Pembelajaran Jarak Jauh Pendekatan & Implementasi VCDLN, Teknologi Televisi dan E-Learning Blended
Rp 95.000Kode | RR.PK0460 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pembelajaran Jarak Jauh Pendekatan & Implementasi VCDLN, Teknologi Televisi dan E-Learning Blended
Penulis:
Deni Darmawan, Prof. Dr., S.Pd.,M.Si.,MCE. Dkk. Ukuran: 17,5 X 25
Halaman 248
HVS 70
AC 230
ISBN: 978-602-446-524-7
Sinopsis:
Buku ini berisi sebuah jawaban nyata dan jelas serta bagaimana teknis untuk meyakinkan pemerintah dan seluruh Iembaga pendidikan yang selama ini meragukan dengan pendidikan jarak jauh, termasuk ilmu Teknologi Pendidikan. Penulis menunjukkan dalam buku ini bahwa kepakaran Teknologi Pendidikan sekarang, pada saat pandemik covid-19 sudah pasti dicari dan dibutuhkan untuk membangun sistem pembelajaran jarak jauh elektronik dan daring.
Buku ini menguraikan mulai dari level kebijakan tertinggi dalam penyelenggaraan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang memaparkan bagaimana melakukan analisis kebutuhan dalam membangun sistem PJJ model baru yang penulis tawarkan, yaitu model VCDLN (Virtual Community Digital Learning Nusantara). Dalam konsep VCDLN ini peluang siswa dan guru di pedalaman tidak akan kesulitan karena terbatasnya kuota, namun dengan melalui pembentukan komunitas-komunitas pembelajaran jarak jauh ini dapat dilayani dengan baik.
Buku ini dilengkapi dengan bagaimana PJJ melalui VCDLN dibangun dari bawah sampai mampu menjadi ujung tombak dalam layanan pendidikan modern untuk mencetak generasi masa depan yang lebih cerdas, khususnya dengan memanfaatkan Teknologi Televisi LCJ, TVDIGITAL (dari pengalaman membangun TVUPI Digital), membangun Platform E-learning menggunakan moodle, mengembangkan tim pokja, membangun sistem LMS, mengembangkan konten pembelajaran, dan mengukur tingkat efektivitas penyelenggaraan PJJ secara digital daring, semua dikupas pada setiap bab.
—-
Daftar Isi
BAB I ANALISIS KEBIJAKAN PJJ INDONESIA
A. Telaah Perundangan
B. Perspektif Teknologi Pendidikan
C. Sebuah Harapan Kemitraan
BAB II KEKUATAN DALAM MELAHIRKAN GENERASI EMAS
A. Lahirnya Generasi Emas
B. Jaringan Virtual Pembelajaran
C. Terlahirnya Kembali Televisi Pendidikan
BAB III FONDASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH
A. Analisis Fondasi yang Kuat
B. Memahami Elemen-Elemen VCDLN
C. Faktor-Faktor Keberhasilan VCDLN Covid-19
D. Model VCDLN dalam konteks Human Machine Communication
BAB IV TARGET DAN STRATEGI PJJ
A. Target
B. Strategi Implementasi VCDLN
BAB V PEMBANGUNAN LEARNING RESOURCES CENTER MELALUI TEKNOLOGI TELEVISI
A. Konseptualisasi dan Perkembangan TV Streaming
B. Teknologi LCJ dalam Program TVUPI
C. TVUPI Digital
D. Program Unggulan TVUPI DIGITAL
BAB VI BOARD-BASED VCDLN DALAM KONTEKS TVUPI
A. Grand Design Online Learning-PJJ Indonesia
B. Rasional Strategi Tingkat Pusat
C. Rasional Strategi Tingkat Institusi
D. Rasional Strategi Tingkat Pendidik
E. Rasional Strategi Sistem Monev
F. Rasional Strategi Sistem Riset dan Pengembangan
G. Rasional Strategis Sistem Reporting
H. Inovasi VCDLN dalam PJJ Online
I. Blended Learning di antara “ New Normal” dalam Konteks VCDLN
BAB VII PROSEDUR PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PJJ
A. Prosedur Pengembangan
B. Bentuk Implementasi PJJ
BAB VIII PRODUKSI BAHAN AJAR DIGITAL ONLINE PJJ TELEVISI DAN E-LEARNING
A. Learning Resources dalam Digital Learning
B. Review dan Diseminasi Produk Bahan Ajar Daring
BAB IX MEKANISME PENYELENGGARAAN PJJ, E-LEARNING BLENDED (SEBUAH PENGALAMAN NYATA)
A. Pendirian Unit penyelenggara
B. Melakukan MoU
C. Melakukan Visibility Study Pendirian PJJ
D. Pemetaan dan Pengembangan Sistem E-Learning
E. Pembangunan dan Pemanfaatan ICT Center di Tingkat Kab/Kota
F. Pembentukan dan Pembekalan Tutor
G. Pemetaan Calon Mahasiswa Berdasarkan Daya Jangkau
H. Melakukan Pembekalan pada Dosen Tetap
I. Reporting dan Perumusan Proposal Usulan
J. Melakukan Matrikulasi Khusus kepada Calon Mahasiswa PJJ
K. Melakukan Mekanisme Perkuliahan 7 Pertemuan Kampus dan 7 Tutoring Online
L. Melaksanakan Ujian Online
M. Melakukan Reporting dan Evaluasi Midterm, dan Annual Report
BAB X PRAKTIK PEMBELAJARAN PJJ, E-LEARNING BLENDED
A. PJJ S1 PGSD UPI
B. PJJ Magister Tekpend IPI,
C. PJJ Doktor UNINUS
D. Penyelenggaraan E-Learning S-1 Fikom Universitas Pancasila
E. Kelengkapan PJJ Magister Teknologi Pendidikan SPs IPI
BAB XI MODEL MONITORING DAN EVALUASI PJJ, E-LEARNING BLENDED
A. Aspek Kurikulum
B. Aspek Proses Pembelajaran
C. Aspek Capaian Pembelajaran
D. Aspek Kelengkapan Instrumen Pembelajaran
E. Aspek Tata Kelola
F. Aspek Tridharma Dosen dan Mahasiswa
G. Aspek Reporting
H. Aspek Keberlanjutan Program
BAB XII EFEKTIVITAS DAN SUSTAINABILITAS PJJ, E-LEARNING BLENDED
A. Efektivitas Aspek Kelembagaan
B. Sinergitas 4-Pilar PJJ Digital Online
C. Kajian Sustainabilitas Pembelajaran PJJ Daring
BAB XIII DIGITAL ECOSYSTEM TEKNOLOGY PROGRAM TELEVISI
A. Ecosystem Technology for Digital Learning Television
B. Mengenal Ecosystem Technology for Digital Learning Televisi di TVUPI
C. Profil TVUPI sebagai Hasil Pembangunan Ecosystem Technology Digital
D. Program Unggulan
Pembelajaran Jarak Jauh Pendekatan & Implementasi VCDLN, Teknologi Televisi dan E-Learning Blended
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 682 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Abdul Madjid, dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 348 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-581-0 Sinopsis : Pelaksanaan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pembelajaran yang mengacu pada Silabus. Rencana pembelajaran tersebut perlu dikembangkan semaksimal mungkin oleh guru, baik secara individu maupun kelompok, agar kompetensi sikap, pengetahuan,… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Hendro Widodo, Dr., M. Pd. Etyk Nurhayati, M. Pd. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 160 Halaman Sinopsis: Karakter peduli lingkungan merupakan salah satu karakter yang perlu ditumbuh-kembangkan pada peserta didik sekolah dasar. Hal ini mejadi modal dasar bagi peserta didik untuk… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Faisal Ismail, H., Prof., Dr., M.A. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 192 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-571-1 Sinopsis: Buku karya Prof. Dr. H. Faisal Ismail, M.A. yang mengulas, mengupas, dan mem- bentangkan tentang Dinamika Kerukunan Antarumat Beragama ini merupakan akumulasi dari hasil pembacaan, pengamatan, pandangan, pengalaman, tinjauan, dan pemikiran… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.00020%
Penulis: Helmawati, DR., S.E., M.Pd.I. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-330-4 Sinopsis : Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau keterampilan berpikir kritis (HOTS/Higher Order Thingking Skills) dibutuhkan pada masa mendatang. Di era revolusi industri 4.0, keterampilan menganalisis dan mengambil keputusan… selengkapnya
Rp 92.800 Rp 116.00020%
Judul : MEMBUAT BUSANA ANAK Pengarang : USWATUN HASANAH, DRA., DKK Tahun : Cet ke-1, Januari 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 160 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-020-4 Sinopsis : Buku ini berisikan materi-materi mengenai konsep busana anak, penggolongan busana anak berdasarkan usia, jenis kelamin, dan kesempatan. Desain meliputi garis… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Judul : KARYA TULIS INOVATIF: SEBUAH PENGEMBANGAN PROFESI Pengarang : PROF.DR.H. SUDARWAN DANIM Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 164 halaman ISBN : 978-979-692-007-5 Sinopsis : Buku ini dipersembahkan untuk guru yang terus mengembangkan derajat profesionalitas sebagai tenaga pendidik. Untuk tujuan itu, guru, kepala sekolah, dan pengawas diharapkan mampu meningkatkan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Achmad Setiawan, M.Pd., Aditin Putria, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 256 Halaman ISBN: 978-602-446-221-5 Sinopsis: Pernahkah Anda mendapati siswa terlihat mudah jenuh ketika pembelajaran berjalan? Buku ini menyorot pentingnya media pembelajaran dan efeknya… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Judul : PENILAIAN HASIL PROSES BEL.MENGAJAR Pengarang : NANA SUDJANA Tahun : 2017, Cetakan ke 21 Dimensi : hvs 70 GR, 16 X 24 cm, 180 hlm + ix ISBN : 979-514-000-0 Sinopsis: Apakah siswa telah mencapai hasil yang diharapkan, yaitu sesuai dengan tujuan pengajaran? Apakah nilai yang diperoleh siswa itu benar-benar objektif dan representatif, artinya… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Siti Azisah, Dra., Hj., M.Ed.St., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 196 Halaman ISBN: 978-602-446-438-7 Sinopsis: Di zaman milenial ini menguasai Bahasa Inggris merupakan keniscayaan, bahkan telah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dan madrasah. Ironisnya, banyak peserta didik kurang mampu… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Zainul Alim, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-406-6 Sinopsis: Buku ini terbit sebagai referensi untuk membantu para pendidik pada tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam menyampaikan materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), berisi beberapa konsep IPA yang… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.