Asesmen Konsep dan Best Practice dalam Pendidikan
Rp 64.000 Rp 80.000Kode | RR.PK0482 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Asesmen Konsep dan Best Practice dalam Pendidikan
Penulis: Ahmad Nur Salim, M.Pd.
Cetakan: 1, 2023
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
216 Halaman
ISBN: 978-602-446-689-3
Sinopsis:
Buku ini menyajikan berbagai konsep asesmen dalam bidang pendidikan dan bagaimana menerapkan asesmen dalam setiap proses pembelajaran. Asesmen merupakan bagian esensial dari proses pembelajaran karena membantu setiap peserta didik memahami seberapa baik tujuannya tercapai dan bagaimana mereka dapat mengembangkan sesuai dengan kemampuannya.
Selain itu, buku ini disajikan dengan bahasa dan analogi contoh yang konkret sehingga dapat diterapkan di setiap kelas. Dalam buku ini membahas langkah yang tepat dalam mengonstruksi sebuah butir (item) tes yang baik dan sesuai dengan kaidah penulisan soal dengan konsep soal Literasi Baca Tulis, Numerasi, dan Literasi Sains dengan bentuk soal higher order thinking skills.
——
Daftar isi
BAGIAN 1 KONSEP ASESMEN
Bab I Asesmen
A. Apa Itu Asesmen?
B. Tujuan dan Fungsi Asesmen
C. Mengapa, Apa dan Kapan Asesmen Dilakukan?
Bab II PENILAIAN (GRADING)
A. Penilaian
B. Jenis Penilaian (Grading)
Bab III PENGUKURAN (MEASUREMENT)
Bab IV EVALUASI
Bab V KETERKAITAN ASESMEN, PENILAIAN, PENGUKURAN, DAN EVALUASI
Bab VI Jenis Asesmen Berdasarkan Tujuan
A. Asesmen Akhir Pembelajaran(Assessment of Learning)
B. Asesmen untuk Pembelajaran (Assessment for Learning)
C. Asesmen sebagai Pembelajaran (Assessment as Learning)
Bab VII Jenis Asesmen Berdasarkan Waktu
A. Apa itu Asesmen Formatif?
B. Apa itu Asesmen Sumatif?
C. Apa itu Asesmen Diagnostik?
Bab VIII Asesmen Jarak Jauh (DistanCe Assessment)
A. Kelebihan dan Kekurangan Asesmen Jarak Jauh
B. Asinkron dan Sinkron
C. Jenis Asesmen Jarak Jauh
D. Bagaimana Mendeteksi Kecurangan dalam Asesmen Jarak Jauh?
Bab IX Asesmen Standar
A. Validitas
B. Reliabilitas
C. Objektivitas
D. Keadilan (Fairness)
Bab X Assessment Adaptive
A. Apa Assessment Adaptive?
B. Jenis-Jenis Assessment Adaptive
BAGIAN 2 BEST PRACTICE ASSESSMENT
Bab XI Perencanaan Asesmen
A. Perencanaan Asesmen
B. Framework Pembuatan Asesmen
Bab XIII Panduan Menulis Soal
A. Menulis Soal Pilihan
B. Menulis Soal Benar-Salah
C. Menulis Soal Mencocokkan
D. Menulis Soal Model Interpretasi
E. Menulis Soal Jawaban Singkat
F . Menulis Soal Esai
Bab XIV Menyusun Asesmen Kinerja (Assessment Performance)
A. Model Asesmen Kinerja
B. Jenis-jenis Penilaian Kinerja
Bab XV Menyusun Asesmen Formatif dan Sumatif
A. Menyusun Asesmen Formatif
B. Menyusun Asesmen Sumatif
Bab XVI Menyusun Project Based Learning Assessment
Bab XVII Menyusun Higher Order Thinking Skills (HOTS) Assessment
A. Menyusun Asesmen Literasi Baca Tulis
B. Menyusun Asesmen Numerasi
C. Menyusun Asesmen Literasi Sains
Tags: Asesmen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Metode Asesmen, Metodologi Penilaian, Pembelajaran Efektif, Pendidikan Terbaik, Pengembangan Kurikulum, Pengukuran Prestasi Siswa, Peningkatan Hasil Belajar, Perbaikan Pendidikan, Perencanaan Pendidikan, Praktik Terbaik dalam Pendidikan
Asesmen Konsep dan Best Practice dalam Pendidikan
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.948 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Ade Nandang S., Dr., M.Ag. dan Abdul Kosim, M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-246-8 Sinopsis: Kajian kebahasaan terus mengalami perkembangan. Linguistik sebagai ilmu yang mempelajari bahasa itu sendiri mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan tinjauan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Prof. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., MCE. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 204 Halaman ISBN: 978-602-446-602-2 Sinopsis: Buku ini hadir sebagai salah satu rujukan bagi para peneliti pemula yang ingin mengenal tentang bagaimana merumuskan proposal, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan penelitian dengan… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : Agustus 2009 Dimensi : 16×24, 328 Halaman, HVS-70 Gram ISBN : 979-692-950-3 Sinopsis : Pemahaman tentang karakteristik individu peserta didik ini memiliki arti penting dalam interaksi belajar-mengajar. Bagi seorang guru khususnya, informasi mengenai karakteristik individu peserta didik ini akan sangat berguna dalam memilih… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Judul : LANDASAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Pengarang : NANANG FATTAH Tahun : Cet 5, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 126 halaman ISBN : 979-514-592-4 Sinopsis : Sebagian masyarakat dari dunia pendidikan mengklalim bahwa salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas sumber daya manusia di negara kita adalah menyangkut sistem dan… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 256 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-603-9 Sinopsis : Kurikulum 2013 hanya dapat diimplementasikan secara efektif oleh guru yang memiliki kompetensi serta memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Bagi Guru, Implementasi Kurikulum 2013 yang diberlakukan secara serempak tahun… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd., M.Si. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-494-3 Sinopsis : Pada dasarnya konsep teknologi pendidikan masih tertuju pada upaya melahirkan prosedur-prosedur pemecahan masalah belajar manusia. Di antara inovasi dalam model pembelajaran berbasis teknologi informasi itu adalah animation learning, games learning, dan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Sutrisno, Prof., Dr., H., M.Ag., dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 312 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-707-4 Sinopsis: Saat ini hampir semua pendidikan tinggi mengalami “demam” KKNI. Pasalnya, terhitung sejak tahun ajaran 2016/2017 seluruh perguruan tinggi diharapkan telah menerapkan KKNI bidang Pendidikan Tinggi, mulai dari redesain kurikulum mengacu KKNI,… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd.,M.Si Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-145-4 Sinopsis : Dalam hidupnya manusia senantiasa dihadapkan pada berbagai permasalahan kehidupan. Permasalahan selalu hadir dan menuntut kita untuk mencari akar penyebab timbulnya persoalan. Ketika kita berusaha mengeksplorasi lebih jauh akar permasalahan tersebut, maka… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Suwatno, Prof. Dr. H., M.si Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 244 Halaman ISBN: 978-602-446-236-9 Sinopsis : Sebagai sebuah pengantar, buku ini mencoba memberikan konsep-konsep dasar yang mudah dipahami oleh para mahasiswa atau pembelajar pemula di bidang public relations. Mengingat… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd., M.Si. Cetakan 1, 2013 16×24 cm 216 hlm. Isi:HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 ISBN: 978-979-692-179-9 Sinopsis : Awalnya web hanya dibuat untuk mempermudah tukar-menukar dan memperbarui informasi. Zaman berkembang dan teknologi web pun semakin banyak digunakan untuk pembuatan website hingga web application. Jenis-jenis website baru pun mulai bermunculan dan dikembangkan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.