Instrumen Penelitian dan Penilaian
Rp 72.000 Rp 90.000Kode | RR.PK0483 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Instrumen Penelitian dan Penilaian
Penulis: Amos Neolaka, Prof. Dr. Ir. Drs., M.Pd., dkk.
Cetakan: 1, 2023
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
292 Halaman
ISBN: 978-602-446-690-9
Sinopsis:
Manusia dalam hidupnya di dunia selalu menghadapi masalah. Masalah dalam hidup sehari-hari cukup banyak, antara lain masalah penelitian dan masalah penilaian pendidikan. Terdapat masalah yang segera diselesaikan, tetapi ada juga masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan segera, dan membutuhkan data autentik dari sumber yang benar. Sumber yang benar didapat dari hasil penelitian. Data hasil penelitian menjadi autentik dan valid jika alat ukur atau instrumen penelitian serta penilaian disusun dengan benar dan memenuhi syarat validitas. Artinya instrumen memegang peranan penting dalam penelitian dan penilaian.
Kenyataan di lapangan berbagai pendekatan untuk masalah pengukuran telah dikembangkan, dan beberapa pertanyaan para pakar adalah apakah instrumen/alat ukur yang dikembangkan diandalkan atau reliabel? Artinya alat ukur itu apakah akurat, konsisten dan stabil? Selanjutnya pertanyaan lain adalah apakah alat ukur itu sah, sahih, atau valid? Artinya apakah alat itu atau instrumen itu benar-benar mengukur apa yang harus diukur atau diklaim untuk diukur? Apakah itu relevan?
Buku ini membahas, antara lain rasional, pengertian instrumen penelitian dan penilaian, jenis- jenis instrumen, yakni instrumen berupa angket, skala pengukuran: Likert, Guttman, Q-sort, Thurstone, Stapel, Bogardus, wawancara, observasi, penilaian program pembelajaran, deskripsi data pengukuran, validitas dan reliabilitas, langkah-langkah pengembangan instrumen, menyusun butir-butir instrumen, serta pengujian keabsahan data.
———-
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Pengertian Instrumen Penelitian
C. Pengukuran dan Penilaian
D. Manfaat Instrumen Penelitian dan Penilaian
BAB 2 JENIS-JENIS INSTRUMEN
A. Jenis Instrumen Penelitian
B. Jenis Instrumen Penilaian
BAB 3 PEMAHAMAN STATISTIK PENGUKURAN
A. Skala Pengukuran
B. Skala dan Rubrik Penilaian
C. Deskripsi Data Pengukuran
BAB 4 VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN
A. Validitas Instrumen
B. Macam-Macam Validitas
C. Reliabilitas Instrumen
BAB 5 PENGEMBANGAN INSTRUMEN
A. Rasional
B. Langkah-Langkah Pengembangan Instrumen
C. Analisis Butir Instrumen
D. Pengujian Keabsahan Data
Tags: Alat Penelitian, Analisis Data, Evaluasi, Instrumen Penelitian, Metode Penelitian, Penelitian, Penelitian Kuantitatif, Penelitian Pendidikan, Penelitian Sosial, Pengembangan Instrumen, Pengukuran, Penilaian, Penyusunan Instrumen, Reliabilitas, Skala Pengukuran, Statistik Penelitian, Survei, Tes, ualitatif, Validitas
Instrumen Penelitian dan Penilaian
Berat | 500 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.516 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: M. Karman, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 388 Halaman ISBN: 978-602-446-297-0 Sinopsis : Mengapa teks Al-Quran relevan untuk segala situasi dan kondisi? Walau lahir di masa yang tidak seperti sekarang, teksnya dapat dikontekstualisasikan di berbagai tempat dan… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Judul : PRINSIP & TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : Cet 10, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, x + 166 halaman ISBN : 979-514-127-9 Sinopsis : Buku ini menjawab segala masalah yang bertalian dengan pengetesan dan pengevaluasian hasil belajar siswa/mahasiswa, sekaligus mengevaluasi hasil pengajaran siswa/mahasiswa, bahkan… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Amos Neolaka, Prof., Dr., Ir., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 244 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-575-9 Sinopsis : Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan keingintahuan yang sangat besar. Oleh karena itulah tercipta ilmu pengetahuan. Saat ini, kepaduan antara ilmu pengetahuan dan penelitian sangat erat. Ilmu dan penelitian diibaratkan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Arita Marini, Dr., Ir., M.E. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-567-4 Sinopsis : Sekolah dasar adalah sebuah organisasi sosial yang mempunyai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan utama sekolah dasar adalah memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. Dalam sebuah organisasi, tentunya manajemen merupakan kekuatan… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Judul : MEMBUAT POLA Pengarang : SURYAWATI, DRA., M.SI. DKK Tahun : Cet ke-1, Maret 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 116 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-019-8 Sinopsis : Buku ini berisikan materi-materi mengenai pengertian pola, macam-macam pola, berbagai sistem pembuatan pola dasar badan, pemindahan lipit kup, pola tangan, pola… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 176 Halaman ISBN: 978-602-446-233-8 Sinopsis: Dua aktivitas yang terbukti efektif mengembangkan keterampilan berupa kemampuan berpikir positif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Apa itu? Jawabannya adalah pengetahuan dan keterampilan yang… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Judul : PENELITIAN PENDIDIKAN Pengarang : DRS. ZAINAL ARIFIN, M.PD. Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 328 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-048-8 Sinopsis : Mahasiswa dan para praktisi pendidikan tentunya harus terlibat dalam upaya pemecahan masalah pendidikan, salah satunya melalui karya tulis ilimiah (penelitian) sebagai bentuk tanggung… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Penulis: Asip Suryadi, Drs., M.Ed., Ika Berdiati, Dra., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 320 Halaman ISBN: 978-602-446-201-7 Sinopsis: Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan para guru akan sebuah sumber belajar yang tidak sekadar berisi informasi mengenai Penelitian Tindakan Kelas… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Penulis: Ridwan Abdullah Sani, Dr., M.Si., Kaharuddin Arafah, M.Si., Ishak Aziz, Dr., M.Pd., Ratna Tanjung, Dra., M.Pd., Hary Suswanto, Dr., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 380 Halaman ISBN: 978-602-446-430-1 Sinopsis: Buku ini ditulis oleh tim dosen yang mengampu mata kuliah Evaluasi… selengkapnya
Rp 108.000 Rp 135.00020%
Penulis: Zainal Arifin, H., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 384 Halaman ISBN: 978-602-446-336-6 Sinopsis : Program adalah rencana dari sebuah sistem. Suatu rencana perlu dituangkan secara tertulis sehingga dapat dipelajari oleh semua pihak yang terlibat. Dalam praktiknya, sering kali pelaksanaan… selengkapnya
Rp 112.000 Rp 140.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.