Pedagogi Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS
Rp 104.000 Rp 130.000Kode | RR.PK0458 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pedagogi Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS
Penulis: Prof. Dr. Nana Supriatna, M.Ed., Neni Maulidah, M.Pd.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
352 Halaman
ISBN: 978-602-446-518-6
Sinopsis:
Di tengah-tengah berkembangnya teknologi informasi yang masif pada abad ini yang ditandai dengan penggunaan artificial intelligence, big data, dan internet of things, hanya satu kompetensi umat manusia yang tidak bisa digantikan oleh mesin, yaitu kreativitas. Buku berjudul Pedagogi Kreatif ini menawarkan alternatif pembelajaran dengan menempatkan unsur kognitif manusia, yaitu kreativitas. Melalui pedagogi kreatif, pendidik dapat mengembangkan gaya mengajar yang sesuai dengan pengalaman, bakat, dan minat, tanpa terbelenggu dengan berbagai prosedur pembelajaran terpola dan baku sebagaimana robot bekerja. Di tangan guru kreatif, dokumen kurikulum menjadi kurikulum yang imajinatif dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik tidak hanya memiliki pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan melainkan juga terinspirasi dan termotivasi untuk menjadi generasi yang kreatif dan inovatif.
Penulis mengangkat pedagogi kreatif sebagai salah satu pedagogi yang relevan untuk membekali peserta didik memiliki keterampilan abad ke-21. Di tangan guru kreatif, keterampilan berpikir kritis dan kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama dengan kelompok majemuk, berjejaring, berliterasi digital dan memecahkan masalah dapat dikembangkan. Untuk itu, buku ini layak dijadikan rujukan sebagai buku teks bagi dosen, mahasiswa, guru dan calon guru yang menaruh perhatian pada pengembangan kreativitas dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk disiplin Pendidikan Sejarah dan Pendidikan IPS.
———–
Daftar Isi
Bagian SATU
ASPEK TEORETIS PEDAGOGI KREATIF
BAB 1 PEDAGOGI KREATIF DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR
A. Belajar Menjadi Guru Kreatif dari Pengalaman Historis
B. Definisi Pedagogi Kreatif
C. Pembelajaran Kreatif melalui Guru Kreatif
D. Aspek Teoretis Munculnya Kreativitas
E. Merdeka Belajar melalui Pedagogi Kreatif
BAB 2 PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN ABAD KE-21
A. Merespons Tantangan Pembelajaran Abad ke-21
B. Pedagogi Kreatif sebagai Pendidikan Karakter
C. Pedagogi Kreatif sebagai Agenda Pendidikan Abad ke-21
D. Pedagogi Kreatif sebagai Pendekatan Personal
BAB 3 PEDAGOGI KREATIF DI SEKOLAH
A. Ciri-ciri Guru Kreatif dalam Pedagogi Kreatif
B. Kekuatan Imajinasi dalam Pedagogi Kreatif
C. Unsur-unsur Pedagogi Kreatif
D. Pedagogi Kreatif dan Terbentuknya Peserta Didik Kreatif
E. Penilaian Kreativitas Peserta Didik di Sekolah
BAB 4 MENSTIMULASI POTENSI OTAK
MELALUI PEMBELAJARAN KREATIF IMAJINATIF
A. Mengolah Potensi Otak dengan Memotivasi
B. Belahan Otak dan Fungsi Kreatif
C. Menstimulasi Belahan Otak dalam Pembelajaran Kreatif- Imajinatif
D. Aktivitas Belajar Kreatif Imajinatif melalui Permainan
Bagian DUA
PEDAGOGI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
BAB 5 MENGGALI POTENSI CREATIVEPRENEURSHIP ERA REVOLUSI INDISTRI 4.0 MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KREATIF
A. Mendekonstruksi Kurikulum dengan Menambah Isu Creativepreneurship
B. Mewadahi Creativepreneurship Era IR 4.0 dalam Pembelajaran Sejarah
C. Mendekatkan Creativepreneurship dengan Sejarah Lokal Peserta Didik
D. Belajar Mengenai Potensi Creativepreneurship Peserta Didik
BAB 6 PENGEMBANGAN KREATIVITAS IMAJINATIF MELALUI PERTANYAAN OPEN-ENDED DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
A. Masalah Pembelajaran Sejarah dan Pentingnya Kreatif Imajinatif
B. Berpikir Kreatif imajinatif dalam Pembelajaran Sejarah
C. Mendekonstruksi Pembelajaran Sejarah untuk Memberi Ruang Kreatif
D. Berpikir Kreatif-imajinatif Peserta Didik
BAB 7 MEMBANGUN KESADARAN SEJARAH DALAM MENGONSUMSI PANGAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN KREATIF
PEMBELAJARAN KREATIF
A. Kesadaran Sejarah Masyarakat agraris
B. Pedagogi Kreatif Membangun Kesadaran Historis Masyarakat Agraris
BAB 8 PEMBELAJARAN SEJARAH KREATIF UNTUK MEMBANGUN HUBUNGAN HARMONIS ANTAR ETNIS
A. Mengapa Pembelajaran Sejarah Harus Kreatif dan Inovatif?
B. Bagaimana mengemas Pembelajaran Sejarah Kreatif dan Inovatif?
BAB 9 MENGELOLA TUBUH PEREMPUAN MELALUI KISAH EMANSIPATORIS
A. Pentingnya Kesadaran tentang Kesetaraan
B. Berimajinasi Kreatif tentang Kesetaraan Melalui Karya Sastra
C. Memfasilitasi Pertanyaan Emansipatoris Peserta Didik
D. Beremansipasi Cara Milenial
Bagian TIGA
PEDAGOGI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS
BAB 10 BERKREASI MENGEMBANGKAN KURIKULUM IPS
A. Berkreatif Mengembangkan Kurikulum IPS
B. Hasil Penelitian Mengenai Kreativitas Guru dan Peserta didik pada Pembelajaran IPS
C. Pedagogi Kreatif dalam IPS
BAB 11 MENGATASI PHUBBING PESERTA DIDIK MELALUI PEDAGOGI KREATIF
A. Phubbing dan dampak Negatifnya
B. Tujuan Pendidikan IPS untuk mengatasi Phubbing
C. Keterampilan dalam IPS Abad ke-21 untuk Mengatasi Phubbing
D. Pedagogi Kreatif Abad ke-21 untuk mengatasi Phubbing
BAB 12 MELAWAN IKLAN BARANG KONSUMEN DI ERA PASCAKEBENARAN
A. Perilaku Konsumtif Peserta Didik
B. Mengonsumsi Era Pascakebenaran
C. Kolaborasi Kreatif Melawan Budaya Konsumtif
BAB 13 KARYA WISATA KREATIF KE TOILET SEKOLAH
A. Toilet Sekolah sebagai Laboratorium Berkreasi
B. Merangsang Imajinasi tentang Hidup Bersih Melalui Film
C. Memecahkan Masalah Sambil Berkreasi di Toilet
D. Indikator Kebersihan Toilet sebagai Instrumen Penilaian
BAB 14 PRAKTIK MENGAJAR INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS
A. Pengembangan Kurikulum Tahun 2013 sebagai Pengalaman Belajar
B. Pendekatan Personal dalam Pembelajaran IPS
C. Belajar Aktif dan Kreatif Kehidupan Sosial di Luar Kelas
D. Pengembangan Pengalaman Belajar Melalui PAR
BAB 15 MERDEKA BELAJAR DI RUANG DIGITAL
A. Memaknai Kompetensi sebagai Tujuan dalam berliterasi
B. Literasi Digital dengan “My Inquiry Journal”
BAB 16 MEMBERDAYAKAN DINI UNTUK TIDAK MENIKAH DINI
A. Pedagogi Kreatif: Memotivasi Pemberdayaan Peserta Didik
B. Pembelajaran Kreatif: Menyuarakan Suara yang Bungkam
C. Pedagogi Kreatif: Memberdayakan anak perempuan berkata “tidak” terhadap pernikahan dini
Tags: Inovasi Pendidikan, Menumbuhkan Kreativitas, Metode Pembelajaran Aktif, Pedagogi Kreatif, Pembelajaran IPS, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Sejarah, Penerapan Sejarah dan IPS dalam Kehidupan Sehari-hari, Penilaian Pembelajaran Kreatif, Teknologi dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS
Pedagogi Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 346 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Sitepu, B.P., Prof., Dr., M.A. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-104-1 Sinopsis : Selaras dengan kemajuan industri buku di Indonesia, Pemerintah secara bertahap memilih buku teks pelajaran dari buku-buku yang diterbitkan swasta. Kebijakan ini berlaku untuk semua mata pelajaran di semua jenis dan tingkat… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Penulis: Abdul Azis Wahab, Prof., Dr., H., M.A. (Ed) Sapriya, Prof., Dr., M.Ed. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 372 Halaman ISBN: 978-602-446-660-2 Sinopsis: Persoalan kewarganegaraan dewasa ini semakin mengedepan dan semakin luas jangkauannya. Oleh sebab itu, setiap negara di dunia… selengkapnya
Rp 104.000 Rp 130.00020%
Ahmad Tafsir, Dr., Prof. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 332 hlm. Isi: Bookpaper 57,5 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-075-4 Sinopsis: Ilmu Pendidikan Islami (IPI) merupakan ilmu pendidikan berdasarkan pandangan Islam. Hal ini sangat penting karena untuk menghasilkan orang yang beriman dan bertakwa yang merupakan tujuan pendidikan. Tentunya orang tersebut harus memiliki akal yang… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000Penulis: Dr. Hj. Ratu Suntiah, M.Ag. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 180 Halaman ISBN: 978-602-446-713-5 Sinopsis: Jas merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Itulah ungkapan popular yang dikemukakan oleh Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia. Dengan sejarah, kita akan mengetahui dan memahami bagaimana… selengkapnya
Rp 63.000Irika Widiasanti, M.T., Ir., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 180 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-130-0 Sinopsis : Konstruksi dan kemampuan untuk membangun merupakan keterampilan tertua manusia karena keterampilan membangunlah yang membedakan Homo sapiens dari spesies lain pada zaman prasejarah. Ketika masyarakat mulai berkembang lebih terorganisasi, kemampuan membangun pun… selengkapnya
Rp 45.00020%
Penulis: Bayong Tjasyono, Prof., Dr., HK. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 504 Halaman ISBN: 978-602-446-371-7 Sinopsis : CUACA, IKLIM, LINGKUNGAN & BIOKLIMATOLOGI merupakan IPBA yang membahas keterkaitan disiplin Ilmu Kebumian dan Antariksa untuk mengkaji kehidupan dalam sistem Matahari-Bumi. Selain mengkaji tiga lapisan… selengkapnya
Rp 124.000 Rp 155.00020%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 9, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 488 Halaman ISBN: 978-602-446-268-0 Sinopsis: Sejak lulus doktor dari Monash University Australia tahun 1996, khususnya setelah terbit edisi pertama buku ini tahun 2001, Profesor Deddy Mulyana menjadi pelopor dan… selengkapnya
Rp 138.400 Rp 173.00020%
Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 132 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-639-8 Sinopsis : Pengawas sekolah merupakan sumber daya yang seyogianya memiliki keunggulan dan kapasitas di atas kepala sekolah dan rata-rata guru lainnya. Pelayanan yang dilakukan pengawas sekolah merupakan suatu proses yang menjadi keharusan dan dipraktikkan… selengkapnya
Rp 29.600 Rp 37.00020%
Penulis: Nanang Fattah, Prof. Dr.,M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 252 Halaman ISBN: 978-602-446-367-0 Sinopsis : Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan daya saing global menuju masyarakat 5.0… selengkapnya
Rp 53.600 Rp 67.00020%
Nana Supriatna, Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 380 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-714-2 Sinopsis: Tanpa disadari, selama ini penerapan kurikulum sekolah di Indonesia kurang memperhatikan unsur kesinambungan yang memadukan berbagai unsur ke dalam sebuah ekosistem. Peningkatan kualitas pendidikan berbasis teknologi modern sering kali mengabaikan ketersediaan dan… selengkapnya
Rp 71.200 Rp 89.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.