Pengantar Public Relations Kontemporer
Rp 52.800 Rp 66.000| Kode | RR.KO0097 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pengantar Public Relations Kontemporer
Penulis: Suwatno, Prof. Dr. H., M.si
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 244 Halaman
ISBN: 978-602-446-236-9
Sinopsis :
Sebagai sebuah pengantar, buku ini mencoba memberikan konsep-konsep dasar yang mudah dipahami oleh para mahasiswa atau pembelajar pemula di bidang public relations. Mengingat sebagian besar textbook tentang public relations yang ada selama ini cenderung terlalu teoretis maka untuk mengimbanginya buku ini dilengkapi dengan narasi-narasi teknis dan contoh-contoh yang ada di dunia praktis.
Dalam buku ini pendapat para pakar cukup banyak digunakan sebagai basis atau fondasi konseptual dari disiplin public relations, tetapi diulas secara lebih mudah dengan menyebutkan dan mendeskripsikan contoh-contoh yang ada dalam program-program kehumasan sehari-hari. Dalam buku ini juga diangkat isu digitalisasi dalam dunia public relations, di mana saat ini peran internet, media sosial, Web 2.0 hingga Web. 4.0 telah banyak mengubah karakter pola komunikasi kehumasan dalam berbagai organisasi, tidak hanya organisasi kelas global tetapi juga di Indonesia.
Untuk memperkuat pemahaman secara praktis, buku ini dilengkapi dengan studi kasus yang sebagian besar diambil dari kasus-kasus kehumasan nyata yang pernah terjadi di Indonesia.
—-
Daftar Isi
BAB I KONSEP DASAR PUBLIC RELATIONS
A. Definisi Public Relations
B. Public Relations vs Marketing
C. Public Relations vs Advertising
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB II SEJARAH PUBLIC RELATIONS
A. Era Tradisional
B. Era Modern
C. Empat Model Public Relations
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB III JENIS-JENIS PUBLIK
A. Stakeholders vs Publics
B. Komunitas
C. Calon Karyawan
D. Karyawan
E. Pemasok Barang dan Jasa
F. Pasar Keuangan
G. Distributor
H. Pelanggan
I. Pemimpin atau Pembentuk Opini
J. Rangkuman
K. Evaluasi
L. Studi Kasus
BAB IV IDENTITAS VS CITRA PERUSAHAAN
A. Definisi Identitas Perusahaan
B. Definisi Citra Perusahaan
C. Perbedaan antara Identitas dan Citra Perusahaan
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB V REPUTASI PERUSAHAAN
A. Prinsip Reputasi Perusahaan
B. Proses Reputasi Organisasi
C. Manajemen Reputasi
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB VI MEDIA PUBLIC RELATIONS
A. Dasar-Dasar Hubungan dengan Media
B. Jenis-Jenis Media
C. Panduan Tentang Media
D. Fungsi Hubungan Media
E. Rangkuman
F. Evaluasi
G. Studi Kasus
BAB VII HOUSE JOURNAL
A. Konten House Journal
B. Jenis-Jenis House Journal
C. Fungsi House Journal
D. Teknik House Journal
E. House Journal Eksternal
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB VIII DIGITAL PUBLIC RELATIONS
A. Komunikasi Satu Arah vs Dua Arah
B. Website untuk Public Relations
C. Mempromosikan Situs
D. Media Sosial
E. Rangkuman
F. Evaluasi
G. Studi Kasus
BAB IX PENULISAN SIARAN PERS
A. Apa Itu Berita?
B. Kredibilitas Berita
C. Bahasa dan Kosakata
D. Menulis Siaran Pers
E. Paragraf Pembuka Siaran Pers
F. Gaya Penulisan
G. Model Berita Tujuh Poin
H. Ringkasan Laporan, Pidato, atau Dokumen
I. Pengumuman Singkat
J. Rangkuman
K. Evaluasi
L. Studi Kasus
BAB X PENULISAN ARTIKEL FITUR
A. Pertimbangan Pemasaran
B. Bernegosiasi dengan Editor
C. Cara Mengajukan Proposal Artikel Humas
D. Cara Menulis Artikel Fitur
E. Gaya Menulis
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB XI PUBLIC RELATIONS SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN
A. Peran Hubungan Masyarakat
B. Management by Objective (MBO)
C. Tanggung Jawab Manajer
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB XII PRAKTIK PUBLIC RELATIONS
A. Humas Korporat
B. Tanggung Jawab Chief Communications Officer (CCO)
C. Humas Agensi
D. Tren dalam Dunia Agensi
E. Kehidupan Agensi VS Kehidupan Perusahaan
F. Humas Pemerintahan dan Urusan Publik
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
BAB XIII MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS
A. Isu vs Krisis
B. Manajemen Masalah
C. Perencanaan Krisis
D. Persiapan Menghadapi Krisis
E. Ketentuan Penyediaan Informasi
F. Saran dan Larangan dalam Manajemen Krisis
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
BAB XIV ETIKA PROFESI PUBLIC RELATIONS
A. Kualifikasi Profesi
B. Pengertian Etika
C. Kode Etik
D. Kode Etik Profesi Humas Internasional
E. Kode Etik Profesi Humas Di Indonesia
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB XV PENELITIAN PUBLIC RELATIONS
A. Konteks Penelitian dalam Public Relations
B. Penelitian dalam Perencanaan dan Pengelolaan PR
C. Merancang Penelitian
D. Jenis Data Primer vs Sekunder
E. Penelitian Kualitatif vs Kuantitatif
F. Wawancara Mendalam (In-depth Interview)
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
Tags: Hubungan Masyarakat, Komunikasi Organisasi, Kontemporer, Manajemen Komunikasi, Media Relations, Pengantar Public Relations, Pengaruh Media, Praktek PR, Strategi PR, Teori PR
Pengantar Public Relations Kontemporer
| Berat | 440 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.650 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: E. Mulyasa, Drs., M.Pd. Cetakan: 13, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. 304 Halaman ISBN: 979-692-271-1 Sinopsis: Kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yang paling fenomenal sejak berlakunya otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan adalah pelaksanaan MBS dan KBK. Tujuannya hanya satu: membuat pendidikan lebih bermutu…. selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Cepi Triatna, Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-629-9 Sinopsis: Kajian mengenai perilaku manusia saat ini tidak akan terlepas dari keterhubungan dan pengaruhnya (interaksi) dengan lingkungannya. Untuk dapat memahami mengenai perilaku organisasi secara tepat, terlebih dahulu harus dipahami beberapa konsep terkait dengan perilaku… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.00020%
Judul : EKONOMI & PEMBIAYAAN PENDIDIKAN Pengarang : NANANG FATTAH Tahun : Cet 1, 2000 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 164 hlm ISBN : 979-692-002 Sinopsis : Materi ini membahas tentang konsep ekonomi dan pembiayaan pendidikan, khususnya keterkaitan pendidikan dengan ekonomi secara makro yang mengandung implikasi terhadap kebijakan dalam… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Arita Marini, Dr., Ir., M.E. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-567-4 Sinopsis : Sekolah dasar adalah sebuah organisasi sosial yang mempunyai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan utama sekolah dasar adalah memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. Dalam sebuah organisasi, tentunya manajemen merupakan kekuatan… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Penulis: Sarwiji Suwandi, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-395-3 Sinopsis: Revolusi Industri 4.0 merupakan era yang memandang teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas akibat perkembangan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.000S. Effendi, Dr., dkk. Cetakan 1, 2015 17,5×25 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-652-7 Sinopsis : Buku ini disusun berdasarkan data penggunaan ragam bahasa tulis karya para penulis yang dimuat dalam buku, majalah, dan surat kabar. Dari data akurat itu diperoleh keteraturan dalam bentuk kata dan susunan kalimat… selengkapnya
Rp 120.00020%
Judul : KARYA TULIS INOVATIF: SEBUAH PENGEMBANGAN PROFESI Pengarang : PROF.DR.H. SUDARWAN DANIM Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 164 halaman ISBN : 978-979-692-007-5 Sinopsis : Buku ini dipersembahkan untuk guru yang terus mengembangkan derajat profesionalitas sebagai tenaga pendidik. Untuk tujuan itu, guru, kepala sekolah, dan pengawas diharapkan mampu meningkatkan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 284 Halaman ISBN: – Sinopsis: Buku Model Pembelajaran Montessori Islami ini hadir dari kepedulian penulis terhadap metode pembelajaran yang sesuai untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Buku ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran… selengkapnya
Rp 78.400 Rp 98.00020%
Prof. Dr. Nana Syaodih S. Cet. 9, Tahun 2013 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 336 Hlm ISBN : 979-692-486-2 Sinopsis: Kebutuhan akan pendidikan yang semakin membaik, yang mampu meningkatkan kualitas bangsa, mengembangkan karakter, memberikan keunggulan dan kemampuan berkreasi, semakin dirasakan urgensinya. Otonomi di bidang pendidikan memberikan kesempatan wewenang untuk melakukan berbagai… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 132 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-639-8 Sinopsis : Pengawas sekolah merupakan sumber daya yang seyogianya memiliki keunggulan dan kapasitas di atas kepala sekolah dan rata-rata guru lainnya. Pelayanan yang dilakukan pengawas sekolah merupakan suatu proses yang menjadi keharusan dan dipraktikkan… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.