Manajemen Kelas Prasekolah
Rp 103.000Kode | RR.PK0487 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Manajemen Kelas Prasekolah
Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd.
Cetakan: 1, 2024
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
272 Halaman
ISBN: 978-602-446-714-2
Sinopsis:
Manajemen kelas adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Mengelola kelas merupakan bagian integral dari proses belajar mengajar. Efektivitas pengelolaan kelas menunjukkan kepedulian seorang guru terhadap proses pembelajaran. Guru bergantung pada efisiensinya untuk melakukan tugas dengan lebih efektif. Oleh karena itu, manajemen ruang kelas baik sebagai proses maupun sebagai pendekatan, mempunyai dampak yang besar terhadap pembelajaran siswa. Manajemen kelas berorientasi pada tindakan dan tujuan serta dirancang untuk menawarkan disiplin kepada siswa untuk mencegah gangguan sebelum itu terjadi pada saat kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Siswa akan berkembang dengan jelas sehingga penting agar strategi manajemen kelas dikomunikasikan oleh guru secara efektif. Manajemen kelas terbagi atas dua, yaitu: pertama, manajemen fisik mencakup semua alat dan fasilitas fisik atau struktural di kelas yang meliputi penataan ruang belajar, perencanaan pembelajaran, dan asesmen. Kedua, manajemen siswa yang ada di dalamnya. Bagian ini mencakup mengenai perilaku, cara memberikan perlakukan dalam proses pembelajaran, dan hal yang berkaitan dengan pengembangan diri serta pembelajaran siswa. Guru di bagian ini diajak untuk mengenal lebih jauh karakteristik perkembangan dan gaya belajar siswa, termasuk strategi disiplin pada siswa yang berada dalam kategori usia dini. Selain memuat konsep teori, buku ini juga dilengkapi dengan uraian implementasi di kelas sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca.
—
Daftar Isi
BAB 1 PENGANTAR MANAJEMEN KELAS
A. Manajemen Kelas
B. Teori-Teori Psikologi dalam Proses Pembelajaran
BAB 2 ETIKA PROFESI
A. Etika Profesi
B. Membangun Komunitas Kelas yang Positif
C. Implementasi di Kelas
BAB 3 KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
A. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini
B. Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini
C. Gaya Belajar Anak
D. Bermain bagi Anak Usia Dini
E. Implementasi di Kelas
BAB 4 DISIPLIN KELAS
A. Disiplin Kelas
B. Implementasi di Kelas
BAB 5 PENATAAN RUANG BELAJAR
A. Lingkungan Belajar di Dalam Ruangan Kelas (Indoor Classroom)
B. Lingkungan Belajar di Luar Ruangan Kelas (Outdoor Classroom)
C. Implementasi di Kelas
BAB 6 PERENCANAAN PEMBELAJARAN
A. Perencanaan Pembelajaran
B. Memahami Kurikulum Merdeka
C. Implementasi di Kelas
BAB 7 ASESMEN ANAK USIA DINI
A. Penilaian Anak Usia Dini
B. Implementasi di Kelas
BAB 8 KOMUNIKASI DENGAN ORANG TUA SISWA
Strategi Berkomunikasi dengan Orang Tua
BAB 9 RAGAM KEGIATAN KELAS
A. Kegiatan Memasak
B. Karyawisata
C. Keamanan dan Perlindungan Anak di Lingkungan Sekolah
Manajemen Kelas Prasekolah
Berat | 530 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 937 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Kisyani-Laksono, Prof., Dr., Tatag Yuli Eko Siswono, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 264 Halaman ISBN: 978-602-446-200-0 Sinopsis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembeljaran di kelas. Selain… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.000Penulis: Sapriya, M.Ed., Prof. Dr. Cetakan: 11 (Revisi), 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Peranan lembaga pendidikan tinggi sudah sepantasnya memberikan fasilitasi untuk meningkatkan mutu luaran pendidikan di tanah air sejalan dengan pendekatan Outcomes- Based Education (OBE). Buku yang… selengkapnya
Rp 86.00020%
Prof. Dr. Nana Syaodih S. Cet. 9, Tahun 2013 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 336 Hlm ISBN : 979-692-486-2 Sinopsis: Kebutuhan akan pendidikan yang semakin membaik, yang mampu meningkatkan kualitas bangsa, mengembangkan karakter, memberikan keunggulan dan kemampuan berkreasi, semakin dirasakan urgensinya. Otonomi di bidang pendidikan memberikan kesempatan wewenang untuk melakukan berbagai… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Jann Hidayat Tjakraatmadja. Prof., Dr., MSIE., Dkk. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 15 x 21 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 216 Halaman ISBN: 978-602-446-634-3 Sinopsis: Teknologi telah menjadi faktor utama yang menentukan perubahan zaman, dan menjadi penyebab perubahan dunia pendidikan juga. Pada awal 2020, teknologi telah bersinergi dengan pandemi… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Judul : BALANCED SCORECARD Pengarang : DR. DADANG DALLY, M.SI. Tahun : JUNI 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 128 halaman ISBN : 979-692-737-3 Sinopsis: SEORANG manajer yang baik umumnya tidak lahir secara tiba-tiba. Dia melalui proses panjang, yang masyarakat umum mengenalnya sebagai pengalaman. Lewat rentang waktu perjalanan itu, calon manajer melakukan eksplorasi dan… selengkapnya
Rp 31.200 Rp 39.00020%
Penulis: Hasbiyallah, Dr., H., M.Ag. dan Nayif Sujudi, M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 308 Halaman ISBN: 978-602-446-369-4 Sinopsis : Perkembangan dan perubahan teknologi yang semakin cepat telah mendorong berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Islam, seperti pesantren modern. Lembaga pendidikan ini tengah menunjukkan eksistensinya… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000Penulis: Lexy J. Moleong, Dr. M.A. Cetakan: 37, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 310 gr. Halaman: 424 halaman ISBN: 979-514-051-5 Sinopsis: Sejatinya sebuah penelitian adalah untuk menemukan kebenaran. Kebenaran yang bukan dibenar-benarkan, tapi kebenaran yang memang benar-benar, benar. Karena kebenaran itulah yang akan dijadikan landasan bertindak. Bukan atas… selengkapnya
Rp 110.00020%
Penulis: Prof. Dr. Deni Darmawan, S.Pd.M.Si.,MCE. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 368 Halaman ISBN: 978-602-446-374-8 Sinopsis : Pada era digital dewasa ini para penulis profesional ditantang oleh sejumlah indikator yang berlapis untuk dapat tembus karyanya sehingga menjadi rujukan dunia publikasi. Di sisi… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Judul : PENGEMBANGAN KURIKULUM Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 220 halaman ISBN : 979-514-601-7 Sinopsis : Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam seluruh kegiatan pendidikan. Bahkan banyak pihak menganggap kurikulum sebagai “rel” yang menentukan arah… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Penulis: Esti Untari, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 220 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: Penyajian materi untuk mahasiswa seharusnya dimulai dari ilmu dasar. Begitu juga yang dipelajari oleh mahasiswa PGSD, walaupun harus memahami berbagai macam bidang studi calon guru SD juga… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.