Instrumen Penelitian dan Penilaian
Rp 72.000 Rp 90.000| Kode | RR.PK0483 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Instrumen Penelitian dan Penilaian
Penulis: Amos Neolaka, Prof. Dr. Ir. Drs., M.Pd., dkk.
Cetakan: 1, 2023
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
292 Halaman
ISBN: 978-602-446-690-9
Sinopsis:
Manusia dalam hidupnya di dunia selalu menghadapi masalah. Masalah dalam hidup sehari-hari cukup banyak, antara lain masalah penelitian dan masalah penilaian pendidikan. Terdapat masalah yang segera diselesaikan, tetapi ada juga masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan segera, dan membutuhkan data autentik dari sumber yang benar. Sumber yang benar didapat dari hasil penelitian. Data hasil penelitian menjadi autentik dan valid jika alat ukur atau instrumen penelitian serta penilaian disusun dengan benar dan memenuhi syarat validitas. Artinya instrumen memegang peranan penting dalam penelitian dan penilaian.
Kenyataan di lapangan berbagai pendekatan untuk masalah pengukuran telah dikembangkan, dan beberapa pertanyaan para pakar adalah apakah instrumen/alat ukur yang dikembangkan diandalkan atau reliabel? Artinya alat ukur itu apakah akurat, konsisten dan stabil? Selanjutnya pertanyaan lain adalah apakah alat ukur itu sah, sahih, atau valid? Artinya apakah alat itu atau instrumen itu benar-benar mengukur apa yang harus diukur atau diklaim untuk diukur? Apakah itu relevan?
Buku ini membahas, antara lain rasional, pengertian instrumen penelitian dan penilaian, jenis- jenis instrumen, yakni instrumen berupa angket, skala pengukuran: Likert, Guttman, Q-sort, Thurstone, Stapel, Bogardus, wawancara, observasi, penilaian program pembelajaran, deskripsi data pengukuran, validitas dan reliabilitas, langkah-langkah pengembangan instrumen, menyusun butir-butir instrumen, serta pengujian keabsahan data.
———-
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Pengertian Instrumen Penelitian
C. Pengukuran dan Penilaian
D. Manfaat Instrumen Penelitian dan Penilaian
BAB 2 JENIS-JENIS INSTRUMEN
A. Jenis Instrumen Penelitian
B. Jenis Instrumen Penilaian
BAB 3 PEMAHAMAN STATISTIK PENGUKURAN
A. Skala Pengukuran
B. Skala dan Rubrik Penilaian
C. Deskripsi Data Pengukuran
BAB 4 VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN
A. Validitas Instrumen
B. Macam-Macam Validitas
C. Reliabilitas Instrumen
BAB 5 PENGEMBANGAN INSTRUMEN
A. Rasional
B. Langkah-Langkah Pengembangan Instrumen
C. Analisis Butir Instrumen
D. Pengujian Keabsahan Data
Tags: Alat Penelitian, Analisis Data, Evaluasi, Instrumen Penelitian, Metode Penelitian, Penelitian, Penelitian Kuantitatif, Penelitian Pendidikan, Penelitian Sosial, Pengembangan Instrumen, Pengukuran, Penilaian, Penyusunan Instrumen, Reliabilitas, Skala Pengukuran, Statistik Penelitian, Survei, Tes, ualitatif, Validitas
Instrumen Penelitian dan Penilaian
| Berat | 500 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.963 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : KIMIA PEMISAHAN Pengarang : SUMAR HENDAYANA, PH.D. Tahun : 2006 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 168 hlm. ISBN : 979-514-593-1 Sinopsis: Pemisahan merupakan aspek penting dalam bidang kimia. Karena dari pemisahan itu akan diperoleh materi murni dari suatu campuran. Kebutuhan akan teknik pemisahan kimia yang efisien, tepat, dan cepat telah mendorong… selengkapnya
Rp 32.000 Rp 40.00020%
Kompri, M.Pd.I. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 336 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-634-3 Sinopsis: Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasme dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik)…. selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Arita Marini, DR., Ir. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 120 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-160-7 Sinopsis: Geometri adalah cabang matematika yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Geometri ini disebut juga ilmu ukur. Oleh Karena itu, dalam buku Geometri dan Pengukuran ini dibahas secara lengkap mengenai geometri… selengkapnya
Rp 25.600 Rp 32.00020%
Penulis: Yurniwati, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 196 Halaman ISBN: 978-602-446-327-4 Sinopsis : Guru sebagai ujung tombak di bidang pendidikan memegang peranan sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menyediakan buku sebagai sumber… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : Agustus 2009 Dimensi : 16×24, 328 Halaman, HVS-70 Gram ISBN : 979-692-950-3 Sinopsis : Pemahaman tentang karakteristik individu peserta didik ini memiliki arti penting dalam interaksi belajar-mengajar. Bagi seorang guru khususnya, informasi mengenai karakteristik individu peserta didik ini akan sangat berguna dalam memilih… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Judul : DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM Pengarang : OEMAR HAMALIK Tahun : Cet-1, 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 288 Hlm ISBN : 97-692-210-x Sinopsis: Sejatinya, kurikulum tidak hanya berisi serangkaian petunjuk teknis materi pembelajaran. Lebih dari itu, kurikulum merupakan sebuah program terencana dan menyeluruh, yang menggambarkan kualitas pendidikan sebuah bangsa. Dengan sendirinya, kurikulum memegang… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Sunaryo Kartadinata, Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 15×21 cm, 204 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-641-1 Sinopsis : Perdamaian, kedamaian, dan bahkan kekerasan pertama kali dibangun dalam pikiran manusia. Jika kedamaian ada dalam pikiran kita, maka lingkungan kita akan cenderung menjadi damai. Oleh karena itu, terciptanya kedamaian pertama… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.000Penulis: Dwi Purnomo Cetakan: 1 Ukuran: 17,5 x 25 Kertas isi: HVS 70 Kertas sampul: AC 260 336 Halaman ISBN: Synopsis: Apa gunanya ilmu tinggi, jika tidak berpihak pada kemanusiaan? Di tengah gempuran perubahan zaman dan kompleksitas dunia pendidikan tinggi, kita diingatkan kembali pada semangat Ki Hajar Dewantara: bahwa pendidikan sejatinya adalah upaya membentuk manusia… selengkapnya
*Harga Hubungi CS20%
Judul : MENGGAMBAR BUSANA Pengarang : USWATUN HASANAH, DRA., DKK Tahun : Cet ke-1, Januari 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 132 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-018-1 Sinopsis : Buku ajar ini dititikberatkan pada proses menggambar manusia telanjang dengan proporsi kusus bidang desain busana, menggambar manusia berbusana, serta detil model… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Suyono, Prof., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-625-1 Sinopsis : Buku Implementasi Belajar dan Pembelajaran ini lebih memfokuskan pembahasannya pada perkembangan pembelajaran dan implementasinya, termasuk bagaimana implementasi pada abad ke-21. Bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran abad ke-21, sebagai pemandu perubahan, inkubator pembelajaran, dan… selengkapnya
Rp 72.800 Rp 91.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.