Strategi dan Manajemen Pendidikan Tinggi
Rp 53.600 Rp 67.000Kode | RR.PK0409 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Strategi dan Manajemen Pendidikan Tinggi
Penulis: Nanang Fattah, Prof. Dr.,M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
252 Halaman
ISBN: 978-602-446-367-0
Sinopsis :
Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan daya saing global menuju masyarakat 5.0 di bidang pendidikan tinggi, buku ini hadir diharapkan dapat menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh para pembuat kebijakan dan pengelola pendidikan tinggi.
Di samping itu, Peran Lembaga Pendidikan, khususnya pendidikan tinggi (PT) sebagai penghasil tenaga profesional dituntut untuk melakukan kajian berdasarkan teori, konsep, model, dan riset-riset empirikal yang terkini dan relevan dengan tuntutan lingkungan nasional, regional (ASEAN), dan global.Dalam merespons tuntutan global atau kebutuhan masyarakat dunia, PT membutuhkan strategi-strategi terbaru dan manajemen perubahan dalam mengelola PT yang berdaya saing tinggi. Dalam konteks itu, buku ini hadir untuk membantu para pembuat kebijakan (policy makers), kepemimpinan akademik PT (academic leader), dan upaya peningkatan kemampuan manajerial terutama dalam memobilisasi berbagai sumber daya (resources), antara lain a) sumber daya manusia (human resources); b) sumber daya material/fasilitas, sarana, dana (material resources); c) sumber daya informasi (information resources) yang ada di dalam dan di luar PT. Semoga buku ini bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan (stake holders).
—-
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Isu-Isu Stratejik
B. Konsep Stratejik
C. Dimensi Stratejik
D. Nilai-Nilai Keunggulan
BAB II ANALISIS STRATEGIS DALAM MEMBANGUN KEUNGGULAN DAYA SAING YANG BERKELANJUTAN
A. Mengevaluasi dan Memilih Strategi Bisnis: Mencari Keunggulan Kompetitif yang Berkelanjutan
B. Lingkungan Industri Terpilih dan Pilihan Strategi Bisnis
BAB III ANALISIS STRATEGIS DAN PILIHAN YANG RASIONAL DALAM MEMBANGUN NILAI PEMEGANG SAHAM
A. Matriks Pertumbuhan-Berbagi BCG
B. Perilaku-Perilaku yang Memengaruhi Pilihan Strategis
BAB IV MENERAPKAN STRATEGI MELALUI TUJUAN JANGKA PENDEK, TAKTIK FUNGSIONAL, SISTEM REWARD, DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN
A. Identifikasi Tujuan Jangka Pendek
B. Taktik Fungsional dalam Strategi Bisnis
C. Kebijakan Pemberdayaan Personel Bagian Operasi
D. Kebijakan dalam Perencanaan
BAB V MENERAPKAN STRUKTUR STRATEGI, KEPEMIMPINAN, DAN BUDAYA
A. Strukturisasi Organisasi yang Efektif
B. Kepemimpinan Organisasi
C. Budaya Organisasi
BAB VI STRATEGI PENGAWASAN DAN PERBAIKAN BERKESINAMBUNGAN
A. Mendirikan Pengendalian Strategis
B. Kualitas Imperatif: Perbaikan Berkelanjutan untuk Membangun Nilai Pelanggan
C. Pendekatan Enam Sigma untuk Perbaikan Berkelanjutan
D. ISO 9001 dan Era Standar Nasional
E. Metodologi Balanced Scorecard
BAB VII GLOBALISASI DAN INTERNASIONALISASI PENDIDIKAN TINGGI
A. Ekonomi Pengetahuan
B. Globalisasi dan Komoditisasi
C. Standardisasi
BAB VIII KERJA SAMA INTERNASIONAL DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TINGGI
A. Kemitraan Pendidikan Tinggi
B. Ringkasan dan Kesimpulan
BAB IX UNIVERSITAS KORPORASI ( CORPORATE UNIVERSITY)
A. Konsep Corporate University
B. Program Prioritas
C. Kesimpulan dan Implikasi
BAB X REVITALISASI MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING GLOBAL
A. Globalisasi Perguruan Tinggi (PT)
B. Manajemen Perubahan (Management Of Change)
C. Kesimpulan
BAB XI GLOBALISASI DAN INTERNASIONALISASI DI PENDIDIKAN TINGGI (PT)
Pasar Pendidikan: Tantangan dan Penelitian Imperatif
BAB XII KURSUS REORIENTASI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN INTERNASIONAL BAGI MAHASISWA (STUDI KASUS DI CINA)
A. Kesadaran internasional
B. Alasan-alasan, strategi dan hasil
BAB XIII TANTANGAN UNTUK MELEMBAGAKAN INTERNASIONALISASI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS UK)
A. Hasil
B. Alasan-alasan, strategi dan hasil
C. Implikasi untuk Implementasi
D. Diskusi
E. Kesimpulan
BAB XIV INTERNASIONALISASI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS SPANYOL)
A. Pengantar
B. Hasil
C. Pengalaman Kelembagaan Individu
D. Alasan-Alasan, Strategi dan Hasil
E. Kesimpulan
BAB XV PERAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS JIANG YUMEI CINA)
A. Peran Perguruan Tinggi Bermain Kurikulum Bahasa Inggris di PT Internasionalisasi
B. Kesimpulan
BAB XVI STRATEGI PENCAPAIAN WORLD CLASS UNIVERSITY (WCU)
A. Pendahuluan
B. Kajian Teori
C. Pengembangan Berbasis Riset
D. Faktor Penentu Keberhasilan
E. Arah Kebijakan Strategis Dikti Menuju WCU
Tags: Akreditasi Pendidikan Tinggi, Inovasi Pendidikan Tinggi, Kebijakan Pendidikan Tinggi, Kepemimpinan Pendidikan Tinggi, Kualitas Pendidikan Tinggi, Kurikulum Pendidikan Tinggi, Manajemen Pendidikan Tinggi, Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi, Perguruan Tinggi, Strategi Pendidikan Tinggi
Strategi dan Manajemen Pendidikan Tinggi
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 419 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Mahdiyah, Dr., Ir., M.Kes. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 132 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-576-6 Sinopsis : Selama ini Statistika sering diidentikkan sebagai mata kuliah yang cukup sulit. Ketika mendengar nama bidang ilmu statistika saja, kebanyakan dari kita sudah membayangkan sesuatu yang sulit dan rumit. Di tengah situasi seperti… selengkapnya
Rp 28.000 Rp 35.00020%
Penulis: Maman Fathurrohman, Ph.D. Kamilul Muttaqin, S.Pd. Ahmad Fauzi Abdullah, M.Pd. Riyah, M.Pd. Hagi Widhi Romadhona, S.Pd. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 260 Halaman ISBN: 978-602-446-564-3 Sinopsis: “Sebuah buku yang memberikan dokumentasi atas berbagai problematika bangsa saat ini, sekaligus memberikan sejumlah… selengkapnya
Rp 75.200 Rp 94.00020%
Penulis: Hendro Widodo, Dr., M. Pd. Etyk Nurhayati, M. Pd. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 160 Halaman Sinopsis: Karakter peduli lingkungan merupakan salah satu karakter yang perlu ditumbuh-kembangkan pada peserta didik sekolah dasar. Hal ini mejadi modal dasar bagi peserta didik untuk… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Prof. Dr. Muchlas Samani & Drs. Hariyanto, M.S. 16 x 24 cm – 264 hlm Kerts Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 6, 2017 ISBN: 978-979-692-065-5 Sinopsis: Buku ini berisi 5 pokok bahasan utama, pertama yaitu peranan penting pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa; kedua dasar filosofi dan posisi pendidikan karakter dalam pendidikan nasional;… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Judul : MENJADI GURU PROFESIONAL Pengarang : MOH. UZER USMAN Tahun : Cet 29, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 154 halaman ISBN : 979-514-003-5 Sinopsis: Dalam buku ini penulis memberikan petunjuk praktis untuk menjadi guru profesional. Kepraktisannya menonjol terutama karena menyertakan pedoman, contoh-contoh, dan ciri-ciri profesionalisme keguruan. Anda dapat menggunakannya untuk… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Penulis: Ridwan Abdullah Sani, Dr., M.Si., Kaharuddin Arafah, M.Si., Ishak Aziz, Dr., M.Pd., Ratna Tanjung, Dra., M.Pd., Hary Suswanto, Dr., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 380 Halaman ISBN: 978-602-446-430-1 Sinopsis: Buku ini ditulis oleh tim dosen yang mengampu mata kuliah Evaluasi… selengkapnya
Rp 97.600 Rp 122.00020%
Didi Supriadie, Dr., & Deni Darmawan, Dr., M.S. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 224 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-122-5 Sinopsis : Buku Komunikasi Pembelajaran ini membahas tentang pembelajaran yang dapat menjadi bahan sharing bagi para guru (guru provisi atau guru pemula) mengenai apa dan bagaimana mengembangkan pembelajaran. Pada buku… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.00020%
Judul : PERENCANAAN PENDIDIKAN Pengarang : UDIN SYAEFUDIN SA’UD,DKK. Tahun : 2005 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 288 hlm. ISBN : 979-692-516-8 Sinopsis: Perencanaan pendidikan menjadi kunci efektivitas kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Namun kenyataannya, perencanaan pendidikan lebih dijadikan faktor pelengkap, sehingga sering terjadi tujuan yang ditetapkan tidak tercapai secara optimal…. selengkapnya
Rp 54.400 Rp 68.00020%
Penulis: Nanang Priatna, Prof. Dr. H., M.Pd. Muhammad Arsani, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 344 Halaman ISBN: 978-602-446-386-1 Sinopsis : Dunia pendidikan tidak lepas dari inovasi untuk senantiasa meningkatkan kualitasnya. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran tentunya ikut berperan dalam… selengkapnya
Rp 94.400 Rp 118.00020%
Abdul Madjid, dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 348 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-581-0 Sinopsis : Pelaksanaan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pembelajaran yang mengacu pada Silabus. Rencana pembelajaran tersebut perlu dikembangkan semaksimal mungkin oleh guru, baik secara individu maupun kelompok, agar kompetensi sikap, pengetahuan,… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.