Pendidikan Kewarganegaraan
Rp 84.000 Rp 105.000Kode | RR.PK0450 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pendidikan Kewarganegaraan
Penulis: Sunarso, Dr., M.Si.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 380 Halaman
ISBN: 978-602-446–452-3
Sinopsis:
Perkembangan kehidupan kenegaraan Indonesia mengalami perubahan yang sangat besar, terutama berkaitan dengan gerakan reformasi 1998. Oleh karena itu, materi PKn tidak mungkin dilepaskan dari perkembangan kenegaraan tersebut agar kadar keilmiahan serta objektivitasnya dapat dipertanggungjawabkan. Banyak tuduhan dialamatkan pada sosok PKn, dan tuduhan itu barangkali juga ada benarnya. Beberapa tuduhan itu antara lain, PKn sering bersifat politis daripada akademis, lemah landasan keilmuannya, tidak tampak sosok keilmiahannya, sering dititipi kepentingan politik penguasa.
Berdasarkan kenyataan tersebut maka sudah merupakan keharusan untuk menata ulang materi PKn pada jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, maupun Pendidikan Tinggi agar sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam proses penyusunan buku referensi PKn ini, penulis berupaya untuk mengumpulkan buku-buku referensi dan dokumen-dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan.
Buku ini diangkat dari hasil penelitian deskriptif-historis yang mendalam dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Buku ini sangat bermanfaat sebagai buku referensi pada Prodi PPKn jenjang S1, S2, maupun S3, untuk para guru PKn SD, SMP, dan SMA, maupun pengajar PPKn di MKU perguruan tinggi.
—————
Daftar Isi
Bab I Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan
A. Alasan Perlunya Pendidikan Kewarganegaraan
B. Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan
C. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan
D. Substansi Materi Pendidikan Kewarganegaraan
E. Metode Pembelajaran PKN
F. Kompetensi yang Diharapkan dari PPKn
Bab II Bangsa, Negara, Dan Warganegara
A. Pengertian Bangsa
B. Pengertian Negara
C. Fungsi Negara
D. Unsur-Unsur Negara
E. Pengertian Warga Negara
F. Hubungan Negara dengan Warga Negara
G. Hak dan Kewajiban Negara
H. Hak dan Kewajiban Warga Negara
Bab III Identitas Nasional
A. Latar Belakang dan Pengertian Identitas Nasional
B. Makna Identitas Nasional
C. Unsur-Unsur Identitas Nasional
D. Keterkaitan Globalisasi dengan Identitas Nasional
E. Paham Nasionalisme Kebangsaan
F. Revitalisasi Pancasila sebagai Pemberdayaan Identitas Nasional
Bab IV Nasionalisme
A. Pengertian Nasionalisme
B. Sejarah Nasionalisme
C. Nasionalisme Indonesia
Bab V Demokrasi
A. Pengertian Demokrasi
B. Demokrasi Konstitusional
C. Demokrasi dan Masyarakat Madani
D. Pilar-Pilar Demokrasi yang Berlaku Universal
E. Demokrasi Pancasila
F. Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia
G. Pemilu Sebagai Wujud Demokrasi
Bab VI Hak Asasi Manusia
A. Hakikat Hak Asasi Manusia
B. Instrumen Hukum HAM di Indonesia
C. Kelembagaan Nasional HAM di Indonesia
D. Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
E. Menghargai Upaya Penegakan HAM dan Lembaga Perlindungan HAM
Bab VII Negara Hukum (Rule Of Law)
A. Negara Hukum Klasik (Rule of Law Abad ke-19)
B. Negara Hukum Modern (Rule of Law Abad ke-20)
C. Demokrasi Konstitusional sebagai Implementasi Rule of Law
D. Negara Indonesia Berdasar atas Hukum
E. Lembaga Peradilan di Indonesia
Bab VIII Hak Dan Kewajiban Warga Negara Dalam Membela Negara
A. Setiap Negara Menghadapi Ancaman dan Tantangan
B. Beberapa Bentuk Ancaman yang Dihadapi oleh Negara
C. Tahap-tahap Peningkatan Pola Ancaman
D. Sejarah Pembelaan Negara Indonesia
E. Sishankamrata sebagai Konsep Bela Negara Indonesia
F. Dasar Hukum Bela Negara
G. Cinta Damai tetapi Lebih Cinta Kemerdekaan
Bab IX Ideologi Negara
A. Perlunya Ideologi bagi Suatu Bangsa
B. Latar Belakang Pancasila Dijadikan Ideologi Bangsa
C. Beberapa Ideologi Negara Lain
D. Perbandingan Ideologi
Bab X Globalisasi Dan Dampaknya Bagi Indonesia
A. Proses Globalisasi
B. Pengaruh Globalisasi Terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
C. Kelebihan dan Kelemahan Globalisasi x Pendidikan Kewarganegaraan
D. Pancasila sebagai Filter dalam Menghadapi Globalisasi
E. Sisi Positif dan Negatif Globalisasi
F. Implikasi Globalisasi
Bab XI Geopolitik Indonesia
A. Latar Belakang
B. Geomorfologi Negara
C. Perkembangan Teori Geopolitik
D. Beberapa Pandangan Para Pemikir Geopolitik
E. Geopolitik Indonesia
Bab XII Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia
A. Pengantar
B. Pengertian
C. Wawasan Nusantara sebagai Wawasan Pembangunan Nasional
D. Dasar Pemikiran Wawasan Nusantara
E. Unsur Dasar Wawasan Nusantara
F. Penerapan Wawasan Nusantara
Bab XIII Ketahanan Nasional Sebagai Geostrategi Indonesia
A. Latar Belakang
B. Pengertian Ketahanan Nasional
C. Pengertian Beberapa Istilah
D. Metode Astagatra
E. Aspek Trigatra
F. Aspek Pancagatra
G. Interelasi Antargatra
H. Kedudukan dan Fungsi Konsepsi Ketahanan Nasional
I. Sifat Ketahanan Nasional
J. Hakikat Ketahanan Nasional
Bab XIII Politik Dan Strategi Nasional
A. Pengantar
B. Visi Indonesia 2020 (TAP MPR: No.V/MPR/2000)
C. Beberapa Tantangan Menjelang 2020 yang Dihadapi Indonesia
D. Peran Warga Negara dalam Implementasi Polstranas
E. Beberapa Asas Implementasi Polstranas
F. Pentingnya Keterbukaan dan Keadilan dalam Implementasi Polstranas
G. Pokok-Pokok Etika Kehidupan Berbangsa (TAP MPR No.VI/2001)
H. Polnas Rekomendasi MPR terhadap Presiden dan Lembaga Tinggi Negara (TAP MPR No.X/2001)
I. Visi dan Misi Pemerintahan SBY
J. Transisi Kepemimpinan Indonesia dari Masa ke Masa
Tags: Aspek Pendidikan Kewarganegaraan, kurikulum pendidikan kewarganegaraan, Manfaat Pendidikan Kewarganegaraan, Materi Pendidikan Kewarganegaraan, Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, pendidikan kewarganegaraan, Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia, Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan, Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan, Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan Kewarganegaraan
Berat | 600 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 744 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Nanang Fatah, Prof., Dr. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-128-7 Sinopsis : Pendidikan dipandang sebagai sarana peningkatan mutu sumber daya manusia dalam suatu bangsa. Bangsa yang maju adalah bangsa yang peduli terhadap pendidikan, yang dapat digambarkan dari pencapaian pendidikan warga negaranya. Namun, tidak semua… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Judul : ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : Cet 13, 2000 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xiii + 197 halaman ISBN : 979-514-384-0 Sinopsis : Buku ini terdiri atas dua bagian: bagian teoritis praktis dan bagian praktis. Berbagai teori pendidikan dibahas dan setiap masalah dijelaskan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Judul : PENDIDIKAN IPS Pengarang : SAPRIA Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 240 halaman ISBN : 979-692-957-0 Sinopsis: Awalnya buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan, khususnya dalam mata kuliah Pendidikan IPS di jenjang S1 Jurusan PKn dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Lalu, pada terbitan PT… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Dr. Sigit Purnama, M.Pd. Dr. Ellyn Sugeng Desyanti, M.Pd. Alucyana, M.Psi., Psikolog. Ratna Pangastuti, M.Pd.I. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 276 Halaman ISBN: 978-602-446-570-4 Sinopsis: Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Johar Permana, Prof. Dr. H., M.A. Taufani C. Kurniatun, Dr., M.Si. Liah Siti Syarifah, S.Pd.I., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-370-0 Sinopsis : Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pada perencanaan pendidikannya. Hal tersebut… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Penulis: Siti Azisah, Dra., Hj., M.Ed.St., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 196 Halaman ISBN: 978-602-446-438-7 Sinopsis: Di zaman milenial ini menguasai Bahasa Inggris merupakan keniscayaan, bahkan telah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dan madrasah. Ironisnya, banyak peserta didik kurang mampu… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Prof. Dr. Dedy Mulyasana, M.Pd. 16 x 24 cm – 252 hlm Kertas Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 3, 2015 ISBN: 978-979-692-064-8 Sinopsis: Di masa kini, diperlukan lembaga pendidikan yang bermutu. Lantas bagaimana cara menciptakan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing? Buku ini memaparkan konsep manajemen strategis yang berperan menciptakan pendidikan berdaya… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Helmawati, DR., S.E., M.Pd.I. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-330-4 Sinopsis : Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau keterampilan berpikir kritis (HOTS/Higher Order Thingking Skills) dibutuhkan pada masa mendatang. Di era revolusi industri 4.0, keterampilan menganalisis dan mengambil keputusan… selengkapnya
Rp 92.800 Rp 116.00020%
Judul : PERILAKU ORGANISASI: TEORI DAN PRAKTIK DI BIDANG P Pengarang : HENDYAT SOETOPO Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 312 halaman ISBN : 978-979-692-013-6 Sinopsis: Apabila ingin mengetahui apa dan bagaimana Perilaku Organisasi, inilah buku yang membahas bagaimana belajar organisasi dan bagaimana menerapkannya. Pembahasan dalam buku ini, dilakukan secara… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Warsono, M.S., Prof., Dr. – Haryanto, Drs., M.S. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 324 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-121-8 Sinopsis: Model pembelajaran aktif merupakan alternatif yang harus diperhatikan jika kualitas lulusan ingin diperbaiki. Penggunaan cara-cara pembelajaran aktif baik sepenuhnya atau sebagai pelengkap cara-cara belajar tradisional akan meningkatkan kualitas pembelajaran…. selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.