Dinamika Riset Kualitatif Diskusi Praktis & Contoh Penerapannya
Rp 60.000 Rp 75.000Kode | RR.PK0472 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Dinamika Riset Kualitatif Diskusi Praktis & Contoh Penerapannya
Penulis: Prof. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., MCE.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
204 Halaman
ISBN: 978-602-446-602-2
Sinopsis:
Buku ini hadir sebagai salah satu rujukan bagi para peneliti pemula yang ingin mengenal tentang bagaimana merumuskan proposal, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Secara singkat diuraikan solusi dan contoh bagaimana penelitian dengan pendekatan kualitatif ini diuraikan pada buku sederhana ini.
Melalui buku ini tentunya penulis juga ingin memberikan sharing pengalaman tentang bagaimana mengenal dan menyiasati penuntasan penelitian-penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Beberapa pembahasan dalam buku ini sangat penting bagi para peneliti profesional, dosen, mahasiswa sebagai referensi “unik”, mengingat yang diuraikan dalam buku ini lebih menekankan pada aspek diskusi, sharing pengalaman penelitian, khusus dengan pendekatan kualitatif.
Buku ini bukan untuk memberikan acuan dalam tahapan melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif, tetapi lebih kepada diskusi dalam menemukan jawaban-jawaban atas keraguan dan kebuntuan dalam melaksanakannya.
————–
Daftar Isi
BAB I LAHIRNYA PAHAM RISET KUALITATIF
A. Paham Post-Positivisme
B. Ciri-Ciri Riset Kualitatif
C. Fenomenologi dalam Pendekatan Kualitatif
D. Keterjangkauan Pendekatan Kualitatif
E. Interpretasi Pengalaman
F. Memahami Hasil Interview
G. Esensi dari Fenomenologi
H. Tahapan Riset Fenomenologi
BAB II MEMBUAT SIMPULAN-SIMPULAN DALAM RISET KUALITATIF
A. Simpulan dari Sumber Data Informan
B. Simpulan dari Metode Pengumpulan Data
C. Simpulan dari Proses Pendukung Riset
D. Simpulan dari Topik-Topik Pertanyaan Fenomenologi
E. Simpulan dari Strategi Fenomenologi
F. Simpulan dari Dokumen-Dokumen yang Dianalisis
G. Keterkaitan Simpulan dengan Jumlah Informan (XE “informan”) atau Sampling dalam Fenomenologi
H. Jenis Validitas (XE “Validitas”) yang Harus diperhatikan dalam Fenomenologi
BAB III KEKUATAN FONDASI DALAM MELAKUKAN PENELITIAN KUALITATIF
A. Esensi-Esensi dalam Penelitian Kualitatif
B. Runtut Kerja Pokok Penelitian Naturalistik
C. Model Penelitian Naturalistik yang Banyak Digunakan
D. Pendekatan Penelitian Kualitatif
E. Apa Penelitian Kualitatif Itu?
BAB IV LEBIH MEMAHAMI RISET KUALITATIF
A. Menganalisis Perbedaan secara Mendalam antara Pendekatan Riset Kualitatif dan Kuantitatif
B. Bagaimana Tujuan Riset Kualitatif Dilihat dalam Bidang Pendidikan
C. Memahami Tradisi dalam Pendekatan Kualitatif
D. Data dalam Penelitian Kualitatif
E. Tekniknya Menganalisis Data Kualitatif
F. Fenomena Riset Kualitatif dan Perubahan Sosial
BAB V CONTOH MEMBUAT LATAR BELAKANG RISET KUALITATIF
A. Memahami Istilah dalam Sistematika Riset dengan Pendekatan Kualitatif
B. Memahami Esensi dari Sebuah Latar Belakang
C. Contoh Merumuskan Latar Belakang dalam Kualitatif
BAB VI CONTOH MEBUAT KONTEKS PENELITIAN DALAM RISET KUALITATIF
A. Teknik Mereview Literatur dalam Bagian Konteks Penelitian
B. Menganalisis Keterkaitan Pendahuluan dengan Simpulan
C. Contoh Uraian Konteks Penelitian
D. Fokus Penelitian
E. Maksud dan Tujuan Penelitian
F. Kegunaan Penelitian
BAB VII CONTOH DESKRIPSI BAB II DALAM RISET KUALITATIF
A. Kajian Pustaka
B. Landasan Teoretis
C. Kerangka Pemikiran
D. Hipotesis Kerja (XE “Hipotesis Kerja”)
BAB VIII MEMBUAT BAB III DALAM RISET KUALITATIF
A. Contoh Rumusan BAB III dengan Pendekatan Kualitatif (Contoh-1) dalam Pendidikan Umum atau Ilmu Sosial
B. Contoh Rumusan BAB III Dengan Pendekatan Kualitatif (Contoh-2)
C. Metode Penelitian dalam Riset Sosial
D. Objek Kajian
E. Pemilihan Informan dan Lokasi Penelitian
F. Teknik Pengumpulan Data
G. Analisa Data
H. Objektivitas dan Validitas
I. Contoh Rumusan BAB III Dengan Pendekatan Kualitatif (Contoh-2) dalam Bidang Ilmu Pendidikan dengan Metode Deskriptif
J. Contoh Rumusan BAB III Dengan Pendekatan Kualitatif (Contoh-3) dalam Bidang Ilmu Pendidikan dengan Metode Design and Develop
BAB IX BERBAGAI TEKNIK PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA PADA RISET KUALITATIF
A. Teknik Iterative
B. Teknik Pemberian Kode Inisial dan Struktur Kode Data
C. Teknik Berpikir Induktif dan Metode Grounded
D. Daftar Linieritas Deduktif
E. Contoh Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Versi-1
F. Teknik Pengolahan/Analisis Data
G. Contoh Penerapan Teknik Pengumpulan dan Pengolahan Data Versi-2
H. Teknik Analisis Data
BAB X BAGAIMANAKAH MELAKUKAN PENULISAN BAB IV DALAM RISET KUALITATIF
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan Hasil Penelitian
C. Contoh Pembahasan Hasil Penelitian
BAB XI BAGAIMANAKAH MELAKUKAN PENULISAN BAB V DALAM RISET KUALITATIF
A. Simpulan
B. Saran-saran
C. Implikasi
D. Rekomendasi
BAB XII BEBERAPA VARIAN RISET DAN PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF
A. Varian Riset Kualitatif
B. Makna Desain Penelitian
C. Deskripsi Proposal Penelitian Kualitatif
Tags: Analisis Data Kualitatif, Contoh Penerapan Riset Kualitatif, Dinamika Riset Kualitatif, Diskusi Praktis Riset Kualitatif, Etika Riset Kualitatif, Keuntungan Riset Kualitatif, Metode Riset Kualitatif, Penulisan Laporan Riset Kualitatif, Riset Kualitatif, Validitas Riset Kualitatif
Dinamika Riset Kualitatif Diskusi Praktis & Contoh Penerapannya
Berat | 400 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 976 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Helmawati, Dr., S.E., M.Pd.I. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 308 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-563-6 Sinopsis : Setiap manusia perlu pendidikan. Dengan pendidikan manusia dapat menggali seluruh potensi yang dimilikinya sehingga ia akan mampu menghadapi permasalahan hidup yang dihadapinya, baik di dunia maupun di akhirat. Tempat pendidikan yang pertama… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 156 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-089-1 Sinopsis: Tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) secara substansial adalah mengasuh, membimbing, mendorong, mengusahakan, dan menumbuhkembangkan manusia takwa. Ketakwaan merupakan high concept dalam arti memiliki banyak dimensi dan merupakan suatu kondisi yang pencapaiannya… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : Agustus 2009 Dimensi : 16×24, 328 Halaman, HVS-70 Gram ISBN : 979-692-950-3 Sinopsis : Pemahaman tentang karakteristik individu peserta didik ini memiliki arti penting dalam interaksi belajar-mengajar. Bagi seorang guru khususnya, informasi mengenai karakteristik individu peserta didik ini akan sangat berguna dalam memilih… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Abdul Madjid. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 352 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-460-8 Sinopsis: Ada banyak persoalan yang dihadapi guru pada waktu ia berdiri di depan kelas. Berbagai alternatif penyelesaian masalah tersebut juga sudah banyak dibahas dalam berbagai forum ilmiah. Kenyataannya persoalan-persoalan pendidikan tak kunjung habis, datang silih berganti…. selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Judul : BALANCED SCORECARD Pengarang : DR. DADANG DALLY, M.SI. Tahun : JUNI 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 128 halaman ISBN : 979-692-737-3 Sinopsis: SEORANG manajer yang baik umumnya tidak lahir secara tiba-tiba. Dia melalui proses panjang, yang masyarakat umum mengenalnya sebagai pengalaman. Lewat rentang waktu perjalanan itu, calon manajer melakukan eksplorasi dan… selengkapnya
Rp 31.200 Rp 39.00020%
Warsono, M.S., Prof., Dr. – Haryanto, Drs., M.S. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 324 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-121-8 Sinopsis: Model pembelajaran aktif merupakan alternatif yang harus diperhatikan jika kualitas lulusan ingin diperbaiki. Penggunaan cara-cara pembelajaran aktif baik sepenuhnya atau sebagai pelengkap cara-cara belajar tradisional akan meningkatkan kualitas pembelajaran…. selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
H. Drs. Soegiono, M.M., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, BW, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-086-0 Sinopsis: Para mahasiswa, para ilmuwan, para sastrawan, para budayawan, para politikus, para rohaniwan, dan bahkan anggota masyarakat umum, menggunakan filsafat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Oleh karena itu tampak terjadi keberagaman dalam penggunaannya,… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Prof. Dr. Wardi Bachtiar, M.A 16 x 24 cm – 372 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 4, 2013 ISBN: 979-692-671-7 Sinopsis : Buku ini membicarakan gagasangagasan segar dalam bidang sosiologi sejak periode awal kelahirannya hingga pemikiran yang mengedepankan teori kontemporer. Beberapa tokoh penting juga ditampilkan dalam berbagai pemikirannya… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Zainal Arifin, Dr.s, M.Pd. Cetakan: 10, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 320 halaman ISBN: 979-692-956-2 Sinopsis: Salah satu komponen penting yang juga merupakan tugas profesional guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Istilah “evaluasi” sengaja digunakan oleh penulis untuk membedakannya dengan istilah “penilaian”. Alasannya,… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.000S. Effendi, Dr., dkk. Cetakan 1, 2015 17,5×25 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-652-7 Sinopsis : Buku ini disusun berdasarkan data penggunaan ragam bahasa tulis karya para penulis yang dimuat dalam buku, majalah, dan surat kabar. Dari data akurat itu diperoleh keteraturan dalam bentuk kata dan susunan kalimat… selengkapnya
Rp 120.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.