Pengantar Public Relations Kontemporer
Rp 52.800 Rp 66.000Kode | RR.KO0097 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pengantar Public Relations Kontemporer
Penulis: Suwatno, Prof. Dr. H., M.si
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 244 Halaman
ISBN: 978-602-446-236-9
Sinopsis :
Sebagai sebuah pengantar, buku ini mencoba memberikan konsep-konsep dasar yang mudah dipahami oleh para mahasiswa atau pembelajar pemula di bidang public relations. Mengingat sebagian besar textbook tentang public relations yang ada selama ini cenderung terlalu teoretis maka untuk mengimbanginya buku ini dilengkapi dengan narasi-narasi teknis dan contoh-contoh yang ada di dunia praktis.
Dalam buku ini pendapat para pakar cukup banyak digunakan sebagai basis atau fondasi konseptual dari disiplin public relations, tetapi diulas secara lebih mudah dengan menyebutkan dan mendeskripsikan contoh-contoh yang ada dalam program-program kehumasan sehari-hari. Dalam buku ini juga diangkat isu digitalisasi dalam dunia public relations, di mana saat ini peran internet, media sosial, Web 2.0 hingga Web. 4.0 telah banyak mengubah karakter pola komunikasi kehumasan dalam berbagai organisasi, tidak hanya organisasi kelas global tetapi juga di Indonesia.
Untuk memperkuat pemahaman secara praktis, buku ini dilengkapi dengan studi kasus yang sebagian besar diambil dari kasus-kasus kehumasan nyata yang pernah terjadi di Indonesia.
—-
Daftar Isi
BAB I KONSEP DASAR PUBLIC RELATIONS
A. Definisi Public Relations
B. Public Relations vs Marketing
C. Public Relations vs Advertising
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB II SEJARAH PUBLIC RELATIONS
A. Era Tradisional
B. Era Modern
C. Empat Model Public Relations
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB III JENIS-JENIS PUBLIK
A. Stakeholders vs Publics
B. Komunitas
C. Calon Karyawan
D. Karyawan
E. Pemasok Barang dan Jasa
F. Pasar Keuangan
G. Distributor
H. Pelanggan
I. Pemimpin atau Pembentuk Opini
J. Rangkuman
K. Evaluasi
L. Studi Kasus
BAB IV IDENTITAS VS CITRA PERUSAHAAN
A. Definisi Identitas Perusahaan
B. Definisi Citra Perusahaan
C. Perbedaan antara Identitas dan Citra Perusahaan
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB V REPUTASI PERUSAHAAN
A. Prinsip Reputasi Perusahaan
B. Proses Reputasi Organisasi
C. Manajemen Reputasi
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB VI MEDIA PUBLIC RELATIONS
A. Dasar-Dasar Hubungan dengan Media
B. Jenis-Jenis Media
C. Panduan Tentang Media
D. Fungsi Hubungan Media
E. Rangkuman
F. Evaluasi
G. Studi Kasus
BAB VII HOUSE JOURNAL
A. Konten House Journal
B. Jenis-Jenis House Journal
C. Fungsi House Journal
D. Teknik House Journal
E. House Journal Eksternal
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB VIII DIGITAL PUBLIC RELATIONS
A. Komunikasi Satu Arah vs Dua Arah
B. Website untuk Public Relations
C. Mempromosikan Situs
D. Media Sosial
E. Rangkuman
F. Evaluasi
G. Studi Kasus
BAB IX PENULISAN SIARAN PERS
A. Apa Itu Berita?
B. Kredibilitas Berita
C. Bahasa dan Kosakata
D. Menulis Siaran Pers
E. Paragraf Pembuka Siaran Pers
F. Gaya Penulisan
G. Model Berita Tujuh Poin
H. Ringkasan Laporan, Pidato, atau Dokumen
I. Pengumuman Singkat
J. Rangkuman
K. Evaluasi
L. Studi Kasus
BAB X PENULISAN ARTIKEL FITUR
A. Pertimbangan Pemasaran
B. Bernegosiasi dengan Editor
C. Cara Mengajukan Proposal Artikel Humas
D. Cara Menulis Artikel Fitur
E. Gaya Menulis
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB XI PUBLIC RELATIONS SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN
A. Peran Hubungan Masyarakat
B. Management by Objective (MBO)
C. Tanggung Jawab Manajer
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB XII PRAKTIK PUBLIC RELATIONS
A. Humas Korporat
B. Tanggung Jawab Chief Communications Officer (CCO)
C. Humas Agensi
D. Tren dalam Dunia Agensi
E. Kehidupan Agensi VS Kehidupan Perusahaan
F. Humas Pemerintahan dan Urusan Publik
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
BAB XIII MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS
A. Isu vs Krisis
B. Manajemen Masalah
C. Perencanaan Krisis
D. Persiapan Menghadapi Krisis
E. Ketentuan Penyediaan Informasi
F. Saran dan Larangan dalam Manajemen Krisis
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
BAB XIV ETIKA PROFESI PUBLIC RELATIONS
A. Kualifikasi Profesi
B. Pengertian Etika
C. Kode Etik
D. Kode Etik Profesi Humas Internasional
E. Kode Etik Profesi Humas Di Indonesia
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB XV PENELITIAN PUBLIC RELATIONS
A. Konteks Penelitian dalam Public Relations
B. Penelitian dalam Perencanaan dan Pengelolaan PR
C. Merancang Penelitian
D. Jenis Data Primer vs Sekunder
E. Penelitian Kualitatif vs Kuantitatif
F. Wawancara Mendalam (In-depth Interview)
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
Tags: Hubungan Masyarakat, Komunikasi Organisasi, Kontemporer, Manajemen Komunikasi, Media Relations, Pengantar Public Relations, Pengaruh Media, Praktek PR, Strategi PR, Teori PR
Pengantar Public Relations Kontemporer
Berat | 440 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 830 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Alex Sobur, Drs., M.Si. dan Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 576 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: This book is a well-constructed, well-designed, highly engaging intellectual product and a very comprehensive reference on phenomenology in a single book…. selengkapnya
Rp 116.000 Rp 145.00020%
Judul : MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pengarang : HERUMAN, S.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 200 Hlm Sinopsis: Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.00020%
Penulis: Johar Permana, Prof. Dr. H., M.A. Taufani C. Kurniatun, Dr., M.Si. Liah Siti Syarifah, S.Pd.I., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-370-0 Sinopsis : Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pada perencanaan pendidikannya. Hal tersebut… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Arita Marini, Dr., Ir., M.E. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-567-4 Sinopsis : Sekolah dasar adalah sebuah organisasi sosial yang mempunyai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan utama sekolah dasar adalah memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. Dalam sebuah organisasi, tentunya manajemen merupakan kekuatan… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Prof. Dr. Ahmad Tafsir 16 x 24 cm • 216 hlm Kertas isi HVS 60 gr, Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 10, 2010 ISBN: 979-514-174-0 Sinopsis: Buku ini membahas tentang pendidikan dalam pandangan Islam yang dilengkapi dengan pandangan berbagai pakar pendidikan Islam, baik dari dalam maupun luar negeri.
Rp 39.200 Rp 49.00020%
Sukiman, Dr., S.Ag., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 264 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-628-2 Sinopsis : Dunia Pendidikan saat ini dihadapkan pada tuntutan masyarakat untuk dapat menghasilkan para lulusan yang berkualitas tinggi dan mampu bersaing pada era globalisasi. Selain itu, juga memiliki bekal pengetahuan agama, moral, dan akhlak… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Muh. Hizbul Muflihin, Dr., H., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-399-1 Sinopsis : Pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk kepribadian kaum muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, dan cinta tanah air dan bangsa. Oleh… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Hendro Widodo, Dr., M. Pd. Etyk Nurhayati, M. Pd. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 160 Halaman Sinopsis: Karakter peduli lingkungan merupakan salah satu karakter yang perlu ditumbuh-kembangkan pada peserta didik sekolah dasar. Hal ini mejadi modal dasar bagi peserta didik untuk… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Judul : MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM Pengarang : OEMAR HAMALIK Tahun : 2006 Dimensi : 16×24 cm, HVS 70 gr, 336 hlm. ISBN : 979-514-518-4 Sinopsis: Kurikulum esensinya adalah program. Kurikulum harus merefleksikan masalah-masalah pokok dan mendasar menyangkut perkembangan pendidikan nasional. Program yang disusun dengan baik, memungkinkan pencapaian tujuan yang lebih baik pula. Karena itu dapatlah… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Alsuhendra, Dr., Ir., M.Si., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 284 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-161-4 Sinopsis : Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan. Namun, tidak semua makanan bermanfaat bagi tubuh. Karena berbagai alasan bahan makanan dapat saja mengandung senyawa kimia yang bukan tergolong sebagai zat gizi. Dengan… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.