Perencanaan Pendidikan Konsep dan Kajian Pendekatan Manpower Planning
Rp 70.400 Rp 88.000Kode | RR.PK0421 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Perencanaan Pendidikan Konsep dan Kajian Pendekatan Manpower Planning
Penulis: Johar Permana, Prof. Dr. H., M.A.
Taufani C. Kurniatun, Dr., M.Si.
Liah Siti Syarifah, S.Pd.I., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
232 Halaman
ISBN: 978-602-446-370-0
Sinopsis :
Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pada perencanaan pendidikannya. Hal tersebut disesuaikan dengan kondisi dan realitas di negara tersebut. Buku ini menggambarkan penerapan pendekatan manpower planning dalam perencanaan pendidikan sebagai upaya dalam mewujudkan proses pendidikan dan output pendidikan yang link and match dengan dunia kerja. Di sisi lain perencanaan pendidikan yang berbasis potensi wilayah dapat mengatasi surplus dan deficit untuk output program-program dengan jenis keahlian tertentu. Dengan demikian, perencanaan pendidikan yang berbasis potensi wilayah dengan menggunakan pendekatan manpower planning jadi upaya dalam menghasilkan SDM-SDM unggul yang dapat menjadi driving force pada proses pembangunan.
Dalam buku ini akan dijumpai beragam tema di antaranya fenomena penerapan pendekatan manpower planning dalam perencanaan pendidikan, sejarah dan konsep perencanaan pendidikan, konsep pendekatan manpower planning dan penerapannya dalam perencanaan pendidikan serta studi analisis kebutuhan sekolah dengan pendekatan manpower planning berbasis potensi wilayah. Studi analis kebutuhan sekolah yang dihadirkan dalam buku ini memberikan warna yang berbeda dengan buku tema yang serupa lainnya. Selain menghadirkan kajian mengenai proses perencanaan pendidikan dengan pendekatan manpower planning dari Davis, kajian tersebut juga dihasilkan dari sebuah riset yang tentunya pendekatannya lebih disesuaikan dengan kondisi dan realitas daerah. Jelas dan lugas menjadi ciri khas dari buku ini.
———
Daftar Isi
Bab I Fenomena Dan Arah Tujuan Penerapan Pendekatan Manpower Planning Dalam Perencanaan Pendidikan
Bab II Konsep Dasar Ilmu Perencanaan Pendidikan
A. Definisi Perencanaan Pendidikan
B. Tujuan, Fungsi dan Manfaat Perencanaan Pendidikan
C. Prinsip-Prinsip dalam Perencanaan Pendidikan
D. Tahapan Perencanaan Pendidikan
E. Jenis-Jenis Perencanaan Pendidikan
F. Pendekatan Perencanaan Pendidikan
G. Analisis Kebutuhan Sekolah sebagai bagian Fungsi Perencanaan dalam Ilmu Administrasi Pendidikan
III Sejarah Perkembangan Perencanaan Pendidikan
A. Sejarah Perencanaan Pendidikan di Dunia
B. Sejarah Perencanaan Pendidikan di Indonesia
Bab IV Pendidikan Dalam Pembangunan Ekonomi
A. Perencanaan Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi
B. Pengembangan Kompetensi Keahlian Melalui Sekolah Menengah Kejuruan
C. Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Perencanaan Pendidikan Kejuruan
D. Pengembangan Potensi Wilayah dan Pendidikan Kejuruan sebagai Supply Tenaga Kerja
Bab V Konsep Dasar Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
A. Definisi Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
B. Tujuan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
C. Fungsi Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
D. Arti Penting Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
E. Kelebihan dan Keterbatasan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
Bab VI Penerapan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach) Dalam Perencanaan Pendidikan
A. Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach), Pendidikan dan Human Capital
B. Upaya Pendekatan Manpower Planning dalam Mengatasi Pengangguran Terdidik
C. Prinsip-prinsip Penerapan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
D. Langkah-langkah Perhitungan Kebutuhan Tenaga Kerja dengan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
E. Sinkronisasi Bidang Keahlian SMK dengan Prioritas Unggulan Wilayah
Bab VII Studi Analisis Kebutuhan Sekolah Menengah Kejuruan
A. Analisis Kebutuhan SMK Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian di Kabupaten Ciamis Periode 2017-2021
B. Analisis Kebutuhan SMK Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri di Kabupaten Bekasi Tahun 2015-2019
C. Analisis Kebutuhan SMK Bidang Keahlian Pariwisata di Kabupaten Garut Tahun 2018-2022
Tags: Evaluasi Pendidikan, Kajian Pendekatan Perencanaan, Kajian Pendidikan, Konsep Perencanaan Pendidikan, Manpower Planning, Pembangunan Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Karir, Pendidikan Vokasi, Perencanaan Pendidikan, Strategi Pendidikan
Perencanaan Pendidikan Konsep dan Kajian Pendekatan Manpower Planning
Berat | 475 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 832 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Mulyasa, H.E., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 336 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-142-3 Sinopsis : Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas hanya dapat direkayasa melalui pendidikan yang dirancang oleh guru profesional dan bermutu. Akhir-akhir ini pemerintah sedang melakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang akan ditindaklanjuti dengan Penilaian… selengkapnya
Rp 75.200 Rp 94.00020%
Judul : METODOLOGI PENGAJARAN AGAMA ISLAM Pengarang : AHMAD TAFSIR Tahun : Cet 5, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 168 halaman ISBN : 979-514-530-4 Sinopsis : Buku ini tidak hanya akan membantu para calon guru agama Islam yang belajar di Fakultas Tarbiyah, namun berguna juga bagi semua orang… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Cepi Triatna, Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-629-9 Sinopsis: Kajian mengenai perilaku manusia saat ini tidak akan terlepas dari keterhubungan dan pengaruhnya (interaksi) dengan lingkungannya. Untuk dapat memahami mengenai perilaku organisasi secara tepat, terlebih dahulu harus dipahami beberapa konsep terkait dengan perilaku… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.00020%
Prof. Dr. Dedy Mulyasana, M.Pd. 16 x 24 cm – 252 hlm Kertas Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 3, 2015 ISBN: 978-979-692-064-8 Sinopsis: Di masa kini, diperlukan lembaga pendidikan yang bermutu. Lantas bagaimana cara menciptakan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing? Buku ini memaparkan konsep manajemen strategis yang berperan menciptakan pendidikan berdaya… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si. dan Wendhie Prayitno, S.Kom., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-517-9 Sinopsis: Buku ini ditujukan bagi guru dan mahasiswa kependidikan sebagai referensi dalam menyusun instrumen untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi siswa. Buku… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Kisyani-Laksono, Prof., Dr., Tatag Yuli Eko Siswono, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 264 Halaman ISBN: 978-602-446-200-0 Sinopsis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembeljaran di kelas. Selain… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Judul : PENELITIAN PENDIDIKAN Pengarang : DRS. ZAINAL ARIFIN, M.PD. Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 328 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-048-8 Sinopsis : Mahasiswa dan para praktisi pendidikan tentunya harus terlibat dalam upaya pemecahan masalah pendidikan, salah satunya melalui karya tulis ilimiah (penelitian) sebagai bentuk tanggung… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 132 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-639-8 Sinopsis : Pengawas sekolah merupakan sumber daya yang seyogianya memiliki keunggulan dan kapasitas di atas kepala sekolah dan rata-rata guru lainnya. Pelayanan yang dilakukan pengawas sekolah merupakan suatu proses yang menjadi keharusan dan dipraktikkan… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Asis Saefuddin, H., Ika Berdiati Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-604-6 Sinopsis: Pembelajaran di kelas yang dikemas dengan menyenangkan merupakan dambaan peserta didik karena proses belajar yang menyenangkan bisa meningkatkan motivasi belajar yang tinggi bagi peserta didik guna menghasilkan produk dan proses belajar yang… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Helmawati, Dr., SE., M.Pd.I. Cetakan 2, 2017 16×24 cm, 248 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-703-6 Sinopsis : Dewasa ini, banyak pendidik yang sudah tidak dapat dikatakan lagi sebagai model atau teladan yang baik bagi anak. Minimnya figur atau teladan, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat dapat berdampak pada… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.