Komunikasi Pendidikan Perspektif Bio-Komunikasi
Rp 72.800 Rp 91.000| Kode | RR.PK0298 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Komunikasi Pendidikan Perspektif Bio-Komunikasi
Deni Darmawan, Dr., S.Pd., M.Si.
Cetakan 1, 2015
16×24 cm, 340 hlm.
Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr.
ISBN: 978-979-692-640-4
Sinopsis:
Biologi saat ini tengah diupayakan untuk dikaji menjadi landasan baru bagi kajian Ilmu komunikasi selain Antropologi, Sosiologi, Psikologi, Psikologi Sosial, serta ilmu-ilmu eksakta, seperti Fisika dan Matematika.
Selain itu, Biologi sebagai salah satu landasan ilmiah komunikasi mencoba menguraikan aspek biologis manusia yang tidak terlepas dari aspek-aspek komunikasi yang dimiliki dalam proses interaksi, terutama secara intrapersonal.
Adapun ciri-ciri Biologi Komunikasi (Bio-Komunikasi) antara lain lebih mengarah pada emosi, tergantung pada gejala-gejala iner, merupakan efek afeksi. Ciri tersebut diperlukan dalam proses pendidikan, lebih tegasnya dalam bentuk Komunikasi Pendidikan.
Buku ini memaparkan kajian Biologi Komunikasi (Bio-Komunikasi) secara konstruktif sebagai bidang ilmu baru dari kajian ilmu komunikasi. Bio-Komunikasi ini diharapkan dapat menambah pemahaman pembaca bahwa antarbidang ilmu memiliki keterkaitan didalam menyelesaikan permasalahan manusia, khususnya bidang pendidikan.
Sebagaimana dikupas dalam buku ini, bahwa permasalahan pendidikan mampu diselesaikan secara intrapersonal maupun inter- personal melalui Bio-Komunikasi
Daftar Isi
Kata Sambutan —iii
Kata Sambutan Pakar—vii
Kata Sambutan—xv
Kata Pengantar—xvii
BAB I Fenomena dan Perkembangan Paradigma—1
A. Berangkat dari Kondisi Kelemahan Metodologi Riset—4
B. Paradigma Ilmu Komunikasi dalam Bidang lain—5
C. Pembelajaran Kognitif versus Perasaan—7
D. Kekuatan Stimulus Berbasis Teknologi Informasi—8
BAB II Belajar dari Temuan Riset—13
A. Telaah Komunikasi Berdasarkan Otak sebagai Dasar Perilaku
Biologi Komunikasi dan Psikologis—16
B. Perilaku Biologi Komunikasi Berdasarkan telaah Interaksi—22
C. Biologi Komunikasi sebagai Landasan Perilaku Biologi
Komunikasi—25
BAB III Perkembangan Ilmu Komunikasi—31
BAB IV Perilaku Biologi Komunikasi—45
A. Perspektif Intra-Organism—45
B. Perspektif Inter-Organism—48
BAB V Komunikasi Berbasis Teknologi Informasi dalam Pembelajaran—53
A. Visualisasi Otak—53
B. Perilaku Biologi Komunikasi secara Biologi Genetik—59
BAB VI Perilaku Manusia secara Biologi dan Fenomena Pembelajaran—63
A. Perilaku Biologi Komunikasi Berbasis Teknologi Informasi
Menuju Revolusi Pembelajaran—66
B. Lokus Perilaku Manusia Secara Biologi sebagai Refleksi
Pembelajaran—67
C. Perilaku Biologi dan Biologi Sosial sebagai Dasar Keberhasilan
Pembelajaran—68
D. Revolusi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi—69
BAB VII Model-Model Pembelajaran Inovatif dalam
Telaah Perilaku Biologi Komunikasi—75
A. Accelerated Learning—75
B. Quantum Teaching & Quantum Learning—80
C. Pembelajaran Berbasis Komputer—81
BAB VIII Komponen Sistem Teknologi Informasi—89
A. Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi—90
B. Peranan Teknologi Informasi dalam Pendidikan—90
C. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan—92
D. Peranan Lembaga Pendidikan dalam Pemanfaatan Teknologi
Informasi—93
E. Peranan Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi—94
BAB IX Beberapa Perspektif Keilmuan dalam Biologi Komunikasi—97
A. Perspektif Ilmu Biologi—97
B. Perspektif Ilmu Komunikasi—108
C. Perspektif Ilmu Psikologi—113
D. Perspektif Ilmu Kedokteran/Neurologi—118
E. Perspektif Pendidikan—125
F. Perspektif Teknologi Informasi Komunikasi—129
G. Perspektif Budaya—136
BAB X Pengemasan Informasi dan Percepatan Belajar
dalam Biologi Komunikasi—143
A. Pengemasan Informasi Berbasis Teknologi Informasi dalam
Biologi Komunikasi—144
B. Akselerasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Otak Jenjang
SD—152
C. Akselerasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Otak Jenjang
SMP—153
D. Akselerasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Otak Jenjang
SMA—154
E. Akselerasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Otak Jenjang
PT—155
F. Kemampuan Otak Kiri dan Otak Kanan pada Jenjang SD,
SMP, SMA dan PT—156
G. Perbandingan Kemampuan Otak Kiri dan Otak Kanan
Antarjenjang Pendidikan pada Kelompok Sosial dan Eksak—158
BAB XI Biologi Komunikasi dalam Aktivitas Mengamati, Merasa,
Memahami, dan Kecenderungan Bertindak—163
A. Biologi Komunikasi Otak Kiri dan Kanan berdasarkan Stimulus
Visual Berbasis Teknologi Informasi—164
B. Biologi Komunikasi Otak Kiri dan Kanan Berdasarkan Stimulus
Audio Berbasis Teknologi Informasi—166
C. Biologi Komunikasi Otak Kiri dan Kanan Berdasarkan Stimulus
Multimedia Berbasis Teknologi Informasi—168
D. Biologi Komunikasi Berdasarkan Stimulus Kecenderungan
Bertindak Berbasis Teknologi Informasi—171
BAB XII Perilaku Biologi Komunikasi Berdasarkan
Bagian Spesifik Otak—175
A. Parasagital—177
B. Frontal—178
C. Parietal—181
D. Occipital—182
E. Temporal—183
BAB XIII Beberapa Tinjauan Biologi Komunikasi—187
A. Biologi Komunikasi sebagai Proses—187
B. Biologi Komunikasi sebagai Transaksional—194
C. Biologi Komunikasi sebagai Interaksional—197
D. Biologi Komunikasi sebagai Perspektif—200
BAB XIV Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
dan Komunikasi—221
A. Lingkungan Visual—221
B. Desain Warna—222
C. Desain image—223
D. Desain Efek Cahaya—223
E. Desain Audio (musik latar)—224
F. Desain Interaktif—225
BAB XV Implementasi Bio-Komunikasi Berdasarkan Teknologi Informasi
dan Budaya Pembelajaran—235
A. Kaitan Belajar dan Berpikir Berdasarkan atas Analisis Fungsional
Anatomis Otak menuju Akselerasi—237
B. Perspektif Teknologi Informasi—241
C. Perspektif Budaya—252
BAB XVI Desain Model Pembelajaran Bio-Komunikasi
pada Berbagai Jenjang Pendidikan—257
A. Model Pembelajaran Jenjang Sekolah Dasar—257
B. Model Pembelajaran Jenjang SMP—263
C. Model Pembelajaran Jenjang SMA—269
D. Model Pembelajaran Jenjang Pendidikan Tinggi—273
E. Model Komunikasi dalam Kaitannya dengan Biologi Komunikasi—276
BAB XVII Review terhadap Analisis Lahirnya Paradigma
Biologi Komunikasi—283
A. Analisis Filosofis—283
B. Analisis Landasan Ilmiah—300
C. Analisis Akar Ilmu—300
D. Analisis Hasil Riset Ilmiah—302
E. Analisis Metafisika—302
F. Analisis Metateoritikal—304
G. Analisis Metarasional—305
Daftar Pustaka—307
Tentang Penulis—315
Tags: Dampak Bio-Komunikasi pada Pendidikan, Faktor Bio-Komunikasi dalam Pendidikan, Komunikasi Biologis, Komunikasi Pendidikan, Konsep Bio-Komunikasi, Model Komunikasi Pendidikan, Perspektif Bio-Komunikasi, Proses Komunikasi Pendidikan, Strategi Komunikasi Pendidikan yang Berbasis Bio-Komunikasi, Teori Komunikasi Pendidikan
Komunikasi Pendidikan Perspektif Bio-Komunikasi
| Berat | 750 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 695 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Sarwiji Suwandi, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 224 Halaman ISBN: 978-602-446-349-6 Sinopsis : Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah kini tengah dilaksanakan di berbagai sektor kehidupan. Gerakan literasi tidak sebatas gerakan membaca dan menulis saja, tetapi terkait erat… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Judul : MENGGAMBAR BUSANA Pengarang : USWATUN HASANAH, DRA., DKK Tahun : Cet ke-1, Januari 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 132 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-018-1 Sinopsis : Buku ajar ini dititikberatkan pada proses menggambar manusia telanjang dengan proporsi kusus bidang desain busana, menggambar manusia berbusana, serta detil model… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Kompri, M.Pd.I. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 336 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-634-3 Sinopsis: Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasme dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik)…. selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Dadang Suwanda, Dr., H., S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA., Burdan Ali Junjunan, S.H., M.Si., Ellen Rusliati, Dr., Hj., S.E., M.SIE. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 264 Halaman ISBN: 978-602-446-344-1 Sinopsis : Otonomi keuangan daerah menuntut pemerintah daerah untuk meningkatkan kapabilitas dan… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Arbangi, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 168 Halaman ISBN: 978-602-446-521-6 Sinopsis: Guru sebagai bagian integral dari organisasi sekolah perlu mengembangkan kompetensinya agar peka dan mampu menghadapi perubahan dan perkembangan zaman. Tugas pokok, fungsi, serta kedudukan guru dalam koridor profesi… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Penulis: Asip Suryadi, Drs., M.Ed., Ika Berdiati, Dra., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 320 Halaman ISBN: 978-602-446-201-7 Sinopsis: Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan para guru akan sebuah sumber belajar yang tidak sekadar berisi informasi mengenai Penelitian Tindakan Kelas… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Akdon, H., Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-623-7 Sinopsis : Biaya dalam pendidikan meliputi biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya pendidikan ditentukan oleh berbagai faktor. Isu lain berkaitan dengan biaya pendidikan ini adalah adanya perbedaan pengeluaran anggaran biaya pendidikan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Judul : EKONOMI & PEMBIAYAAN PENDIDIKAN Pengarang : NANANG FATTAH Tahun : Cet 1, 2000 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 164 hlm ISBN : 979-692-002 Sinopsis : Materi ini membahas tentang konsep ekonomi dan pembiayaan pendidikan, khususnya keterkaitan pendidikan dengan ekonomi secara makro yang mengandung implikasi terhadap kebijakan dalam… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Bambang Rustanto, DR., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 144 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-648-0 Sinopsis: Buku ini lebih menyajikan panduan dan acuan bagi mahasiswa dalam melatih dan bekerja sama dengan masyarakat dalam praktik pekerjaan sosial komunitas. Bahwasanya masyarakat multikultural adalah suatu masyarakat yang terdiri dari berbagai elemen, baik… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Judul : MEMBUAT POLA Pengarang : SURYAWATI, DRA., M.SI. DKK Tahun : Cet ke-1, Maret 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 116 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-019-8 Sinopsis : Buku ini berisikan materi-materi mengenai pengertian pola, macam-macam pola, berbagai sistem pembuatan pola dasar badan, pemindahan lipit kup, pola tangan, pola… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.