Menjadi Kepala Sekolah Profesional
Rp 72.000 Rp 90.000Kode | RR.PK0065 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Menjadi Kepala Sekolah Profesional
Penulis: E. Mulyasa, Drs., M.Pd.
Cetakan: 13, 2018
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 210 gr.
304 Halaman
ISBN: 979-692-271-1
Sinopsis:
Kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yang paling fenomenal sejak berlakunya otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan adalah pelaksanaan MBS dan KBK. Tujuannya hanya satu: membuat pendidikan lebih bermutu.
Sukses tidaknya MBS-KBK ditentukan oleh kualitas kinerja kepala sekolah dan guru. Kepala sekolah yang dibutuhkan untuk mensukseskan program ini bukan karena
aspek senioritas atau dia pandai mendidik dan mengajar saja. Ia juga harus kreatif cari dana dan mengelola SDM. Kalau cuma nyuruh orang tua iuran dan menaikkan SPP, semua orang juga bisa.
Mulai sekarang Kepala Sekolah dipilih berdasarkan kemampuan manajerial dan profesionalisme dengan melibatkan komite sekolah. Semua itu dipaparkan secara
komprehensif dalam buku ini, sebagai referensi bagi kepala sekolah, komisi pendidikan, dewan pendidikan, pengawas, dan komite sekolah di era MBS-KBK untuk
kemajuan pendidikan.
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Rasionel
B. Manajemen Pendidikan
C. Paradigma Baru Manajemen Pendidikan
D. Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah
BAB 2 IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
A. Perlunya Manajemen Berbasis Sekolah
B. Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah
C. Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah
D. Implementasi MBS di Indonesia
BAB 3 DARI KURIKULUM 1994 KE KBK
A. Analisis Konseptual
B. Karakteristik KBK
C. Implementasi KBK di Sekolah
D. Aspek Teknis Educatif
E. Aspek Politis
F. Solusi Ke Depan
BAB 4 ANALISIS SWOT KEPALA SEKOLAH
A. Analisis SWOT
B. Memanfaatkan Kekuatan dan Peluang serta Mengatasi Kelemahan dan Tantangan
C. Peran dan Kinerja Pengawas Sekolah
D. Dampak Kepala Sekolah Profesional
BAB 5 MENDORONG VISI MENJADI AKSI
A. Kepala Sekolah sebagai Educator
B. Kepala Sekolah sebagai Manajer
C. Kepala Sekolah sebagai Administrator
D. Kepala Sekolah sebagai Supervisor
E. Kepala Sekolah sebagai Leader
F. Kepala Sekolah sebagai Innovator
G. Kepala Sekolah sebagai Motivator
BAB 6 MEMBERDAYAKAN TENAGA KEPENDIDIKAN
A. Konsep Pengembangan SDM dari Castetter
B. Meningkatkan Produktivitas Sekolah
C. Kinerja Tenaga Kependidikan
D. Upaya Memberdayakan Tenaga Kependidikan
E. Manajemen Tenaga Kependidikan di Sekolah
F. Kepala sekolah dalam Peningkatan Produktivitas Sekolah
BAB 7 MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT SEKITAR SEKOLAH
A. Pentingnya Memberdayakan Masyarakat
B. Menggalang Partisipasi Orang Tua
C. Menggalang Partisipasi Masyarakat
D. Mengembangkan Kewiusahaan di Sekolah
E. Mengelola Perubahan di Sekolah
F. Peran Kepala Sekolah
G. Peran Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
BAB 8 MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH
A. Konteks Politik dan Ekonomi Keuangan Sekolah
B. Perencanaan Keuangan Sekolah
C. Pelaksanaan Keuangan Sekolah
D. Evaluasi dan Pertanggungjawaban Keuangan Sekolah
E. Perencanaan Konstruksi Keuangan
F. Politik dan Evaluasi Manajemen Keuangan Sekolah
G. Pendanaan Berbasis Anak dan Masa Depan Keuangan Sekolah
BAB 9 MANAJEMEN STRATEGI DAN MUTU TERPADU
A. Manajemen Strategi
B. Manajemen Mutu Terpadu
BAB 10 MANAJEMEN KONFLIK
A. Konflik dan Masalahnya
B. Dampak Konflik
C. Manajemen Konflik
D. Tips untuk Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik
BAB 11 MENYELENGGARAKAN RAPAT DI SEKOLAH
A. Pentingnya Rapat di Sekolah
B. Jenis Rapat di Sekolah
C. Tujuh Resep Manajemen Rapat di Sekolah
D. Tipe Kepala Sekolah dalam Rapat
E. Komunikasi dalam Rapat
F. Prosedur Penyelenggaraan Rapat di Sekolah
Tags: Evaluasi Kepala Sekolah, Inovasi Kepemimpinan Pendidikan, Kepala Sekolah Berprestasi, Kepala Sekolah Profesional, Kepemimpinan Pendidikan, Kompetensi Kepala Sekolah, Manajemen Kepala Sekolah, Pelatihan Kepala Sekolah, Pengembangan Kepala Sekolah, Supervisi Kepala Sekolah
Menjadi Kepala Sekolah Profesional
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.331 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Prof. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., MCE. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 204 Halaman ISBN: 978-602-446-602-2 Sinopsis: Buku ini hadir sebagai salah satu rujukan bagi para peneliti pemula yang ingin mengenal tentang bagaimana merumuskan proposal, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan penelitian dengan… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Dr. Rohmat Mulyana, M.Pd Dr. Umiarso, M.Pd.I Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku ini disusun untuk mengejawantahkan spirit profetik nilai-nilai pendidikan Islam, yakni: nilai integratif keilmuan Islam. Kerenanya, upaya ini memunculkan sikap kritis terhadap konstruksi teori-teori… selengkapnya
Rp 78.400 Rp 98.00020%
Prof. Dr. Ahmad Tafsir 16 x 24 cm • 216 hlm Kertas isi HVS 60 gr, Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 10, 2010 ISBN: 979-514-174-0 Sinopsis: Buku ini membahas tentang pendidikan dalam pandangan Islam yang dilengkapi dengan pandangan berbagai pakar pendidikan Islam, baik dari dalam maupun luar negeri.
Rp 39.200 Rp 49.00020%
Judul : PENGEMBANGAN KURIKULUM Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 220 halaman ISBN : 979-514-601-7 Sinopsis : Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam seluruh kegiatan pendidikan. Bahkan banyak pihak menganggap kurikulum sebagai “rel” yang menentukan arah… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Judul : MIKROBIOLOGI: PERKEMBANGAN, KAJIAN, DAN PENGAMATAN Pengarang : IR. H.M. SUBANDI, M.P., DR., D Tahun : November, 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 252 halaman ISBN : 978-979-692-014-3 Sinopsis : Perkembangan mikrobiologi katanya diawali dengan keberhasilan Anthony van Leeuwenhoek membuat mikroskop. Perkembangan alat optik modern ini sebenarnya tidak lepas dari seorang pionir penemu… selengkapnya
Rp 39.200 Rp 49.00020%
Judul : MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pengarang : HERUMAN, S.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 200 Hlm Sinopsis: Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.00020%
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd. & Hendarman, Ir., M.R., Ph.d. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 208 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-133-1 Sinopsis: Beragam metode penelitian dapat digunakan untuk mencari penjelasan terkait dengan permasalahan berbagai konflik. Salah satunya adalah penelitian kebijakan. Penelitian kebijakan dengan karakteristik dan cara kerjanya yang khas… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.00020%
Penulis: Esti Untari, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 220 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: Penyajian materi untuk mahasiswa seharusnya dimulai dari ilmu dasar. Begitu juga yang dipelajari oleh mahasiswa PGSD, walaupun harus memahami berbagai macam bidang studi calon guru SD juga… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.00020%
Penulis: Syamsu Yusuf, Prof., Dr., H., L.N., M.Pd. Nani M. Sugandhi, Dr., M.Pd. Aas Saomah, Dra., M.Si. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 340 Halaman ISBN: 978-602-446-593-3 Sinopsis: Remaja (dalam hal ini siswa SLTP dan SLTA) memiliki peranan penting dalam masyarakat. Mereka adalah… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: M. Karman, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 388 Halaman ISBN: 978-602-446-297-0 Sinopsis : Mengapa teks Al-Quran relevan untuk segala situasi dan kondisi? Walau lahir di masa yang tidak seperti sekarang, teksnya dapat dikontekstualisasikan di berbagai tempat dan… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.