Perencanaan Pendidikan Konsep dan Kajian Pendekatan Manpower Planning
Rp 70.400 Rp 88.000| Kode | RR.PK0421 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Perencanaan Pendidikan Konsep dan Kajian Pendekatan Manpower Planning
Penulis: Johar Permana, Prof. Dr. H., M.A.
Taufani C. Kurniatun, Dr., M.Si.
Liah Siti Syarifah, S.Pd.I., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
232 Halaman
ISBN: 978-602-446-370-0
Sinopsis :
Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pada perencanaan pendidikannya. Hal tersebut disesuaikan dengan kondisi dan realitas di negara tersebut. Buku ini menggambarkan penerapan pendekatan manpower planning dalam perencanaan pendidikan sebagai upaya dalam mewujudkan proses pendidikan dan output pendidikan yang link and match dengan dunia kerja. Di sisi lain perencanaan pendidikan yang berbasis potensi wilayah dapat mengatasi surplus dan deficit untuk output program-program dengan jenis keahlian tertentu. Dengan demikian, perencanaan pendidikan yang berbasis potensi wilayah dengan menggunakan pendekatan manpower planning jadi upaya dalam menghasilkan SDM-SDM unggul yang dapat menjadi driving force pada proses pembangunan.
Dalam buku ini akan dijumpai beragam tema di antaranya fenomena penerapan pendekatan manpower planning dalam perencanaan pendidikan, sejarah dan konsep perencanaan pendidikan, konsep pendekatan manpower planning dan penerapannya dalam perencanaan pendidikan serta studi analisis kebutuhan sekolah dengan pendekatan manpower planning berbasis potensi wilayah. Studi analis kebutuhan sekolah yang dihadirkan dalam buku ini memberikan warna yang berbeda dengan buku tema yang serupa lainnya. Selain menghadirkan kajian mengenai proses perencanaan pendidikan dengan pendekatan manpower planning dari Davis, kajian tersebut juga dihasilkan dari sebuah riset yang tentunya pendekatannya lebih disesuaikan dengan kondisi dan realitas daerah. Jelas dan lugas menjadi ciri khas dari buku ini.
———
Daftar Isi
Bab I Fenomena Dan Arah Tujuan Penerapan Pendekatan Manpower Planning Dalam Perencanaan Pendidikan
Bab II Konsep Dasar Ilmu Perencanaan Pendidikan
A. Definisi Perencanaan Pendidikan
B. Tujuan, Fungsi dan Manfaat Perencanaan Pendidikan
C. Prinsip-Prinsip dalam Perencanaan Pendidikan
D. Tahapan Perencanaan Pendidikan
E. Jenis-Jenis Perencanaan Pendidikan
F. Pendekatan Perencanaan Pendidikan
G. Analisis Kebutuhan Sekolah sebagai bagian Fungsi Perencanaan dalam Ilmu Administrasi Pendidikan
III Sejarah Perkembangan Perencanaan Pendidikan
A. Sejarah Perencanaan Pendidikan di Dunia
B. Sejarah Perencanaan Pendidikan di Indonesia
Bab IV Pendidikan Dalam Pembangunan Ekonomi
A. Perencanaan Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi
B. Pengembangan Kompetensi Keahlian Melalui Sekolah Menengah Kejuruan
C. Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Perencanaan Pendidikan Kejuruan
D. Pengembangan Potensi Wilayah dan Pendidikan Kejuruan sebagai Supply Tenaga Kerja
Bab V Konsep Dasar Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
A. Definisi Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
B. Tujuan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
C. Fungsi Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
D. Arti Penting Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
E. Kelebihan dan Keterbatasan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
Bab VI Penerapan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach) Dalam Perencanaan Pendidikan
A. Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach), Pendidikan dan Human Capital
B. Upaya Pendekatan Manpower Planning dalam Mengatasi Pengangguran Terdidik
C. Prinsip-prinsip Penerapan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
D. Langkah-langkah Perhitungan Kebutuhan Tenaga Kerja dengan Pendekatan Perencanaan Ketenagakerjaan (Manpower Planning Approach)
E. Sinkronisasi Bidang Keahlian SMK dengan Prioritas Unggulan Wilayah
Bab VII Studi Analisis Kebutuhan Sekolah Menengah Kejuruan
A. Analisis Kebutuhan SMK Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian di Kabupaten Ciamis Periode 2017-2021
B. Analisis Kebutuhan SMK Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri di Kabupaten Bekasi Tahun 2015-2019
C. Analisis Kebutuhan SMK Bidang Keahlian Pariwisata di Kabupaten Garut Tahun 2018-2022
Tags: Evaluasi Pendidikan, Kajian Pendekatan Perencanaan, Kajian Pendidikan, Konsep Perencanaan Pendidikan, Manpower Planning, Pembangunan Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Karir, Pendidikan Vokasi, Perencanaan Pendidikan, Strategi Pendidikan
Perencanaan Pendidikan Konsep dan Kajian Pendekatan Manpower Planning
| Berat | 475 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.393 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
37%
Penulis: Marjuki, Dr., S.E., M.Ag. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 348 Halaman ISBN: 978-602-446-483-7 Sinopsis: Permendikbud no. 22 tahun 2016 mengamanatkan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 95.00020%
Bambang Rustanto, Dr., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 136 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-649-7 Sinopsis: Secara umum pekerjaan sosial memiliki tujuan memberikan pertolongan pelayanan sosial kepada individu, kelompok, dan masyarakat dalam memecahkan berbagai permasalahan yang mereka hadapi, sehingga klien dari seorang pekerja sosial bisa memperoleh alternatif-alternatif pemecahan masalah… selengkapnya
Rp 35.200 Rp 44.00020%
Cepi Triatna, Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-629-9 Sinopsis: Kajian mengenai perilaku manusia saat ini tidak akan terlepas dari keterhubungan dan pengaruhnya (interaksi) dengan lingkungannya. Untuk dapat memahami mengenai perilaku organisasi secara tepat, terlebih dahulu harus dipahami beberapa konsep terkait dengan perilaku… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.00020%
Penulis: Asep Ediana Latip, S.Ag., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-203-1 Sinopsis: Evaluasi pembelajaran yang penulis uraikan pada buku ini, dikembangkan berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia pada Program Studi Pendidikan Guru… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Helmawati, DR., S.E., M.Pd.I. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-330-4 Sinopsis : Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau keterampilan berpikir kritis (HOTS/Higher Order Thingking Skills) dibutuhkan pada masa mendatang. Di era revolusi industri 4.0, keterampilan menganalisis dan mengambil keputusan… selengkapnya
Rp 92.800 Rp 116.00020%
Penulis: Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si. dan Wendhie Prayitno, S.Kom., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-517-9 Sinopsis: Buku ini ditujukan bagi guru dan mahasiswa kependidikan sebagai referensi dalam menyusun instrumen untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi siswa. Buku… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Judul : PENDIDIKAN KARAKTER: KAJIAN TEORI DAN PRAKTIK DI S Pengarang : DRS. DHARMA KESUMA, M.PD. DKK. Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 172 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-044-0 Sinopsis: Buku ini mengkaji bagaimana desain, proses, dan evaluasi pendidikan karakter dalam latar sekolah. Buku ini merupakan salah… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Penulis: Hendro Widodo, Dr., M. Pd. Etyk Nurhayati, M. Pd. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 160 Halaman Sinopsis: Karakter peduli lingkungan merupakan salah satu karakter yang perlu ditumbuh-kembangkan pada peserta didik sekolah dasar. Hal ini mejadi modal dasar bagi peserta didik untuk… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Judul : PSIKOLOGI KEPENDIDIKAN Pengarang : ABIN SYAMSUDDIN MAKMUN,M. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, vi + 250 halaman ISBN : 979-514-596-7 Sinopsis: Buku ini akan menuntun para calon guru untuk memahami psikologi kependidikan yang relevan dengan tugasnya kelak lewat sistem pengajaran modul. Pemilihan dan penyusunan pokok… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Yuni Sugiarti, S.T., M.Kom. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-228-4 Sinopsis: Mengapa menguasai Java sejak dini adalah investasi penting bagi masa depan? Buku ini yang akan mengupas tuntas teknis penggunaan data base, Unified Modelling Language (UML),… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.