Pedagogi Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS
Rp 104.000 Rp 130.000Kode | RR.PK0458 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pedagogi Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS
Penulis: Prof. Dr. Nana Supriatna, M.Ed., Neni Maulidah, M.Pd.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
352 Halaman
ISBN: 978-602-446-518-6
Sinopsis:
Di tengah-tengah berkembangnya teknologi informasi yang masif pada abad ini yang ditandai dengan penggunaan artificial intelligence, big data, dan internet of things, hanya satu kompetensi umat manusia yang tidak bisa digantikan oleh mesin, yaitu kreativitas. Buku berjudul Pedagogi Kreatif ini menawarkan alternatif pembelajaran dengan menempatkan unsur kognitif manusia, yaitu kreativitas. Melalui pedagogi kreatif, pendidik dapat mengembangkan gaya mengajar yang sesuai dengan pengalaman, bakat, dan minat, tanpa terbelenggu dengan berbagai prosedur pembelajaran terpola dan baku sebagaimana robot bekerja. Di tangan guru kreatif, dokumen kurikulum menjadi kurikulum yang imajinatif dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik tidak hanya memiliki pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan melainkan juga terinspirasi dan termotivasi untuk menjadi generasi yang kreatif dan inovatif.
Penulis mengangkat pedagogi kreatif sebagai salah satu pedagogi yang relevan untuk membekali peserta didik memiliki keterampilan abad ke-21. Di tangan guru kreatif, keterampilan berpikir kritis dan kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama dengan kelompok majemuk, berjejaring, berliterasi digital dan memecahkan masalah dapat dikembangkan. Untuk itu, buku ini layak dijadikan rujukan sebagai buku teks bagi dosen, mahasiswa, guru dan calon guru yang menaruh perhatian pada pengembangan kreativitas dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk disiplin Pendidikan Sejarah dan Pendidikan IPS.
———–
Daftar Isi
Bagian SATU
ASPEK TEORETIS PEDAGOGI KREATIF
BAB 1 PEDAGOGI KREATIF DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR
A. Belajar Menjadi Guru Kreatif dari Pengalaman Historis
B. Definisi Pedagogi Kreatif
C. Pembelajaran Kreatif melalui Guru Kreatif
D. Aspek Teoretis Munculnya Kreativitas
E. Merdeka Belajar melalui Pedagogi Kreatif
BAB 2 PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN ABAD KE-21
A. Merespons Tantangan Pembelajaran Abad ke-21
B. Pedagogi Kreatif sebagai Pendidikan Karakter
C. Pedagogi Kreatif sebagai Agenda Pendidikan Abad ke-21
D. Pedagogi Kreatif sebagai Pendekatan Personal
BAB 3 PEDAGOGI KREATIF DI SEKOLAH
A. Ciri-ciri Guru Kreatif dalam Pedagogi Kreatif
B. Kekuatan Imajinasi dalam Pedagogi Kreatif
C. Unsur-unsur Pedagogi Kreatif
D. Pedagogi Kreatif dan Terbentuknya Peserta Didik Kreatif
E. Penilaian Kreativitas Peserta Didik di Sekolah
BAB 4 MENSTIMULASI POTENSI OTAK
MELALUI PEMBELAJARAN KREATIF IMAJINATIF
A. Mengolah Potensi Otak dengan Memotivasi
B. Belahan Otak dan Fungsi Kreatif
C. Menstimulasi Belahan Otak dalam Pembelajaran Kreatif- Imajinatif
D. Aktivitas Belajar Kreatif Imajinatif melalui Permainan
Bagian DUA
PEDAGOGI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
BAB 5 MENGGALI POTENSI CREATIVEPRENEURSHIP ERA REVOLUSI INDISTRI 4.0 MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KREATIF
A. Mendekonstruksi Kurikulum dengan Menambah Isu Creativepreneurship
B. Mewadahi Creativepreneurship Era IR 4.0 dalam Pembelajaran Sejarah
C. Mendekatkan Creativepreneurship dengan Sejarah Lokal Peserta Didik
D. Belajar Mengenai Potensi Creativepreneurship Peserta Didik
BAB 6 PENGEMBANGAN KREATIVITAS IMAJINATIF MELALUI PERTANYAAN OPEN-ENDED DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
A. Masalah Pembelajaran Sejarah dan Pentingnya Kreatif Imajinatif
B. Berpikir Kreatif imajinatif dalam Pembelajaran Sejarah
C. Mendekonstruksi Pembelajaran Sejarah untuk Memberi Ruang Kreatif
D. Berpikir Kreatif-imajinatif Peserta Didik
BAB 7 MEMBANGUN KESADARAN SEJARAH DALAM MENGONSUMSI PANGAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN KREATIF
PEMBELAJARAN KREATIF
A. Kesadaran Sejarah Masyarakat agraris
B. Pedagogi Kreatif Membangun Kesadaran Historis Masyarakat Agraris
BAB 8 PEMBELAJARAN SEJARAH KREATIF UNTUK MEMBANGUN HUBUNGAN HARMONIS ANTAR ETNIS
A. Mengapa Pembelajaran Sejarah Harus Kreatif dan Inovatif?
B. Bagaimana mengemas Pembelajaran Sejarah Kreatif dan Inovatif?
BAB 9 MENGELOLA TUBUH PEREMPUAN MELALUI KISAH EMANSIPATORIS
A. Pentingnya Kesadaran tentang Kesetaraan
B. Berimajinasi Kreatif tentang Kesetaraan Melalui Karya Sastra
C. Memfasilitasi Pertanyaan Emansipatoris Peserta Didik
D. Beremansipasi Cara Milenial
Bagian TIGA
PEDAGOGI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS
BAB 10 BERKREASI MENGEMBANGKAN KURIKULUM IPS
A. Berkreatif Mengembangkan Kurikulum IPS
B. Hasil Penelitian Mengenai Kreativitas Guru dan Peserta didik pada Pembelajaran IPS
C. Pedagogi Kreatif dalam IPS
BAB 11 MENGATASI PHUBBING PESERTA DIDIK MELALUI PEDAGOGI KREATIF
A. Phubbing dan dampak Negatifnya
B. Tujuan Pendidikan IPS untuk mengatasi Phubbing
C. Keterampilan dalam IPS Abad ke-21 untuk Mengatasi Phubbing
D. Pedagogi Kreatif Abad ke-21 untuk mengatasi Phubbing
BAB 12 MELAWAN IKLAN BARANG KONSUMEN DI ERA PASCAKEBENARAN
A. Perilaku Konsumtif Peserta Didik
B. Mengonsumsi Era Pascakebenaran
C. Kolaborasi Kreatif Melawan Budaya Konsumtif
BAB 13 KARYA WISATA KREATIF KE TOILET SEKOLAH
A. Toilet Sekolah sebagai Laboratorium Berkreasi
B. Merangsang Imajinasi tentang Hidup Bersih Melalui Film
C. Memecahkan Masalah Sambil Berkreasi di Toilet
D. Indikator Kebersihan Toilet sebagai Instrumen Penilaian
BAB 14 PRAKTIK MENGAJAR INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS
A. Pengembangan Kurikulum Tahun 2013 sebagai Pengalaman Belajar
B. Pendekatan Personal dalam Pembelajaran IPS
C. Belajar Aktif dan Kreatif Kehidupan Sosial di Luar Kelas
D. Pengembangan Pengalaman Belajar Melalui PAR
BAB 15 MERDEKA BELAJAR DI RUANG DIGITAL
A. Memaknai Kompetensi sebagai Tujuan dalam berliterasi
B. Literasi Digital dengan “My Inquiry Journal”
BAB 16 MEMBERDAYAKAN DINI UNTUK TIDAK MENIKAH DINI
A. Pedagogi Kreatif: Memotivasi Pemberdayaan Peserta Didik
B. Pembelajaran Kreatif: Menyuarakan Suara yang Bungkam
C. Pedagogi Kreatif: Memberdayakan anak perempuan berkata “tidak” terhadap pernikahan dini
Tags: Inovasi Pendidikan, Menumbuhkan Kreativitas, Metode Pembelajaran Aktif, Pedagogi Kreatif, Pembelajaran IPS, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Sejarah, Penerapan Sejarah dan IPS dalam Kehidupan Sehari-hari, Penilaian Pembelajaran Kreatif, Teknologi dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS
Pedagogi Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 509 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Prof. Dr. Ahmad Tafsir 16 x 24 cm • 216 hlm Kertas isi HVS 60 gr, Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 10, 2010 ISBN: 979-514-174-0 Sinopsis: Buku ini membahas tentang pendidikan dalam pandangan Islam yang dilengkapi dengan pandangan berbagai pakar pendidikan Islam, baik dari dalam maupun luar negeri.
Rp 39.200 Rp 49.00020%
Penulis: Sri Suhita, Dra., M.Pd. dan Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-271-0 Sinopsis: Apakah menikmati dan mengapresiasi sastra merupakan sesuatu yang sulit bagi mahasiswa baru? Apa ia membutuhkan persiapan khusus? Tidak semua orang… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.00020%
Nanang Fatah, Prof., Dr. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-128-7 Sinopsis : Pendidikan dipandang sebagai sarana peningkatan mutu sumber daya manusia dalam suatu bangsa. Bangsa yang maju adalah bangsa yang peduli terhadap pendidikan, yang dapat digambarkan dari pencapaian pendidikan warga negaranya. Namun, tidak semua… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Akdon, H., Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-623-7 Sinopsis : Biaya dalam pendidikan meliputi biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya pendidikan ditentukan oleh berbagai faktor. Isu lain berkaitan dengan biaya pendidikan ini adalah adanya perbedaan pengeluaran anggaran biaya pendidikan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. dan Rohanim, S.Pd., M.M. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 164 Halaman ISBN: 978-602-446-266-6 Sinopsis: Dengan perannya sebagai manajer, kepala sekolah harus memiliki karakter, kompetensi, dan keunggulan literasi yang semua dipadukan sebagai instrumen untuk mewujudkan kualitas… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Judul : MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pengarang : HERUMAN, S.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 200 Hlm Sinopsis: Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.00020%
Penulis: Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si. dan Wendhie Prayitno, S.Kom., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-517-9 Sinopsis: Buku ini ditujukan bagi guru dan mahasiswa kependidikan sebagai referensi dalam menyusun instrumen untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi siswa. Buku… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Muhibbin Syah Cetakan: 22, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 280 halaman ISBN: 979-514-672-6 Sinopsis: Seorang pendidik (guru, dosen, dsb.) dan tenaga kependidikan (kepala sekolah Madrasah dan para wakilnya) sangat memerlukan aneka ragam pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan profesinya sesuai dengan tuntutan zaman dan… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Abdul Madjid, M.Pd. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 388 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-120-1 Sinopsis : Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa/mahasiswa mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi yang syarat dengan muatan nilai-nilai (Ilahiah, insaniah dan alamiah). Dalam konteks NKRI yang… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.000Penulis: Dr. Hj. Ratu Suntiah, M.Ag. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 180 Halaman ISBN: 978-602-446-713-5 Sinopsis: Jas merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Itulah ungkapan popular yang dikemukakan oleh Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia. Dengan sejarah, kita akan mengetahui dan memahami bagaimana… selengkapnya
Rp 63.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.