Manajemen Kelas Prasekolah
Rp 103.000Kode | RR.PK0487 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Manajemen Kelas Prasekolah
Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd.
Cetakan: 1, 2024
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
272 Halaman
ISBN: 978-602-446-714-2
Sinopsis:
Manajemen kelas adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Mengelola kelas merupakan bagian integral dari proses belajar mengajar. Efektivitas pengelolaan kelas menunjukkan kepedulian seorang guru terhadap proses pembelajaran. Guru bergantung pada efisiensinya untuk melakukan tugas dengan lebih efektif. Oleh karena itu, manajemen ruang kelas baik sebagai proses maupun sebagai pendekatan, mempunyai dampak yang besar terhadap pembelajaran siswa. Manajemen kelas berorientasi pada tindakan dan tujuan serta dirancang untuk menawarkan disiplin kepada siswa untuk mencegah gangguan sebelum itu terjadi pada saat kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Siswa akan berkembang dengan jelas sehingga penting agar strategi manajemen kelas dikomunikasikan oleh guru secara efektif. Manajemen kelas terbagi atas dua, yaitu: pertama, manajemen fisik mencakup semua alat dan fasilitas fisik atau struktural di kelas yang meliputi penataan ruang belajar, perencanaan pembelajaran, dan asesmen. Kedua, manajemen siswa yang ada di dalamnya. Bagian ini mencakup mengenai perilaku, cara memberikan perlakukan dalam proses pembelajaran, dan hal yang berkaitan dengan pengembangan diri serta pembelajaran siswa. Guru di bagian ini diajak untuk mengenal lebih jauh karakteristik perkembangan dan gaya belajar siswa, termasuk strategi disiplin pada siswa yang berada dalam kategori usia dini. Selain memuat konsep teori, buku ini juga dilengkapi dengan uraian implementasi di kelas sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca.
—
Daftar Isi
BAB 1 PENGANTAR MANAJEMEN KELAS
A. Manajemen Kelas
B. Teori-Teori Psikologi dalam Proses Pembelajaran
BAB 2 ETIKA PROFESI
A. Etika Profesi
B. Membangun Komunitas Kelas yang Positif
C. Implementasi di Kelas
BAB 3 KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
A. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini
B. Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini
C. Gaya Belajar Anak
D. Bermain bagi Anak Usia Dini
E. Implementasi di Kelas
BAB 4 DISIPLIN KELAS
A. Disiplin Kelas
B. Implementasi di Kelas
BAB 5 PENATAAN RUANG BELAJAR
A. Lingkungan Belajar di Dalam Ruangan Kelas (Indoor Classroom)
B. Lingkungan Belajar di Luar Ruangan Kelas (Outdoor Classroom)
C. Implementasi di Kelas
BAB 6 PERENCANAAN PEMBELAJARAN
A. Perencanaan Pembelajaran
B. Memahami Kurikulum Merdeka
C. Implementasi di Kelas
BAB 7 ASESMEN ANAK USIA DINI
A. Penilaian Anak Usia Dini
B. Implementasi di Kelas
BAB 8 KOMUNIKASI DENGAN ORANG TUA SISWA
Strategi Berkomunikasi dengan Orang Tua
BAB 9 RAGAM KEGIATAN KELAS
A. Kegiatan Memasak
B. Karyawisata
C. Keamanan dan Perlindungan Anak di Lingkungan Sekolah
Manajemen Kelas Prasekolah
Berat | 530 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.271 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : MENJADI GURU PROFESIONAL Pengarang : MOH. UZER USMAN Tahun : Cet 29, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 154 halaman ISBN : 979-514-003-5 Sinopsis: Dalam buku ini penulis memberikan petunjuk praktis untuk menjadi guru profesional. Kepraktisannya menonjol terutama karena menyertakan pedoman, contoh-contoh, dan ciri-ciri profesionalisme keguruan. Anda dapat menggunakannya untuk… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Abdul Majid, M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 400 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-143-0 Sinopsis: Standar proses pendidikan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu prinsip pendidikan adalah proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang… selengkapnya
Rp 84.000 Rp 105.00020%
Judul : LANDASAN PSIKOLOGI PROSES PENDIDIKAN Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 1, April 2003 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr ISBN : 979-692-240-1 Sinopsis : Inti pendidikan adalah interaksi. Interaksi antara pendidik dan peserta didik. Suatu interaksi yang di dalamnya terjadi proses transfer pemahaman tertentu, yang melibatkan secara simultan… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: M. Karman, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 388 Halaman ISBN: 978-602-446-297-0 Sinopsis : Mengapa teks Al-Quran relevan untuk segala situasi dan kondisi? Walau lahir di masa yang tidak seperti sekarang, teksnya dapat dikontekstualisasikan di berbagai tempat dan… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Asis Saefuddin, H., Ika Berdiati Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-604-6 Sinopsis: Pembelajaran di kelas yang dikemas dengan menyenangkan merupakan dambaan peserta didik karena proses belajar yang menyenangkan bisa meningkatkan motivasi belajar yang tinggi bagi peserta didik guna menghasilkan produk dan proses belajar yang… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Judul : TEORI BELAJAR ORANG DEWASA Pengarang : PROF. DR. ANISAH BASLEMAN, M.S Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 180 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-045-7 Sinopsis : Teori belajar dan membelajarkan diarahkan untuk memberikan wawasan tentang tujuan serta hakikat kegiatan belajar membelajarkan dan hakikat pendidikan, yaitu mencerdaskan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Judul : PSIKOLOGI PENDIDIKAN Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : 2017, cetakan ke 28 Dimensi : hvs 70 GR, 16 X 24 cm, 184 hlm + xiii ISBN : 979-514-036-1 Sinopsis: Apakah psikologi itu? Apa gunanya kita mempelajari psikologi? Bagaimana pengaruh pembawaan dan pengaruh lingkungan terhadap perkembangan manusia? Mengapa intelegensi seseorang berbeda dengan intelegensi… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-642-8 Sinopsis : Keluarga dapat dikatakan sebagai lembaga yang dibentuk atas dorongan manusia untuk berkelompok guna mengatur kehidupan dan mengorganisasi diri dalam upaya mencapai tujuan. Kajian ekonomi keluarga sendiri membahas tentang bagaimana keluarga menghadapi masalah… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: Dr. Enok Risdayah, M.Ag. Dr. H. Asep Iwan Setiawan, M.Ag. Dr. H. Rohmanur Aziz, M.Ag. Dr. H. Enjang AS, M.Si., M.Ag. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-594-0 Sinopsis: Buku ini insyaAllah berbeda dengan buku-buku Sunda yang lainnya,… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Asep Ediana Latip, S.Ag., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-203-1 Sinopsis: Evaluasi pembelajaran yang penulis uraikan pada buku ini, dikembangkan berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia pada Program Studi Pendidikan Guru… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.