Instrumen Penelitian dan Penilaian
Rp 72.000 Rp 90.000Kode | RR.PK0483 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Instrumen Penelitian dan Penilaian
Penulis: Amos Neolaka, Prof. Dr. Ir. Drs., M.Pd., dkk.
Cetakan: 1, 2023
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
292 Halaman
ISBN: 978-602-446-690-9
Sinopsis:
Manusia dalam hidupnya di dunia selalu menghadapi masalah. Masalah dalam hidup sehari-hari cukup banyak, antara lain masalah penelitian dan masalah penilaian pendidikan. Terdapat masalah yang segera diselesaikan, tetapi ada juga masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan segera, dan membutuhkan data autentik dari sumber yang benar. Sumber yang benar didapat dari hasil penelitian. Data hasil penelitian menjadi autentik dan valid jika alat ukur atau instrumen penelitian serta penilaian disusun dengan benar dan memenuhi syarat validitas. Artinya instrumen memegang peranan penting dalam penelitian dan penilaian.
Kenyataan di lapangan berbagai pendekatan untuk masalah pengukuran telah dikembangkan, dan beberapa pertanyaan para pakar adalah apakah instrumen/alat ukur yang dikembangkan diandalkan atau reliabel? Artinya alat ukur itu apakah akurat, konsisten dan stabil? Selanjutnya pertanyaan lain adalah apakah alat ukur itu sah, sahih, atau valid? Artinya apakah alat itu atau instrumen itu benar-benar mengukur apa yang harus diukur atau diklaim untuk diukur? Apakah itu relevan?
Buku ini membahas, antara lain rasional, pengertian instrumen penelitian dan penilaian, jenis- jenis instrumen, yakni instrumen berupa angket, skala pengukuran: Likert, Guttman, Q-sort, Thurstone, Stapel, Bogardus, wawancara, observasi, penilaian program pembelajaran, deskripsi data pengukuran, validitas dan reliabilitas, langkah-langkah pengembangan instrumen, menyusun butir-butir instrumen, serta pengujian keabsahan data.
———-
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Pengertian Instrumen Penelitian
C. Pengukuran dan Penilaian
D. Manfaat Instrumen Penelitian dan Penilaian
BAB 2 JENIS-JENIS INSTRUMEN
A. Jenis Instrumen Penelitian
B. Jenis Instrumen Penilaian
BAB 3 PEMAHAMAN STATISTIK PENGUKURAN
A. Skala Pengukuran
B. Skala dan Rubrik Penilaian
C. Deskripsi Data Pengukuran
BAB 4 VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN
A. Validitas Instrumen
B. Macam-Macam Validitas
C. Reliabilitas Instrumen
BAB 5 PENGEMBANGAN INSTRUMEN
A. Rasional
B. Langkah-Langkah Pengembangan Instrumen
C. Analisis Butir Instrumen
D. Pengujian Keabsahan Data
Tags: Alat Penelitian, Analisis Data, Evaluasi, Instrumen Penelitian, Metode Penelitian, Penelitian, Penelitian Kuantitatif, Penelitian Pendidikan, Penelitian Sosial, Pengembangan Instrumen, Pengukuran, Penilaian, Penyusunan Instrumen, Reliabilitas, Skala Pengukuran, Statistik Penelitian, Survei, Tes, ualitatif, Validitas
Instrumen Penelitian dan Penilaian
Berat | 500 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.688 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Dr. Sigit Purnama, M.Pd. Dr. Ellyn Sugeng Desyanti, M.Pd. Alucyana, M.Psi., Psikolog. Ratna Pangastuti, M.Pd.I. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 276 Halaman ISBN: 978-602-446-570-4 Sinopsis: Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Prof. Dr. Nana Supriatna, M.Ed., Neni Maulidah, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 352 Halaman ISBN: 978-602-446-518-6 Sinopsis: Di tengah-tengah berkembangnya teknologi informasi yang masif pada abad ini yang ditandai dengan penggunaan artificial intelligence, big data, dan internet of things, hanya… selengkapnya
Rp 104.000 Rp 130.00020%
Penulis: Yurniwati, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 196 Halaman ISBN: 978-602-446-327-4 Sinopsis : Guru sebagai ujung tombak di bidang pendidikan memegang peranan sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menyediakan buku sebagai sumber… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Sholeh Hidayat, Prof.,Dr.,M.Pd. Cetakan 4, 2017 16×24 cm, BW, 180 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-157-7 Sinopsis: Salah satu pengalaman belajar yang harus dimiliki calon guru atau guru professional dan dibelajarkan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Ke pendidikan (LPTK) adalah pengetahuan tentang kurikulum, selain pengetahuan kependidikan. Guru professional dituntut memiliki seperangkat… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: M. Karman, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 388 Halaman ISBN: 978-602-446-297-0 Sinopsis : Mengapa teks Al-Quran relevan untuk segala situasi dan kondisi? Walau lahir di masa yang tidak seperti sekarang, teksnya dapat dikontekstualisasikan di berbagai tempat dan… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Asis Saefuddin, H., Ika Berdiati Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-604-6 Sinopsis: Pembelajaran di kelas yang dikemas dengan menyenangkan merupakan dambaan peserta didik karena proses belajar yang menyenangkan bisa meningkatkan motivasi belajar yang tinggi bagi peserta didik guna menghasilkan produk dan proses belajar yang… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Suyadi, M.PD.I Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 224 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-137-9 Sinopsis : Data realistik menunjukkan bahwa moralitas dan karakter bangsa saat ini telah runtuh, sehingga dengan sendirinya telah mengundang berbagai musibah dan bencana yang meluas pada ranah sosial keagamaan, hukum, maupun politik di negeri ini. Kemendiknas… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Penulis: Zainal Arifin, Dr.s, M.Pd. Cetakan: 10, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 320 halaman ISBN: 979-692-956-2 Sinopsis: Salah satu komponen penting yang juga merupakan tugas profesional guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Istilah “evaluasi” sengaja digunakan oleh penulis untuk membedakannya dengan istilah “penilaian”. Alasannya,… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Judul : PSIKOLOGI KEPENDIDIKAN Pengarang : ABIN SYAMSUDDIN MAKMUN,M. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, vi + 250 halaman ISBN : 979-514-596-7 Sinopsis: Buku ini akan menuntun para calon guru untuk memahami psikologi kependidikan yang relevan dengan tugasnya kelak lewat sistem pengajaran modul. Pemilihan dan penyusunan pokok… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Ridwan Abdullah Sani, Dr., M.Si., Kaharuddin Arafah, M.Si., Ishak Aziz, Dr., M.Pd., Ratna Tanjung, Dra., M.Pd., Hary Suswanto, Dr., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 380 Halaman ISBN: 978-602-446-430-1 Sinopsis: Buku ini ditulis oleh tim dosen yang mengampu mata kuliah Evaluasi… selengkapnya
Rp 108.000 Rp 135.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.