Membangun Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kuliah Daring
Rp 51.200 Rp 64.000Kode | RR.PK0476 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Membangun Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kuliah Daring
Penulis: Jann Hidayat Tjakraatmadja. Prof., Dr., MSIE., Dkk.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 15 x 21 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
216 Halaman
ISBN: 978-602-446-634-3
Sinopsis:
Teknologi telah menjadi faktor utama yang menentukan perubahan zaman, dan menjadi penyebab perubahan dunia pendidikan juga. Pada awal 2020, teknologi telah bersinergi dengan pandemi Covid-19 menjadi pemicu utama terjadinya percepatan perubahan peradaban dunia, yang juga berdampak pada dunia pendidikan.
Tantangan dunia pendidikan menjadi semakin krusial pada era new normal ini karena proses pendidikan memiliki keterbatasan agar bisa disampaikan tanpa harus tatap muka (pendidikan dengan metode online atau daring/dalam jaringan). Kehadiran teknologi belajar jarak jauh memungkinkan institusi pendidikan untuk melakukan kreativitas dalam menemukan model belajar-mengajar yang lebih cerdas (lebih produktif dan inovatif), maupun untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas belajar-mengajar sehingga variasi materi maupun metode belajar-mengajar dan keluasan jangkauan pelayanan belajar-mengajar bisa ditingkatkan.
————
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Education 1.0
B. Education 2.0
C. Education 3.0
D. Education 4.0
Bab II Smart Learning dalam Konteks Smart Campus 13
A. Kampus Cerdas (Smart Campus)
B. Belajar Cerdas (Smart Learning)
C. Kuliah Daring Sebagai Komponen Belajar Cerdas
Bab III Membangun Relasi Humanis dalam Kuliah Daring
A. Apa yang Harus Diketahui Sebelum Kuliah Daring
B. Tantangan dan Adaptasi Pengajar
C. Tantangan dan Adaptasi Mahasiswa
D. Silabus dan Koordinasi Antarmata Kuliah Daring
E. Menyiapkan Beban Kerja Mahasiswa
F. Membangun Komunikasi Humanis (Sebelum, Saat, dan Setelah Kuliah Daring)
G. Etika dan Aturan Dasar Kuliah Daring
Bab IV Menyiapkan Perangkat Keras Pendukung Kuliah Daring
A. Kebutuhan Sarana dan Prasarana Kuliah Daring
B. Perbandingan Karakteristik dan Kemampuan Fitur Beberapa Aplikasi Daring
C. Meningkatkan Keterampilan Penggunaan Fitur Aplikasi Daring Webex
Bab V Menyiapkan Perangkat Lunak Kuliah Daring
A. Pembelajaran Sinkronus (In class: Lecturing, Video, Studi Kasus, Simulasi, Quiz, Evaluasi)
B. Asynchronous (Asinkronus)
C. Meningkatkan Keterlibatan Pembelajar dalam Pembelajaran Daring: Penggunaan Simulasi, Kasus, dan Permainan (Gamification)
Bab VI Kuliah Daring di Program Sarjana SBM
A. Kendala Teknis
B. Kendala Sesi Tanya Jawab
C. Tantangan untuk Memastikan Mahasiswa Memperhatikan Sesi Perkuliahan
D. Tantangan untuk Menghidupkan Kelas
E. Evaluasi Mahasiswa Program Sarjana terhadap Pelaksanaan Kuliah Daring
F. Hasil Survei Mahasiswa Program Sarjana (S1)
Bab VII Kuliah Daring di Program MBA SBM
A. Metode Case-Teaching Secara Daring di Tengah Pandemik Covid-19
B. Mengajar Daring Mata Kuliah Accounting di Tengah Pandemik Covid-19
C. Evaluasi Mahasiswa MBA Kampus Jakarta: Menilai Kesiapan SBM ITB Menghadapi Kuliah Daring
D. Hasil Survei Pendapat Mahasiswa MBA
Bab VIII Kuliah Daring di Program M SM/DSM SBM
A. Mahasiswa MSM (Master of Science Management)
B. Mahasiswa DSM (Doctor of Science Management)
Tags: e-learning, evaluasi pembelajaran online, interaksi mahasiswa-dosen, keterlibatan mahasiswa, kreativitas dalam pembelajaran daring, kuliah daring, lended learning, motivasi mahasiswa, partisipasi mahasiswa, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran online, pendidikan tinggi, pengembangan keterampilan, peran teknologi dalam pembelajaran online, strategi pembelajaran online
Membangun Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kuliah Daring
Berat | 330 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 620 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Bambang Rustanto, Dr., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 136 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-649-7 Sinopsis: Secara umum pekerjaan sosial memiliki tujuan memberikan pertolongan pelayanan sosial kepada individu, kelompok, dan masyarakat dalam memecahkan berbagai permasalahan yang mereka hadapi, sehingga klien dari seorang pekerja sosial bisa memperoleh alternatif-alternatif pemecahan masalah… selengkapnya
Rp 29.600 Rp 37.00020%
Penulis: Nanang Fattah, Prof. Dr.,M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 252 Halaman ISBN: 978-602-446-367-0 Sinopsis : Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan daya saing global menuju masyarakat 5.0… selengkapnya
Rp 53.600 Rp 67.00020%
Judul : PERILAKU ORGANISASI: TEORI DAN PRAKTIK DI BIDANG P Pengarang : HENDYAT SOETOPO Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 312 halaman ISBN : 978-979-692-013-6 Sinopsis: Apabila ingin mengetahui apa dan bagaimana Perilaku Organisasi, inilah buku yang membahas bagaimana belajar organisasi dan bagaimana menerapkannya. Pembahasan dalam buku ini, dilakukan secara… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Dra. Ari Fadiati, M.Si. 21×28 cm – 192 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 2, 2013 ISBN 978-979-692-051-8 Sinopsis : Melalui buku ini penulis mengharapkan dapat memberikan pandangan-pandangan serta ide-ide yang berhubungan dengan pengelolaan usaha jasa boga. Buku ini terdiri atas 6 pokok bahasan utama, yaitu perkembangan usaha Jasa… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Suyono, Prof., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-625-1 Sinopsis : Buku Implementasi Belajar dan Pembelajaran ini lebih memfokuskan pembahasannya pada perkembangan pembelajaran dan implementasinya, termasuk bagaimana implementasi pada abad ke-21. Bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran abad ke-21, sebagai pemandu perubahan, inkubator pembelajaran, dan… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Ahmad Kholil, ST.MT. 16 x 24 cm • 156 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-080-8 Sinopsis: Tujuan penggunaan alat berat, yang merupakan faktor penting di dalam proyek-proyek konstruksi dengan skala besar adalah untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan… selengkapnya
Rp 31.200 Rp 39.00020%
Penulis: Muhibbin Syah Cetakan: 22, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 280 halaman ISBN: 979-514-672-6 Sinopsis: Seorang pendidik (guru, dosen, dsb.) dan tenaga kependidikan (kepala sekolah Madrasah dan para wakilnya) sangat memerlukan aneka ragam pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan profesinya sesuai dengan tuntutan zaman dan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. dan Rohanim, S.Pd., M.M. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 164 Halaman ISBN: 978-602-446-266-6 Sinopsis: Dengan perannya sebagai manajer, kepala sekolah harus memiliki karakter, kompetensi, dan keunggulan literasi yang semua dipadukan sebagai instrumen untuk mewujudkan kualitas… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Judul : BALANCED SCORECARD Pengarang : DR. DADANG DALLY, M.SI. Tahun : JUNI 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 128 halaman ISBN : 979-692-737-3 Sinopsis: SEORANG manajer yang baik umumnya tidak lahir secara tiba-tiba. Dia melalui proses panjang, yang masyarakat umum mengenalnya sebagai pengalaman. Lewat rentang waktu perjalanan itu, calon manajer melakukan eksplorasi dan… selengkapnya
Rp 27.200 Rp 34.00020%
Penulis: Maman Fathurrohman, Ph.D. Kamilul Muttaqin, S.Pd. Ahmad Fauzi Abdullah, M.Pd. Riyah, M.Pd. Hagi Widhi Romadhona, S.Pd. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 260 Halaman ISBN: 978-602-446-564-3 Sinopsis: “Sebuah buku yang memberikan dokumentasi atas berbagai problematika bangsa saat ini, sekaligus memberikan sejumlah… selengkapnya
Rp 75.200 Rp 94.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.