Analisis Wacana Kritis Berbasis Korpus
Rp 76.000 Rp 95.000Kode | RR.KO0113 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Komunikasi |
Analisis Wacana Kritis Berbasis Korpus
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
252 Halaman
ISBN: 978-602-446-640-4
Sinopsis :
Buku ini adalah pengantar dalam memahami Metode Analisis Wacana Berbasis Korpus (Corpus-Assisted Discourse Studies/CADS). Metode CADS pada dasarnya penggabungan antara metode analisis wacana (kritis) dan metode linguistik korpus. Metode ini digunakan untuk membongkar praktik kekuasaan melalui penggunaan bahasa. Analisis dilakukan dengan menggunakan linguistik korpus untuk memperlihatkan praktik diskriminasi, bias, dan ketidakadilan melalui bahasa.
Buku ini menguraikan konsep dasar dan aplikasi metode CADS dalam menganalisis teks berita media. Pemaparannya terbagi ke dalam 10 bab. Setiap bab dilengkapi dengan ilustrasi dan studi kasus untuk mempermudah pemahaman pembaca. Bab I membahas mengenai pengertian metode CADS dan perbandingan metode ini dengan metode lain. Bab II dan III membahas mengenai korpus dan bagaimana strategi dalam membangun korpus. Bab IV hingga IX membahas mengenai analisis CADS, mulai dari frekuensi, penyimpangan (dispersi), konkordansi, kolokasi, klaster, dan kata kunci. Bab X mengetengahkan contoh kasus penelitian dengan menggunakan metode CADS. Buku ini juga dilengkapi dengan tutorial penggunaan OCTOPARSE, perangkat lunak yang dipakai untuk mengambil (scraping) berita media online. Ini diperlukan sebagai bahan dalam penyusunan korpus. Selain itu, disertakan juga tutorial penggunaan AntConc, perangkat lunak (software) yang banyak digunakan dalam analisis linguistik korpus.
————
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan: Apa Itu Analisis Wacana Kritis Berbasis Korpus (Cads)?
A. Cads = Wacana Kritis + Korpus
B. Perbedaan Cads Dengan Analisis Metode Lain
C. Kekuatan Cads
D. Kelemahan Cads
Bab II Korpus
A. Pengertian Korpus
B. Jenis Korpus
C. Bagaimana Korpus Disusun?
D. Korpus Versus Teks
Bab III Membangun Korpus
A. Korpus Pada Cads
B. Korpus Dalam Studi Media
C. Desain Korpus
D. Proses Membangun Korpus
E. Studi Kasus
Bab IV Jumlah Kata (Frekuensi)
A. Identifikasi Kata
B. Tipe Versus Token
C. Penyajian Frekuensi
D. Analisis Kritis
E. Frekuensi Menggambarkan Apa?
F. Studi Kasus
Bab V Penyimpangan (Dispersi)
A. Identifikasi Penyimpangan
B. Studi Kasus
Bab VI Konkordansi
A. Identifikasi Konkordansi
B. Konkordansi Menggambarkan Apa?
C. Studi Kasus
Bab VII Kolokasi
A. Identifikasi Kolokasi
B. Kolokasi Menggambarkan Apa?
C. Studi Kasus
Bab VIII Rangkaian Kata (Klaster)
A. Identifikasi Klaster
B. Klaster Menggambarkan Apa?
C. Studi Kasus
Bab IX Kata Kunci (Keyness)
A. Korpus Sasaran Dan Referensi
B. Kata Kunci Menunjukkan Apa?
Bab X Contoh Kasus Penelitian
A. Masalah Penelitian
B. Tinjauan Literatur
C. Metode
D. Hasil Penelitian
E. Diskusi: Bias Heteronormatif
Analisis Wacana Kritis Berbasis Korpus
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 814 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Filsafat Komunikasi Tradisi Fenomenologi Alex Sobur, M.Sc Cet-1, 2013 HVS 70 gr, 16 X 24 cm, 512 Hlm ISBN : 978-979-692-155-3 Sinopsis : Endorsement Filsafat Komunikasi: Sebuah “masterpiece” yang mengajak kita ikut menyelam ke kedalaman filsafat komunikasi. Karenanya, buku ini penting dibaca bagi siapa saja yang ingin menemukan esensi komunikasi. Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D…. selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Penulis: Dr. Basuki Agus Suparno, M.Si. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 144 Halaman ISBN: 978-602-446-644-2 Sinopsis : “Life is a drama,” begitu kata Kenneth Burke. Tensi dramatik manusia ditampilkan dalam cara-cara memoralisasi, memuji, merendahkan, dan usaha-usaha untuk memperlihatkan diri sebagai orang yang… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Suranto A. W., Dr., M.Pd., M.Si. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-300-7 Sinopsis: Siapkah Anda memasuki era Revolusi Industri 4.0 dengan fenomena disruptive innovation? Saat ini, komunikasi memainkan peran penting dalam kehidupan organisasi. Komunikasi menghubungkan semua… selengkapnya
Rp 71.200 Rp 89.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., S.I.P., M. Si. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 388 Halaman ISBN: 978-602-446-603-9 Sinopsis : Metode netnografi (netnografi = internet + etnografi) adalah metode yang digunakan untuk mempelajari budaya pengguna internet (lebih khusus media sosial). Pada dasarnya, netnografi adalah penerapan… selengkapnya
Rp 107.200 Rp 134.00020%
Penulis : Inadia Aristyavani S.E, M.I.Kom, MIPR, CPR, CCMP Ukuran Buku : 16 x 24 cm Halaman : 244 Kertas Isi : HVS 70 Kertas Sampul : AC 230 gr Sinopsis: Buku ini merupakan pengantar dalam memahami komunikasi risiko. Isi buku menguraikan konsep-konsep dasar, teori, hingga strategi dan penerapan manajemen komunikasi risiko. Bagian awal buku ini menjelaskan pemahaman mengenai… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Ezi Hendri, M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 324 Halaman ISBN: 978-602-446-373-1 Sinopsis : Kadang-kadang kita membeli barang atau jasa yang sebenarnya tak dibutuhkan. Karena trik jualan atau diskon khusus, orang bisa membeli lebih banyak. Konsumen terdorong membeli merek tertentu, ingin memiliki… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Nina Winangsih Syam, Hj., Prof., Dr., Dra., M.S. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 240 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-638-7 Sinopsis : Filsafat Islam membimbing komunikasi transendental sehingga memberi corak, sifat, dan karakter unik pada proses komunikasi yang berlangsung sehingga memberi kedamaian hati. Dalam konteks ini, komunikasi transendental tidak netral,… selengkapnya
Rp 54.400 Rp 68.00020%
Judul : MEDIA DAN PERUBAHAN SOSIAL Pengarang : DR. ENI MARYANI, DRA., M.SI. Tahun : Cet-1, Januari 2011 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 236 halaman ISBN : 978-979-692-021-1 Sinopsis : Buku ini memaparkan hasilstudi tentang dinamika hubungan media dengan masyarakat dan perubahan sosial yang menyertainya. Kebutuhan masyarakat akan media pada tiap komunitas tak terelakkan…. selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.000Penulis: Turnomo Rahardjo, dkk. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 400 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku Memahami Metode Penelitian Komunikasi ini mendiskusikan beragam metode yang digunakan dalam penelitian komunikasi dengan pendekatan tunggal (kuantitatif atau kualitatif) dan pendekatan campuran (mixed-method). Buku ini diawali dengan… selengkapnya
Rp 115.00020%
Judul : KOMUNIKASI ORGANISASI Pengarang : R.WAYNE PACE/DON F. FAULES Tahun : Cet 3, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xiii + 566 halaman ISBN : 979-514-683-1 Sinopsis : Buku ini memuat lengkap teori-teori dan strategi pengembangan organisasi dan perusahaan melalui pendekatan komunikasi. Sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang mempelajari komunikasi,… selengkapnya
Rp 104.000 Rp 130.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.