Pendidikan Literasi
Rp 70.400 Rp 88.000Kode | RR.PK0403 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pendidikan Literasi
Penulis: Sarwiji Suwandi, Prof., Dr., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
224 Halaman
ISBN: 978-602-446-349-6
Sinopsis :
Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah kini tengah dilaksanakan di berbagai sektor kehidupan. Gerakan literasi tidak sebatas gerakan membaca dan menulis saja, tetapi terkait erat dengan gerakan bersama dalam memahami informasi dan ilmu pengetahuan secara komprehensif sehingga setiap orang bisa memiliki pemahaman analitis dan kritis yang baik. Secara singkat, literasi dalam memahami informasi dan ilmu pengetahuan dapat meningkatkan derajat hidup dan kesejahteraan seseorang. Literasi bersifat kompleks dan komprehensif karena menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang dalam konteks kehidupannya. Untuk itu, pendidikan literasi dalam ruang keluarga, sekolah, masyarakat, dan berbangsa-bernegara menjadi hal penting yang harus ditumbuhkan dan dibudayakan. Dari sinilah, buku ini akan membahas dan memperkaya wacana pendidikan literasi dalam membangun budaya belajar, profesionalisme pendidik, dan budaya kewirausahaan untuk mewujudkan marwah bangsa.
—–
Daftar Isi
Bagian Satu
Literasi dalam Konteks Pendidikan
Bab 1 Literasi dan Pendidikan
A. Konsep Literasi
B. Perkembangan Batasan Literasi dalam Berbagai Perspektif
C. Literasi dalam Konteks Pendidikan
Bab 2 Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Upaya Membangun Budaya Literasi
A. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks
B. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
C. Upaya Mengembangkan Budaya Literasi
Bab 3 Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Upaya Menghasilkan Generasi Literat
A. Generasi Kini: Haruskah “Dirisaukan?”
B. Memahami Literasi dalam Pembelajaran
C. Pengembangan Literasi dalam Pembelajaran
Bab 4 Pendidikan Bahasa Indonesia dan Tantangan Mencetak Wirausaha Literasi
A. Industri dan Ekonomi Kreatif
B. Wirausaha Literasi
C. Potensi Wirausaha Literasi dan Pengembangannya
D. Tantangan Mewujudkan Wirausaha Literasi
Bab 5 Membangun Budaya Literasi untuk Mengembangkan Profesionalisme Pendidik
A. Penelitian dan Peningkatan Mutu Pendidikan
B. Profesionalisme Pendidik
C. Menumbuhkembangkan Budaya Literasi
Bagian Dua
Literasi dalam Konteks Bermasyarakat
dan Berbangsa
Bab 6 Meneratas Jalan Menuju Peningkatan Minat dan Budaya Baca
A. Faktor Determinan Minat Baca
B. Pemberdayaan Perpustakaan
C. Peningkatan Minat dan Budaya Baca
Bab 7 Peran Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Budaya Literasi
A. Bangsa yang Unggul
B. Peningkatan Peran Bahasa Indonesia
Bab 8 Pengembangan Karakter dan Budaya Baca untuk Mewujudkan Bangsa yang Unggul
A. Karakter dan Pendidikan Karakter
B. Karakter Bangsa yang Unggul
C. Upaya Sinergis dalam Pengembangan Karakter
Bab 9 Pengembangan Budaya Literasi sebagai Investasi Pengukuhan Kemartabatan Bangsa
A. Memahami Kemartabatan Bangsa
B. Bangsa yang Bermartabat
Tags: Evaluasi Pembelajaran Literasi, Kurikulum Pendidikan Literasi, Literasi, Manfaat Pendidikan Literasi, Materi Pendidikan Literasi, Metode Pembelajaran Literasi, Pembelajaran Literasi, Pendidikan Literasi, Pentingnya Pendidikan Literasi, Tujuan Pendidikan Literasi
Pendidikan Literasi
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 800 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Akdon, H., Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-623-7 Sinopsis : Biaya dalam pendidikan meliputi biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya pendidikan ditentukan oleh berbagai faktor. Isu lain berkaitan dengan biaya pendidikan ini adalah adanya perbedaan pengeluaran anggaran biaya pendidikan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Bambang Rustanto, Dr., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 136 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-649-7 Sinopsis: Secara umum pekerjaan sosial memiliki tujuan memberikan pertolongan pelayanan sosial kepada individu, kelompok, dan masyarakat dalam memecahkan berbagai permasalahan yang mereka hadapi, sehingga klien dari seorang pekerja sosial bisa memperoleh alternatif-alternatif pemecahan masalah… selengkapnya
Rp 35.200 Rp 44.00020%
Judul : STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet-1, 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 276 Hlm ISBN : 979-692-796-9 Sinopsis: STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU Bangkitlah, bangkitlah guruku // Kehadiranmu tidak tergantikan. Biarlah dunia ini menjadi saksi: Kau bukan guru negeri // Kau bukan guru swasta Kau adalah… selengkapnya
Rp 62.400 Rp 78.00020%
Abdul Madjid, dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 348 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-581-0 Sinopsis : Pelaksanaan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pembelajaran yang mengacu pada Silabus. Rencana pembelajaran tersebut perlu dikembangkan semaksimal mungkin oleh guru, baik secara individu maupun kelompok, agar kompetensi sikap, pengetahuan,… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 156 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-089-1 Sinopsis: Tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) secara substansial adalah mengasuh, membimbing, mendorong, mengusahakan, dan menumbuhkembangkan manusia takwa. Ketakwaan merupakan high concept dalam arti memiliki banyak dimensi dan merupakan suatu kondisi yang pencapaiannya… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Judul : PSIKOLOGI PENDIDIKAN Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : 2017, cetakan ke 28 Dimensi : hvs 70 GR, 16 X 24 cm, 184 hlm + xiii ISBN : 979-514-036-1 Sinopsis: Apakah psikologi itu? Apa gunanya kita mempelajari psikologi? Bagaimana pengaruh pembawaan dan pengaruh lingkungan terhadap perkembangan manusia? Mengapa intelegensi seseorang berbeda dengan intelegensi… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. dan Rohanim, S.Pd., M.M. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 164 Halaman ISBN: 978-602-446-266-6 Sinopsis: Dengan perannya sebagai manajer, kepala sekolah harus memiliki karakter, kompetensi, dan keunggulan literasi yang semua dipadukan sebagai instrumen untuk mewujudkan kualitas… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: M. Karman, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 388 Halaman ISBN: 978-602-446-297-0 Sinopsis : Mengapa teks Al-Quran relevan untuk segala situasi dan kondisi? Walau lahir di masa yang tidak seperti sekarang, teksnya dapat dikontekstualisasikan di berbagai tempat dan… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Judul : PSIKOLOGI KEPENDIDIKAN Pengarang : ABIN SYAMSUDDIN MAKMUN,M. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, vi + 250 halaman ISBN : 979-514-596-7 Sinopsis: Buku ini akan menuntun para calon guru untuk memahami psikologi kependidikan yang relevan dengan tugasnya kelak lewat sistem pengajaran modul. Pemilihan dan penyusunan pokok… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Zainul Alim, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-406-6 Sinopsis: Buku ini terbit sebagai referensi untuk membantu para pendidik pada tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam menyampaikan materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), berisi beberapa konsep IPA yang… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.