Mengajar dan Membina Kegiatan Pramuka
Rp 76.000 Rp 95.000Kode | RR.PK0434 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Mengajar dan Membina Kegiatan Pramuka
Penulis: Muh. Hizbul Muflihin, Dr., H., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 272 Halaman
ISBN: 978-602-446-399-1
Sinopsis :
Pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk kepribadian kaum muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, dan cinta tanah air dan bangsa. Oleh karena itu, seorang pembina pramuka tidak saja harus mampu menjadi teladan bagi adik-adiknya, tetapi juga membutuhkan kemampuan mengelola kegiatan sehingga tujuan gerakan Pramuka dapat tercapai.
Seorang pembina-yang juga sebagai tenaga pendidik-akan dengan mudah dapat menyampaikan materi kepramukaan seperti PAI dan Budi Pekerti jika disampaikan dan dipelajari di alam terbuka dan dikemas dalam bentuk permainan, KIM, dan sandi. Kondisi yang demikian bukan saja menjadikan pembelajaran lebih menarik, tetapi juga berpengaruh terhadap kualitas hasil pembinaan dan latihan.
Buku di tangan kakak dan adik-adik ini dapat memberi informasi tentang bagaimana mempelajari sandi secara visual diskrit dan tambahan materi latihan harian yang terintegrasi dengan materi PAI dan Budi Pekerti. Buku ini akan memperkaya buku rujukan bagi pembina pramuka dalam mengelola latihan dan membekali keterampilan perkemahan, lomba, dan gelar keterampilan di pangkalan masing-masing.
—
Daftar Isi
BAB I BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
B. Konsep Belajar dan Pembelajaran
BAB II KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
A. Pengertian Keterampilan Dasar Mengajar
B. Jenis-Jenis Keterampilan Dasar Mengajar
BAB III PEMBINA PROFESIONAL
A. Merencanakan Program Kegiatan
B. Melaksanakan Kegiatan Latihan
C. Cara Meningkatkan Profesionalisme Diri
BAB IV KEPRAMUKAAN
A. Sejarah Gerakan Pramuka
B. Konsep Kepramukaan, Gerakan Pramuka, dan Pramuka
C. Kiasan Dasar Gerakan Pramuka
D. Salam Pramuka
E. Tanda Pengenal Pramuka
BAB V ASAS DAN LAMBANG GERAKAN PRAMUKA
A. Asas Gerakan Pramuka
B. Lambang Gerakan Pramuka
C. Makna Tanda Pelantikan Pramuka
D. Moral dan Janji Pramuka
BAB VI UPACARA KEPRAMUKAAN
A. Upacara Latihan Harian
B. Upacara Pelantikan
BAB VII MATERI KEGIATAN DAN LATIHAN KEPRAMUKAAN
A. Materi Kegiatan Kepramukaan
B. Latihan Kepramukaan
C. Menguji SKU dan SKK
BAB VIII KONSEP DASAR SANDI
A. Morse dan Metode Pembelajarannya
B. Cara Mengirim Huruf Morse
C. Macam-Macam Sandi Dinamik
BAB IX PENGGUNAAN MATERI AGAMA ISLAM DAN BP DALAM PEMBUATAN SANDI
A. Materi Kesehatan
B. Materi Agama Islam
C. Materi Bahasa
D. Materi Ilmu Pengetahuan Alam
E. Materi Ilmu Pengetahuan Sosial
F. Materi Keterampilan
BAB X PENGETAHUAN UMUM DAN PRAKTIS
A. Peraturan Baris-Berbaris
B. Pertolongan Pertama Kecelakaan (P2K)
C. Tali Temali dan Cara Mendirikan Tenda
D. Cara Menaksir
E. Survival dan Bivak
F. Cara Memasak Nasi
G. Makanan Sehat dan Sempurna
BAB XI MANAJEMEN JELAJAH ALAM
A. Merencanakan Kegiatan
B. Membentuk Regu/Sangga Kerja
C. Menyiapkan Materi Jelajah dan Isi Jawaban
D. Membuat Kunci Jawaban dan Perangkat Administrasi
E. Menjelaskan Mekanisme Tata Kerja
F. Melaksanakan Jelajah Alam
G. Melakukan Evaluasi Penyelenggaraan
Tags: Gerakan Pramuka, Kegiatan Pramuka, Komunitas Pramuka, Materi Pramuka, Membina Kegiatan Pramuka, Mengajar Pramuka, Pelatihan Pramuka, Pembina Pramuka, Pengembangan Karakter Pramuka, Pramuka Indonesia
Mengajar dan Membina Kegiatan Pramuka
Berat | 430 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 688 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 176 Halaman ISBN: 978-602-446-233-8 Sinopsis: Dua aktivitas yang terbukti efektif mengembangkan keterampilan berupa kemampuan berpikir positif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Apa itu? Jawabannya adalah pengetahuan dan keterampilan yang… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 156 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-089-1 Sinopsis: Tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) secara substansial adalah mengasuh, membimbing, mendorong, mengusahakan, dan menumbuhkembangkan manusia takwa. Ketakwaan merupakan high concept dalam arti memiliki banyak dimensi dan merupakan suatu kondisi yang pencapaiannya… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Arita Marini, DR., Ir. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 120 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-160-7 Sinopsis: Geometri adalah cabang matematika yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Geometri ini disebut juga ilmu ukur. Oleh Karena itu, dalam buku Geometri dan Pengukuran ini dibahas secara lengkap mengenai geometri… selengkapnya
Rp 25.600 Rp 32.00020%
Warsono, M.S., Prof., Dr. – Haryanto, Drs., M.S. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 324 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-121-8 Sinopsis: Model pembelajaran aktif merupakan alternatif yang harus diperhatikan jika kualitas lulusan ingin diperbaiki. Penggunaan cara-cara pembelajaran aktif baik sepenuhnya atau sebagai pelengkap cara-cara belajar tradisional akan meningkatkan kualitas pembelajaran…. selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 284 Halaman ISBN: – Sinopsis: Buku Model Pembelajaran Montessori Islami ini hadir dari kepedulian penulis terhadap metode pembelajaran yang sesuai untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Buku ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran… selengkapnya
Rp 78.400 Rp 98.00020%
Penulis: Arbangi, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 168 Halaman ISBN: 978-602-446-521-6 Sinopsis: Guru sebagai bagian integral dari organisasi sekolah perlu mengembangkan kompetensinya agar peka dan mampu menghadapi perubahan dan perkembangan zaman. Tugas pokok, fungsi, serta kedudukan guru dalam koridor profesi… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 16 x 24 cm, 232 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2011 ISBN: 978-979-692-061-7 Sinopsis: Di dalam buku ini juga dipaparkan peran dari media komputer untuk pembelajaran, hakikat multimedia, serta memproduksinya.Kemudian buku ini akan memandu para pengguna untuk membuat multimedia mulai dari mengembangkan skrip,… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Judul : PENDIDIKAN KARAKTER: KAJIAN TEORI DAN PRAKTIK DI S Pengarang : DRS. DHARMA KESUMA, M.PD. DKK. Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 172 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-044-0 Sinopsis: Buku ini mengkaji bagaimana desain, proses, dan evaluasi pendidikan karakter dalam latar sekolah. Buku ini merupakan salah… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Suyadi, M.PD.I Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 224 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-137-9 Sinopsis : Data realistik menunjukkan bahwa moralitas dan karakter bangsa saat ini telah runtuh, sehingga dengan sendirinya telah mengundang berbagai musibah dan bencana yang meluas pada ranah sosial keagamaan, hukum, maupun politik di negeri ini. Kemendiknas… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Penulis: Helmawati, DR., S.E., M.Pd.I. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-330-4 Sinopsis : Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau keterampilan berpikir kritis (HOTS/Higher Order Thingking Skills) dibutuhkan pada masa mendatang. Di era revolusi industri 4.0, keterampilan menganalisis dan mengambil keputusan… selengkapnya
Rp 92.800 Rp 116.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.