Pembelajaran Aritmetika Di Sekolah Dasar
Rp 46.400 Rp 58.000| Kode | RR.PK0397 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pembelajaran Aritmetika Di Sekolah Dasar
Penulis: Yurniwati, Dr., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
196 Halaman
ISBN: 978-602-446-327-4
Sinopsis :
Guru sebagai ujung tombak di bidang pendidikan memegang peranan sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menyediakan buku sebagai sumber bacaan untuk menambah wawasan calon guru khususnya guru SD karena buku sumber untuk guru SD terutama untuk mata pelajaran matematika sangat kurang. Seorang guru dituntut untuk menguasai materi matematika dan cara meng- ajarkannya. Untuk itu, maka disusunlah buku “Pembelajaran Aritmatika di Sekolah Dasar”.
Buku ini berisi konsep dasar pengajaran Aritmatika yang sistematis dan dilengkapi dengan gambar. Tingkat kesulitan materi dimulai dari pelajaran yang mudah ke pelajaran yang sulit. Selain itu, buku ini juga menyajikan kegiatan-kegiatan yang melibatkan anak secara aktif untuk pengembangan konsep matematika. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan alat peraga yang menarik dan mudah didapat sehingga dapat memberi ide atau masukan kepada guru khususnya calon guru dalam melaksanakan proses pem- belajaran matematika di kelas.
—
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan Buku Ajar
C. Ruang Lingkup Isi Buku Ajar
D. Manfaat Buku Ajar
BAB II HAKIKAT MATEMATIKA
A. Pengertian Matematika
B. Bagaimana Siswa Belajar Matematika?
C. Rekomendasi untuk Mengajar Matematika di Sekolah Dasar
D. Standar Kemampuan Matematika Siswa SD
E. Standar Kemampuan Guru Matematika
F. Lingkungan Belajar
G. Latihan
BAB III PEMBELAJARAN MATEMATIKA SESUAI PERKEMBANGAN
A. Perkembangan Siswa SD
B. Pembelajaran Sesuai Perkembangan (Developmentally Appropriate Practice)
C. Implementasi Pembelajaran Sesuai Perkembangan dalam Pembelajaran Matematika SD
D. Latihan
BAB IV PEMECAHAN MASALAH
A. Pengertian Masalah
B. Pengertian Pemecahan Masalah
C. Tipe Masalah
D. Langkah Penyelesaian Masalah Menurut Polya
E. Strategi Pemecahan Masalah
F. Peran Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran
G. Latihan
BAB V MEMBANGUN KONSEP BILANGAN CACAH DAN KEPEKAAN BILANGAN
A. Konsep Bilangan
B. Hubungan Antara Lebih, Kurang dan Sama
C. Membilang Awal
D. Kepekaan Bilangan
E. Bilangan Ganjil dan Genap
F. Bilangan Prima dan Komposit
G. Latihan
BAB VI OPERASI BILANGAN CACAH: FAKTA DASAR
A. Penjumlahan Bilangan Cacah
B. Pengurangan Bilangan Cacah
C. Perkalian Bilangan Cacah
D. Pembagian Bilangan Cacah
E. Latihan
BAB VII OPERASI BILANGAN CACAH: ALGORITMA
A. Nilai Tempat
B. Algoritma Penjumlahan
C. Algoritma Pengurangan
D. Algoritma Perkalian
E. Algoritma Pembagian
F. Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)
G. Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
H. Latihan
BAB VIII BILANGAN BULAT
A. Konsep Bilangan Bulat
B. Penjumlahan Bilangan Bulat
C. Pengurangan Bilangan Bulat
D. Perkalian Bilangan Bulat
E. Pembagian Bilangan Bulat
F. Latihan
BAB IX BILANGAN PECAHAN
A. Konsep Pecahan
B. Penjumlahan Pecahan
C. Pengurangan Pecahan
D. Perkalian Pecahan
E. Pembagian Pecahan
F. Bilangan Desimal
G. Latihan
BAB X KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA
A. Pengertian Kesulitan Belajar Matematika
B. Karakteristik Kesulitan Matematika Siswa
C. Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika
D. Asesmen Kesulitan Belajar Matematika
E. Pengajaran Remedial Matematika
F. Latihan
Tags: Bilangan Bulat, Bilangan Pecahan, Evaluasi Pembelajaran Matematika, Geometri, Kurikulum Matematika Sekolah Dasar, Masalah Matematika, Matematika Dasar, Metode Pembelajaran Matematika, Operasi Aritmetika, Pembelajaran Aritmetika, Pengukuran, Penjumlahan dan Pengurangan, Perkalian dan Pembagian, Statistik Dasar, Teknologi dalam Pembelajaran Matematika
Pembelajaran Aritmetika Di Sekolah Dasar
| Berat | 400 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 955 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Prof. Dr. Dedy Mulyasana, M.Pd. 16 x 24 cm – 252 hlm Kertas Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 3, 2015 ISBN: 978-979-692-064-8 Sinopsis: Di masa kini, diperlukan lembaga pendidikan yang bermutu. Lantas bagaimana cara menciptakan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing? Buku ini memaparkan konsep manajemen strategis yang berperan menciptakan pendidikan berdaya… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Abdul Madjid, dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 348 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-581-0 Sinopsis : Pelaksanaan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pembelajaran yang mengacu pada Silabus. Rencana pembelajaran tersebut perlu dikembangkan semaksimal mungkin oleh guru, baik secara individu maupun kelompok, agar kompetensi sikap, pengetahuan,… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Hendro Widodo, Dr., M. Pd. Etyk Nurhayati, M. Pd. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 160 Halaman Sinopsis: Karakter peduli lingkungan merupakan salah satu karakter yang perlu ditumbuh-kembangkan pada peserta didik sekolah dasar. Hal ini mejadi modal dasar bagi peserta didik untuk… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : Agustus 2009 Dimensi : 16×24, 328 Halaman, HVS-70 Gram ISBN : 979-692-950-3 Sinopsis : Pemahaman tentang karakteristik individu peserta didik ini memiliki arti penting dalam interaksi belajar-mengajar. Bagi seorang guru khususnya, informasi mengenai karakteristik individu peserta didik ini akan sangat berguna dalam memilih… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Penulis: Ridwan Abdullah Sani, Dr., M.Si., Kaharuddin Arafah, M.Si., Ishak Aziz, Dr., M.Pd., Ratna Tanjung, Dra., M.Pd., Hary Suswanto, Dr., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 380 Halaman ISBN: 978-602-446-430-1 Sinopsis: Buku ini ditulis oleh tim dosen yang mengampu mata kuliah Evaluasi… selengkapnya
Rp 108.000 Rp 135.00020%
Faisal Ismail, H., Prof., Dr., M.A. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 192 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-571-1 Sinopsis: Buku karya Prof. Dr. H. Faisal Ismail, M.A. yang mengulas, mengupas, dan mem- bentangkan tentang Dinamika Kerukunan Antarumat Beragama ini merupakan akumulasi dari hasil pembacaan, pengamatan, pandangan, pengalaman, tinjauan, dan pemikiran… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.00020%
Penulis: Dr. Enok Risdayah, M.Ag. Dr. H. Asep Iwan Setiawan, M.Ag. Dr. H. Rohmanur Aziz, M.Ag. Dr. H. Enjang AS, M.Si., M.Ag. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-594-0 Sinopsis: Buku ini insyaAllah berbeda dengan buku-buku Sunda yang lainnya,… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000Penulis: Dr. Hj. Ratu Suntiah, M.Ag. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 180 Halaman ISBN: 978-602-446-713-5 Sinopsis: Jas merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Itulah ungkapan popular yang dikemukakan oleh Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia. Dengan sejarah, kita akan mengetahui dan memahami bagaimana… selengkapnya
Rp 63.00020%
A. Muchtar Ghazali, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 320 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-725-8 Sinopsis: Reformasi di negara kita muncul sebagai upaya untuk mengoreksi kelemahan-kelemahan masa lalu dan melakukan upaya-upaya perbaikan untuk masa kini dan mendatang dalam berbagai sektor kehidupan. Buku ini membahas pokok pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan,… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Ismet Basuki, Prof., Dr., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 252 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-471-4 Sinopsis : Penilaian merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kualitas sistem pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam kualitas… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.