Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Rp 72.000 Rp 90.000Kode | RR.PK0427 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Penulis: Prof. Dr. Deni Darmawan, S.Pd.M.Si.,MCE.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
368 Halaman
ISBN: 978-602-446-374-8
Sinopsis :
Pada era digital dewasa ini para penulis profesional ditantang oleh sejumlah indikator yang berlapis untuk dapat tembus karyanya sehingga menjadi rujukan dunia publikasi. Di sisi lain, dunia publikasi ini menjadi primadona dan muara sejumlah karya tulis ilmiah yang mampu diproduksi oleh para profesional seperti guru, dosen, pendidik, pelatih, penyuluh, dan profesi sejenisnya. Namun, bagi sebagian pihak banyaknya indikator dalam bidang publikasi karya tulis ilmiah ini seolah menjadi “hantu”. Dari kondisi tersebut maka sejumlah karya tulis ilmiah berupa buku, artikel jurnal, artikel media, artikel majalah, dan sejenisnya kadang tidak mudah ditulis dan dipublikasikan sesuai harapan, terlebih lagi jika dalam sistem penerbitan artikel jurnal, pihak penerbit pun memberlakukan sejumlah parameter seperti Scopus, Thomson, EBSCO, DOI, DOAJ, Clarivate, Web of Science, Pablon, Science Direct, SJR, dan sejenisnya. Selain itu, dengan target para penulis yang berkeinginan terbit pada jurnal dengan predikat Q1 atau Q2 ,Q3, maka semakin kompleks tugas para penulis karya tulis ilmiah ini. Belum lagi dengan sejumlah persyaratan pengetahuan dan keterampilan bagi penulis yang harus memiliki ORCID ID, ID Scopus, check plagiarism, sistem bibliografi, indeks dan glosarium otomatis, dan memahami sistem kerja Open Journal System (OJS) sampai dengan persyaratan tahapan submission yang kompleks maka akan semakin banyak pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang penulis sekarang ini.
Dari kondisi itu semua maka penulis melalui buku sederhana ini berkeinginan berbagi/sharing pengalaman bagaimana para profesional dalam bidang publikasi karya tulis ilmiah ini mendapatkan kesuksesan dalam menulis karya ilmiahnya sehingga dapat dipublikasikan pada jurnal bereputasi skala nasional maupun internasional. Secara khusus semoga para dosen yang bercita-cita menembus gelar akademik tertinggi sebagai profesor atau guru besar pada era digital dan milenial ini dapat terwujud dengan cepat setelah membaca buku ini.
————
Daftar Isi
BAB I ULASAN SEBUAH KARYA TULIS ILMIAH
A. Analisis Wacana dalam KTI
B. Bagaimana Menulis KTI dalam Bentuk Buku
BAB II MENULIS KTI BERUPA BUKU
A. Aspek Penting dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran
B. Teknik Penulisan Buku Teks Pelajaran
BAB III ANALISIS KEBUTUHAN BUKU
A. Analisis Kurikulum
B. Analisis Sumber Belajar
C. Analisis Karakteristik Peserta Didik
D. Pemetaan Materi Ajar
E. Langkah Pengembangan sebuah Buku Teks Pelajaran
BAB IV PENDEKATAN RISET DALAM PENGEMBANGAN BUKU TEKS
A. Telaah terhadap Target Kurikulum
B. Telaah terhadap Kesesuaian Isi Kurikulum
C. Telaah terhadap Kesesuaian Aspek Penyajian
D. Telaah Terhadap Scope dan Sequence Isi KTI dalam Bentuk Buku
E. Telaah terhadap Keterbacaan KTI dalam Bentuk Buku
F. Telaah terhadap Grafi ka KTI dalam Bentuk Buku
G. Telaah terhadap Keamanan dan Nilai Budaya KTI dalam Bentuk Buku
H. Telaah terhadap Visual KTI dalam Bentuk Buku
I. Telaah terhadap Layout KTI dalam Bentuk Buku
J. Telaah terhadap Unsur Persuasif KTI dalam Bentuk Buku
K. Telaah terhadap Unsur Biocommunication pada KTI dalam Bentuk Buku
BAB V PENDEKATAN DAN STRATEGI MENULIS BUKU AJAR
A. Pendekatan Organisasi Materi Buku Ajar
B. Pendekatan Struktur Buku Ajar Berbasis Riset
C. Pendekatan Ciri Materi Terintegrasi
D. Pendekatan Jenis Organisasi Materi dalam Peta Penulisan
E. Strategi dalam Menulis Buku Ajar
F. Prinsip Penulisan Buku Ajar Berbasis Riset
G. Ciri Buku Ajar yang Bermutu
H. Tips secara Umum dalam Membuat Judul Buku Ajar Berbasis Riset
BAB VI PRINSIP DAN PERSPEKTIF PENTING DALAM PENULISAN BUKU TEKS
A. Prinsip-prinsip dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran
B. Faktor Penting dari Telaah Perspektif Menulis Buku
BAB VII TEKNIK MEMULAI MENULIS BUKU TEKS
A. Memulai Menuangkan Ide dan Gagasan
B. Membangun Respons Positif dari Pembaca Buku
C. Belanja Inspirasi
BAB VIII BATANG TUBUH BUKU TEKS
A. Batang Tubuh Buku
B. Aspek-Aspek Teknis Struktur Penulisan Buku
BAB IX MEMAKNAI ASPEK KONTEN DALAM BUKU TEKS
BAB X MEMAKNAI ASPEK PENYAJIAN
A. Mengandung Kelengkapan Penyajian ( Cover, Pengantar, Daftar Isi, Bab, Subbab, Rangkuman, Latihan, Daftar Pustaka, Glosarium, dan Indeks)
B. Menyajikan Materi secara Runut (Traceability) Sesuai dengan Konsep dan Ketuntasan Materi
C. Menggambarkan Keruntutan Isi Materi Mapel
D. Mengembangkan Kemampuan Siswa untuk Beradaptasi dengan Konteks (Kewilayahan, Budaya, Kearifan Lokal, Perkembangan Teknologi)
E. Mengandung Unsur High Order Thinking Skills (HOTS)
F. Variatif dalam Penyajian (Induktif-Deduktif, Konvergen-Divergen)
G. Konsisten dalam Menyajikan Semua Bagian Materi secara Proporsional
H. Menggunakan Pembelajaran Berbasis Aktivitas Peserta Didik (activity-based instruction)
I. Menggambarkan Keseimbangan antara Teks dan Visual Berdasarkan Jenjang Pendidikan
BAB XI MEMAKNAI ASPEK KEBAHASAAN
A. Berpikir Konkret
B. Berpikir Abstrak
C. Batasan Konkret dan Abstrak dalam Kebahasaan
D. Ragam Penalaran untuk Mengukur Keterbacaan
E. Ragam Wacana dengan Tingkat Keterbacaan Tinggi
F. Ragam Paragraf dengan Tingkat Keterbacaan Tinggi
G. Ragam Kalimat dengan Tingkat Keterbacaan Tinggi
H. Penggunaan Kata yang Memiliki Tingkat Keterbacaan Tinggi
I. Keterbacaan dari Segi Grafika
J. Aspek Desain dan Kegrafikaan
BAB XII MEMAKNAI ASPEK LITERASI
A. Literasi Dasar
B. Literasi Perpustakaan
C. Literasi Matematika
D. Literasi Digital
E. Literasi Sosial
F. Literasi Finansial
G. Literasi Revolusi Industri 4.0
H. Literasi Karya Seni
BAB XIII MAKNA DAN CIRI ARTIKEL
A. Pemaknaan tentang Artikel
B. Ciri dan Unsur-unsur Artikel
C. Perhatikan Upaya Pencarian sebuah Jurnal Internasional
BAB XIV MENULIS ARTIKEL
BAB XV MENGENAL JENIS ARTIKEL
A. Penamaan Artikel (pemberian nama artikel yang kita tulis)
B. Jenis Artikel
BAB XVI BATANG TUBUH ARTIKEL
A. Tinjauan Bahasa dalam Batang Tubuh Artikel
B. Keutamaan Batang Tubuh Artikel pada Masa 2010-2013
BAB XVII MUTU ARTIKEL DAN GAYA SELINGKUNG JURNAL
A. Mutu Artikel untuk Jurnal
B. Cara Menyesuaikan Artikel dengan Gaya Selingkung Jurnal
BAB XVIII MENGENAL ORCID UNTUK UNGGAH JURNAL INTERNASIONAL
A. Sebuah Best Practices
B. Apa itu ORCID
C. Bagaimana Memperoleh ORCID ID
D. Bagaimana Fungsi ORCID ID
BAB XIX TEKNIK DAN TAHAPAN MENGUNGGAH ARTIKEL PADA JURNAL INTERNASIONAL
A. Mengecek Status Jurnal dengan 5 Strategi
B. Tahapan Submit artikel ke Jurnal Internasional
C. Contoh Artikel yang Baik
BAB XX MENGELOLA ARTIKEL PADA OPEN JOURNAL SYSTEM ( OJS)
A. Pendahuluan
B. Tahapan Penerbitan Jurnal dalam Open Journal System ( OJS)
BAB XXI KIAT MENEMBUS JURNAL TERINDEKS SCOPUS
A. Sebuah Refleksi mengenai Scopus
B. Persiapan Menulis
C. Mengenal Parameter Scopus
D. Bagaimana Scopus Bekerja
E. Apakah Isi Scopus
F. Bisakah Scopus Diintegrasikan dengan Perpustakaan
G. Bisakah Dibuatkan Link dari Pihak Scopus ke Perpustakaan
H. Manfaat Scopus bagi Penulis dan Mahasiswa
I. Layanan Scopus
BAB XXII MENGENAL MENDELEY DAN MEMBUAT INDEKS OTOMATIS
A. Mengenal Mendeley
B. Mengenal Prosedur Indeks Otomatis
BAB XXIII MENEMBUS GURU BESAR DENGAN SEHAT PADA ERA DIGITAL
A. Sebuah Refleksi
B. Pengalaman Menembus Guru Besar
Tags: Etika Penulisan Ilmiah, Format Penulisan Ilmiahtruktur Karya Tulis Ilmiah, Metodologi Penulisan Ilmiah, Penulisan Artikel Ilmiah, Penulisan Buku Referensi, Penulisan Daftar Pustaka, Penulisan Jurnal Ilmiah, Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Sistem Kutipan Ilmiah, Standar Akademik Penulisan Ilmiah, Teknik Penulisan Ilmiah
Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Berat | 605 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 602 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Sitepu, B.P., Prof., Dr., M.A. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-104-1 Sinopsis : Selaras dengan kemajuan industri buku di Indonesia, Pemerintah secara bertahap memilih buku teks pelajaran dari buku-buku yang diterbitkan swasta. Kebijakan ini berlaku untuk semua mata pelajaran di semua jenis dan tingkat… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Penulis: Muhibbin Syah Cetakan: 22, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 280 halaman ISBN: 979-514-672-6 Sinopsis: Seorang pendidik (guru, dosen, dsb.) dan tenaga kependidikan (kepala sekolah Madrasah dan para wakilnya) sangat memerlukan aneka ragam pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan profesinya sesuai dengan tuntutan zaman dan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Helmawati, Dr., S.E., M.Pd.I. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 308 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-563-6 Sinopsis : Setiap manusia perlu pendidikan. Dengan pendidikan manusia dapat menggali seluruh potensi yang dimilikinya sehingga ia akan mampu menghadapi permasalahan hidup yang dihadapinya, baik di dunia maupun di akhirat. Tempat pendidikan yang pertama… selengkapnya
Rp 58.400 Rp 73.00020%
Sudardja Adiwikarta, Prof., Drs., H., M.A. Ph.d. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 296 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-722-7 Sinopsis : Dalam buku ini Sosiologi Pendidikan didefinisikan sebagai anasilis sosiologi terhadap praksis pendidikan. Penguasaan teori dan konsep sosiologi yang kuat merupakan satu keniscayaan, dan dengan demikian, kelulusan dalam mata kuliah… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Judul : EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH Pengarang : DJUDJU SUDJANA,M.ED.,Ph.D.,PRO Tahun : 2006 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 328 hlm. ISBN : 979-514-634-2 Sinopsis: Manajemen pendidikan luar sekolah disusun secara terencana sesuai dengan satuan, jenis, dan lingkup pendidikan luar sekolah. Manajemen pendidikan luar sekolah ini memuat program yang disusun secara sistemik, yang… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Judul : PENILAIAN HASIL PROSES BEL.MENGAJAR Pengarang : NANA SUDJANA Tahun : 2017, Cetakan ke 21 Dimensi : hvs 70 GR, 16 X 24 cm, 180 hlm + ix ISBN : 979-514-000-0 Sinopsis: Apakah siswa telah mencapai hasil yang diharapkan, yaitu sesuai dengan tujuan pengajaran? Apakah nilai yang diperoleh siswa itu benar-benar objektif dan representatif, artinya… selengkapnya
Rp 35.200 Rp 44.00020%
Judul : PRAKTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : 2009 Dimensi : 16×24 HVS 70 Gram-AC 120, 224 Halaman ISBN : 979-692-934-1 Sinopsis: PRAKTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas) merupakan salah satu kegiatan penelitian yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus mengangkat harkat dan martabat guru. Peningkatan kualitas pendidikan akan… selengkapnya
Rp 44.800 Rp 56.00020%
Kompri, M.Pd.I. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 336 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-634-3 Sinopsis: Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasme dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik)…. selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Rochiati Wiriaatmadja, Prof., Dr. Cetakan: 12 (Revisi), 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 304 Halaman ISBN: 978-602-446-302-1 Sinopsis: Sudah banyak dibahas dalam berbagai forum ilmiah mengenai persoalan yang dihadapi para pendidik ketika ia mengajar di depan kelas. Kenyataannya berbagai persoalan pendidikan datang… selengkapnya
Rp 63.200 Rp 79.00020%
Judul : MEMBUAT BUSANA ANAK Pengarang : USWATUN HASANAH, DRA., DKK Tahun : Cet ke-1, Januari 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 160 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-020-4 Sinopsis : Buku ini berisikan materi-materi mengenai konsep busana anak, penggolongan busana anak berdasarkan usia, jenis kelamin, dan kesempatan. Desain meliputi garis… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.