Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar
Rp 97.600 Rp 122.000Kode | RR.PK0438 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar
Penulis: Ridwan Abdullah Sani, Dr., M.Si., Kaharuddin Arafah, M.Si., Ishak Aziz, Dr., M.Pd., Ratna Tanjung, Dra., M.Pd., Hary Suswanto, Dr., M.T.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
380 Halaman
ISBN: 978-602-446-430-1
Sinopsis:
Buku ini ditulis oleh tim dosen yang mengampu mata kuliah Evaluasi dan Penilaian Hasil Belajar dari Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Makasar, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Negeri Malang.
Buku ini ditujukan bagi mahasiswa kependidikan dan guru berbagai bidang studi.
Isi buku mencakup Konsep dan Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran (Bab 1),
Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (Bab 2),
Model Evaluasi dan Program Pembelajaran (Bab 3),
Penilaian PAN dan PAP (Bab 4),
Penilaian Autentik (Bab 5),
Penyusunan Instrumen dan Pengukuran Hasil Belajar (Bab 6),
Tes Objektif dan Esai (Bab 7),
Alat Ukur Non-tes (Bab 8),
Validitas dan Reliabilitas Hasil Pengukuran (Bab 9),
dan Pengolahan Data Hasil Belajar (Bab 10).
Setiap bab dipaparkan secara jelas, dan pada penjelasan tentang instrumen pengukuran hasil belajar diberikan contoh alat ukur dan pengolahan data penilaian hasil belajar agar pembaca dapat memahami isi buku secara mudah.
——-
Daftar Isi
BAB 1 Konsep Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran
A. Pendahuluan
B. Pengertian Evaluasi dan Penilaian
C. Jenis-Jenis Penilaian
D. Kriteria Penilaian
E. Metode dan Teknik Penilaian
F. Objek dan Subjek Penilaian
G. Instrumen Penilaian
H. Penilaian Berbasis Kelas
BAB 2 Evaluasi Proses dan hasil Belajar
A. Pendahuluan
B. Evaluasi dalam Pembelajaran Abad ke-21
C. Evaluasi Proses Belajar Mengajar
D. Evaluasi Hasil Belajar
E. Tujuan dan Manfaat Pelaksanaan Evaluasi
F. Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar
BAB 3 Model Evaluasi Program Pembelajaran
A. Pendahuluan
B. Evaluasi Program
C. Model-Model Evaluasi Program
BAB 4 Penilaian PAN dan PAP
A. Pendahuluan
B. Penilaian Acuan Patokan (Criterion Referenced Evaluation)
C. Penilaian Acuan Norma (PAN)
D. Analisis Manual dalam Penilaian Acuan Norma (PAN)
E. Persamaan dan Perbedaan PAN dan PAP
BAB 5 Konsep Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran
A. Pendahuluan
B. Pengertian Penilaian Autentik
C. Tahapan Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik
BAB 6 Penyusunan Instrumen Pengukuran hasil Belajar
A. Pendahuluan
B. Dasar-dasar Penyusunan Tes Hasil Belajar
C. Cara Menyusun Instrumen Tes dan Non-Tes
D. Membuat Tes Hasil Belajar
E. Menganalisis Tes Hasil Belajar
F. Menyusun Tes Keterampilan
BAB 7 T es Objektif dan ESAI
A. Pendahuluan
B. Jenis-jenis Tes Hasil Belajar
C. Tes Bentuk Uraian (Tes Esai)
D. Tes Bentuk Objektif
E. Menyusun Tes Objektif
F. Menyusun Soal Uraian (Esai)
BAB 8 Alat Ukur Nontes
A. Pendahuluan
B. Portofolio
C. Observasi, Wawancara, dan Angket
D. Skala Sikap
BAB 9 Validitas, Reliabilitas, dan Objektivitas
A. Pendahuluan
B. Validitas
C. Menentukan Tingkat Validitas Tes
D. Reliabilitas
E. Objektivitas Tes
F. Uji Validitas Berdasarkan Jawaban Peserta Tes
BAB 10 Pengolahan Data Hasil Belajar
A. Pendahuluan
B. Pemeriksaan Ujian
C. Pengolahan Skor Secara Statistik
D. Penetapan Hasil Tes
E. Analisis Hasil Penilaian Sikap dan Perilaku
F. Analisis Penilaian Penguasaan Pengetahuan dan Keterampilan
Tags: Evaluasi dan Penilaian, Evaluasi Formatif, Evaluasi Proses, Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar, Evaluasi Sumatif, Kurikulum Evaluasi, Penilaian Hasil Belajar, Rubrik Penilaian, Teknik Evaluasi Proses, Teknik Penilaian Hasil Belajar
Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar
Berat | 650 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 413 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 244 halaman ISBN : 979-692-958-9 Sinopsis : Peningkatan kualitas pendidikan yang sedang dilakukan pemerintah sekarang ini tidak hanya terfokus pada guru, tetapi juga kepada pengawas dan kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan sekaligus yang mendorong serta… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.00020%
Penulis: Zainal Arifin, Dr.s, M.Pd. Cetakan: 10, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 320 halaman ISBN: 979-692-956-2 Sinopsis: Salah satu komponen penting yang juga merupakan tugas profesional guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Istilah “evaluasi” sengaja digunakan oleh penulis untuk membedakannya dengan istilah “penilaian”. Alasannya,… selengkapnya
Rp 61.600 Rp 77.00020%
Penulis: Amos Neolaka, Prof. Dr. Ir. Drs., M.Pd., dkk. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 292 Halaman ISBN: 978-602-446-690-9 Sinopsis: Manusia dalam hidupnya di dunia selalu menghadapi masalah. Masalah dalam hidup sehari-hari cukup banyak, antara lain masalah penelitian dan masalah penilaian pendidikan. Terdapat… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Judul : MENJADI WIRAUSAHA SUKSES Pengarang : ARI FADIATI, M.SI., DAN DEDI P Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 204 halaman ISBN : 978-979-692-016-7 Sinopsis : Sumber daya ekonomi ada di sekitar Anda. Rumah, tanah, kendaraan, dan keluarga Anda dapat menjadi bagian dari sumberdaya ekonomi. Bagaimana mengoptimalkan sumber daya tersebut… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Judul : PENGEMBANGAN KURIKULUM Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 220 halaman ISBN : 979-514-601-7 Sinopsis : Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam seluruh kegiatan pendidikan. Bahkan banyak pihak menganggap kurikulum sebagai “rel” yang menentukan arah… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Penulis: Sarwiji Suwandi, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 224 Halaman ISBN: 978-602-446-349-6 Sinopsis : Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah kini tengah dilaksanakan di berbagai sektor kehidupan. Gerakan literasi tidak sebatas gerakan membaca dan menulis saja, tetapi terkait erat… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Dra. Hj. Endang Setyo Winarni, M.Pd. & Dra. Sri Harmini, S.Pd., M.Pd. 16 x 24 cm, 184 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 1, 2011 ISBN: 978-979-692-008-2 Sinopsis: Pada waktu berpikir kritis, kita menggunakan penalaran induktif dan deduktif. Penalaran induktif merupakan penalaran yang berlangsung dari hal yang khusus ke hal yang… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Penulis: Hasbiyallah, Dr., H., M.Ag. dan Nayif Sujudi, M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 308 Halaman ISBN: 978-602-446-369-4 Sinopsis : Perkembangan dan perubahan teknologi yang semakin cepat telah mendorong berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Islam, seperti pesantren modern. Lembaga pendidikan ini tengah menunjukkan eksistensinya… selengkapnya
Rp 61.600 Rp 77.00020%
Penulis: Alex Sobur, Drs., M.Si. dan Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 576 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: This book is a well-constructed, well-designed, highly engaging intellectual product and a very comprehensive reference on phenomenology in a single book…. selengkapnya
Rp 116.000 Rp 145.00020%
Dede Rahmat Hidayat, Dr., dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-132-4 Sinopsis : Pemahaman tentang pengembangan profesionalitas konselor atau guru bimbingan dan konseling merupakan hal yang sangat diperlukan, mengingat kedudukan konselor atau guru bimbingan dan konseling merupakan pendidik profesional yang bertugas memberikan layanan ahli… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.