi yang semakin cepat telah mendorong berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Islam, seperti pesantren modern. Lembaga pendidikan ini tengah menunjukkan eksistensinya… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.