Filsafat Komunikasi Tradisi, Teori, dan Metode Penelitian Fenomelogi (Edisi Revisi)
Rp 116.000 Rp 145.000Kode | RR.PK0440 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Filsafat Komunikasi Tradisi, Teori, dan Metode Penelitian Fenomelogi (Edisi Revisi)
Penulis: Alex Sobur, Drs., M.Si. dan Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
576 Halaman
ISBN: 978-602-446-485-1
Sinopsis:
This book is a well-constructed, well-designed, highly engaging intellectual product and a very comprehensive reference on phenomenology in a single book. It is systematically structured which makes it readable and gratifying to read. Undeniably, this book is a significant contribution to the corpus of knowledge and the understanding of phenomenology as discipline, and would be welcomed and appreciated by scholars and students of many different field of studies. Certainly, reading this book is such a refreshing experience for me.
Prof. Dr. Adnan HusseinFaculty of Social Sciences and Humanities
Universiti Sains Malaysia
———————-
This book is really a gift to the scholarly community of Indonesia. It is a masterpiece among communication books in the Indonesian language. The authors, Alex Sobur and Deddy Mulyana, present accessible versions of the various phenomenological ideas put forward by prominent philosophers. I can’t think of a better contribution to the future of Indonesian social science research for its potential impact on how research work can be done. This is truly a gift to the community.
Daniel S. Helman, Ph.D.
Education Division, College of Micronesia-FSM
Alumnus – California State University, Long Beach & Prescott College, Arizona – USA
———————-
Media baru membuat relatif semua orang bisa tampil. Orang bisa bikin medianya sendiri. Bahkan bershampo-ria di atas motor. Atau menari di jalur zebra penyeberangan. Tapi pernahkah mereka berpikir: ketika tersaji sebagai sebuah penampakan, pengalaman, dan kesadaran. Apakah arti semua itu? Buku ini wajib dibaca, karena sebagaimana sisi lain judulnya, ia mengajak kita selalu mengendapkan sejenak hal-hal terbaru dari aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Kalau tidak, manalah lagi sisa komunikasi interaktif di era ini?
Prof. Effendi Gazali, M.Si, M.P.S.I.D, Ph.D. Institute for Political & Media Literacy,
Alumnus – Cornell University, New York – USA & Radboud University – the Netherlands
———————-
Tentang buku ini, hanya satu kata: Excellent!
Dr. Atwar Bajari, M.Si.
Ketua Program Doktor (2016-2021)
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
——————————————————————–
Daftar Isi
PRAWACANA
PENDAHULUAN: APA ITU FENOMENOLOGI
A. Konsep Dasar dan Cakupan Fenomenologi
B. Pergeseran Konsep: dari Husserl ke Schutz hingga Berger dan Luckmann
BAGIAN PERTAMA
PERJALANAN PANJAG FENOMENOLOGI: DARI HUSSERL HINGGA BERGER
BAB 1
FENOMENOLOGI TRANSEDENTAL HUSSERL: SEBUAH KESUNYIAN FILSAFAT
A. Pendahuluan
B. Tokoh-Tokoh yang Memengaruhi Husserl
C. Pengaruh Husserl atas Schutz, Heidegger, dan Sartre
D. Kehidupan dan Karya-Karya Utama Husserl
E. Filsafat Fenomenologi Husserl
BAB 2
FENOMENOLOGI SCHUTZ: MENENDANG DUNIA SOSIAL
A. Pertanyaan Dasar Fenomenologi
B. Kritik Schutz terhadap Konsep Verstehen Weber
C. Sifat Penting Pengetahuan Akal Sehat
D. Inti Fenomenologi ‘Dunia Sosial’ Schutz
BAB 3
SOSIOLOGI FENOMENOLOGI BERGER: BERSOSIOLOGI DENGAN PROSES BERPIKIR FENOMENOLOGIS
A. Media Massa dan Konstruksi Realitas
B. Realitas Sosial sebagai Pengetahuan Sosiologi
C. Relasi antara Individu dan Struktur Sosial: Sebuah Perdebatan Penting
D. Sosok dan Pemikiran Berger
BAGIAN KEDUA
FENOMENOLOGI KOMUNIKASI
BAB 4
HEGEL: MENGOMUNIKASIKAN ‘FENOMENOLOGI ROH’
A. Hegel: Anak Sah Romantisisme?
B. Hegel: Menulis dengan Konteks Sejarah
C. Fenomenologi Roh dan Dialektika
D. Mengomunikasikan “The Phenomenology of Spirit”
BAB 5
PSIKOLOGI FENOMENOLOGIS CARL ROGERS: KOMUNIKASI DI DALAM DAN DI ANTARA MANUSIA
A. Solusi Komunikasi: Memahami Pihak Lain
B. Teori Diri dan Konsep-Diri
C. Metode “Client-Centered Therapy”
D. Komunikasi Empatik: Membangun Hubungan Pengasuhan
E. Biografi dan Karya-Karya Rogers
BAB 6
FENOMENOLOGI LINGUISTIK AUSTIN:
KOMUNIKASI BAHASA PERGAULAN
A. Sekilas tentang John Langshaw Austin
B. Tuturan Performatif dan Konstatif
C. Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi
D. Komunikasi dan Daya Ilokusi
E. Fenomenologi Linguistik: Alat Analisis Bahasa?
BAB 7
FENOMENOLOGI HABERMAS:
DUNIA KEHIDUPAN SEBAGAI KONSEP
TINDAKAN KOMUNIKATIF
A. Sekilas tentang Habermas
B. Realitas Tindakan Komunikasi yang Terputus
C. Konsep Sistem dan Dunia- Kehidupan
D. Dunia-Kehidupan sebagai Konsep Tindakan Komunikatif
E. Kesadaran Hermeneutik dan Komunikasi yang Terdistorsi
BAGIAN KETIGA
FENOMENOLOGI EKSISTENSIAL
BAB 8
FENOMENOLOGI EKSISTENSIAL KIERKEGAARD: MEWUJUDKAN DIRI MENJADI MAKHLUK ROHANI
A. Iman sebagai Tema Besar
B. Sekilas Sosok dan Pemikiran Kierkegaard
C. Eksistensi Manusia: Perpindahan dari ‘Kemungkinan’ ke ‘Kenyataan’
D. Tiga Tahap Jalan Kehidupan: Etika, Estetika, dan Religius
BAB 9
FENOMENOLOGI EKSISTENSIAL MARCEL: MISTERI EKSISTENSI, KESADARAN, DAN RELASI
A. Misteri Eksistensi Manusia
B. Ihwal Kesadaran dan Hubungan
C. Sketsa Biografi Marcel
BAB 10
FENOMENOLOGI SARTRE: ADA DAN KETIADAAN, ESENSI DAN EKSISTENSI
A. “Ada dan Ketiadaan”
B. Sosok dan Karya-Karya Utama Sartre
C. Esensi dan Eksistensi
D. Fenomenologi Sartre tentang Emosi
BAB 11
FENOMENOLOGI PENDERITAAN VIKTOR FRANKL: FENOMENA MAKNA HIDUP
A. Fenomenologi Penderitaan
B. Kehampaan Eksistensial
C. Logoterapi dan Fenomena Makna Hidup
D. Menemukan Makna Hidup
E. Kehidupan Frankl dan Kisah “The Doctor and the Soul”
BAB 12
FENOMENOLOGI HERMENEUTIKA DILTHEY: MENGHIDUPKAN PENGALAMAN HIDUP
A. Proses Pemahaman
B. Lingkaran Hermeneutik
C. Hermeneutika dan Makna Sejarah
D. Kehidupan Dilthey dan Karya- Karyanya
BAB 13
HERMENEUTIKA-FENOMENOLOGI HEIDEGGER: ‘AKU ADA, MAKA AKU BERPIKIR
A. Hermeneutika-Fenomenologi Heidegger
B. “Ada-dalam-Dunia”
C. Dari Metafisika ke Hermeneutika
D. Dari Hermeneutika ke Fenomenologi
E. Komunikasi: Proses Berbagi
F. Sketsa Biografis, Karya-Karya, dan Pengaruh Heidegger
BAB 14
FENOMENOLOGI ‘PERMAINAN’ GADAMER: PERMAINAN SEBAGAI REALITAS DIRI
A. Fenomenologi Permainan dan Hermeneutika Seni
B. Hakikat Pengalaman Bahasa
C. Penolakan terhadap Teori ‘Tanda’
D. Sketsa Biografi dan Karya-Karya Gadamer
BAB 15
HERMENEUTIKA FENOMENOLOGIS RICOEUR: DARI REFLEKSI KE INTERPRETASI
A. Pengantar: Sekilas Sejarah dan Perkembangan Hermeneutika
B. Kehidupan dan Karya-Karya Ricoeur
C. Hermeneutika Fenomenologis Ricoeur
D. Penolakan Ricoeur terhadap ‘Lebenswelt’ Husserl dan ‘Dasein’ Heidegger
BAGIAN KELIMA
FENOMENOLOGI NILAI DAN ETIKA
BAB 16
FENOMENOLOGI MAX SCHELER: TENTANG HAKIKAT NILAI
A. Hakikat Nilai dalam Berbagai Perspektif
B. Fenomenologi Nilai Scheler
C. Kontribusi Scheler pada Sosiologi Pengetahuan
D. Sekilas Profil dan Kehidupan Scheler
BAB 17
FENOMENOLOGI ‘WAJAH’ LEVINAS: PENGHORMATAN KEBERLAINAN BAGI ‘YANG LAIN’
A. Pergulatan Batin dan Pemikiran Levinas
B. Wajah dan Etika sebagai Pertanggungjawaban
C. Filsafat untuk Penghormatan “yang Lain”
D. Sosok Levinas dan Karya-Karyanya
BAGIAN KEENAM
FENOMENOLOGI PERSEPSI, FEMINISME, DAN DEKONSTRUKSI
BAB 18
FENOMENOLOGI PERSEPSI MERELEAU-PONTY: MENEMPATKAN ESENSI DALAM EKSISTENSI
A. Hidup dan Karier Merleau-Ponty
B. Fenomenologi Persepsi
C. Dunia Persepsi dan Ambiguitas
D. Persepsi dan Tubuh
BAB 19
FENOMENOLOGI BEAUVOIR: KONSTRUKSI SOSIAL DAN MAKNA SIMBOLIK FEMINITAS
A. Persoalan ‘The Other’: Apa itu Perempuan?
B. Feminisme, Posfeminisme, dan Analisis Beauvoir tentang ‘Persoalan Perempuan’
C. Para Pemikir Feminis dan Analisis Fenomenologis
D. Sketsa Biografis dan Karya-Karya Beauvoir
BAB 20
FENOMENOLOGI DERRIDA: MENDEKONSTRUKSI FENOMENOLOGI
A. Teori Dekonstruksi
B. Fenomenologi Derrida
C. Dimensi Fenomenologi Dekonstruksi dan ‘Differance’
D. Perlawanan Derrida atas Saussure dan Strukturalisme
E. Kritik Derrida atas Pemikiran Husserl
F. Sekilas Kehidupan dan Karya-Karya Penting Derrida
BAGIAN KETUJUH
PENELITIAN FENOMENOLOGI
BAB 21
MELAKUKAN PENELITIAN FENOMENOLOGI
A. Pendahuluan
B. Membangun Model Teoretis
C. Memastikan Validitas Penelitian
D. Karakteristik Penelitian Fenomenologis
E. Tantangan dan Prosedur Penelitian Fenomenologis
F. Pengumpulan Data: Wawancara Tidak-Terstruktur dan Semi- Terstruktur
G. Pedoman Umum Mengajukan Pertanyaan
H. Menyusun Daftar Wawancara
I. Membuat Transkripsi Wawancara
J. Penelusuran Tema
K. Menghubungkan Tema-Tema
L. Analisis Data
M. Format Penulisan Penelitian Fenomenologi
Tags: Fenomenologi Komunikasi, Filsafat Komunikasi, Komunikasi Massa, Komunikasi Nonverbal, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Verbal, Metode Penelitian Fenomenologi, Semiotika, Teori Komunikasi, Tradisi Komunikasi
Filsafat Komunikasi Tradisi, Teori, dan Metode Penelitian Fenomelogi (Edisi Revisi)
Berat | 820 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 991 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Hasbiyallah, Dr., H., M.Ag. dan Nayif Sujudi, M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 308 Halaman ISBN: 978-602-446-369-4 Sinopsis : Perkembangan dan perubahan teknologi yang semakin cepat telah mendorong berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Islam, seperti pesantren modern. Lembaga pendidikan ini tengah menunjukkan eksistensinya… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Sunaryo Kartadinata, Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 15×21 cm, 204 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-641-1 Sinopsis : Perdamaian, kedamaian, dan bahkan kekerasan pertama kali dibangun dalam pikiran manusia. Jika kedamaian ada dalam pikiran kita, maka lingkungan kita akan cenderung menjadi damai. Oleh karena itu, terciptanya kedamaian pertama… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Judul : EVALUASI KURIKULUM Pengarang : HAMID HASAN,S. PROF,DR,M.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2008 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 276 Hlm ISBN : 979-692-350-5 Sinopsis: Kurikulum sejatinya berisi program-program yang hendak dicapai. Pendidikan yang baik dan erkualitas dimulai dari kurikulum yang dikonsep dan diimplementasikan secara baik pula. Dalam manajemen modern, ketercapaian program-program akan diketahui… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Judul : PERILAKU ORGANISASI: TEORI DAN PRAKTIK DI BIDANG P Pengarang : HENDYAT SOETOPO Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 312 halaman ISBN : 978-979-692-013-6 Sinopsis: Apabila ingin mengetahui apa dan bagaimana Perilaku Organisasi, inilah buku yang membahas bagaimana belajar organisasi dan bagaimana menerapkannya. Pembahasan dalam buku ini, dilakukan secara… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Judul : SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT Pengarang : ANNA POEDJIADI, PROF, Dr. Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 167 HLM + X ISBN : 979-692-479-x Sinopsis : Melalui buku ini, penulisnya mengulas dengan jelas kaitan antara sains dan teknologi serta mafaatnya bagi masyarakat, melalui model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Sehingga… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Ade Nandang S., Dr., M.Ag. dan Abdul Kosim, M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-246-8 Sinopsis: Kajian kebahasaan terus mengalami perkembangan. Linguistik sebagai ilmu yang mempelajari bahasa itu sendiri mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan tinjauan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Maman Fathurrohman, Ph.D. Kamilul Muttaqin, S.Pd. Ahmad Fauzi Abdullah, M.Pd. Riyah, M.Pd. Hagi Widhi Romadhona, S.Pd. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 260 Halaman ISBN: 978-602-446-564-3 Sinopsis: “Sebuah buku yang memberikan dokumentasi atas berbagai problematika bangsa saat ini, sekaligus memberikan sejumlah… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Asis Saefuddin, H., Ika Berdiati Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-604-6 Sinopsis: Pembelajaran di kelas yang dikemas dengan menyenangkan merupakan dambaan peserta didik karena proses belajar yang menyenangkan bisa meningkatkan motivasi belajar yang tinggi bagi peserta didik guna menghasilkan produk dan proses belajar yang… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Judul : BALANCED SCORECARD Pengarang : DR. DADANG DALLY, M.SI. Tahun : JUNI 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 128 halaman ISBN : 979-692-737-3 Sinopsis: SEORANG manajer yang baik umumnya tidak lahir secara tiba-tiba. Dia melalui proses panjang, yang masyarakat umum mengenalnya sebagai pengalaman. Lewat rentang waktu perjalanan itu, calon manajer melakukan eksplorasi dan… selengkapnya
Rp 31.200 Rp 39.00020%
Nusa Putra, Dr. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 220 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-171-3 Sinopsis : Tiap penelitian berpegang pada paradigma tertentu. Sebuah paradigma akan mengalami kebuntuan sehingga situasi ini akan melahirkan paradigma baru, dan paradigma tertentu menjadi tidak dominan lagi. Itu berarti adanya paradigma baru membuka peluang bagi… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.