Pedagogik Teoretis Dan Praktis
Rp 52.800 Rp 66.000Kode | RR.PK0269 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pedagogik Teoretis Dan Praktis
Waini Rasyidin, H., Prof., Dr., M.Ed.
Cetakan 1, 2014
16×24 cm, 236 hlm.
Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr.
ISBN: 978-979-692-493-6
Sinopsis:
Pedagogik adalah nilai dasar keilmuan dan profesi yang harus dibangun secara kokoh dan menjadi landasan bagi pemikiran dan tindakan pendidikan serta penyelenggaraan pendidikan guru. Pedagogik sebagai ilmu didukung dengan menggunakan ilmu-ilmu dasar seperti psikologi, antropologi, sosiologi, dan bahkan matematika.
Namun, semua itu harus dibingkai dan diuji koherensinya dengan filsafat dan filsafat pendidikan sehingga membangun keunikan wilayah kajian pedagogik sebagai ilmu. Itulah yang perlu dipahami oleh insan pendidikan terutama para pendidik, para pengambil kebijakan, dan para pendidik yang mendidik calon pendidik/guru di LPTK.
Munculnya buku Pedagogik seperti ini diharapkan memberikan pencerahan kepada semua insan pendidikan bahwa pendidikan adalah sebuah upaya yang berurusan dengan manusia sebagai organisme yang sedang berkembang menuju kedewasaan yang berlangsung dalam lingkungan dengan segala kompleksitas, dan pendidikan tidak bisa terlepas dari pemahaman secara mendalam tentang hakikat dan tujuan hidupnya. Pendidikan sebagai sebuah proses pemberdayaan dan pembudayaan.
——
Daftar Isi
BAB 1 Pedagogik Teoretis dan Praktis Pendahuluan –– 1
A. Pengantar –– 1
B. Signifikansi dari Rintisan Immanuel Kant –– 6
C. Arti Pendidikan –– 15
D. Tugas dan Keharusan Teori dalam Pendidikan –– 24
E. Antara Pedagogik, Ilmu Pendidikan, dan Ilmu-Ilmu Pendidikan –– 31
Bab 2 Kedudukan Pedagogik Teoretis dalam Ilmu Pendidikan –– 37
A. Pengantar –– 37
B. Pedagogik dan Kategorisasi Ilmu-Ilmu –– 43
C. Cabang dan Klasifikasi Pedagogik/Ilmu Pendidikan –– 51
Bab 3 Teori Pendidikan sebagai Ilmu –– 59
A. Antara pedagogik, teori Pendidikan, dan Karakteristik Ilmu –– 59
B. Antara Filsafat Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pendidikan –– 65
C. Pedagogik Teoretis sebagai Ilmu Berotonomi –– 69
D. Masalah Hak dan Kewajiban atas Pendidikan –– 73
Bab 4 Objek dari Teori Pendidikan dan Ilmu Pedagogik –– 75
A. Pengantar –– 75
B. Antara Pedagogik, Filsafat Pendidikan, dan Ilmu Pendidikan –– 77
C. Situasi Pendidikan dan Objek Pedagogik –– 83
D. Kewibawaan Pendidikan –– 87
E. Tujuan pendidikan –– 92
F. Alat Pendidikan atau Upaya-Upaya Pendidikan –– 101
G. Pendidik dan Terdidik –– 107
H. Nilai-Nilai dan Pengetahuan –– 110
I. Struktur Sosio-Kultural –– 115
J. Kesimpulan tentang Batasan atau Definisi Pendidikan –– 118
Bab 5 Keharusan, Kemungkinan, dan Batas Pendidikan –– 121
A. Pengantar –– 121
B. Keharusan Pendidikan –– 123
C. Kemungkinan Pendidikan –– 131
D. Batas pendidikan –– 136
Bab 6 Dasar-Dasar Antropologis-Filsafiah Pendidikan –– 139
A. Pengantar –– 139
B. Dasar Filsafiah-Antropologis dan Metode Empirik –– 143
C. Dasar-Dasar Antropologis dan Metode Kualitatif –– 146
D. Tentang Lima Dasar-Dasar Antropologi-Filsafiah Kependidikan –– 147
E. Filsafat Antropologis-Praktis dan Normatif –– 152
Bab 7 Sistem Ilmu Pedagogik –– 155
A. Pengantar –– 155
B. Sifat Ilmiah dari Pedagogik –– 156
C. Masalah dan Sub-Masalah Pedagogik –– 159
D. Antara Pedagogik Teoretis dan Pedagogik Praktis –– 165
E. Pembagian Pedagogik Teoretis: Pedagogik Sistematis dan Pedagogik Historis –– 167
F. Pembagian Pedagogik Praktis –– 169
G. Ilmu Pedagogik dan Hubungannya dengan Ilmu Lain –– 170
Bab 8 Pedagogik Praktis –– 173
A. Pengantar –– 173
B. Pendidikan Anak dalam Tiga Lingkungan (Tripusat Pendidikan) –– 175
C. Persekolahan Tersusun –– 185
D. Pedagogik Kesekolahan –– 188
E. Tentang Landasan Hukum Persekolahan dan Pendidikan Nasional –– 198
F. Sekilas Pendidikan Nasional untuk Mengisi Kemerdekaan, 2012/2013 –– 203
G. Rangkuman –– 208
Tags: Desain Instruksional, Etika Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Kepemimpinan Pendidikan, Metodologi Pembelajaran, Model Pembelajaran, Pedagogik, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah, Pendidikan Luar Sekolah, pendidikan tinggi, Pengajaran dan Pembelajaran, Pengembangan Kurikulum, Praktek Mengajar, Teori Pembelajaran
Pedagogik Teoretis Dan Praktis
Berat | 400 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.106 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
A. Muchtar Ghazali, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 320 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-725-8 Sinopsis : Reformasi di negara kita muncul sebagai upaya untuk mengoreksi kelemahan-kelemahan masa lalu dan melakukan upaya-upaya perbaikan untuk masa kini dan mendatang dalam berbagai sektor kehidupan. Buku ini membahas pokok pembelajaran Pendidikan Pancasila… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Ahmad Tafsir, Prof. Dr. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 260 Halaman ISBN: 978-602-446-296-3 Sinopsis : Manusia awalnya tidak ada, yang ada hanya Tuhan sendirian. Tidak ada malaikat, tidak ada manusia, tidak ada jin. Dalam kesendiriannya Tuhan ingin dikenal maka… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Amos Neolaka, Prof. Dr. Ir. Drs., M.Pd., dkk. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 292 Halaman ISBN: 978-602-446-690-9 Sinopsis: Manusia dalam hidupnya di dunia selalu menghadapi masalah. Masalah dalam hidup sehari-hari cukup banyak, antara lain masalah penelitian dan masalah penilaian pendidikan. Terdapat… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Penulis: Mochamad Nursalim, Dr., M.Si., Hermien Laksmiwati, Dra., M,Si., Muhammad Syafiq, S.Psi., M.Sc., Meita Santi Budiani, M.Psi., Siti Ina Savira, S.Psi., M.Ed.C.P., Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si., Yohna Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 248 Halaman ISBN: 978-602-446-364-9 Sinopsis… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00037%
Penulis: Marjuki, Dr., S.E., M.Ag. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 348 Halaman ISBN: 978-602-446-483-7 Sinopsis: Permendikbud no. 22 tahun 2016 mengamanatkan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 95.00020%
Penulis: Yurniwati, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 196 Halaman ISBN: 978-602-446-327-4 Sinopsis : Guru sebagai ujung tombak di bidang pendidikan memegang peranan sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menyediakan buku sebagai sumber… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Abdul Madjid, M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-582-7 Sinopsis : Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran adalah bagian integral dari proses kegiatan pembelajaran. Penilaian ini bertujuan menilai efektivitas dan efisiensi kegiatan pengajaran sebagai bahan untuk perbaikan dan penyempurnaan program serta pelaksanaannya. Salah satu… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 216 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-624-4 Sinopsis: Hal pertama yang paling menarik dilakukan Presiden ke-7 Joko Widodo setelah dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia dan serah terima jabatan adalah melakukan videoconference dengan sejumlah masyarakat di berbagai daerah (delapan daerah)…. selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Penulis: Kisyani-Laksono, Prof., Dr., Tatag Yuli Eko Siswono, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 264 Halaman ISBN: 978-602-446-200-0 Sinopsis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembeljaran di kelas. Selain… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Sitepu, Prof., Dr., B.P., MA. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 292 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-701-2 Sinopsis : Jurnal ilmiah merupakan media komunikasi bagi para ilmuan, calon ilmuan, dan pemerhati dalam disiplin ilmu tertentu. Jurnal memuat laporan penelitian dalam bentuk artikel yang diperlukan oleh masyarakat ilmiah sebagai rujukan dalam… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.