Pendidikan Ilmu Pengetahun Sosial Konsep dan Pembelajaran (Edisi Revisi)
Rp 86.000Kode | RR.PK0488 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pendidikan Ilmu Pengetahun Sosial Konsep dan Pembelajaran (Edisi Revisi)
Penulis: Sapriya, M.Ed., Prof. Dr.
Cetakan: 11 (Revisi), 2024
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
256 Halaman
ISBN: 978-602-446-739-5
Sinopsis:
Peranan lembaga pendidikan tinggi sudah sepantasnya memberikan fasilitasi untuk meningkatkan mutu luaran pendidikan di tanah air sejalan dengan pendekatan Outcomes- Based Education (OBE). Buku yang berjudul Pendidikan IPS ini merupakan salah satu alternatif untuk menjawab pertanyaan yang sering muncul khususnya di kalangan pakar, praktisi dan akademisi tentang Pendidikan IPS (PIPS). Mengingat masih terbatasnya literatur untuk kajian PIPS di perguruan tinggi yang berbahasa Indonesia, maka buku ini hadir. Buku ini mengawali pembahasannya tentang hakikat dan perkembangan IPS (Social Studies) yang disusul dengan uraian konseptual tentang dimensi dan struktur pengetahuan, keterampilan, dan model pembelajaran IPS serta diakhiri dengan perkembangan kurikulum pendidikan IPS pasca era reformasi yang meliputi Kurikulum IPS tahun 2006, Kurikulum IPS tahun 2013, dan Kurikulum Merdeka untuk IPS tahun 2022. Diharapkan, pembahasan tentang PIPS ini akan membantu siapapun yang tertarik dengan pendidikan IPS termasuk para mahasiswa, praktisi pendidikan, pengamat, dan pihak lain yang berminat mempelajari konsep dan pembelajaran IPS baik di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi.
—
Daftar Isi
Bab 1 Hakikat Pendidikan IPS
Pengertian Pendidikan IPS
Ilmu-Ilmu Sosial dan Pendidikan IPS
Landasan Pendidikan IPS
Bab 2 Perkembangan Pendidikan IPS
Perkembangan Social Studies Di Negara Lain
Perkembangan PIPS Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia
Bab 3 Dimensi dan Struktur Pendidikan IPS
Dimensi PIPS
Struktur PIPS
Model Struktur Pengetahuan
Bab 4 Beberapa Pemikiran Dalam Pembaharuan Pembelajaran IPS
Upaya Pembaharuan Social Studies Di Amerika Serikat
Upaya Pembaharuan Social studies Di Australia
Upaya Pembaharuan Pembelajaran IPS Di Indonesia
Kemampuan Berfikir Untuk Siswa Sekolah Dasar
Pendekatan Inkuiri (Inquiry Approach)
Kecakapan Belajar Inkuiri
Kecakapan Berpikir Kreatif (Creative Thinking)
Kecakapan Berfikir Kritis (Critical Thinking)
Keterampilan Memecahkan Masalah (Problem Solving)
Proses Pengambilan Keputusan (Decision Making Process)
Pendekatan Inkuiri Untuk Siswa Sekolah Menengah
Model Inkuiri Sosial
Bab 5 Konsep Ilmu, Teknologi, dan Masyarakat Dalam PIPS
Kedudukan Konsep Ilmu, Teknologi, dan Masyarakat Dalam Pembelajaran IPS
Perbandingan Konsep ITM dan Tradisional Dalam IPS
Perbandingan Proses ITM dan Tradisional Dalam IPS
Perbandingan Sikap Siswa ITM dan Tradisional Dalam IPS
Perbandingan Antara Kreativitas Siswa ITM dan Tradisional Dalam IPS
Perbandingan Antara Aplikasi ITM dan Tradisional Dalam IPS
Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Ilmu, Teknologi, dan Masyarakat
Bab 6 Pengembangan Keterampilan IPS
Hakikat Keterampilan IPS
Karakteristik Keterampilan
Jenis Keterampilan IPS
Bab 7 Pengembangan Keterampilan Membaca Dalam IPS
Pengembangan Keterampilan Pemahaman
Pengembangan Keterampilan Vokabuler Sosial
Bab 8 Pengembangan Keterampilan Partisipasi Sosial
Pengembangan Kepekaan Sosial
Pengembangan Partisipasi Sosial
Bab 9 Pendidikan Global
Materi Pendidikan Global
Kajian tentang nilai manusia
Kajian Tentang Masalah-Masalah dan Isu-Isu Global
Kajian Sejarah Hubungan Antarbangsa dan Saling Ketergantungan
Bab 10 Model Pembelajaran IPS
Hakikat dan Peranan Model Pembelajaran IPS
Model-Model Pembelajaran IPS
Implementasi Model-Model Pembelajaran IPS
Model Desain Pembelajaran Pengambilan Keputusan
Bab 11 Perkembangan Kurikulum IPS Pasca Era Reformasi
Mata Pelajaran IPS dalam Kurikulum Tahun 2006
Jenjang SD/MI
Jenjang SMP/MTs
Jenjang SMA/MA/SMK
Mata Pelajaran Sejarah untuk SMA/MA
Mata Pelajaran Geografi SMA/MA
Mata Pelajaran Ekonomi SMA/MA
Mata Pelajaran Sosiologi SMA/MA
Mata Pelajaran Antropologi SMA/MA
Mata Pelajaran IPS untuk SMA Luar Biasa (SMALB – A)
Mata Pelajaran IPS dalam Kurikulum Tahun 2013
Mata Pelajaran IPS dalam Kurikulum Merdeka Tahun 2022
Bab 12 Penutup
Pendidikan Ilmu Pengetahun Sosial Konsep dan Pembelajaran (Edisi Revisi)
Berat | 420 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 449 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 216 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-624-4 Sinopsis: Hal pertama yang paling menarik dilakukan Presiden ke-7 Joko Widodo setelah dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia dan serah terima jabatan adalah melakukan videoconference dengan sejumlah masyarakat di berbagai daerah (delapan daerah)…. selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Judul : PSI. PERKEMBANGAN ANAK & REMAJA Pengarang : SYAMSU YUSUF LN. Tahun : Cet 2, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xii + 220 halaman ISBN : 979-692-000-X Sinopsis : Buku ini merupakan salah satu karya yang layak dijadikan rujukan dalam memahami anak. Penulisnya, mendeskripsikan aspek-aspek perkembangan individu pada setiap… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 240 Halaman ISBN: 978-602-446-365-6 Sinopsis : Banyak yang menganggap pendidikan karakter sudah tidak begitu diperlukan pada era milenial. Berbagai pendapat percaya bahwa dalam era tersebut karakter manusia cenderung ditentukan oleh keberadaan teknologi… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Judul : LANDASAN PSIKOLOGI PROSES PENDIDIKAN Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 1, April 2003 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr ISBN : 979-692-240-1 Sinopsis : Inti pendidikan adalah interaksi. Interaksi antara pendidik dan peserta didik. Suatu interaksi yang di dalamnya terjadi proses transfer pemahaman tertentu, yang melibatkan secara simultan… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Lia Marliana, S.Pd., M.Phil. (Ling), Dra. Suhertuti, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 160 Halaman ISBN: 978-602-446-230-7 Sinopsis: Strategi Belajar Mengajar adalah suatu proses yang biasa dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Namun, lebih jauh dari hal tersebut, buku… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Cepi Triatna, Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-629-9 Sinopsis: Kajian mengenai perilaku manusia saat ini tidak akan terlepas dari keterhubungan dan pengaruhnya (interaksi) dengan lingkungannya. Untuk dapat memahami mengenai perilaku organisasi secara tepat, terlebih dahulu harus dipahami beberapa konsep terkait dengan perilaku… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.00020%
Penulis: Nanang Priatna, Prof. Dr. H., M.Pd. Muhammad Arsani, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 344 Halaman ISBN: 978-602-446-386-1 Sinopsis : Dunia pendidikan tidak lepas dari inovasi untuk senantiasa meningkatkan kualitasnya. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran tentunya ikut berperan dalam… selengkapnya
Rp 100.000 Rp 125.00020%
Suyono, Prof., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-625-1 Sinopsis : Buku Implementasi Belajar dan Pembelajaran ini lebih memfokuskan pembahasannya pada perkembangan pembelajaran dan implementasinya, termasuk bagaimana implementasi pada abad ke-21. Bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran abad ke-21, sebagai pemandu perubahan, inkubator pembelajaran, dan… selengkapnya
Rp 72.800 Rp 91.00020%
Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 16 x 24 cm, 232 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2011 ISBN: 978-979-692-061-7 Sinopsis: Di dalam buku ini juga dipaparkan peran dari media komputer untuk pembelajaran, hakikat multimedia, serta memproduksinya.Kemudian buku ini akan memandu para pengguna untuk membuat multimedia mulai dari mengembangkan skrip,… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Penulis: Zainul Alim, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-406-6 Sinopsis: Buku ini terbit sebagai referensi untuk membantu para pendidik pada tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam menyampaikan materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), berisi beberapa konsep IPA yang… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.