Strategi dan Manajemen Pendidikan Tinggi
Rp 57.600 Rp 72.000Kode | RR.PK0409 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Strategi dan Manajemen Pendidikan Tinggi
Penulis: Nanang Fattah, Prof. Dr.,M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
252 Halaman
ISBN: 978-602-446-367-0
Sinopsis :
Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan daya saing global menuju masyarakat 5.0 di bidang pendidikan tinggi, buku ini hadir diharapkan dapat menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh para pembuat kebijakan dan pengelola pendidikan tinggi.
Di samping itu, Peran Lembaga Pendidikan, khususnya pendidikan tinggi (PT) sebagai penghasil tenaga profesional dituntut untuk melakukan kajian berdasarkan teori, konsep, model, dan riset-riset empirikal yang terkini dan relevan dengan tuntutan lingkungan nasional, regional (ASEAN), dan global.Dalam merespons tuntutan global atau kebutuhan masyarakat dunia, PT membutuhkan strategi-strategi terbaru dan manajemen perubahan dalam mengelola PT yang berdaya saing tinggi. Dalam konteks itu, buku ini hadir untuk membantu para pembuat kebijakan (policy makers), kepemimpinan akademik PT (academic leader), dan upaya peningkatan kemampuan manajerial terutama dalam memobilisasi berbagai sumber daya (resources), antara lain a) sumber daya manusia (human resources); b) sumber daya material/fasilitas, sarana, dana (material resources); c) sumber daya informasi (information resources) yang ada di dalam dan di luar PT. Semoga buku ini bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan (stake holders).
—-
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Isu-Isu Stratejik
B. Konsep Stratejik
C. Dimensi Stratejik
D. Nilai-Nilai Keunggulan
BAB II ANALISIS STRATEGIS DALAM MEMBANGUN KEUNGGULAN DAYA SAING YANG BERKELANJUTAN
A. Mengevaluasi dan Memilih Strategi Bisnis: Mencari Keunggulan Kompetitif yang Berkelanjutan
B. Lingkungan Industri Terpilih dan Pilihan Strategi Bisnis
BAB III ANALISIS STRATEGIS DAN PILIHAN YANG RASIONAL DALAM MEMBANGUN NILAI PEMEGANG SAHAM
A. Matriks Pertumbuhan-Berbagi BCG
B. Perilaku-Perilaku yang Memengaruhi Pilihan Strategis
BAB IV MENERAPKAN STRATEGI MELALUI TUJUAN JANGKA PENDEK, TAKTIK FUNGSIONAL, SISTEM REWARD, DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN
A. Identifikasi Tujuan Jangka Pendek
B. Taktik Fungsional dalam Strategi Bisnis
C. Kebijakan Pemberdayaan Personel Bagian Operasi
D. Kebijakan dalam Perencanaan
BAB V MENERAPKAN STRUKTUR STRATEGI, KEPEMIMPINAN, DAN BUDAYA
A. Strukturisasi Organisasi yang Efektif
B. Kepemimpinan Organisasi
C. Budaya Organisasi
BAB VI STRATEGI PENGAWASAN DAN PERBAIKAN BERKESINAMBUNGAN
A. Mendirikan Pengendalian Strategis
B. Kualitas Imperatif: Perbaikan Berkelanjutan untuk Membangun Nilai Pelanggan
C. Pendekatan Enam Sigma untuk Perbaikan Berkelanjutan
D. ISO 9001 dan Era Standar Nasional
E. Metodologi Balanced Scorecard
BAB VII GLOBALISASI DAN INTERNASIONALISASI PENDIDIKAN TINGGI
A. Ekonomi Pengetahuan
B. Globalisasi dan Komoditisasi
C. Standardisasi
BAB VIII KERJA SAMA INTERNASIONAL DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TINGGI
A. Kemitraan Pendidikan Tinggi
B. Ringkasan dan Kesimpulan
BAB IX UNIVERSITAS KORPORASI ( CORPORATE UNIVERSITY)
A. Konsep Corporate University
B. Program Prioritas
C. Kesimpulan dan Implikasi
BAB X REVITALISASI MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING GLOBAL
A. Globalisasi Perguruan Tinggi (PT)
B. Manajemen Perubahan (Management Of Change)
C. Kesimpulan
BAB XI GLOBALISASI DAN INTERNASIONALISASI DI PENDIDIKAN TINGGI (PT)
Pasar Pendidikan: Tantangan dan Penelitian Imperatif
BAB XII KURSUS REORIENTASI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN INTERNASIONAL BAGI MAHASISWA (STUDI KASUS DI CINA)
A. Kesadaran internasional
B. Alasan-alasan, strategi dan hasil
BAB XIII TANTANGAN UNTUK MELEMBAGAKAN INTERNASIONALISASI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS UK)
A. Hasil
B. Alasan-alasan, strategi dan hasil
C. Implikasi untuk Implementasi
D. Diskusi
E. Kesimpulan
BAB XIV INTERNASIONALISASI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS SPANYOL)
A. Pengantar
B. Hasil
C. Pengalaman Kelembagaan Individu
D. Alasan-Alasan, Strategi dan Hasil
E. Kesimpulan
BAB XV PERAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS JIANG YUMEI CINA)
A. Peran Perguruan Tinggi Bermain Kurikulum Bahasa Inggris di PT Internasionalisasi
B. Kesimpulan
BAB XVI STRATEGI PENCAPAIAN WORLD CLASS UNIVERSITY (WCU)
A. Pendahuluan
B. Kajian Teori
C. Pengembangan Berbasis Riset
D. Faktor Penentu Keberhasilan
E. Arah Kebijakan Strategis Dikti Menuju WCU
Tags: Akreditasi Pendidikan Tinggi, Inovasi Pendidikan Tinggi, Kebijakan Pendidikan Tinggi, Kepemimpinan Pendidikan Tinggi, Kualitas Pendidikan Tinggi, Kurikulum Pendidikan Tinggi, Manajemen Pendidikan Tinggi, Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi, Perguruan Tinggi, Strategi Pendidikan Tinggi
Strategi dan Manajemen Pendidikan Tinggi
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 532 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Asis Saefuddin, H., Ika Berdiati Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-604-6 Sinopsis: Pembelajaran di kelas yang dikemas dengan menyenangkan merupakan dambaan peserta didik karena proses belajar yang menyenangkan bisa meningkatkan motivasi belajar yang tinggi bagi peserta didik guna menghasilkan produk dan proses belajar yang… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 16 x 24 cm, 232 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2011 ISBN: 978-979-692-061-7 Sinopsis: Di dalam buku ini juga dipaparkan peran dari media komputer untuk pembelajaran, hakikat multimedia, serta memproduksinya.Kemudian buku ini akan memandu para pengguna untuk membuat multimedia mulai dari mengembangkan skrip,… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.000Penulis: Asep Sudarsyah, DR., M.Pd Cetakan: 1, 2017 Ukuran: 17 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 176 Halaman ISBN: 978-602-446-187-4 Sinopsis: Dalam pengembangan profesi guru proses pembelajaran merupakan kegiatan inti supervisi pendidikan. Kegiatan belajar tersebut ditandai dengan interaksi supervisor dengan guru secara kolaboratif, kolegial, dan berbasis sekolah. Fungsi… selengkapnya
Rp 65.000S. Effendi, Dr., dkk. Cetakan 1, 2015 17,5×25 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-652-7 Sinopsis : Buku ini disusun berdasarkan data penggunaan ragam bahasa tulis karya para penulis yang dimuat dalam buku, majalah, dan surat kabar. Dari data akurat itu diperoleh keteraturan dalam bentuk kata dan susunan kalimat… selengkapnya
Rp 120.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd., M.Si. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-494-3 Sinopsis : Pada dasarnya konsep teknologi pendidikan masih tertuju pada upaya melahirkan prosedur-prosedur pemecahan masalah belajar manusia. Di antara inovasi dalam model pembelajaran berbasis teknologi informasi itu adalah animation learning, games learning, dan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Bayong Tjasyono, Prof., Dr., HK. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 504 Halaman ISBN: 978-602-446-371-7 Sinopsis : CUACA, IKLIM, LINGKUNGAN & BIOKLIMATOLOGI merupakan IPBA yang membahas keterkaitan disiplin Ilmu Kebumian dan Antariksa untuk mengkaji kehidupan dalam sistem Matahari-Bumi. Selain mengkaji tiga lapisan… selengkapnya
Rp 132.000 Rp 165.00020%
Penulis: Muh. Hizbul Muflihin, Dr., H., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-399-1 Sinopsis : Pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk kepribadian kaum muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, dan cinta tanah air dan bangsa. Oleh… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Prof. Dr. H. Nanang Priatna, M.Pd. Nurhayati, S.Pd., M.Pd. Silviana Ayu Lorenzia, S.Pd. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 276 Halaman ISBN: 978-602-446-528-5 Sinopsis: Peningkatan kualitas pembelajaran sains dan teknologi merupakan upaya yang tidak dapat ditunda-tunda lagi sejalan dengan berbagai tantangan yang… selengkapnya
Rp 79.200 Rp 99.00020%
Judul : EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH Pengarang : DJUDJU SUDJANA,M.ED.,Ph.D.,PRO Tahun : 2006 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 328 hlm. ISBN : 979-514-634-2 Sinopsis: Manajemen pendidikan luar sekolah disusun secara terencana sesuai dengan satuan, jenis, dan lingkup pendidikan luar sekolah. Manajemen pendidikan luar sekolah ini memuat program yang disusun secara sistemik, yang… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Penulis: Zainal Arifin, Dr.s, M.Pd. Cetakan: 10, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 320 halaman ISBN: 979-692-956-2 Sinopsis: Salah satu komponen penting yang juga merupakan tugas profesional guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Istilah “evaluasi” sengaja digunakan oleh penulis untuk membedakannya dengan istilah “penilaian”. Alasannya,… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.