Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk PGSD dan PGMI
Rp 42.400 Rp 53.000| Kode | RR.PK0443 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk PGSD dan PGMI
Penulis: Rohmat Widiyanto, M.Pd.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
144 Halaman
ISBN: 978-602-446-445-5
Sinopsis:
Proses pendidikan merupakan rangkaian kegiatan yang sangat kompleks dan luas cakupannya. Apabila kita berbicara tentang pendidikan maka kita tidak akan pernah lepas dari aktivitas belajar ataupun proses pembelajaran serta muatan materi ajar yang dipelajari apapun itu termasuk salah satu materi Kajian IPS di MI/SD.
Buku ini menyajikan konsep dasar munculnya IPS di Indonesia, kajian Fakta, Konsep dan Generalisasi, dimensi dalam pendidikan IPS sampai dengan materi kajian IPS yang diajarkan di sekolah dasar/madrasah hingga implementasi kurikulum dan pengembangannya.
———-
Daftar Isi
BAB 1
Hakikat IPS Dan Karakteristik Pendidikan IPS
A. Latar Belakang IPS
B. Hubungan IPS dengan Ilmu Sosial
C. Tujuan Pendidikan IPS: 10
Daftar Pustaka
BAB 2
Fakta, Konsep Dan Generalisasi Dalam IPS
A. Pengertian Fakta dan Contoh Fakta
B. Pengertian Konsep Dan Contoh Konsep
C. Pengertian Generalisasi dan Contoh Generalisasi
Daftar Pustaka
BAB 3
Kajian IPS MI/SD
A. Pendekatan Lingkungan dalam Pengembangan Materi
IPS MI/SD
B. Pendekatan Spiral dalam Pengembangan Materi
IPS MI/SD
C. Pendekatan Keterampilan Proses Sosial
Daftar Pustaka
BAB 4
Dimensi Dalam Pendidikan IPS
A. Dimensi Pengetahuan
B. Dimensi Keterampilan
Daftar Pustaka
BAB 5
Keterampilan Dasar Dalam Ilmu-Ilmu Sosial
A. Keterampilan Bertanya
B. Keterampilan Menyusun dan Menguji Generalisasi
Daftar Pustaka
BAB 6
Keragaman Sosial, Ekonomi, Pendidikan Budaya Dalam Masyarakat Indonesia
A. Keragaman Budaya
C. Keragaman Ekonomi
D. Keragaman dalam Pendidikan
Daftar Pustaka
BAB 7
Hubungan Manusa Terhadap Kondisi Geogerafis Kehidupan Sosial, Budaya, Ekonomi, Dan Masyarakat Indonesia
Kondisi Geografis Indonesia
Daftar Pustaka
BAB 8
Kajian IPS MI/SD
A. Lembaga Politik
B. Lembaga Yudikatif
C. Pemerintah Pusat
Daftar Pustaka
Bab 9
Perspektif dan Isu-Isu Global dalam IPS
A. Pengertian Kesadaran Perspektif
B. Kesadaran akan Planet Bumi
C. Dinamika Global
Daftar Pustaka
Bab 10
Dinamika Interaksi Manusia
Dinamika Kehidupan Manusia dalam Perekonomian
Daftar Pustaka
Bab 11
HAM, Demokrasi Konstitusional, dan Penegakan Hukum
A. Hak Asasi Manusia
B. Kedaulatan Rakyat
C. Keabsahan Keluasan Demoikratis
D. Pendidikan Kewarganegaraan
Daftar Pustaka
Bab 12
Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran IPS di MI/SD
A. Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran IPS SD/MI
B. Model Pembelajaran IPS SD/MI
C. Ruang Lingkup Kajian IPS di SD/MI
D. Hakekat Evaluasi Pembelajaran MI/SD
Tags: Evaluasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Sosial, IPS untuk PGSD dan PGMI, Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial, Manfaat Ilmu Pengetahuan Sosial, Materi Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial, Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk PGSD dan PGMI
| Berat | 350 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.046 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Dra. Ari Fadiati, M.Si. 21×28 cm – 192 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 2, 2013 ISBN 978-979-692-051-8 Sinopsis : Melalui buku ini penulis mengharapkan dapat memberikan pandangan-pandangan serta ide-ide yang berhubungan dengan pengelolaan usaha jasa boga. Buku ini terdiri atas 6 pokok bahasan utama, yaitu perkembangan usaha Jasa… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Lia Marliana, S.Pd., M.Phil. (Ling), Dra. Suhertuti, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 160 Halaman ISBN: 978-602-446-230-7 Sinopsis: Strategi Belajar Mengajar adalah suatu proses yang biasa dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Namun, lebih jauh dari hal tersebut, buku… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Judul : PENILAIAN HASIL PROSES BEL.MENGAJAR Pengarang : NANA SUDJANA Tahun : 2017, Cetakan ke 21 Dimensi : hvs 70 GR, 16 X 24 cm, 180 hlm + ix ISBN : 979-514-000-0 Sinopsis: Apakah siswa telah mencapai hasil yang diharapkan, yaitu sesuai dengan tujuan pengajaran? Apakah nilai yang diperoleh siswa itu benar-benar objektif dan representatif, artinya… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Amos Neolaka, Prof. Dr. Ir. Drs., M.Pd., dkk. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 292 Halaman ISBN: 978-602-446-690-9 Sinopsis: Manusia dalam hidupnya di dunia selalu menghadapi masalah. Masalah dalam hidup sehari-hari cukup banyak, antara lain masalah penelitian dan masalah penilaian pendidikan. Terdapat… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Ismet Basuki, Prof., Dr., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 252 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-471-4 Sinopsis : Penilaian merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kualitas sistem pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam kualitas… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Dinn Wahyudin, H., Dr., MA. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 248 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-566-7 Sinopsis : Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Suyadi, M.PD.I Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 224 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-137-9 Sinopsis : Data realistik menunjukkan bahwa moralitas dan karakter bangsa saat ini telah runtuh, sehingga dengan sendirinya telah mengundang berbagai musibah dan bencana yang meluas pada ranah sosial keagamaan, hukum, maupun politik di negeri ini. Kemendiknas… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Penulis: Asip Suryadi, Drs., M.Ed., Ika Berdiati, Dra., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 320 Halaman ISBN: 978-602-446-201-7 Sinopsis: Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan para guru akan sebuah sumber belajar yang tidak sekadar berisi informasi mengenai Penelitian Tindakan Kelas… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Prof. Dr. Nanang Fattah 16 x 24 cm • 320 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-076-1 Sinopsis : Sistem pendidikan nasional atau Sisdiknas merupakan acuan dalam pembuatan analisis kebijakan dan manajemen pendidikan baik di tingkat nasional, regional, maupun tingkat sekolah. Seperti kita ketahui pendidikan nasional… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 256 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-603-9 Sinopsis : Kurikulum 2013 hanya dapat diimplementasikan secara efektif oleh guru yang memiliki kompetensi serta memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Bagi Guru, Implementasi Kurikulum 2013 yang diberlakukan secara serempak tahun… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.