181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik
Rp 60.000 Rp 95.000Kode | RR.PK0452 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik
Penulis: Marjuki, Dr., S.E., M.Ag.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 348 Halaman
ISBN: 978-602-446-483-7
Sinopsis:
Permendikbud no. 22 tahun 2016 mengamanatkan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang cukup bagi tumbuhnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.
Dalam melaksanakan amanat Permendikbud ini, kegiatan inti pembelajaran dikemas dengan format pendekatan saintifik. Pendekatan ini merupakan proses kerja ilmiah yang diadaptasi ke dalam proses pembelajaran dengan tujuan memperkuat kompetensi siswa pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara integral, berpikir logis dan sistematis, mampu menyelesaikan masalah, melatih mengemukakan pemikiran dan gagasan, serta mengembangkan karakter siswa.
Untuk dapat menerapkan pendekatan saintifik dengan baik, maka guru sebagai pelaksana utama pembelajaran dituntut untuk lebih menguasai ragam model pembelajaran PAIKEM sebagai kunci keberhasilan implementasi pendekatan saintifik. PAIKEM lebih memungkinkan adanya keterlibatan siswa secara aktif, kreatif, berinteraksi sesama teman, dengan guru, dengan materi pelajaran secara dinamis dan dialogis, sehingga dapat mendorong pe-ningkatan mutu pembelajaran siswa.
———
Daftar isi
Bab I Beberapa Istilah Dalam Pembelajaran
A. Desain Pembelajaran
B. Strategi Pembelajaran
C. Metode Pembelajaran
D. Pendekatan Pembelajaran
E. Teknik Pembelajaran
F. Taktik Pembelajaran
G. Model Pembelajaran
H. Media Pembelajaran
Bab II Model Pembelajaran
A. Fungsi Model Pembelajaran
B. Ciri-Ciri Model Pembelajaran
C. Manfaat Model Pembelajaran
D. Model Pembelajaran Kurikulum 2013 (K13)
Bab III Paikem
A. Pengertian PAIKEM
B. Tujuan PAIKEM
C. Landasan PAIKEM
D. Karakter PAIKEM
E. Kriteria PAIKEM
Bab IV Pendekatan Saintifik
A. Pengertian Pendekatan Saintifik
B. Prinsip-Prinsip Pendekatan Saintifik
C. Esensi Pendekatan Saintifik
D. Tujuan Pendekatan Saintifik
E. Landasan Penerapan Pendekatan Saintifik
F. Langkah-Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
Bab V Klasifikasi Tipe-Tipe Model Pembelajaran
A. Mengembangkan Kreativitas dan Karya Inovatif
B. Mengembangkan Keberanian dalam Berpikir, Mengemukakan Pendapat, dan Bertindak secara Cepat dan Tepat
C. Mengembangkan Ketelitian Berpikir dalam Mengonstruksi Pengetahuan
D. Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi dan Berbagi Informasi secara Benar dan Akurat
E. Mengembangkan Kemampuan Membangun Kerja Sama Tim dalam Mengambil Keputusan secara Sinergis dan Bertanggung Jawab
F. Mengembangkan Sikap Kritis dalam Menghadapi dan Menyelesaikan Masalah secara Proporsional (Problem Solving)
G. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Analisis dan Sistematis
H. Mengembangkan Sikap Mandiri, Cermat, Selektif, dan Akurat
I. Mengembangkan Budaya Kompetitif, Sportivitas, dan Demokratis
J. Mengembangkan Budaya Peduli Lingkungan, Alam, dan Sosial
K. Mengembangkan Keterampilan Berimajinasi, Visualisasi, dan Curah Ide
L. Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab pada Tugas dan Kewajiban
M. Mengembangkan Keterampilan Kinestetik dalam Bermain Peran
N. Mengembangkan Kekuatan Daya Ingat atau Memori
O. Mengembangkan Aspek Keceriaan dalam Pembelajaran
P. Mengembangkan Keseimbangan dan Kematangan Berpikir
Tags: MetodeSaintifik, ModelPembelajaranInovatif, PAIKEM, PembelajaranAktif, PembelajaranBerbasisKeterampilan, PembelajaranBerbasisKolaborasi, PembelajaranBerbasisKompetensi, PembelajaranBerbasisMasalah, PembelajaranBerbasisNilai, PembelajaranBerbasisProyek, PembelajaranBerbasisSikap, PembelajaranBerorientasiPadaHasil, PembelajaranHolistik, PembelajaranInteraktif, PembelajaranKontekstual, PembelajaranKooperatif, PembelajaranKreatif, PembelajaranMenggunakanTeknologi, PembelajaranTerpadu, PendekatanSaintifik
181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik
Berat | 550 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 745 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. dan Rohanim, S.Pd., M.M. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 164 Halaman ISBN: 978-602-446-266-6 Sinopsis: Dengan perannya sebagai manajer, kepala sekolah harus memiliki karakter, kompetensi, dan keunggulan literasi yang semua dipadukan sebagai instrumen untuk mewujudkan kualitas… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Nanang Priatna, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 352 Halaman ISBN: 978-602-446-304-5 Sinopsis : Mengapa matematika diakui sebagai tolok ukur utama untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang? Hal ini sesuai dengan karakteristik matematika sebagai ilmu yang bersifat… selengkapnya
Rp 100.800 Rp 126.00020%
Bayong Tjasyono, HK., DEA., H., Prof., Dr. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 228 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-148-5 Sinopsis: Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam. Oleh karena itu, sangatlah penting ilmu kebumian dikembangkan di Indonesia. Apalagi negeri Indonesia bisa dikatakan sebagai laboratorium kebumian yang paling hebat… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Penulis: Prof. Dr. H. Nanang Priatna, M.Pd. Nurhayati, S.Pd., M.Pd. Silviana Ayu Lorenzia, S.Pd. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 276 Halaman ISBN: 978-602-446-528-5 Sinopsis: Peningkatan kualitas pembelajaran sains dan teknologi merupakan upaya yang tidak dapat ditunda-tunda lagi sejalan dengan berbagai tantangan yang… selengkapnya
Rp 79.200 Rp 99.00020%
Penulis: Prof. Dr. Nana Supriatna, M.Ed., Neni Maulidah, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 352 Halaman ISBN: 978-602-446-518-6 Sinopsis: Di tengah-tengah berkembangnya teknologi informasi yang masif pada abad ini yang ditandai dengan penggunaan artificial intelligence, big data, dan internet of things, hanya… selengkapnya
Rp 104.000 Rp 130.00020%
Judul : PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 244 halaman ISBN : 979-692-958-9 Sinopsis : Peningkatan kualitas pendidikan yang sedang dilakukan pemerintah sekarang ini tidak hanya terfokus pada guru, tetapi juga kepada pengawas dan kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan sekaligus yang mendorong serta… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd., M.Si. Cetakan 1, 2013 16×24 cm 216 hlm. Isi:HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 ISBN: 978-979-692-179-9 Sinopsis : Awalnya web hanya dibuat untuk mempermudah tukar-menukar dan memperbarui informasi. Zaman berkembang dan teknologi web pun semakin banyak digunakan untuk pembuatan website hingga web application. Jenis-jenis website baru pun mulai bermunculan dan dikembangkan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Nusa Putra, Dr. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 220 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-171-3 Sinopsis : Tiap penelitian berpegang pada paradigma tertentu. Sebuah paradigma akan mengalami kebuntuan sehingga situasi ini akan melahirkan paradigma baru, dan paradigma tertentu menjadi tidak dominan lagi. Itu berarti adanya paradigma baru membuka peluang bagi… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Zulela, M.S., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2012 15×21 cm, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-124-9 Sinopsis: Abad modern menuntut kemampuan membaca dan menulis yang memadai, sehingga bangsa Indonesia dituntut untuk memosisikan dirinya sebagai bangsa yang berbudaya baca tulis. Untuk itu diperlukan upaya pengembangan, baik melalui jalur pendidikan formal maupun… selengkapnya
Rp 27.200 Rp 34.00020%
Cepi Triatna, M.Pd., Dr. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-630-5 Sinopsis: Secara teoretis maupun praktis, kajian mengenai pengembangan kapasitas manajemen sekolah masih sangat jarang dilakukan di Indonesia, bahkan di dunia internsional sekalipun. Namun demikian, pengembangan kapasitas manajemen sekolah merupakan tren yang sedang dikaji oleh… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.