Analisis Wacana Kritis Berbasis Korpus
Rp 76.000 Rp 95.000Kode | RR.KO0113 |
Status | Tersedia |
Kategori | Komunikasi |
Analisis Wacana Kritis Berbasis Korpus
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
252 Halaman
ISBN: 978-602-446-640-4
Sinopsis :
Buku ini adalah pengantar dalam memahami Metode Analisis Wacana Berbasis Korpus (Corpus-Assisted Discourse Studies/CADS). Metode CADS pada dasarnya penggabungan antara metode analisis wacana (kritis) dan metode linguistik korpus. Metode ini digunakan untuk membongkar praktik kekuasaan melalui penggunaan bahasa. Analisis dilakukan dengan menggunakan linguistik korpus untuk memperlihatkan praktik diskriminasi, bias, dan ketidakadilan melalui bahasa.
Buku ini menguraikan konsep dasar dan aplikasi metode CADS dalam menganalisis teks berita media. Pemaparannya terbagi ke dalam 10 bab. Setiap bab dilengkapi dengan ilustrasi dan studi kasus untuk mempermudah pemahaman pembaca. Bab I membahas mengenai pengertian metode CADS dan perbandingan metode ini dengan metode lain. Bab II dan III membahas mengenai korpus dan bagaimana strategi dalam membangun korpus. Bab IV hingga IX membahas mengenai analisis CADS, mulai dari frekuensi, penyimpangan (dispersi), konkordansi, kolokasi, klaster, dan kata kunci. Bab X mengetengahkan contoh kasus penelitian dengan menggunakan metode CADS. Buku ini juga dilengkapi dengan tutorial penggunaan OCTOPARSE, perangkat lunak yang dipakai untuk mengambil (scraping) berita media online. Ini diperlukan sebagai bahan dalam penyusunan korpus. Selain itu, disertakan juga tutorial penggunaan AntConc, perangkat lunak (software) yang banyak digunakan dalam analisis linguistik korpus.
————
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan: Apa Itu Analisis Wacana Kritis Berbasis Korpus (Cads)?
A. Cads = Wacana Kritis + Korpus
B. Perbedaan Cads Dengan Analisis Metode Lain
C. Kekuatan Cads
D. Kelemahan Cads
Bab II Korpus
A. Pengertian Korpus
B. Jenis Korpus
C. Bagaimana Korpus Disusun?
D. Korpus Versus Teks
Bab III Membangun Korpus
A. Korpus Pada Cads
B. Korpus Dalam Studi Media
C. Desain Korpus
D. Proses Membangun Korpus
E. Studi Kasus
Bab IV Jumlah Kata (Frekuensi)
A. Identifikasi Kata
B. Tipe Versus Token
C. Penyajian Frekuensi
D. Analisis Kritis
E. Frekuensi Menggambarkan Apa?
F. Studi Kasus
Bab V Penyimpangan (Dispersi)
A. Identifikasi Penyimpangan
B. Studi Kasus
Bab VI Konkordansi
A. Identifikasi Konkordansi
B. Konkordansi Menggambarkan Apa?
C. Studi Kasus
Bab VII Kolokasi
A. Identifikasi Kolokasi
B. Kolokasi Menggambarkan Apa?
C. Studi Kasus
Bab VIII Rangkaian Kata (Klaster)
A. Identifikasi Klaster
B. Klaster Menggambarkan Apa?
C. Studi Kasus
Bab IX Kata Kunci (Keyness)
A. Korpus Sasaran Dan Referensi
B. Kata Kunci Menunjukkan Apa?
Bab X Contoh Kasus Penelitian
A. Masalah Penelitian
B. Tinjauan Literatur
C. Metode
D. Hasil Penelitian
E. Diskusi: Bias Heteronormatif
Analisis Wacana Kritis Berbasis Korpus
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 967 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Solatun D. Sayuti, Dr., Drs., M.Sc. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 304 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-158-4 Sinopsis : Komunikasi Pemasaran Politik karya Dr. Solatun ini merupakan paduan sempurna antara paparan teoretik yang komprehensif dan pengalaman praktis keterlibatannya secara langsung di arena pemasaran dan kampanye politik Indonesia pasca reformasi…. selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Alex Sobur, Drs., M.Si. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-452-3 Sinopsis : Endorsement: Buku karya Alex Sobur—akademisi dari Fikom Universitas Islam Bandung—ini menarik, karena menyajikan sesuatu yang ‘baru’ dalam studi komunikasi, yaitu ‘komunikasi naratif.’ Secara konseptual, gagasan tentang komunikasi naratif merupakan wilayah kajian dalam… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Pujo Pramono Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 15 x 21 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 120 Halaman ISBN: 978-602-446-450-9 Sinopsis : Paradigma baru dalam menyusun strategi komunikasi perusahaan yang diperkenalkan dalam buku ini adalah suatu metoda ataupun cara-cara pengelolaan PR Perusahaan dengan menggunakan analogi teori dasar Marketing atau ilmu… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Judul : KOMUNIKASI KONTEKSTUAL Pengarang : DR. ATWAR BAJARI & DRS. S. SAH Tahun : JANUARI 2011 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-2310, 516 halaman ISBN : 978-979-692-015-0 Sinopsis : Setiap even komunikasi tidak sekadar menunjukkan elemen yang terlibat. Banyak hal yang ditunjukkan. Motif partisipan, wacana yang dibicarakan, media yang digunakan, lingkungan yang mempengaruhi, dan… selengkapnya
Rp 90.400 Rp 113.00020%
Judul : JURNALISTIK PRAKTIS (REVISI) Pengarang : IRMAN NOORHAFITUDDIN DIMYATI Tahun : Cet 3, 2001 Dimensi : 15 x 18 cm, HVS 70 gr, viii + 100 halaman ISBN : 979-514-896-6 Sinopsis : Buku ini merupakan buku panduan untuk para pemula yang ingin mendalami dunia tulis menulis, jurnalistik dan kewartawanan. Penulisnya, biasa memberi materi disetiap… selengkapnya
Rp 24.800 Rp 31.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 284 Halaman ISBN: 978-602-446-400-4 Sinopsis : Saat ini komunikasi visual menempati posisi sangat penting, apalagi ditambah dengan kehadiran media sosial (seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan sebagainya). Perkembangan ini membuat komunikasi… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Judul : HUMAN COMMUNICATION 1 Pengarang : STEWART L.TUBBS & SYLVIA MOSS Tahun : Cet 3, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xv + 256 halaman ISBN : 979-514-577-0 Sinopsis : Banyak penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif memberikan keuntungan dalam mencapai tujuan pribadi dan pekerjaan. Komunikasi yang efektif merupakan keahlian… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Reydonnyzar Moenek, Dr. Drs., M.Devt.M. Dr. H., Dadang Suwanda, S.E. M.M., M.Ak., Ak., CA., Wirman Syafri, Prof. Dr. H., M.Si.Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 128 Halaman ISBN: 978-602-446-409-7 Sinopsis : Tujuan utama otonomi daerah adalah meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat, pemberdayaan masyarakat,… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Judul : JURNALISTIK TEORI DAN PRAKTEK Pengarang : HIKMAT KUSUMANINGRAT, DKK. Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 343 HLM + xv ISBN : 979-692-374-2 Sinopsis : Buku ini enak dicerna, bermanfaat, tidak terjerumus dalam penjelasan-penjelasan teoritis dan sangat berbobot. Karena memakai “bahan-bahan pustaka” atau kedalaman analisis, yang dipadukan dengan… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 472 Halaman ISBN: 978-602-446-351-9 Sinopsis : Dari puluhan buku yang ditulis Begawan Ilmu Komunikasi, buku ini paling keren, sarat dengan muatan global dan lokal. Isinya dirangkai dengan serasi, berdasarkan riset perpustakaan… selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.