Perencanaan Pendidikan Konsep dan Kajian Pendekatan Manpower Planning
Rp 67.200 Rp 84.000Kode | RR.PK0421 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Perencanaan Pendidikan Konsep dan Kajian Pendekatan Manpower Planning
Penulis: Johar Permana, Prof. Dr. H., M.A.
Taufani C. Kurniatun, Dr., M.Si.
Liah Siti Syarifah, S.Pd.I., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
232 Halaman
ISBN: 978-602-446-370-0
Sinopsis :
Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pada perencanaan pendidikannya. Hal tersebut disesuaikan dengan kondisi dan realitas di negara tersebut. Buku ini menggambarkan penerapan pendekatan manpower planning dalam perencanaan pendidikan sebagai upaya dalam mewujudkan proses pendidikan dan output pendidikan yang link and match dengan dunia kerja. Di sisi lain perencanaan pendidikan yang berbasis potensi wilayah dapat mengatasi surplus dan deficit untuk output program-program dengan jenis keahlian tertentu. Dengan demikian, perencanaan pendidikan yang berbasis potensi wilayah dengan menggunakan pendekatan manpower planning jadi upaya dalam menghasilkan SDM-SDM unggul yang dapat menjadi driving force pada proses pembangunan.
Dalam buku ini akan dijumpai beragam tema di antaranya fenomena penerapan pendekatan manpower planning dalam perencanaan pendidikan, sejarah dan konsep perencanaan pendidikan, konsep pendekatan manpower planning dan penerapannya dalam perencanaan pendidikan serta studi analisis kebutuhan sekolah dengan pendekatan manpower planning berbasis potensi wilayah. Studi analis kebutuhan sekolah yang dihadirkan dalam buku ini memberikan warna yang berbeda dengan buku tema yang serupa lainnya. Selain menghadirkan kajian mengenai proses perencanaan pendidikan dengan pendekatan manpower planning dari Davis, kajian tersebut juga dihasilkan dari sebuah riset yang tentunya pendekatannya lebih disesuaikan dengan kondisi dan realitas daerah. Jelas dan lugas menjadi ciri khas dari buku ini.
———
Daftar Isi
Bab I Fenomena Dan Arah Tujuan Penerapan Pendekatan Manpower Planning Dalam Perencanaan Pendidikan
Bab II Konsep Dasar Ilmu Perencanaan Pendidikan
A. Definisi Perencanaan Pendidikan
B. Tujuan, Fungsi dan Manfaat Perencanaan Pendidikan
C. Prinsip-Prinsip dalam Perencanaan Pendidikan
D. Tahapan Perencanaan Pendidikan
E. Jenis-Jenis Perencanaan Pendidikan
F. Pendekatan Perencanaan Pendidikan
G. Analisis Kebutuhan Sekolah sebagai bagian Fungsi Perencanaan dalam Ilmu Administrasi Pendidikan
III Sejarah Perkembangan Perencanaan Pendidikan
A. Sejarah Perencanaan Pendidikan di Dunia
B. Sejarah Perencanaan Pendidikan di Indonesia
Bab IV Pendidikan Dalam Pembangunan Ekonomi
A. Perencanaan Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi
B. Pengembangan Kompetensi Keahlian Melalui Sekolah Menengah Kejuruan
C. Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Perencanaan Pendidikan Kejuruan
D. Pengembangan Potensi Wilayah dan Pendidikan Kejuruan sebagai Supply Tenaga Kerja
Bab V Konsep Dasar Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
A. Definisi Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
B. Tujuan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
C. Fungsi Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
D. Arti Penting Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
E. Kelebihan dan Keterbatasan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
Bab VI Penerapan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach) Dalam Perencanaan Pendidikan
A. Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach), Pendidikan dan Human Capital
B. Upaya Pendekatan Manpower Planning dalam Mengatasi Pengangguran Terdidik
C. Prinsip-prinsip Penerapan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
D. Langkah-langkah Perhitungan Kebutuhan Tenaga Kerja dengan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
E. Sinkronisasi Bidang Keahlian SMK dengan Prioritas Unggulan Wilayah
Bab VII Studi Analisis Kebutuhan Sekolah Menengah Kejuruan
A. Analisis Kebutuhan SMK Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian di Kabupaten Ciamis Periode 2017-2021
B. Analisis Kebutuhan SMK Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri di Kabupaten Bekasi Tahun 2015-2019
C. Analisis Kebutuhan SMK Bidang Keahlian Pariwisata di Kabupaten Garut Tahun 2018-2022
Tags: Evaluasi Pendidikan, Kajian Pendekatan Perencanaan, Kajian Pendidikan, Konsep Perencanaan Pendidikan, Manpower Planning, Pembangunan Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Karir, Pendidikan Vokasi, Perencanaan Pendidikan, Strategi Pendidikan
Perencanaan Pendidikan Konsep dan Kajian Pendekatan Manpower Planning
Berat | 475 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 621 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Rohmat Widiyanto, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 144 Halaman ISBN: 978-602-446-445-5 Sinopsis: Proses pendidikan merupakan rangkaian kegiatan yang sangat kompleks dan luas cakupannya. Apabila kita berbicara tentang pendidikan maka kita tidak akan pernah lepas dari aktivitas belajar ataupun proses pembelajaran… selengkapnya
Rp 42.400 Rp 53.000Penulis: Lexy J. Moleong, Dr. M.A. Cetakan: 37, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 310 gr. Halaman: 424 halaman ISBN: 979-514-051-5 Sinopsis: Sejatinya sebuah penelitian adalah untuk menemukan kebenaran. Kebenaran yang bukan dibenar-benarkan, tapi kebenaran yang memang benar-benar, benar. Karena kebenaran itulah yang akan dijadikan landasan bertindak. Bukan atas… selengkapnya
Rp 100.00020%
Penulis: Sugandi Miharja, Ph.D. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku ini memaparkan mengenai bagaimana memahami karyawan sebagai pelaku industry, dari mulai potensi, problematika, hingga solusinya. Pemaparan yang bersifat pengembangan dalam keilmuan disajikan penelitian bimbingan dan konseling industri…. selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Prof. Dr. Nana Supriatna, M.Ed., Neni Maulidah, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 352 Halaman ISBN: 978-602-446-518-6 Sinopsis: Di tengah-tengah berkembangnya teknologi informasi yang masif pada abad ini yang ditandai dengan penggunaan artificial intelligence, big data, dan internet of things, hanya… selengkapnya
Rp 104.000 Rp 130.00020%
Sudardja Adiwikarta, Prof., Drs., H., M.A. Ph.d. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 296 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-722-7 Sinopsis : Dalam buku ini Sosiologi Pendidikan didefinisikan sebagai anasilis sosiologi terhadap praksis pendidikan. Penguasaan teori dan konsep sosiologi yang kuat merupakan satu keniscayaan, dan dengan demikian, kelulusan dalam mata kuliah… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: Sarwiji Suwandi, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 224 Halaman ISBN: 978-602-446-349-6 Sinopsis : Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah kini tengah dilaksanakan di berbagai sektor kehidupan. Gerakan literasi tidak sebatas gerakan membaca dan menulis saja, tetapi terkait erat… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Penulis: Suwatno, Prof. Dr. H., M.si Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 244 Halaman ISBN: 978-602-446-236-9 Sinopsis : Sebagai sebuah pengantar, buku ini mencoba memberikan konsep-konsep dasar yang mudah dipahami oleh para mahasiswa atau pembelajar pemula di bidang public relations. Mengingat… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Nana Supriatna, Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 380 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-714-2 Sinopsis: Tanpa disadari, selama ini penerapan kurikulum sekolah di Indonesia kurang memperhatikan unsur kesinambungan yang memadukan berbagai unsur ke dalam sebuah ekosistem. Peningkatan kualitas pendidikan berbasis teknologi modern sering kali mengabaikan ketersediaan dan… selengkapnya
Rp 71.200 Rp 89.00020%
Judul : MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pengarang : HERUMAN, S.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 200 Hlm Sinopsis: Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Judul : PRINSIP & TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : Cet 10, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, x + 166 halaman ISBN : 979-514-127-9 Sinopsis : Buku ini menjawab segala masalah yang bertalian dengan pengetesan dan pengevaluasian hasil belajar siswa/mahasiswa, sekaligus mengevaluasi hasil pengajaran siswa/mahasiswa, bahkan… selengkapnya
Rp 35.200 Rp 44.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.