Sosiologi Pendidikan Memahami Dinamika Sosiokultural Kondisi: Produk baru
Rp 60.000 Rp 75.000Kode | RR.PK0431 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Sosiologi Pendidikan Memahami Dinamika Sosiokultural Kondisi: Produk baru
Penulis: M. Saroni, Dr., M.Ag.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
212 Halaman
ISBN: 978-602-446-398-4
Sinopsis :
Membahas pendidikan tidak akan pernah selesai selama manusia masih hidup dan berpenghidupan sosial sebab pendidikan merupakan bagian tak terpisahkan dari dinamika kehidupan sosial manusia. Melalui pendidikan manusia ingin memperoleh kehidupan yang baik sebagaimana yang dialami orang lain. Bahkan dalam kondisi tertentu seseorang ingin lebih baik dari orang lain. Untuk mewujudkan keinginan dan keikutsertaan diri dalam dinamika sosial terkadang manusia dihadapkan dengan dinamika persaingan, kerja sama atau pertentangan. Dinamika tersebut dipengaruhi oleh potensi diri masing-masing individu dan potensi diri dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Kemudian, keduanya memengaruhi dinamika interaksional antara manusia yang satu dengan lainnya. Dalam dinamika itulah terdapat pelajaran yang sangat berguna untuk dijadikan kajian pendidikan melalui pendekatan sosiologis.
Kajian-kajian sosiologis dalam dunia pendidikan akan berguna bagi para pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan termasuk bagi para pengamat pendidikan, khususnya di Indonesia. Di mana masyarakat Indonesia merupakan masyarakat heterogen yang multietnis yang terdiri dari ratusan suku bangsa, dengan daerah teritorial dan budaya masing-masing yang khas. Oleh karena itu, buku ini diberi judul ”Sosiologi Pendidikan Memahami Dinamika Sosiokultural” yang dilengkapi dengan kajian teori interaksionisme simbolik dan pendekatan multikultural.
——-
Daftar Isi:
BAB 1 PENDAHULUAN
BAB 2 QUO VADIS SOSIOLOGI PENDIDIKAN
A. Latar Belakang dan Tokoh Sosiologi Pendidikan
B. Definisi Sosiologi Pendidikan
C. Pokok Bahasan Sosiologi Pendidikan
D. Tujuan Sosiologi Pendidikan
BAB 3 KEDUDUKAN DAN PERANAN GURU DI SEKOLAH DAN DALAM MASYARAKAT
A. Pendahuluan
B. Definisi Kedudukan dan Peranan
C. Kedudukan dan Peranan Guru di Sekolah dan dalam Masyarakat
BAB 4 PERUBAHAN DAN PEMBENTUKAN SOSIAL BUDAYA MELALUI PENDIDIKAN
A. Definisi dan Ruang Lingkup Perubahan Sosial
B. Pengaruh Pendidikan terhadap Perubahan Sosial Budaya
C. Komunikasi Bahasa dalam Dinamika Pendidikan
D. Dinamika Pendidikan Melalui Proses Simbolik Antaretnis
E. Nilai Pendidikan dalam Budaya Keagamaan
BAB 5 RESIPROKAL GURU, BUDAYA, DAN PENDIDIKAN
A. Pendahuluan
B. Guru, Budaya, dan Pendidikan dalam Hubungan Resiprokal
C. Eksistensi Guru dalam Transmisi Budaya
D. Guru dalam Memahami Perkembangan Siswa
BAB 6 DINAMIKA SOSIAL PENDIDIKAN MELALUI KELUARGA
A. Pendidikan dalam Dinamika Sosial Keluarga
B. Pengaruh Pendidikan Keluarga terhadap Dinamika Sosial Kehidupan Masyarakat
C. Pembentukan Kepribadian melalui Pendidikan Keluarga
BAB 7 PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MASYARAKAT
A. Definisi Kurikulum Pendidikan Multikultural
B. Pendidikan Multikultural di Beberapa Negara
C. Teori Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural
D. Tujuan Kurikulum Pendidikan Multikultural
E. Proses Penerapan Kurikulum Berbasis Multikultural
F. Evaluasi Kurikulum Pendidikan Multikultural
BAB 8 PENDEKATAN KUALITATIF PADA LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL
A. Alasan Pendekatan Kualitatif
B. Metode Pengumpulan, Deskripsi, dan Interpretasi Data
BAB 9 TEORI INTERAKSIONISME SIMBOLIK MEMAHAMI TINDAKAN SOSIAL
A. Payung Teori Interaksionisme Simbolik
B. Teori Interaksionisme Simbolik Memahami Konflik
Tags: Analisis Sosiologis, Dinamika Sosiokultural, Faktor Sosial, Kajian Sosiologis, Kondisi Sosial, Pendidikan dan Masyarakat, pendidikan multikultural, Perubahan Sosial, Sosiologi Pendidikan, Teori Sosiologi
Sosiologi Pendidikan Memahami Dinamika Sosiokultural Kondisi: Produk baru
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 917 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Kompri, M.Pd.I. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 336 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-634-3 Sinopsis: Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasme dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik)…. selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Yaya S. Kusumah H., Prof., M.Sc., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 432 Halaman ISBN: 978-602-446-388-5 Sinopsis: Sering tidak kita sadari bahwa kehidupan kita dikelilingi berbagai mesin modern yang mampu memberikan layanan jasa atau produk. Mesin-mesin yang amat bermanfaat bagi kehidupan… selengkapnya
Rp 125.600 Rp 157.00020%
Penulis: Yuni Sugiarti, S.T., M.Kom. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-228-4 Sinopsis: Mengapa menguasai Java sejak dini adalah investasi penting bagi masa depan? Buku ini yang akan mengupas tuntas teknis penggunaan data base, Unified Modelling Language (UML),… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Judul : MEMBUAT POLA Pengarang : SURYAWATI, DRA., M.SI. DKK Tahun : Cet ke-1, Maret 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 116 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-019-8 Sinopsis : Buku ini berisikan materi-materi mengenai pengertian pola, macam-macam pola, berbagai sistem pembuatan pola dasar badan, pemindahan lipit kup, pola tangan, pola… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Bambang Rustanto, Dr., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-651-0 Sinopsis : Dalam pengertian yang luas, kemiskinan dapat dikonotasikan sebagai suatu kondisi ketidakmampuan baik secara individu, keluarga maupun kelompok sehingga kondisi ini rentan terhadap timbulnya permasalahan sosial lainnya. Apa pun yang ada pada masyarakat… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Judul : KIMIA PEMISAHAN Pengarang : SUMAR HENDAYANA, PH.D. Tahun : 2006 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 168 hlm. ISBN : 979-514-593-1 Sinopsis: Pemisahan merupakan aspek penting dalam bidang kimia. Karena dari pemisahan itu akan diperoleh materi murni dari suatu campuran. Kebutuhan akan teknik pemisahan kimia yang efisien, tepat, dan cepat telah mendorong… selengkapnya
Rp 32.000 Rp 40.00020%
Abdul Majid, M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 400 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-143-0 Sinopsis: Standar proses pendidikan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu prinsip pendidikan adalah proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang… selengkapnya
Rp 84.000 Rp 105.00020%
Alsuhendra, Dr., Ir., M.Si., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 284 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-161-4 Sinopsis : Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan. Namun, tidak semua makanan bermanfaat bagi tubuh. Karena berbagai alasan bahan makanan dapat saja mengandung senyawa kimia yang bukan tergolong sebagai zat gizi. Dengan… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 9, 2017 16×24 cm, 240 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-447-9 Sinopsis: Kebijakan perubaham kurikulum merupakan politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam pelaksanaannya seringkali dipolitisasi untuk kepentingan kekuasaan. Di sekolah: guru, kepala sekolah, pengawas dan peserta didik sangat berkepentingan,… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : PRINSIP & TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : Cet 10, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, x + 166 halaman ISBN : 979-514-127-9 Sinopsis : Buku ini menjawab segala masalah yang bertalian dengan pengetesan dan pengevaluasian hasil belajar siswa/mahasiswa, sekaligus mengevaluasi hasil pengajaran siswa/mahasiswa, bahkan… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.