Pembelajaran Jarak Jauh Pendekatan & Implementasi VCDLN, Teknologi Televisi dan E-Learning Blended
Rp 92.000Kode | RR.PK0460 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pembelajaran Jarak Jauh Pendekatan & Implementasi VCDLN, Teknologi Televisi dan E-Learning Blended
Penulis:
Deni Darmawan, Prof. Dr., S.Pd.,M.Si.,MCE. Dkk. Ukuran: 17,5 X 25
Halaman 248
HVS 70
AC 230
ISBN: 978-602-446-524-7
Sinopsis:
Buku ini berisi sebuah jawaban nyata dan jelas serta bagaimana teknis untuk meyakinkan pemerintah dan seluruh Iembaga pendidikan yang selama ini meragukan dengan pendidikan jarak jauh, termasuk ilmu Teknologi Pendidikan. Penulis menunjukkan dalam buku ini bahwa kepakaran Teknologi Pendidikan sekarang, pada saat pandemik covid-19 sudah pasti dicari dan dibutuhkan untuk membangun sistem pembelajaran jarak jauh elektronik dan daring.
Buku ini menguraikan mulai dari level kebijakan tertinggi dalam penyelenggaraan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang memaparkan bagaimana melakukan analisis kebutuhan dalam membangun sistem PJJ model baru yang penulis tawarkan, yaitu model VCDLN (Virtual Community Digital Learning Nusantara). Dalam konsep VCDLN ini peluang siswa dan guru di pedalaman tidak akan kesulitan karena terbatasnya kuota, namun dengan melalui pembentukan komunitas-komunitas pembelajaran jarak jauh ini dapat dilayani dengan baik.
Buku ini dilengkapi dengan bagaimana PJJ melalui VCDLN dibangun dari bawah sampai mampu menjadi ujung tombak dalam layanan pendidikan modern untuk mencetak generasi masa depan yang lebih cerdas, khususnya dengan memanfaatkan Teknologi Televisi LCJ, TVDIGITAL (dari pengalaman membangun TVUPI Digital), membangun Platform E-learning menggunakan moodle, mengembangkan tim pokja, membangun sistem LMS, mengembangkan konten pembelajaran, dan mengukur tingkat efektivitas penyelenggaraan PJJ secara digital daring, semua dikupas pada setiap bab.
—-
Daftar Isi
BAB I ANALISIS KEBIJAKAN PJJ INDONESIA
A. Telaah Perundangan
B. Perspektif Teknologi Pendidikan
C. Sebuah Harapan Kemitraan
BAB II KEKUATAN DALAM MELAHIRKAN GENERASI EMAS
A. Lahirnya Generasi Emas
B. Jaringan Virtual Pembelajaran
C. Terlahirnya Kembali Televisi Pendidikan
BAB III FONDASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH
A. Analisis Fondasi yang Kuat
B. Memahami Elemen-Elemen VCDLN
C. Faktor-Faktor Keberhasilan VCDLN Covid-19
D. Model VCDLN dalam konteks Human Machine Communication
BAB IV TARGET DAN STRATEGI PJJ
A. Target
B. Strategi Implementasi VCDLN
BAB V PEMBANGUNAN LEARNING RESOURCES CENTER MELALUI TEKNOLOGI TELEVISI
A. Konseptualisasi dan Perkembangan TV Streaming
B. Teknologi LCJ dalam Program TVUPI
C. TVUPI Digital
D. Program Unggulan TVUPI DIGITAL
BAB VI BOARD-BASED VCDLN DALAM KONTEKS TVUPI
A. Grand Design Online Learning-PJJ Indonesia
B. Rasional Strategi Tingkat Pusat
C. Rasional Strategi Tingkat Institusi
D. Rasional Strategi Tingkat Pendidik
E. Rasional Strategi Sistem Monev
F. Rasional Strategi Sistem Riset dan Pengembangan
G. Rasional Strategis Sistem Reporting
H. Inovasi VCDLN dalam PJJ Online
I. Blended Learning di antara “ New Normal” dalam Konteks VCDLN
BAB VII PROSEDUR PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PJJ
A. Prosedur Pengembangan
B. Bentuk Implementasi PJJ
BAB VIII PRODUKSI BAHAN AJAR DIGITAL ONLINE PJJ TELEVISI DAN E-LEARNING
A. Learning Resources dalam Digital Learning
B. Review dan Diseminasi Produk Bahan Ajar Daring
BAB IX MEKANISME PENYELENGGARAAN PJJ, E-LEARNING BLENDED (SEBUAH PENGALAMAN NYATA)
A. Pendirian Unit penyelenggara
B. Melakukan MoU
C. Melakukan Visibility Study Pendirian PJJ
D. Pemetaan dan Pengembangan Sistem E-Learning
E. Pembangunan dan Pemanfaatan ICT Center di Tingkat Kab/Kota
F. Pembentukan dan Pembekalan Tutor
G. Pemetaan Calon Mahasiswa Berdasarkan Daya Jangkau
H. Melakukan Pembekalan pada Dosen Tetap
I. Reporting dan Perumusan Proposal Usulan
J. Melakukan Matrikulasi Khusus kepada Calon Mahasiswa PJJ
K. Melakukan Mekanisme Perkuliahan 7 Pertemuan Kampus dan 7 Tutoring Online
L. Melaksanakan Ujian Online
M. Melakukan Reporting dan Evaluasi Midterm, dan Annual Report
BAB X PRAKTIK PEMBELAJARAN PJJ, E-LEARNING BLENDED
A. PJJ S1 PGSD UPI
B. PJJ Magister Tekpend IPI,
C. PJJ Doktor UNINUS
D. Penyelenggaraan E-Learning S-1 Fikom Universitas Pancasila
E. Kelengkapan PJJ Magister Teknologi Pendidikan SPs IPI
BAB XI MODEL MONITORING DAN EVALUASI PJJ, E-LEARNING BLENDED
A. Aspek Kurikulum
B. Aspek Proses Pembelajaran
C. Aspek Capaian Pembelajaran
D. Aspek Kelengkapan Instrumen Pembelajaran
E. Aspek Tata Kelola
F. Aspek Tridharma Dosen dan Mahasiswa
G. Aspek Reporting
H. Aspek Keberlanjutan Program
BAB XII EFEKTIVITAS DAN SUSTAINABILITAS PJJ, E-LEARNING BLENDED
A. Efektivitas Aspek Kelembagaan
B. Sinergitas 4-Pilar PJJ Digital Online
C. Kajian Sustainabilitas Pembelajaran PJJ Daring
BAB XIII DIGITAL ECOSYSTEM TEKNOLOGY PROGRAM TELEVISI
A. Ecosystem Technology for Digital Learning Television
B. Mengenal Ecosystem Technology for Digital Learning Televisi di TVUPI
C. Profil TVUPI sebagai Hasil Pembangunan Ecosystem Technology Digital
D. Program Unggulan
Pembelajaran Jarak Jauh Pendekatan & Implementasi VCDLN, Teknologi Televisi dan E-Learning Blended
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 244 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Mahmud, H., Prof., Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 320 Halaman ISBN: 978-602-446-306-9 Sinopsis : Apa kelebihan buku ini dibandingkan buku-buku tentang manajemen pendidikan lainnya? Buku ini memaparkan konsep manajemen modern yang umumnya dipakai oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi. Ilmu manajemen… selengkapnya
Rp 66.400 Rp 83.00020%
Penulis: Dr. Sigit Purnama, M.Pd. Dr. Ellyn Sugeng Desyanti, M.Pd. Alucyana, M.Psi., Psikolog. Ratna Pangastuti, M.Pd.I. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 276 Halaman ISBN: 978-602-446-570-4 Sinopsis: Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi… selengkapnya
Rp 73.600 Rp 92.00020%
Penulis: Lia Marliana, S.Pd., M.Phil. (Ling), Dra. Suhertuti, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 160 Halaman ISBN: 978-602-446-230-7 Sinopsis: Strategi Belajar Mengajar adalah suatu proses yang biasa dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Namun, lebih jauh dari hal tersebut, buku… selengkapnya
Rp 45.600 Rp 57.00020%
H. Drs. Soegiono, M.M., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, BW, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-086-0 Sinopsis: Para mahasiswa, para ilmuwan, para sastrawan, para budayawan, para politikus, para rohaniwan, dan bahkan anggota masyarakat umum, menggunakan filsafat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Oleh karena itu tampak terjadi keberagaman dalam penggunaannya,… selengkapnya
Rp 28.800 Rp 36.00020%
Penulis: Alex Sobur, Drs., M.Si. dan Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 576 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: This book is a well-constructed, well-designed, highly engaging intellectual product and a very comprehensive reference on phenomenology in a single book…. selengkapnya
Rp 116.000 Rp 145.00020%
Penulis: Esti Untari, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 220 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: Penyajian materi untuk mahasiswa seharusnya dimulai dari ilmu dasar. Begitu juga yang dipelajari oleh mahasiswa PGSD, walaupun harus memahami berbagai macam bidang studi calon guru SD juga… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.00020%
Ahmad Kholil, ST.MT. 16 x 24 cm • 156 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-080-8 Sinopsis: Tujuan penggunaan alat berat, yang merupakan faktor penting di dalam proyek-proyek konstruksi dengan skala besar adalah untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan… selengkapnya
Rp 31.200 Rp 39.00020%
Judul : STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet-1, 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 276 Hlm ISBN : 979-692-796-9 Sinopsis: STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU Bangkitlah, bangkitlah guruku // Kehadiranmu tidak tergantikan. Biarlah dunia ini menjadi saksi: Kau bukan guru negeri // Kau bukan guru swasta Kau adalah… selengkapnya
Rp 53.600 Rp 67.00020%
Judul : KARYA TULIS INOVATIF: SEBUAH PENGEMBANGAN PROFESI Pengarang : PROF.DR.H. SUDARWAN DANIM Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 164 halaman ISBN : 978-979-692-007-5 Sinopsis : Buku ini dipersembahkan untuk guru yang terus mengembangkan derajat profesionalitas sebagai tenaga pendidik. Untuk tujuan itu, guru, kepala sekolah, dan pengawas diharapkan mampu meningkatkan… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Penulis: Asip Suryadi, Drs., M.Ed., Ika Berdiati, Dra., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 320 Halaman ISBN: 978-602-446-201-7 Sinopsis: Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan para guru akan sebuah sumber belajar yang tidak sekadar berisi informasi mengenai Penelitian Tindakan Kelas… selengkapnya
Rp 66.400 Rp 83.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.