Psikologi Pendidikan
Rp 72.000 Rp 90.000Kode | RR.PK0407 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Psikologi Pendidikan
Penulis: Mochamad Nursalim, Dr., M.Si., Hermien Laksmiwati, Dra., M,Si., Muhammad Syafiq, S.Psi., M.Sc., Meita Santi Budiani, M.Psi., Siti Ina Savira, S.Psi., M.Ed.C.P., Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si., Yohna Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
248 Halaman
ISBN: 978-602-446-364-9
Sinopsis :
Psikologi dan Pendidikan memiliki benang merah utama, yaitu “manusia”. Psikologi pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari kompleksitas manusia, sementara pendidikan adalah produk yang dikembangkan manusia untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang berkaitan dengan sumber daya manusia itu sendiri.
Buku Psikologi Pendidikan ini disusun untuk memenuhi referensi bagi para guru, mahasiswa, dan pemerhati pendidikan pada umumnya. Oleh karena itu, dalam buku ini dikaji tentang hakikat psikologi pendidikan, pertumbuhan dan perkembangan individu, serta mengenai teori-teori belajar, kesulitan belajar, anak berkebutuhan khusus, pengelolaan kelas, dan bimbingan konseling.
——
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Pengertian Psikologi Pendidikan
B. Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
C. Tujuan dan Manfaat Psikologi Pendidikan
D. Kontribusi Psikologi Pendidikan dalam Pendidikan
E. Kontribusi Psikologi Pendidikan terhadap Pengembangan Kurikulum
F. Kontribusi Psikologi Pendidikan terhadap Proses Belajar Mengajar
G. Kontribusi Psikologi Pendidikan terhadap Penilaian dan Pengukuran (Evaluasi) dalam Pendidikan
H. Kontribusi Psikologi Pendidikan dalam Pemecahan Masalah Kontemporer
I. Rangkuman
J. Tugas
K. Daftar Pustaka
BAB 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
PESERTA DIDIK
A. Pertumbuhan dan Perkembangan
B. Rangkuman
C. Pertanyaan dan Latihan
D. Daftar Pustaka
BAB 3 KAREKTERISTIK PERKEMBANGAN
A. Perkembangan Kognitif dan Bahasa
B. Perkembangan Sosio-Emosional dan Moral
C. Rangkuman
D. Soal dan Latihan
E. Daftar Pustaka
BAB 4 MOTIVASI DAN EMOSI
A. Definisi Motivasi
B. Hal-Hal yang Dapat Memengaruhi Motivasi
C. Peran Motivasi dalam Pembelajaran
D. Cara Meningkatkan atau Mempertahankan Motivasi Siswa
E. Membantu Siswa Mengatasi Ketidakberdayaan yang Dipelajari
F. Rangkuman
G. Diskusi
H. Definisi Emosi
I. Komponen-Komponen Emosi
J. Rangsangan dan Emosi
K. Teori Emosi
L. Mengklasifikasikan Emosi
M. Perkembangan Emosi
N. Permasalahan pada Siswa
O. Peran Emosi
P. Tips bagi Pendidik
Q. Soal
R. Daftar Pustaka
BAB 5 INTELIGENSI
A. Konsep Inteligensi
B. Teori-Teori Inteligensi
C. Penerapan Inteligensi dalam Pembelajaran
D. Rangkuman
E. Tugas
F. Daftar Pustaka
BAB 6 TEORI-TEORI BELAJAR
A. Pengertian Belajar
B. Teori Belajar Behavioristik
C. Teori Belajar Kognitif
D. Teori Belajar Konstruktivisme
E. Rangkuman
F. Soal
G. Daftar Pustaka
BAB 7 KESULITAN BELAJAR
A. Pengertian Kesulitan Belajar Akademik
B. Indikasi Kesulitan Belajar
C. Penyebab Kesulitan Belajar
D. Bentuk-Bentuk Kesulitan Belajar Akademik (Khusus)
E. Cara Mengatasi Kesulitan Belajar
F. Kesulitan Belajar yang Disebabkan Gangguan Perkembangan
G. Implikasi terhadap Pendidikan
H. Rangkuman
I. Soal-soal
J. Daftar Pustaka
BAB 8 ANAK BERKEKBUTUHAN KHUSUS
A. Anak Ber-IQ Rendah
B. Anak dengan Kecacatan Fisik
C. Anak Berbakat
D. Rangkuman
E. Soal Latihan
F. Daftar Pustaka
BAB 9 PENGELOLAAN KELAS
A. Rasional
B. Pengertian
C. Kegiatan Pengelolaan dan Kegiatan Instruksional
D. Komponen-Komponen Keterampilan
E. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan
F. Rangkuman
G. Tugas
H. Soal
I. Daftar Pustaka
BAB 10 BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Pengertian Bimbingan dan Konseling
B. Keterkaitan antara Istilah Bimbingan dan Istilah Konseling
C. Tujuan Bimbingan dan Konseling
D. Fungsi Bimbingan dan Konseling
E. Prinsip Bimbingan dan Konseling
F. Bidang Pelayanan Bimbingan dan Konseling
G. Peran Guru dalam Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling
H. Peran dan Fungsi Guru Kelas/Wali Kelas dalam Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling
I. Rangkuman
J. Tugas
K. Daftar Pustaka
Tags: Asesmen Pembelajaran, kecerdasan emosional, Motivasi Belajar, Pembelajaran Efektif, pendidikan inklusif, pendidikan karakter, perkembangan anak, psikologi pendidikan, Strategi Pembelajaran, Teori Belajar
Psikologi Pendidikan
Berat | 500 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 827 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Esti Untari, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 220 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: Penyajian materi untuk mahasiswa seharusnya dimulai dari ilmu dasar. Begitu juga yang dipelajari oleh mahasiswa PGSD, walaupun harus memahami berbagai macam bidang studi calon guru SD juga… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.00020%
Iskandar Engku, H., Dr., M.A., dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 232 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-180-5 Sinopsis: Pendidikan Islami merupakan pengejewantahan pemikiran para tokoh tentang konsepsi Islam di bidang pendidikan. Minimnya perhatian terhadap pendidikan Islami merupakan salah satu penyebab terpengaruhnya umat Islam oleh pendidikan Barat, sehingga banyak yang… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Penulis: E. Mulyasa, Drs., M.Pd. Cetakan: 13, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. 304 Halaman ISBN: 979-692-271-1 Sinopsis: Kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yang paling fenomenal sejak berlakunya otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan adalah pelaksanaan MBS dan KBK. Tujuannya hanya satu: membuat pendidikan lebih bermutu…. selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Judul : PSIKOLOGI PENDIDIKAN Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : 2017, cetakan ke 28 Dimensi : hvs 70 GR, 16 X 24 cm, 184 hlm + xiii ISBN : 979-514-036-1 Sinopsis: Apakah psikologi itu? Apa gunanya kita mempelajari psikologi? Bagaimana pengaruh pembawaan dan pengaruh lingkungan terhadap perkembangan manusia? Mengapa intelegensi seseorang berbeda dengan intelegensi… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Ibnu Hadjar, Prof., Dr., M.Ed. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 540 Halaman ISBN: 978-602-446-326-7 Sinopsis : Dewasa ini buku statistik sangat mudah kita jumpai karena telah banyak ditulis oleh para pakar, yang pada umumnya memiliki latar belakang statistik dan matematika yang… selengkapnya
Rp 150.400 Rp 188.00020%
Penulis: Yuni Sugiarti, S.T., M.Kom. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-228-4 Sinopsis: Mengapa menguasai Java sejak dini adalah investasi penting bagi masa depan? Buku ini yang akan mengupas tuntas teknis penggunaan data base, Unified Modelling Language (UML),… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Prof. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., MCE. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 204 Halaman ISBN: 978-602-446-602-2 Sinopsis: Buku ini hadir sebagai salah satu rujukan bagi para peneliti pemula yang ingin mengenal tentang bagaimana merumuskan proposal, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan penelitian dengan… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Arita Marini, Dr., Ir., M.E. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-567-4 Sinopsis : Sekolah dasar adalah sebuah organisasi sosial yang mempunyai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan utama sekolah dasar adalah memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. Dalam sebuah organisasi, tentunya manajemen merupakan kekuatan… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Prof. Dr. Muchlas Samani & Drs. Hariyanto, M.S. 16 x 24 cm – 264 hlm Kerts Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 6, 2017 ISBN: 978-979-692-065-5 Sinopsis: Buku ini berisi 5 pokok bahasan utama, pertama yaitu peranan penting pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa; kedua dasar filosofi dan posisi pendidikan karakter dalam pendidikan nasional;… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd., M.Si. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-494-3 Sinopsis : Pada dasarnya konsep teknologi pendidikan masih tertuju pada upaya melahirkan prosedur-prosedur pemecahan masalah belajar manusia. Di antara inovasi dalam model pembelajaran berbasis teknologi informasi itu adalah animation learning, games learning, dan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.