Pengantar Public Relations Kontemporer
Rp 52.800 Rp 66.000Kode | RR.KO0097 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pengantar Public Relations Kontemporer
Penulis: Suwatno, Prof. Dr. H., M.si
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 244 Halaman
ISBN: 978-602-446-236-9
Sinopsis :
Sebagai sebuah pengantar, buku ini mencoba memberikan konsep-konsep dasar yang mudah dipahami oleh para mahasiswa atau pembelajar pemula di bidang public relations. Mengingat sebagian besar textbook tentang public relations yang ada selama ini cenderung terlalu teoretis maka untuk mengimbanginya buku ini dilengkapi dengan narasi-narasi teknis dan contoh-contoh yang ada di dunia praktis.
Dalam buku ini pendapat para pakar cukup banyak digunakan sebagai basis atau fondasi konseptual dari disiplin public relations, tetapi diulas secara lebih mudah dengan menyebutkan dan mendeskripsikan contoh-contoh yang ada dalam program-program kehumasan sehari-hari. Dalam buku ini juga diangkat isu digitalisasi dalam dunia public relations, di mana saat ini peran internet, media sosial, Web 2.0 hingga Web. 4.0 telah banyak mengubah karakter pola komunikasi kehumasan dalam berbagai organisasi, tidak hanya organisasi kelas global tetapi juga di Indonesia.
Untuk memperkuat pemahaman secara praktis, buku ini dilengkapi dengan studi kasus yang sebagian besar diambil dari kasus-kasus kehumasan nyata yang pernah terjadi di Indonesia.
—-
Daftar Isi
BAB I KONSEP DASAR PUBLIC RELATIONS
A. Definisi Public Relations
B. Public Relations vs Marketing
C. Public Relations vs Advertising
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB II SEJARAH PUBLIC RELATIONS
A. Era Tradisional
B. Era Modern
C. Empat Model Public Relations
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB III JENIS-JENIS PUBLIK
A. Stakeholders vs Publics
B. Komunitas
C. Calon Karyawan
D. Karyawan
E. Pemasok Barang dan Jasa
F. Pasar Keuangan
G. Distributor
H. Pelanggan
I. Pemimpin atau Pembentuk Opini
J. Rangkuman
K. Evaluasi
L. Studi Kasus
BAB IV IDENTITAS VS CITRA PERUSAHAAN
A. Definisi Identitas Perusahaan
B. Definisi Citra Perusahaan
C. Perbedaan antara Identitas dan Citra Perusahaan
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB V REPUTASI PERUSAHAAN
A. Prinsip Reputasi Perusahaan
B. Proses Reputasi Organisasi
C. Manajemen Reputasi
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB VI MEDIA PUBLIC RELATIONS
A. Dasar-Dasar Hubungan dengan Media
B. Jenis-Jenis Media
C. Panduan Tentang Media
D. Fungsi Hubungan Media
E. Rangkuman
F. Evaluasi
G. Studi Kasus
BAB VII HOUSE JOURNAL
A. Konten House Journal
B. Jenis-Jenis House Journal
C. Fungsi House Journal
D. Teknik House Journal
E. House Journal Eksternal
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB VIII DIGITAL PUBLIC RELATIONS
A. Komunikasi Satu Arah vs Dua Arah
B. Website untuk Public Relations
C. Mempromosikan Situs
D. Media Sosial
E. Rangkuman
F. Evaluasi
G. Studi Kasus
BAB IX PENULISAN SIARAN PERS
A. Apa Itu Berita?
B. Kredibilitas Berita
C. Bahasa dan Kosakata
D. Menulis Siaran Pers
E. Paragraf Pembuka Siaran Pers
F. Gaya Penulisan
G. Model Berita Tujuh Poin
H. Ringkasan Laporan, Pidato, atau Dokumen
I. Pengumuman Singkat
J. Rangkuman
K. Evaluasi
L. Studi Kasus
BAB X PENULISAN ARTIKEL FITUR
A. Pertimbangan Pemasaran
B. Bernegosiasi dengan Editor
C. Cara Mengajukan Proposal Artikel Humas
D. Cara Menulis Artikel Fitur
E. Gaya Menulis
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB XI PUBLIC RELATIONS SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN
A. Peran Hubungan Masyarakat
B. Management by Objective (MBO)
C. Tanggung Jawab Manajer
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB XII PRAKTIK PUBLIC RELATIONS
A. Humas Korporat
B. Tanggung Jawab Chief Communications Officer (CCO)
C. Humas Agensi
D. Tren dalam Dunia Agensi
E. Kehidupan Agensi VS Kehidupan Perusahaan
F. Humas Pemerintahan dan Urusan Publik
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
BAB XIII MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS
A. Isu vs Krisis
B. Manajemen Masalah
C. Perencanaan Krisis
D. Persiapan Menghadapi Krisis
E. Ketentuan Penyediaan Informasi
F. Saran dan Larangan dalam Manajemen Krisis
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
BAB XIV ETIKA PROFESI PUBLIC RELATIONS
A. Kualifikasi Profesi
B. Pengertian Etika
C. Kode Etik
D. Kode Etik Profesi Humas Internasional
E. Kode Etik Profesi Humas Di Indonesia
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB XV PENELITIAN PUBLIC RELATIONS
A. Konteks Penelitian dalam Public Relations
B. Penelitian dalam Perencanaan dan Pengelolaan PR
C. Merancang Penelitian
D. Jenis Data Primer vs Sekunder
E. Penelitian Kualitatif vs Kuantitatif
F. Wawancara Mendalam (In-depth Interview)
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
Tags: Hubungan Masyarakat, Komunikasi Organisasi, Kontemporer, Manajemen Komunikasi, Media Relations, Pengantar Public Relations, Pengaruh Media, Praktek PR, Strategi PR, Teori PR
Pengantar Public Relations Kontemporer
Berat | 440 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.223 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
Penulis: Prof. Dr. Sukron Kamil, M.A. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-712-8 Sinopsis: Di Indonesia korupsi bukannya menurun malah makin mewabah dari hari ke hari. Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia meski mengalami peningkatan dari 2004 sebesar 2,0 dan pada… selengkapnya
Rp 99.00020%
Penulis: Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si. dan Wendhie Prayitno, S.Kom., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-517-9 Sinopsis: Buku ini ditujukan bagi guru dan mahasiswa kependidikan sebagai referensi dalam menyusun instrumen untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi siswa. Buku… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Judul : PERENCANAAN PENDIDIKAN Pengarang : UDIN SYAEFUDIN SA’UD,DKK. Tahun : 2005 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 288 hlm. ISBN : 979-692-516-8 Sinopsis: Perencanaan pendidikan menjadi kunci efektivitas kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Namun kenyataannya, perencanaan pendidikan lebih dijadikan faktor pelengkap, sehingga sering terjadi tujuan yang ditetapkan tidak tercapai secara optimal…. selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
A. Muchtar Ghazali, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 320 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-725-8 Sinopsis : Reformasi di negara kita muncul sebagai upaya untuk mengoreksi kelemahan-kelemahan masa lalu dan melakukan upaya-upaya perbaikan untuk masa kini dan mendatang dalam berbagai sektor kehidupan. Buku ini membahas pokok pembelajaran Pendidikan Pancasila… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000-700%
Nanang Fattah Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 204 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-653-4 Sinopsis: Suatu organisasi atau lembaga bisnis, baik yang berorientasi mencari laba (profit) maupun yang tidak berorientasi mencari laba (sosial) seperti sekolah atau lembaga pendidikan senantiasa mengharapkan memiliki posisi unggul (excellent). Dalam konteks tersebut, manajemen stratejik merupakan… selengkapnya
Rp 464.000 Rp 58.00020%
Judul : PENDIDIKAN IPS Pengarang : SAPRIA Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 240 halaman ISBN : 979-692-957-0 Sinopsis: Awalnya buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan, khususnya dalam mata kuliah Pendidikan IPS di jenjang S1 Jurusan PKn dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Lalu, pada terbitan PT… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Mochamad Nursalim, Dr., M.Si., Hermien Laksmiwati, Dra., M,Si., Muhammad Syafiq, S.Psi., M.Sc., Meita Santi Budiani, M.Psi., Siti Ina Savira, S.Psi., M.Ed.C.P., Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si., Yohna Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 248 Halaman ISBN: 978-602-446-364-9 Sinopsis… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Akdon, H., Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-623-7 Sinopsis : Biaya dalam pendidikan meliputi biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya pendidikan ditentukan oleh berbagai faktor. Isu lain berkaitan dengan biaya pendidikan ini adalah adanya perbedaan pengeluaran anggaran biaya pendidikan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Heru Kurniawan Cetakan 1, 2013 16×24 cm 172 hlm. Isi: HVS 70 gram; Sampul: AC 210 ISBN: 978-979-692-183-6 Sinopsis: Budaya literasi, terutama membaca dan menulis anak di Indonesia masih sangat rendah. Padahal membaca dan menulis merupakan hal penting dalam proses belajar anak. Membaca berkaitan dengan jalan yang harus dilakukan dalam meng-input ilmu pengetahuan, sedangkan menulis… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
E. Mulyasa, Prof., Dr., H., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 288 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-736-4 Sinopsis: Pembelajaran di sekolah ternyata sangat lambat dalam mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat. Banyak dari tradisi pembelajaran, mulai dari cara menyusun tempat duduk sampai keterikatan yang berlebihan pada… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.