Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Rp 77.600 Rp 97.000Kode | RR.PK0427 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Penulis: Prof. Dr. Deni Darmawan, S.Pd.M.Si.,MCE.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
368 Halaman
ISBN: 978-602-446-374-8
Sinopsis :
Pada era digital dewasa ini para penulis profesional ditantang oleh sejumlah indikator yang berlapis untuk dapat tembus karyanya sehingga menjadi rujukan dunia publikasi. Di sisi lain, dunia publikasi ini menjadi primadona dan muara sejumlah karya tulis ilmiah yang mampu diproduksi oleh para profesional seperti guru, dosen, pendidik, pelatih, penyuluh, dan profesi sejenisnya. Namun, bagi sebagian pihak banyaknya indikator dalam bidang publikasi karya tulis ilmiah ini seolah menjadi “hantu”. Dari kondisi tersebut maka sejumlah karya tulis ilmiah berupa buku, artikel jurnal, artikel media, artikel majalah, dan sejenisnya kadang tidak mudah ditulis dan dipublikasikan sesuai harapan, terlebih lagi jika dalam sistem penerbitan artikel jurnal, pihak penerbit pun memberlakukan sejumlah parameter seperti Scopus, Thomson, EBSCO, DOI, DOAJ, Clarivate, Web of Science, Pablon, Science Direct, SJR, dan sejenisnya. Selain itu, dengan target para penulis yang berkeinginan terbit pada jurnal dengan predikat Q1 atau Q2 ,Q3, maka semakin kompleks tugas para penulis karya tulis ilmiah ini. Belum lagi dengan sejumlah persyaratan pengetahuan dan keterampilan bagi penulis yang harus memiliki ORCID ID, ID Scopus, check plagiarism, sistem bibliografi, indeks dan glosarium otomatis, dan memahami sistem kerja Open Journal System (OJS) sampai dengan persyaratan tahapan submission yang kompleks maka akan semakin banyak pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang penulis sekarang ini.
Dari kondisi itu semua maka penulis melalui buku sederhana ini berkeinginan berbagi/sharing pengalaman bagaimana para profesional dalam bidang publikasi karya tulis ilmiah ini mendapatkan kesuksesan dalam menulis karya ilmiahnya sehingga dapat dipublikasikan pada jurnal bereputasi skala nasional maupun internasional. Secara khusus semoga para dosen yang bercita-cita menembus gelar akademik tertinggi sebagai profesor atau guru besar pada era digital dan milenial ini dapat terwujud dengan cepat setelah membaca buku ini.
————
Daftar Isi
BAB I ULASAN SEBUAH KARYA TULIS ILMIAH
A. Analisis Wacana dalam KTI
B. Bagaimana Menulis KTI dalam Bentuk Buku
BAB II MENULIS KTI BERUPA BUKU
A. Aspek Penting dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran
B. Teknik Penulisan Buku Teks Pelajaran
BAB III ANALISIS KEBUTUHAN BUKU
A. Analisis Kurikulum
B. Analisis Sumber Belajar
C. Analisis Karakteristik Peserta Didik
D. Pemetaan Materi Ajar
E. Langkah Pengembangan sebuah Buku Teks Pelajaran
BAB IV PENDEKATAN RISET DALAM PENGEMBANGAN BUKU TEKS
A. Telaah terhadap Target Kurikulum
B. Telaah terhadap Kesesuaian Isi Kurikulum
C. Telaah terhadap Kesesuaian Aspek Penyajian
D. Telaah Terhadap Scope dan Sequence Isi KTI dalam Bentuk Buku
E. Telaah terhadap Keterbacaan KTI dalam Bentuk Buku
F. Telaah terhadap Grafi ka KTI dalam Bentuk Buku
G. Telaah terhadap Keamanan dan Nilai Budaya KTI dalam Bentuk Buku
H. Telaah terhadap Visual KTI dalam Bentuk Buku
I. Telaah terhadap Layout KTI dalam Bentuk Buku
J. Telaah terhadap Unsur Persuasif KTI dalam Bentuk Buku
K. Telaah terhadap Unsur Biocommunication pada KTI dalam Bentuk Buku
BAB V PENDEKATAN DAN STRATEGI MENULIS BUKU AJAR
A. Pendekatan Organisasi Materi Buku Ajar
B. Pendekatan Struktur Buku Ajar Berbasis Riset
C. Pendekatan Ciri Materi Terintegrasi
D. Pendekatan Jenis Organisasi Materi dalam Peta Penulisan
E. Strategi dalam Menulis Buku Ajar
F. Prinsip Penulisan Buku Ajar Berbasis Riset
G. Ciri Buku Ajar yang Bermutu
H. Tips secara Umum dalam Membuat Judul Buku Ajar Berbasis Riset
BAB VI PRINSIP DAN PERSPEKTIF PENTING DALAM PENULISAN BUKU TEKS
A. Prinsip-prinsip dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran
B. Faktor Penting dari Telaah Perspektif Menulis Buku
BAB VII TEKNIK MEMULAI MENULIS BUKU TEKS
A. Memulai Menuangkan Ide dan Gagasan
B. Membangun Respons Positif dari Pembaca Buku
C. Belanja Inspirasi
BAB VIII BATANG TUBUH BUKU TEKS
A. Batang Tubuh Buku
B. Aspek-Aspek Teknis Struktur Penulisan Buku
BAB IX MEMAKNAI ASPEK KONTEN DALAM BUKU TEKS
BAB X MEMAKNAI ASPEK PENYAJIAN
A. Mengandung Kelengkapan Penyajian ( Cover, Pengantar, Daftar Isi, Bab, Subbab, Rangkuman, Latihan, Daftar Pustaka, Glosarium, dan Indeks)
B. Menyajikan Materi secara Runut (Traceability) Sesuai dengan Konsep dan Ketuntasan Materi
C. Menggambarkan Keruntutan Isi Materi Mapel
D. Mengembangkan Kemampuan Siswa untuk Beradaptasi dengan Konteks (Kewilayahan, Budaya, Kearifan Lokal, Perkembangan Teknologi)
E. Mengandung Unsur High Order Thinking Skills (HOTS)
F. Variatif dalam Penyajian (Induktif-Deduktif, Konvergen-Divergen)
G. Konsisten dalam Menyajikan Semua Bagian Materi secara Proporsional
H. Menggunakan Pembelajaran Berbasis Aktivitas Peserta Didik (activity-based instruction)
I. Menggambarkan Keseimbangan antara Teks dan Visual Berdasarkan Jenjang Pendidikan
BAB XI MEMAKNAI ASPEK KEBAHASAAN
A. Berpikir Konkret
B. Berpikir Abstrak
C. Batasan Konkret dan Abstrak dalam Kebahasaan
D. Ragam Penalaran untuk Mengukur Keterbacaan
E. Ragam Wacana dengan Tingkat Keterbacaan Tinggi
F. Ragam Paragraf dengan Tingkat Keterbacaan Tinggi
G. Ragam Kalimat dengan Tingkat Keterbacaan Tinggi
H. Penggunaan Kata yang Memiliki Tingkat Keterbacaan Tinggi
I. Keterbacaan dari Segi Grafika
J. Aspek Desain dan Kegrafikaan
BAB XII MEMAKNAI ASPEK LITERASI
A. Literasi Dasar
B. Literasi Perpustakaan
C. Literasi Matematika
D. Literasi Digital
E. Literasi Sosial
F. Literasi Finansial
G. Literasi Revolusi Industri 4.0
H. Literasi Karya Seni
BAB XIII MAKNA DAN CIRI ARTIKEL
A. Pemaknaan tentang Artikel
B. Ciri dan Unsur-unsur Artikel
C. Perhatikan Upaya Pencarian sebuah Jurnal Internasional
BAB XIV MENULIS ARTIKEL
BAB XV MENGENAL JENIS ARTIKEL
A. Penamaan Artikel (pemberian nama artikel yang kita tulis)
B. Jenis Artikel
BAB XVI BATANG TUBUH ARTIKEL
A. Tinjauan Bahasa dalam Batang Tubuh Artikel
B. Keutamaan Batang Tubuh Artikel pada Masa 2010-2013
BAB XVII MUTU ARTIKEL DAN GAYA SELINGKUNG JURNAL
A. Mutu Artikel untuk Jurnal
B. Cara Menyesuaikan Artikel dengan Gaya Selingkung Jurnal
BAB XVIII MENGENAL ORCID UNTUK UNGGAH JURNAL INTERNASIONAL
A. Sebuah Best Practices
B. Apa itu ORCID
C. Bagaimana Memperoleh ORCID ID
D. Bagaimana Fungsi ORCID ID
BAB XIX TEKNIK DAN TAHAPAN MENGUNGGAH ARTIKEL PADA JURNAL INTERNASIONAL
A. Mengecek Status Jurnal dengan 5 Strategi
B. Tahapan Submit artikel ke Jurnal Internasional
C. Contoh Artikel yang Baik
BAB XX MENGELOLA ARTIKEL PADA OPEN JOURNAL SYSTEM ( OJS)
A. Pendahuluan
B. Tahapan Penerbitan Jurnal dalam Open Journal System ( OJS)
BAB XXI KIAT MENEMBUS JURNAL TERINDEKS SCOPUS
A. Sebuah Refleksi mengenai Scopus
B. Persiapan Menulis
C. Mengenal Parameter Scopus
D. Bagaimana Scopus Bekerja
E. Apakah Isi Scopus
F. Bisakah Scopus Diintegrasikan dengan Perpustakaan
G. Bisakah Dibuatkan Link dari Pihak Scopus ke Perpustakaan
H. Manfaat Scopus bagi Penulis dan Mahasiswa
I. Layanan Scopus
BAB XXII MENGENAL MENDELEY DAN MEMBUAT INDEKS OTOMATIS
A. Mengenal Mendeley
B. Mengenal Prosedur Indeks Otomatis
BAB XXIII MENEMBUS GURU BESAR DENGAN SEHAT PADA ERA DIGITAL
A. Sebuah Refleksi
B. Pengalaman Menembus Guru Besar
Tags: Etika Penulisan Ilmiah, Format Penulisan Ilmiahtruktur Karya Tulis Ilmiah, Metodologi Penulisan Ilmiah, Penulisan Artikel Ilmiah, Penulisan Buku Referensi, Penulisan Daftar Pustaka, Penulisan Jurnal Ilmiah, Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Sistem Kutipan Ilmiah, Standar Akademik Penulisan Ilmiah, Teknik Penulisan Ilmiah
Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Berat | 605 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 707 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : MENJADI GURU PROFESIONAL Pengarang : MOH. UZER USMAN Tahun : Cet 29, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 154 halaman ISBN : 979-514-003-5 Sinopsis: Dalam buku ini penulis memberikan petunjuk praktis untuk menjadi guru profesional. Kepraktisannya menonjol terutama karena menyertakan pedoman, contoh-contoh, dan ciri-ciri profesionalisme keguruan. Anda dapat menggunakannya untuk… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Amos Neolaka, Prof., Dr., Ir., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 244 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-575-9 Sinopsis : Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan keingintahuan yang sangat besar. Oleh karena itulah tercipta ilmu pengetahuan. Saat ini, kepaduan antara ilmu pengetahuan dan penelitian sangat erat. Ilmu dan penelitian diibaratkan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Dr. Sigit Purnama, M.Pd. Dr. Ellyn Sugeng Desyanti, M.Pd. Alucyana, M.Psi., Psikolog. Ratna Pangastuti, M.Pd.I. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 276 Halaman ISBN: 978-602-446-570-4 Sinopsis: Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Esmar Budi, Dr. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-126-3 Sinopsis: Materi dalam buku ini mengupas secara tuntas berdasarkan bahan ajar perkuliahan gelombang. Untuk memudahkan para mahasiswa dalam memahami materi yang diajarkan, maka buku ini secara umum dibagi menjadi dua bagian yang terdiri dari 8… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Siti Azisah, Dra., Hj., M.Ed.St., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 196 Halaman ISBN: 978-602-446-438-7 Sinopsis: Di zaman milenial ini menguasai Bahasa Inggris merupakan keniscayaan, bahkan telah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dan madrasah. Ironisnya, banyak peserta didik kurang mampu… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Syamsu Yusuf LN, Prof., Dr., M.Pd. dan A. Juntika Nurihsan, M.Pd., D Cetakan 5, Tahun 2013 Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 979-692-797-7 Sinopsis : Innama bu’itstu li utammima makaarima-I akhlaaqi; sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak (Muhammad SAW) Kepribadian sesuatu yang selalu menarik perhatian banyak pihak, sepanjang masa. Dalam pergaulan masyarakat… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.000Irika Widiasanti, M.T., Ir., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 180 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-130-0 Sinopsis : Konstruksi dan kemampuan untuk membangun merupakan keterampilan tertua manusia karena keterampilan membangunlah yang membedakan Homo sapiens dari spesies lain pada zaman prasejarah. Ketika masyarakat mulai berkembang lebih terorganisasi, kemampuan membangun pun… selengkapnya
Rp 54.00020%
Penulis: Johar Permana, Prof. Dr. H., M.A. Taufani C. Kurniatun, Dr., M.Si. Liah Siti Syarifah, S.Pd.I., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-370-0 Sinopsis : Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pada perencanaan pendidikannya. Hal tersebut… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Bayong Tjasyono, Prof., Dr., HK., DEA, Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm 180 hlm. Isi: HVS 70 gram; Sampul: AC 210 ISBN: 978-979-692-182-9 Sinopsis: Buku ini berusaha untuk menyingkap Keajaiban Planet Bumi menurut konsepsi sains (ayat Kauniyah) dan Islam (Ayat Qauliyah), di antaranya: 1. Mengapa gunung berjalan seperti jalannya awan? [QS. Al-Naml (27):88]. Dapat dijelaskan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Judul : KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet 1, 2002 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, ix + 266 hlm ISBN : 979-692-223-1 Sinopsis: Dalam waktu dekat ini Kurikulum 1994 akan segera digantikan oleh kurikulum baru yang berdasarkan pada kompetensi atau yang lebih dikenal Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)…. selengkapnya
Rp 68.000 Rp 85.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.