Paradigma Penelitian Pendidikan Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika Kondisi: Produk baru
Rp 85.600 Rp 107.000Kode | RR.PK0398 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Paradigma Penelitian Pendidikan Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika Kondisi: Produk baru
Penulis: Tatag Yuli Eko Siswono, DR., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
292 Halaman
ISBN: 978-602-446-329-8
Sinopsis :
Penelitian adalah dasar perkembangan pengetahuan. Melalui penelitian seseorang meyakini kebenaran informasi, apalagi menghadapi pesatnya perkembangan teknologi informasi. Sekian waktu muncul informasi-informasi yang dapat menyesatkan. Informasi semua yang tidak dapat dibedakan antara kredibel dan tidak kredibel. Pengalaman dan pengetahuan sistematis dalam meneliti sangat diperlukan terutama pada bidang pendidikan. Penelitian memberikan arah baru pendidikan yang efektif dan mencerahkan. Bagi mahasiswa, guru, dosen, pembelajar, dan peneliti perlu menyadari ada beberapa paradigma penelitian pendidikan paradigma tersebut memunculkan suatu metode metode penelitian tertentu.
buku ini mengombinasikan aspek teoritis dan pragmatis yang memudahkan pembaca memahami landasan penelitian pendidikan, terutama pendidikan matematika. Buku ini patut dibaca mahasiswa dan calon peneliti karena memberi pengetahuan dasar penelitian terutama pendidikan sekaligus dasar filosofisnya, termasuk pemanfaatan jurnal-jurnal bereputasi. Bagi guru, dosen, pendidik, atau peneliti buku ini diperlukan untuk melengkapi referensi tentang penelitian berdasarkan aspek filosofis nya sekaligus sebagai pembanding dari referensi lain. Bagi peminat pendidikan, buku ini memungkinkan memberikan ide penelitian dengan tema-tema yang mutakhir karena contoh-contoh yang didasarkan pada hasil-hasil penelitian terbaru. Semoga bermanfaat.
—
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
A. Mengapa Perlu Meneliti?
B. Pendidikan Matematika sebagai Medan Penelitian
C. Rangkuman
D. Latihan
E. Aktivitas
Bab 2 Pendekatan Ilmiah dalam Pendidikan
A. Hasrat Keingintahuan
B. Sumber Pengetahuan
C. Pendekatan Ilmiah
D. Rangkuman
E. Latihan
Bab 3 Konsep Dasar Penelitian
A. Hakikat Ilmu
B. Hakikat Penelitian
C. Masalah Penelitian
D. Metode dan Metodologi Penelitian
E. Klasifikasi Penelitian
F. Bidang Kajian Penelitian Pendidikan Matematika
G. Rangkuman
H. Latihan
Bab 4 M embangkitkan Ide Penelitian
A. Sumber Ide
B. Membaca Jurnal Penelitian
C. Proses Kreatif Membangun Ide
D. Rangkuman
E. Latihan
Bab 5 Penelitian Kuantitatif
A. Pengertian Penelitian Kuantitatif
B. Penelitian Eksperimen
C. Variabel Penelitian
D. Validitas
E. Penentuan Sampel Penelitian Eksperimen
F. Hipotesis
G. Rancangan Penelitian Eksperimen
H. Pengujian Statistik
I. Penelitian Ex Post Facto
J. Rangkuman
K. Latihan
Bab 6 T eknik Pengumpulan Data
A. Data dan Skala Pengukuran
B. Teknik Sosiometri
C. Rangkuman
D. Latihan
Bab 7 Penelitian Deskriptif
A. Studi Kasus
B. Survei
C. Studi Perkembangan
D. Studi Tindak Lanjut, Analisis Dokumenter,
Analisis Kecenderungan
E. Studi Korelasi
F. Pengukuran Korelasi
G. Contoh Penelitian tentang Studi Korelasi
H. Rangkuman
I. Latihan
Bab 8 Penelitian Kualitatif
A. Pengertian Penelitian Kualitatif
B. Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
C. Jenis-jenis Penelitian Kualitatif
D. Metode Pengumpulan Data Kualitatif
E. Pemilihan Partisipan atau Informan
F. Merancang Penelitian Kualitatif
G. Analisis Data Penelitian Kualitatif
H. Metode Perbandingan Tetap
I. Kualitas Penelitian Kualitatif
J. Rangkuman
K. Latihan
Bab 9 Penelitian Tindakan Kelas
A. Landasan Filosofi Penelitian Tindakan
B. Pengertian Dasar Penelitian Tindakan
C. Prosedur Penelitian Tindakan
D. Refleksi
E. Validitas Penelitian Tindakan
F. Penyusunan Laporan PTK
G. Rangkuman
H. Latihan
Bab 10 Penelitian Pengembangan
A. Pengantar
B. Paradigma Penelitian Pengembangan
C. Kriteria Kualitas Produk
D. Paradigma Pengembangan Van den Akker
E. Paradigma Pengembangan ADDIE 237
F. Model Pengembangan The Quality Information
Product Process (QIPP)
G. Model Dick and Carey
H. Perancangan Pengajaran (Instructional Design)
dari Kemp
I. Rangkuman
J. Latihan
Tags: Aplikasi Pendidikan Matematika, Evaluasi Pendidikan Matematika, Inovasi Pendidikan Matematika, Kondisi Pendidikan Matematika, Kreativitas dalam Pendidikan Matematika, Kurikulum Pendidikan Matematika, Metode Penelitian Pendidikan, Paradigma Penelitian Pendidikan, Pemecahan Masalah Matematika, Pengajaran dan Pembelajaran Matematika, Pengembangan Teori Pendidikan, Teori dan Praktik Pendidikan Matematika
Paradigma Penelitian Pendidikan Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika Kondisi: Produk baru
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 659 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Sa’dun Akbar, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-713-5 Sinopsis:Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan berbagai strategi untuk menyongsong generasi emas Indonesia 2045. Salah satu strategi yang diambil pemerintah adalah dengan melakukan penyempurnaan sistem di sektor pendidikan, dimulai dari sarana prasarana, tenaga pendidik dan kependidikan,… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Ridwan Abdullah Sani, Dr., M.Si., Kaharuddin Arafah, M.Si., Ishak Aziz, Dr., M.Pd., Ratna Tanjung, Dra., M.Pd., Hary Suswanto, Dr., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 380 Halaman ISBN: 978-602-446-430-1 Sinopsis: Buku ini ditulis oleh tim dosen yang mengampu mata kuliah Evaluasi… selengkapnya
Rp 108.000 Rp 135.00020%
Sukiman, Dr., S.Ag., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 264 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-628-2 Sinopsis : Dunia Pendidikan saat ini dihadapkan pada tuntutan masyarakat untuk dapat menghasilkan para lulusan yang berkualitas tinggi dan mampu bersaing pada era globalisasi. Selain itu, juga memiliki bekal pengetahuan agama, moral, dan akhlak… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Amos Neolaka, Prof. Dr. Ir. Drs., M.Pd., dkk. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 292 Halaman ISBN: 978-602-446-690-9 Sinopsis: Manusia dalam hidupnya di dunia selalu menghadapi masalah. Masalah dalam hidup sehari-hari cukup banyak, antara lain masalah penelitian dan masalah penilaian pendidikan. Terdapat… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Penulis: Yaya S. Kusumah H., Prof., M.Sc., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 432 Halaman ISBN: 978-602-446-388-5 Sinopsis: Sering tidak kita sadari bahwa kehidupan kita dikelilingi berbagai mesin modern yang mampu memberikan layanan jasa atau produk. Mesin-mesin yang amat bermanfaat bagi kehidupan… selengkapnya
Rp 125.600 Rp 157.00020%
Judul : PENILAIAN HASIL PROSES BEL.MENGAJAR Pengarang : NANA SUDJANA Tahun : 2017, Cetakan ke 21 Dimensi : hvs 70 GR, 16 X 24 cm, 180 hlm + ix ISBN : 979-514-000-0 Sinopsis: Apakah siswa telah mencapai hasil yang diharapkan, yaitu sesuai dengan tujuan pengajaran? Apakah nilai yang diperoleh siswa itu benar-benar objektif dan representatif, artinya… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Prof. Dr. Ishak Abdulhak, M.Pd. & Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 16 x 24 cm, 292 hlm Kertas isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2015 ISBN: 978-979-692-167-6 Sinopsis : Buku ini mengkaji mengenai varian dan kawasan dari Teknologi Pendidikan yang lebih praktis bagi para praktisi dunia pembelajaran di lingkungan pendidikan baik persekolahan… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Penulis: Muhibbin Syah Cetakan: 22, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 280 halaman ISBN: 979-514-672-6 Sinopsis: Seorang pendidik (guru, dosen, dsb.) dan tenaga kependidikan (kepala sekolah Madrasah dan para wakilnya) sangat memerlukan aneka ragam pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan profesinya sesuai dengan tuntutan zaman dan… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Dr. Wowo Sunaryo Kuswana, M.Pd. 16 x 24 cm • 300 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-079-2 Sinopsis : Manakala ketidakberhasilan dalam pencapaian tujuan, maka dikesankan pembelajaran didominasi oleh aspek kognitif. Banyak orang yang menuding “kognitif sebagai penyebab. Oleh karena itu, bertolak dari kepentingan pembelajaran… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Judul : KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (NEW) Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : 09, 2006 Dimensi : 16X24 cm, HVS-60 gr, 320 hlm ISBN : 979-514-716-0 Sinopsis : KTSP merupakan bentuk operasional kurikulum dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah. Penyusunan kurikulum ini melibatkan guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan dewan pendidikan. Keterlibatan pihak-pihak tersebut… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.