Menjadi Kepala Sekolah Profesional
Rp 72.000 Rp 90.000Kode | RR.PK0065 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Menjadi Kepala Sekolah Profesional
Penulis: E. Mulyasa, Drs., M.Pd.
Cetakan: 13, 2018
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 210 gr.
304 Halaman
ISBN: 979-692-271-1
Sinopsis:
Kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yang paling fenomenal sejak berlakunya otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan adalah pelaksanaan MBS dan KBK. Tujuannya hanya satu: membuat pendidikan lebih bermutu.
Sukses tidaknya MBS-KBK ditentukan oleh kualitas kinerja kepala sekolah dan guru. Kepala sekolah yang dibutuhkan untuk mensukseskan program ini bukan karena
aspek senioritas atau dia pandai mendidik dan mengajar saja. Ia juga harus kreatif cari dana dan mengelola SDM. Kalau cuma nyuruh orang tua iuran dan menaikkan SPP, semua orang juga bisa.
Mulai sekarang Kepala Sekolah dipilih berdasarkan kemampuan manajerial dan profesionalisme dengan melibatkan komite sekolah. Semua itu dipaparkan secara
komprehensif dalam buku ini, sebagai referensi bagi kepala sekolah, komisi pendidikan, dewan pendidikan, pengawas, dan komite sekolah di era MBS-KBK untuk
kemajuan pendidikan.
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Rasionel
B. Manajemen Pendidikan
C. Paradigma Baru Manajemen Pendidikan
D. Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah
BAB 2 IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
A. Perlunya Manajemen Berbasis Sekolah
B. Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah
C. Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah
D. Implementasi MBS di Indonesia
BAB 3 DARI KURIKULUM 1994 KE KBK
A. Analisis Konseptual
B. Karakteristik KBK
C. Implementasi KBK di Sekolah
D. Aspek Teknis Educatif
E. Aspek Politis
F. Solusi Ke Depan
BAB 4 ANALISIS SWOT KEPALA SEKOLAH
A. Analisis SWOT
B. Memanfaatkan Kekuatan dan Peluang serta Mengatasi Kelemahan dan Tantangan
C. Peran dan Kinerja Pengawas Sekolah
D. Dampak Kepala Sekolah Profesional
BAB 5 MENDORONG VISI MENJADI AKSI
A. Kepala Sekolah sebagai Educator
B. Kepala Sekolah sebagai Manajer
C. Kepala Sekolah sebagai Administrator
D. Kepala Sekolah sebagai Supervisor
E. Kepala Sekolah sebagai Leader
F. Kepala Sekolah sebagai Innovator
G. Kepala Sekolah sebagai Motivator
BAB 6 MEMBERDAYAKAN TENAGA KEPENDIDIKAN
A. Konsep Pengembangan SDM dari Castetter
B. Meningkatkan Produktivitas Sekolah
C. Kinerja Tenaga Kependidikan
D. Upaya Memberdayakan Tenaga Kependidikan
E. Manajemen Tenaga Kependidikan di Sekolah
F. Kepala sekolah dalam Peningkatan Produktivitas Sekolah
BAB 7 MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT SEKITAR SEKOLAH
A. Pentingnya Memberdayakan Masyarakat
B. Menggalang Partisipasi Orang Tua
C. Menggalang Partisipasi Masyarakat
D. Mengembangkan Kewiusahaan di Sekolah
E. Mengelola Perubahan di Sekolah
F. Peran Kepala Sekolah
G. Peran Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
BAB 8 MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH
A. Konteks Politik dan Ekonomi Keuangan Sekolah
B. Perencanaan Keuangan Sekolah
C. Pelaksanaan Keuangan Sekolah
D. Evaluasi dan Pertanggungjawaban Keuangan Sekolah
E. Perencanaan Konstruksi Keuangan
F. Politik dan Evaluasi Manajemen Keuangan Sekolah
G. Pendanaan Berbasis Anak dan Masa Depan Keuangan Sekolah
BAB 9 MANAJEMEN STRATEGI DAN MUTU TERPADU
A. Manajemen Strategi
B. Manajemen Mutu Terpadu
BAB 10 MANAJEMEN KONFLIK
A. Konflik dan Masalahnya
B. Dampak Konflik
C. Manajemen Konflik
D. Tips untuk Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik
BAB 11 MENYELENGGARAKAN RAPAT DI SEKOLAH
A. Pentingnya Rapat di Sekolah
B. Jenis Rapat di Sekolah
C. Tujuh Resep Manajemen Rapat di Sekolah
D. Tipe Kepala Sekolah dalam Rapat
E. Komunikasi dalam Rapat
F. Prosedur Penyelenggaraan Rapat di Sekolah
Tags: Evaluasi Kepala Sekolah, Inovasi Kepemimpinan Pendidikan, Kepala Sekolah Berprestasi, Kepala Sekolah Profesional, Kepemimpinan Pendidikan, Kompetensi Kepala Sekolah, Manajemen Kepala Sekolah, Pelatihan Kepala Sekolah, Pengembangan Kepala Sekolah, Supervisi Kepala Sekolah
Menjadi Kepala Sekolah Profesional
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 2.248 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Kisyani-Laksono, Prof., Dr., Tatag Yuli Eko Siswono, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 264 Halaman ISBN: 978-602-446-200-0 Sinopsis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembeljaran di kelas. Selain… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 16 x 24 cm, 232 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2011 ISBN: 978-979-692-061-7 Sinopsis: Di dalam buku ini juga dipaparkan peran dari media komputer untuk pembelajaran, hakikat multimedia, serta memproduksinya.Kemudian buku ini akan memandu para pengguna untuk membuat multimedia mulai dari mengembangkan skrip,… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
A. Muchtar Ghazali, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 320 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-725-8 Sinopsis: Reformasi di negara kita muncul sebagai upaya untuk mengoreksi kelemahan-kelemahan masa lalu dan melakukan upaya-upaya perbaikan untuk masa kini dan mendatang dalam berbagai sektor kehidupan. Buku ini membahas pokok pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan,… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Hendro Widodo, Dr., M. Pd. Etyk Nurhayati, M. Pd. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 160 Halaman Sinopsis: Karakter peduli lingkungan merupakan salah satu karakter yang perlu ditumbuh-kembangkan pada peserta didik sekolah dasar. Hal ini mejadi modal dasar bagi peserta didik untuk… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Ahmad Kholil, ST.MT. 16 x 24 cm • 156 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-080-8 Sinopsis: Tujuan penggunaan alat berat, yang merupakan faktor penting di dalam proyek-proyek konstruksi dengan skala besar adalah untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan… selengkapnya
Rp 31.200 Rp 39.00020%
Judul : ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : Cet 13, 2000 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xiii + 197 halaman ISBN : 979-514-384-0 Sinopsis : Buku ini terdiri atas dua bagian: bagian teoritis praktis dan bagian praktis. Berbagai teori pendidikan dibahas dan setiap masalah dijelaskan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Penulis: Alex Sobur, Drs., M.Si. dan Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 576 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: This book is a well-constructed, well-designed, highly engaging intellectual product and a very comprehensive reference on phenomenology in a single book…. selengkapnya
Rp 116.000 Rp 145.00020%
Penulis: Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si. dan Wendhie Prayitno, S.Kom., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-517-9 Sinopsis: Buku ini ditujukan bagi guru dan mahasiswa kependidikan sebagai referensi dalam menyusun instrumen untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi siswa. Buku… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.000Penulis: Dr. Cepi Triatna, S.Pd., M.Pd. Dr. Nani Hartini, S.Pd., M.Pd. Elin Rosalin, S.Pd., M.Pd. Dr. Suryadi, S.Pd., M.Pd. Dr. Asep Sudarsyah, M.Pd. Dr. Endang Herawan, M.Pd. Cetakan: 1, 2025 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 212 Halaman ISBN: 978-979-692-xxx-x Sinopsis: Penyehatan manajemen sekolah (juga berlaku… selengkapnya
Rp 84.00020%
Penulis: Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. dan Rohanim, S.Pd., M.M. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 164 Halaman ISBN: 978-602-446-266-6 Sinopsis: Dengan perannya sebagai manajer, kepala sekolah harus memiliki karakter, kompetensi, dan keunggulan literasi yang semua dipadukan sebagai instrumen untuk mewujudkan kualitas… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.