Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan
Rp 77.600 Rp 97.000Kode | RR.AG0252 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan
Penulis: M. Karman, Dr., M.Ag.
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 388 Halaman
ISBN: 978-602-446-297-0
Sinopsis :
Mengapa teks Al-Quran relevan untuk segala situasi dan kondisi? Walau lahir di masa yang tidak seperti sekarang, teksnya dapat dikontekstualisasikan di berbagai tempat dan kondisi seiring perkembangan zaman.
Al-Quran memang ‘terasa’ dinamis sehingga penafsirannya tidak mudah, harus tekun dan ulet melakukan dialog dan refleksi.
Buku ini memang dikhususkan untuk mahasiswa pascaasarjana dengan program studi Pendidikan Agama Islam namun sebetulnya buku ini juga tepat untuk mahasiswa tingkat sarjana dan kalangan umum yang memiliki concern dalam pendidikan Islam.
—
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Al-Qurân dan Tuntutan Dinamika Penafsiran
B. Al-Qurân sebagai Kitab Kurikulum?
C. Ruang Lingkup
D. Metode
Bab II Hakikat Manusia dan Relasinya dengan Pendidikan
A. Term Manusia dalam Al-Qurân
B. Penciptaan Manusia dan Nilai-Nilai Pendidikan
C. Potensi-Potensi Dasar Manusia
D. Hakikat Fungsi Manusia dalam Kehidupan
Bab III Ilmu (Pengetahuan) dan Relasinya dengan Pendidikan
A. Term Ilmu (Pengetahuan) dalam Al-Qurân
B. Kedudukan Ilmu (Pengetahuan)
C. Sumber Ilmu (Pengetahuan)
D. Pendekatan Perolehan Ilmu (Pengetahuan)
E. Cabang Ilmu (Pengetahuan)
Bab IV Hakikat Pendidikan
A. Term Pendidikan dalam Al-Qurân
B. Tugas Pendidikan
C. Prinsip-Prinsip Pendidikan
Bab V Tujuan Pendidikan
A. Pengertian Tujuan Pendidikan
B. Kedudukan dan Prinsip Tujuan Pendidikan
C. Formulasi Tujuan Pendidikan
Bab VI Pendidik
A. Pengertian Pendidik
B. Kedudukan Pendidik
C. Tugas Pendidik
D. Interaksi Pendidik dengan Peserta Didik
E. Kompetensi Pendidik
Bab VII Peserta Didik
A. Pengertian Peserta Didik
B. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik
C. Karakteristik Perkembangan Kesadaran Beragama Peserta Didik
D. Sikap Peserta Didik kepada Pendidik
Bab VIII Materi Pendidikan
A. Pengertian Materi Pendidikan (Pembelajaran)
B. Ragam Materi Pendidikan
Bab IX Media Pendidikan
A. Pengertian Media Pendidikan
B. Landasan Penggunaan Media Pendidikan
C. Urgensi dan Karakteristik Media Pendidikan
D. Ragam Media Pendidikan
Bab X Komunikasi Pendidikan
A. Pengertian Komunikasi Pendidikan
B. Karakteristik Komunikasi Pendidikan
C. Prinsip-Prinsip Komunikasi
Bab XI Metodologi Pendidikan
A. Model Pembelajaran
B. Pendekatan Pendidikan/Pembelajaran
C. Metode Pendidikan
D. Teknik Pendidikan
Bab XII Evaluasi Pendidikan
A. Hakikat Evaluasi
B. Bentuk dan Tujuan Evaluasi
C. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pendidikan
D. Jenis-jenis Evaluasi Pendidikan
E. Teknik Evaluasi Pendidikan
Tags: Akhlak Mulia, kurikulum pendidikan Islam, Metode Pendidikan Islam, Pedagogi Islam, pendidikan anak, Pendidikan Islam, pendidikan karakter, pendidikan multikultural, Studi Al-Quran, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan
Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan
Berat | 650 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 407 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
Penulis: Sapriya, M.Ed., Prof. Dr. Cetakan: 11 (Revisi), 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Peranan lembaga pendidikan tinggi sudah sepantasnya memberikan fasilitasi untuk meningkatkan mutu luaran pendidikan di tanah air sejalan dengan pendekatan Outcomes- Based Education (OBE). Buku yang… selengkapnya
Rp 86.00020%
Dra. Ari Fadiati, M.Si. 21×28 cm – 192 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 2, 2013 ISBN 978-979-692-051-8 Sinopsis : Melalui buku ini penulis mengharapkan dapat memberikan pandangan-pandangan serta ide-ide yang berhubungan dengan pengelolaan usaha jasa boga. Buku ini terdiri atas 6 pokok bahasan utama, yaitu perkembangan usaha Jasa… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 16 x 24 cm, 232 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2011 ISBN: 978-979-692-061-7 Sinopsis: Di dalam buku ini juga dipaparkan peran dari media komputer untuk pembelajaran, hakikat multimedia, serta memproduksinya.Kemudian buku ini akan memandu para pengguna untuk membuat multimedia mulai dari mengembangkan skrip,… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Judul : LANDASAN PSIKOLOGI PROSES PENDIDIKAN Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 1, April 2003 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr ISBN : 979-692-240-1 Sinopsis : Inti pendidikan adalah interaksi. Interaksi antara pendidik dan peserta didik. Suatu interaksi yang di dalamnya terjadi proses transfer pemahaman tertentu, yang melibatkan secara simultan… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Sunaryo Kartadinata, Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 15×21 cm, 204 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-641-1 Sinopsis : Perdamaian, kedamaian, dan bahkan kekerasan pertama kali dibangun dalam pikiran manusia. Jika kedamaian ada dalam pikiran kita, maka lingkungan kita akan cenderung menjadi damai. Oleh karena itu, terciptanya kedamaian pertama… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si. dan Wendhie Prayitno, S.Kom., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-517-9 Sinopsis: Buku ini ditujukan bagi guru dan mahasiswa kependidikan sebagai referensi dalam menyusun instrumen untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi siswa. Buku… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 9, 2017 16×24 cm, 240 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-447-9 Sinopsis: Kebijakan perubaham kurikulum merupakan politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam pelaksanaannya seringkali dipolitisasi untuk kepentingan kekuasaan. Di sekolah: guru, kepala sekolah, pengawas dan peserta didik sangat berkepentingan,… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.000Penulis: Dr. Hj. Ratu Suntiah, M.Ag. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 180 Halaman ISBN: 978-602-446-713-5 Sinopsis: Jas merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Itulah ungkapan popular yang dikemukakan oleh Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia. Dengan sejarah, kita akan mengetahui dan memahami bagaimana… selengkapnya
Rp 63.00020%
Judul : EVALUASI KURIKULUM Pengarang : HAMID HASAN,S. PROF,DR,M.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2008 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 276 Hlm ISBN : 979-692-350-5 Sinopsis: Kurikulum sejatinya berisi program-program yang hendak dicapai. Pendidikan yang baik dan erkualitas dimulai dari kurikulum yang dikonsep dan diimplementasikan secara baik pula. Dalam manajemen modern, ketercapaian program-program akan diketahui… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Waini Rasyidin, H., Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-493-6 Sinopsis: Pedagogik adalah nilai dasar keilmuan dan profesi yang harus dibangun secara kokoh dan menjadi landasan bagi pemikiran dan tindakan pendidikan serta penyelenggaraan pendidikan guru. Pedagogik sebagai ilmu didukung dengan menggunakan ilmu-ilmu… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.