Pembelajaran Reflektif Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis
Rp 63.000Kode | RR.PK0485 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pembelajaran Reflektif Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis
Penulis: Dr. Hj. Ratu Suntiah, M.Ag.
Cetakan: 1, 2024
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
180 Halaman
ISBN: 978-602-446-713-5
Sinopsis:
Jas merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Itulah ungkapan popular yang dikemukakan oleh Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia. Dengan sejarah, kita akan mengetahui dan memahami bagaimana peristiwa terjadi di masa lalu, dan pelajaran yang akan diambil untuk menentukan tindakan di masa yang akan datang.
Sejarah kebudayaan Islam, sebagai salah satu matpel penting yang disampaikan di madrasah, untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik bagaimana perjalanan perkembangan peradaban Islam dari masa ke masa, sehingga mereka dapat mengambil hikmah untuk dijadikan cermin di masa yang akan datang. Oleh karena itu, pembelajaran sejarah kebudayaan Islam harus disampaikan tidak hanya untuk dihapal, tetapi harus mendorong peserta didik berpikir kritis dan reflektif. Berpikir kritis merupakan aspek utama dari empat aspek keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki oleh peserta didik di samping komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas. Untuk mencapai kemampuan berpikir kritis, perlu implementasikan model pembelajaran reflektif, sebagai sistem pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan analisis terhadap pengalaman individual yang dialami dan memfasilitasi pembelajaran dari pengalaman tersebut.
Penulis telah berhasil melakukan penelitian secara mendalam tentang pembelajaran yang mampu mendorong peserta didik berpikir kritis dengan model pembelajaran reflektif yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah di Kota Bandung. Secara umum buku ini terdiri atas delapan bab, mulai dari pendahuluan, konsep pembelajaran reflektif, pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, metode pembelajaran reflektif, mengembangkan kemampuan berfikir kritis, pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, perangkat pembelajaran reflektif pada mata pelajaran SKI dan penutup.
Temukanlah hal baru dalam buku ini!
—–
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
BAB 2 KONSEP PEMBELAJARAN REFLEKTIF
A. Pengertian Pembelajaran Reflektif
B. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Reflektif
C. Langkah-Langkah Pembelajaran Reflektif
D. Kelebihan Pembelajaran Reflektif
E. Kekurangan Pembelajaran Reflektif
BAB 3 PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
A. Pengertian Sejarah Kebudayaan Islam
B. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
C. Tujuan Pembelajaran SKI
D. Fungsi Pembelajaran SKI
E. Manfaat Pembelajaran SKI
F. Pembelajaran SKI di Madrasah Aliyah
BAB 4 METODE PEMBELAJARAN REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN SKI
A. Metode Ceramah
B. Metode Tanya-Jawab
C. Metode Diskusi
D. Metode Mind Mapping
BAB 5 MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SKI
A. Kemampuan Berpikir Kritis
B. Pengertian Kemampuan Berpikir Kritis
C. Indikator Kemampuan Berpikir Kritis
D. Karakteristik Berpikir Kritis
E. Tujuan Berpikir Kritis
F. Ciri-ciri Berpikir Kritis
G. Kemampuan Berpikir Kritis dalam SKI
BAB 6 PEMBELAJARAN REFLEKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
A. Tujuan Pembelajaran
B. Program Pembelajaran
C. Proses Pembelajaran
D. Evaluasi Pembelajaran
BAB 7 PERANGKAT PEMBELAJARAN REFLEKTIF BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Bahan Ajar
Instrumen Evaluasi Pembelajaran
Rubrik Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis
BAB 7 PENUTUP
Pembelajaran Reflektif Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis
Berat | 360 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.704 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Suwatno, Prof. Dr. H., M.si Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 244 Halaman ISBN: 978-602-446-236-9 Sinopsis : Sebagai sebuah pengantar, buku ini mencoba memberikan konsep-konsep dasar yang mudah dipahami oleh para mahasiswa atau pembelajar pemula di bidang public relations. Mengingat… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Nanang Fatah, Prof., Dr. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-128-7 Sinopsis : Pendidikan dipandang sebagai sarana peningkatan mutu sumber daya manusia dalam suatu bangsa. Bangsa yang maju adalah bangsa yang peduli terhadap pendidikan, yang dapat digambarkan dari pencapaian pendidikan warga negaranya. Namun, tidak semua… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Ismet Basuki, Prof., Dr., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 252 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-471-4 Sinopsis : Penilaian merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kualitas sistem pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam kualitas… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Achmad Setiawan, M.Pd., Aditin Putria, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 256 Halaman ISBN: 978-602-446-221-5 Sinopsis: Pernahkah Anda mendapati siswa terlihat mudah jenuh ketika pembelajaran berjalan? Buku ini menyorot pentingnya media pembelajaran dan efeknya… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Judul : FILSAFAT BAHASA DAN PENDIDIKAN Pengarang : CHAEDAR AL-WASILAH,PROF,DR. Tahun : Cet-1 tahun 2008 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 232 Hlm ISBN : 97-692-932-5 Sinopsis : Orang awam biasanya mencitrakan filsafat sebagai ilmu yang sulit dan menakutkan. Membaca buku filsafat sering harus mengerutkan dahi, mengerahkan segala kemampuan untuk mencerna gagasan yang diuraikan. Tapi… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.000S. Effendi, Dr., dkk. Cetakan 1, 2015 17,5×25 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-652-7 Sinopsis : Buku ini disusun berdasarkan data penggunaan ragam bahasa tulis karya para penulis yang dimuat dalam buku, majalah, dan surat kabar. Dari data akurat itu diperoleh keteraturan dalam bentuk kata dan susunan kalimat… selengkapnya
Rp 120.00020%
Judul : PERENCANAAN PENDIDIKAN Pengarang : UDIN SYAEFUDIN SA’UD,DKK. Tahun : 2005 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 288 hlm. ISBN : 979-692-516-8 Sinopsis: Perencanaan pendidikan menjadi kunci efektivitas kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Namun kenyataannya, perencanaan pendidikan lebih dijadikan faktor pelengkap, sehingga sering terjadi tujuan yang ditetapkan tidak tercapai secara optimal…. selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Penulis: Muh. Hizbul Muflihin, Dr., H., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-399-1 Sinopsis : Pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk kepribadian kaum muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, dan cinta tanah air dan bangsa. Oleh… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Judul : KIMIA PEMISAHAN Pengarang : SUMAR HENDAYANA, PH.D. Tahun : 2006 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 168 hlm. ISBN : 979-514-593-1 Sinopsis: Pemisahan merupakan aspek penting dalam bidang kimia. Karena dari pemisahan itu akan diperoleh materi murni dari suatu campuran. Kebutuhan akan teknik pemisahan kimia yang efisien, tepat, dan cepat telah mendorong… selengkapnya
Rp 32.000 Rp 40.00020%
Penulis: Abdul Azis Wahab, Prof., Dr., H., M.A. (Ed) Sapriya, Prof., Dr., M.Ed. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 372 Halaman ISBN: 978-602-446-660-2 Sinopsis: Persoalan kewarganegaraan dewasa ini semakin mengedepan dan semakin luas jangkauannya. Oleh sebab itu, setiap negara di dunia… selengkapnya
Rp 104.000 Rp 130.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.