Analisis Wacana Kritis Berbasis Korpus
Rp 76.000 Rp 95.000Kode | RR.KO0113 |
Status | Tersedia |
Kategori | Komunikasi |
Analisis Wacana Kritis Berbasis Korpus
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
252 Halaman
ISBN: 978-602-446-640-4
Sinopsis :
Buku ini adalah pengantar dalam memahami Metode Analisis Wacana Berbasis Korpus (Corpus-Assisted Discourse Studies/CADS). Metode CADS pada dasarnya penggabungan antara metode analisis wacana (kritis) dan metode linguistik korpus. Metode ini digunakan untuk membongkar praktik kekuasaan melalui penggunaan bahasa. Analisis dilakukan dengan menggunakan linguistik korpus untuk memperlihatkan praktik diskriminasi, bias, dan ketidakadilan melalui bahasa.
Buku ini menguraikan konsep dasar dan aplikasi metode CADS dalam menganalisis teks berita media. Pemaparannya terbagi ke dalam 10 bab. Setiap bab dilengkapi dengan ilustrasi dan studi kasus untuk mempermudah pemahaman pembaca. Bab I membahas mengenai pengertian metode CADS dan perbandingan metode ini dengan metode lain. Bab II dan III membahas mengenai korpus dan bagaimana strategi dalam membangun korpus. Bab IV hingga IX membahas mengenai analisis CADS, mulai dari frekuensi, penyimpangan (dispersi), konkordansi, kolokasi, klaster, dan kata kunci. Bab X mengetengahkan contoh kasus penelitian dengan menggunakan metode CADS. Buku ini juga dilengkapi dengan tutorial penggunaan OCTOPARSE, perangkat lunak yang dipakai untuk mengambil (scraping) berita media online. Ini diperlukan sebagai bahan dalam penyusunan korpus. Selain itu, disertakan juga tutorial penggunaan AntConc, perangkat lunak (software) yang banyak digunakan dalam analisis linguistik korpus.
————
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan: Apa Itu Analisis Wacana Kritis Berbasis Korpus (Cads)?
A. Cads = Wacana Kritis + Korpus
B. Perbedaan Cads Dengan Analisis Metode Lain
C. Kekuatan Cads
D. Kelemahan Cads
Bab II Korpus
A. Pengertian Korpus
B. Jenis Korpus
C. Bagaimana Korpus Disusun?
D. Korpus Versus Teks
Bab III Membangun Korpus
A. Korpus Pada Cads
B. Korpus Dalam Studi Media
C. Desain Korpus
D. Proses Membangun Korpus
E. Studi Kasus
Bab IV Jumlah Kata (Frekuensi)
A. Identifikasi Kata
B. Tipe Versus Token
C. Penyajian Frekuensi
D. Analisis Kritis
E. Frekuensi Menggambarkan Apa?
F. Studi Kasus
Bab V Penyimpangan (Dispersi)
A. Identifikasi Penyimpangan
B. Studi Kasus
Bab VI Konkordansi
A. Identifikasi Konkordansi
B. Konkordansi Menggambarkan Apa?
C. Studi Kasus
Bab VII Kolokasi
A. Identifikasi Kolokasi
B. Kolokasi Menggambarkan Apa?
C. Studi Kasus
Bab VIII Rangkaian Kata (Klaster)
A. Identifikasi Klaster
B. Klaster Menggambarkan Apa?
C. Studi Kasus
Bab IX Kata Kunci (Keyness)
A. Korpus Sasaran Dan Referensi
B. Kata Kunci Menunjukkan Apa?
Bab X Contoh Kasus Penelitian
A. Masalah Penelitian
B. Tinjauan Literatur
C. Metode
D. Hasil Penelitian
E. Diskusi: Bias Heteronormatif
Analisis Wacana Kritis Berbasis Korpus
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.677 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 472 Halaman ISBN: 978-602-446-351-9 Sinopsis : Dari puluhan buku yang ditulis Begawan Ilmu Komunikasi, buku ini paling keren, sarat dengan muatan global dan lokal. Isinya dirangkai dengan serasi, berdasarkan riset perpustakaan… selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Penulis: Sunarto, dkk. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Perkembangan teknologi komunikasi telah menciptakan disrupsi dalam banyak aspek kehidupan. Disrupsi ditemui manakala terjadi hal-hal yang berbeda dan dirasakan mengganggu dalam kehidupan sehari-hari. Perlahan tapi pasti hal itu menciptakan… selengkapnya
Rp 78.400 Rp 98.00020%
Judul : MEDIA DAN PERUBAHAN SOSIAL Pengarang : DR. ENI MARYANI, DRA., M.SI. Tahun : Cet-1, Januari 2011 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 236 halaman ISBN : 978-979-692-021-1 Sinopsis : Buku ini memaparkan hasilstudi tentang dinamika hubungan media dengan masyarakat dan perubahan sosial yang menyertainya. Kebutuhan masyarakat akan media pada tiap komunitas tak terelakkan…. selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : ILMU KOMUNIKASI TEORI DAN PRAKTEK Pengarang : ONONG UCHJANA EFFENDY Tahun : Cet 28, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 192 halaman ISBN : 979-514-030-2 Sinopsis : Buku ini tidak hanya membahas komunikasi secara teoritis, tetapi juga menyertakan cara-cara menerapkannya dalam retorika, kepemimpinan, pembangunan, organisasi, pendidikan, hubungan masyarakat, jurnalistik dan… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., S.I.P., M. Si. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 388 Halaman ISBN: 978-602-446-603-9 Sinopsis : Metode netnografi (netnografi = internet + etnografi) adalah metode yang digunakan untuk mempelajari budaya pengguna internet (lebih khusus media sosial). Pada dasarnya, netnografi adalah penerapan… selengkapnya
Rp 112.000 Rp 140.00020%
Judul : SEMIOTIKA KOMUNIKASI Pengarang : ALEX SOBUR, DRS., MSI. Tahun : Cet I, 2003 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xxix + 333 hlm ISBN : 979-692-238-X Sinopsis : Buku ini memfokuskan diri pada semiotika komunikasi, yang berkaitan dengan penggunaan dan produksi tanda secara sosial di dalam proses komunikasi. Di dalamnya… selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 284 Halaman ISBN: 978-602-446-400-4 Sinopsis : Saat ini komunikasi visual menempati posisi sangat penting, apalagi ditambah dengan kehadiran media sosial (seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan sebagainya). Perkembangan ini membuat komunikasi… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Judul : KOMUNIKASI ORGANISASI Pengarang : R.WAYNE PACE/DON F. FAULES Tahun : Cet 3, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xiii + 566 halaman ISBN : 979-514-683-1 Sinopsis : Buku ini memuat lengkap teori-teori dan strategi pengembangan organisasi dan perusahaan melalui pendekatan komunikasi. Sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang mempelajari komunikasi,… selengkapnya
Rp 112.000 Rp 140.00020%
Solatun D. Sayuti, Dr., Drs., M.Sc. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 304 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-158-4 Sinopsis : Komunikasi Pemasaran Politik karya Dr. Solatun ini merupakan paduan sempurna antara paparan teoretik yang komprehensif dan pengalaman praktis keterlibatannya secara langsung di arena pemasaran dan kampanye politik Indonesia pasca reformasi…. selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: La Mani, Dr., S.IP., M.Sc., Budi Guntoro, Prof., Ph.D., IPU, ASEAN Eng. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 276 Halaman ISBN: 978-602-446-486-8 Sinopsis : Kebijakan dapat dikategorikan sebagai pesan yang bersumber dari suatu institusi, baik swasta maupun pemerintah yang ditujukan… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.