Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya
Rp 138.400 Rp 173.000Kode | RR.PK0389 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D.
Cetakan: 9, 2018
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 488 Halaman
ISBN: 978-602-446-268-0
Sinopsis:
Sejak lulus doktor dari Monash University Australia tahun 1996, khususnya setelah terbit edisi pertama buku ini tahun 2001, Profesor Deddy Mulyana menjadi pelopor dan ‘provokator’ utama tradisi penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif (fenomenologis, interaksionis simbolik dan dramaturgis) dalam disiplin Ilmu Komunikasi di Indonesia, menggantikan paradigma objektif-positivis-kuantitatif yang sebelumnya dominan.
Ratusan mahasiswa tingkat magister dan doktor telah dibimbingnya. Tidak mengherankan jika mazhab yang dibawa ‘Begawan’ Ilmu Komunikasi Indonesia ini disebut Mazhab Deddy Mulyana oleh beberapa akademisi ilmu komunikasi di Tanah Air.
Paradigma interpretif memang lebih membumi dan holistik untuk mengeksplorasi permasalahan komunikasi yang semakin rumit dewasa ini.
Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si.Dekan Fikom Unpad (2016-2021)Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (2017-2021)
Daftar Isi
Bagian I
Perspektif, Teori Dan Metode 1
Bab I Pendahuluan
– Konvergensi Disiplin Ilmu
– Penelitian Kuantitatif Vs Penelitian Kualitatif
– Etnosentrisme Pendekatan Objektif-Kuantitatif
– Apakah Penelitian Kualitatif Llmiah?
– Apakah Metodologi Kualitatif Memiliki Standar Yang Baku?
– Membangun Penelitian Kualitatif
Bab II Perspektif Dan Teori Ilmu Sosial
– Keberagaman Perspektif Ilmu Sosial
– Perspektif, Teori, Dan Metode Penelitian
– Perspektif Dan Realitas
– Pendekatan Objektif
– Pendekatan Subjektif
– Mengamati “Gajah Berenang”: Contoh Aplikasi Pendekatan Objektif Vs Pendekatan Subjektif
– Rentang Pendekatan Objektif-Pendekatan Subjektif
– Justifikasi Atas Perspektif Interaksi Simbolik
Bab III Teori Interaksi Simbolik
– Teori Max Weber: Payung Teori Interaksi Simbolik
– Akar Teori Interaksi Simbolik
– Inti Teori Interaksi Simbolik
– Teori Tentang “Diri” Dari George Herbert Mead
– Kritik Atas Teori Interaksi Simbolik
Bab IV Pendekatan Dramaturgis Erving Goffman
– Teori Diri Ala Goffman: Presentasi-Diri
– Panggung Depan Dan Panggung Belakang
– Penggunaan Tim
– Interaksi Sebagai Ritual
– Kritik Atas Pendekatan Goffman
Bab V Metode Penelitian Kualitatif
– Metodologi Interaksionis Simbolik
– Kritik Blumer Atas Analisis Variabel
– Proses Induktif
– Penelitian Naturalistik Dan Etnografi
– Pengamatan Berperan-Serta
– Pengamatan Berperan-Serta Vs Survei Dan Eksperimen
– Pembentukan Kerangka Teoretis
– Taktik Pengamatan Berperan-Serta
– Wawancara Mendalam
– Analisis Dokumen
– Studi Kasus
– Kepustakaan
Bagian II
Aplikasi Teori Dan Metode Penelitian:
Contoh-Contoh Penelitian
* Mengindonesia Di Australia: Perubahan Dan Kesinambungan Identitas Etnik
* Pemendaman Identitas Transformasi Identitas Dalam Penjara Dengan Penjagaan Yang Ketat
* Tato Anggota Geng Penjara Komunikasi Visual Karier Moral
* Citra Tubuh Perempuan Identitas Perempuan Dan Media
* Politik Jenis Kelamin Di Tempat Kerja: Dunia Interaksi Polisi Wanita
* Kematian Sebagai Pertunjukan Dramaturgi Pemakaman Di Amerika Serikat
* Sebuah Etnografi Klinik Aborsi
* Manipulasi Identitas Etnik Oleh Orang Melayu Di Perkotaan
* Konstruksi Maskulinitas Dalam Kampanye Pemilihan Presiden
* Studi Kasus Musim Kampanye Tahun 1992
Tags: Analisis Data Kualitatif, Desain Penelitian Kualitatif, Etika Penelitian Kualitatif, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial, Interpretasi Hasil Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kualitatif, Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Penelitian Kualitatif, Pendekatan Penelitian Kualitatif, Penulisan Laporan Penelitian Kualitatif, Teknik Penelitian Kualitatif, Teori Penelitian Kualitatif
Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya
Berat | 800 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.131 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 272 Halaman ISBN: 978-602-446-714-2 Sinopsis: Manajemen kelas adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Mengelola kelas merupakan bagian integral… selengkapnya
Rp 103.00020%
Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd. & Dr. H. Dadang Suhendar, M.Hum. 16 x 24 cm – 320 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 6, 2016 ISBN: 979-692-351-3 Sinopsis: Pengajar tugasnya adalah menyelenggarakan proses pembelajaran. Pembelajaran itu terselenggara dengan efektif bila sejak awal dirancang dengan baik, dengan menyinergikan berbagai potensi. Dengan… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Judul : MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pengarang : HERUMAN, S.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 200 Hlm Sinopsis: Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.000S. Effendi, Dr., dkk. Cetakan 1, 2015 17,5×25 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-652-7 Sinopsis : Buku ini disusun berdasarkan data penggunaan ragam bahasa tulis karya para penulis yang dimuat dalam buku, majalah, dan surat kabar. Dari data akurat itu diperoleh keteraturan dalam bentuk kata dan susunan kalimat… selengkapnya
Rp 120.00020%
Sutrisno, Prof., Dr., H., M.Ag., dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 312 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-707-4 Sinopsis: Saat ini hampir semua pendidikan tinggi mengalami “demam” KKNI. Pasalnya, terhitung sejak tahun ajaran 2016/2017 seluruh perguruan tinggi diharapkan telah menerapkan KKNI bidang Pendidikan Tinggi, mulai dari redesain kurikulum mengacu KKNI,… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Penulis: Sunarso, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 380 Halaman ISBN: 978-602-446–452-3 Sinopsis: Perkembangan kehidupan kenegaraan Indonesia mengalami perubahan yang sangat besar, terutama berkaitan dengan gerakan reformasi 1998. Oleh karena itu, materi PKn tidak mungkin dilepaskan dari perkembangan kenegaraan… selengkapnya
Rp 84.000 Rp 105.00020%
Judul : METODE PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA Pengarang : SYAMSUDDIN A.R., M.S.,PROF.,DR Tahun : 2006 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 272 hlm. ISBN : 979-514-633-4 Sinopsis: Dalam Tri Darma Perguruan Tinggi, penelitian merupakan bidang yang belum maksimal pengembangannya dibandingkan bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat. Kondisi ini agak merata dialami oleh perguruan tinggi di tanah… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Prof. Dr. Nana Supriatna, M.Ed., Neni Maulidah, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 352 Halaman ISBN: 978-602-446-518-6 Sinopsis: Di tengah-tengah berkembangnya teknologi informasi yang masif pada abad ini yang ditandai dengan penggunaan artificial intelligence, big data, dan internet of things, hanya… selengkapnya
Rp 104.000 Rp 130.00020%
Penulis: M. Saroni, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 212 Halaman ISBN: 978-602-446-398-4 Sinopsis : Membahas pendidikan tidak akan pernah selesai selama manusia masih hidup dan berpenghidupan sosial sebab pendidikan merupakan bagian tak terpisahkan dari dinamika kehidupan sosial manusia. Melalui pendidikan… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Didi Supriadie, Dr., & Deni Darmawan, Dr., M.S. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 224 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-122-5 Sinopsis : Buku Komunikasi Pembelajaran ini membahas tentang pembelajaran yang dapat menjadi bahan sharing bagi para guru (guru provisi atau guru pemula) mengenai apa dan bagaimana mengembangkan pembelajaran. Pada buku… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.