Memahami Metode Penelitian Komunikasi
Rp 115.000Kode | RR.KO0119 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Komunikasi |
Memahami Metode Penelitian Komunikasi
Penulis: Turnomo Rahardjo, dkk.
Cetakan: 1, 2024
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
400 Halaman
ISBN: 978-602-446-xxx-x
Sinopsis:
Buku Memahami Metode Penelitian Komunikasi ini mendiskusikan beragam metode yang digunakan dalam penelitian komunikasi dengan pendekatan tunggal (kuantitatif atau kualitatif) dan pendekatan campuran (mixed-method). Buku ini diawali dengan tulisan tentang landasan atau pijakan filosofis dalam penelitian, yaitu paradigma. Tulisan kedua dalam buku ini mendiskusikan tentang pengertian dasar penelitian, yaitu riset dan proses riset. Setelah mendiskusikan landasan filosofis penelitian dan pengertian dasar penelitian, tulisan berikutnya adalah metode yang digunakan dalam penelitian komunikasi dengan pendekatan kuantitatif, yaitu survei, studi eksperimen, dan analisis isi. Survei merupakan metode pengumpulan data dari responden melalui pertanyaan terstruktur dan bertujuan untuk mendapatkan gambaran representatif tentang populasi atau kelompok tertentu. Berbeda dari survei, studi eksperimen sangat berguna dalam mengeksplorasi efek intervensi dalam bidang komunikasi, sosial, dan psikologi, serta memberikan bukti kuat tentang dampak perubahan variabel independen. Metode berikutnya yang dibahas dalam buku ini adalah analisis isi. Analisis isi adalah sebuah metode yang mengharuskan pengkodean dan analisis konten dalam teks, gambar, atau media lainnya untuk mengidentifikasi pola, tema, atau karakteristik tertentu dalam materi media.
Buku ini juga membahas beragam metode penelitian komunikasi dengan pendekatan kualitatif seperti semiotika, analisis pembingkaian, studi kasus, dan retorika dan pentad dramatisme Kenneth Burke. Semiotika merupakan sebuah metode yang digunakan untuk memahami objek, dan peristiwa sebagai sekumpulan tanda dan mempelajari bagaimana tanda-tanda tersebut menghasilkan makna. Analisis pembingkaian adalah sebuah pendekatan untuk mengetahui bagaimana perspektif yang digunakan media (jurnalis) ketika menyeleksi isu dan menyampaikan. Sedangkan studi kasus merupakan penelitian empiris yang menitikberatkan pada penyelidikan fenomena sosial kontemporer dalam berbagai lini masyarakat sosial. Metode dengan pendekatan kualitatif yang dibahas dalam buku ini adalah retotika. Retorika dapat didefinisikan sebagai pesan-pesan yang didasarkan pada simbol-simbol verbal dan nonverbal yang lebih atau kurang dimaksudkan untuk memengaruhi sikap-sikap, nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan tindakan-tindakan sosial.
Dalam pendekatan campuran (mixed-method), ada beberapa metode yang didiskusikan dalam buku ini. Metode tersebut meliputi analisis resepsi, analisis jaringan komunikasi, dan analisis wacana kritis. Analisis resepsi merupakan suatu pendekatan penelitian yang menggabungkan dua lokus penelitian yaitu teks dan pemaknaan khalayak. Sementara itu, analisis jaringan merupakan suatu prosedur penelitian yang menggunakan logika berpikir teori sistem dimana penelitian jaringan menganalisis kegiatan proses komunikasi sebagai suatu sistem yang saling terhubung satu sama lain. Secara mendasar, analisis jaringan bisa diterapkan dalam dua konteks, yaitu konteks sosial/komunitas dan konteks organisasi. Analisis jaringan yang digunakan pada konteks sosial fokus pada memahami aliran informasi terkait isu spesifik yang terdapat di dalam suatu komunitas tertentu. Sedangkan analisis jaringan komunikasi pada level organisasi biasanya digunakan untuk melihat budaya komunikasi yang berlangsung pada suatu organisasi terutama alur komunikasi informal. Berbeda dari analisis jaringan, analisis wacana kritis melihat “bahasa sebagai praktik sosial” dan mempertimbangkan “penggunaan konteks bahasa” sebagai hal yang penting. Jika kita melihat bahasa sebagai wacana dan praktik sosial, maka kita tidak hanya menganalisis teks atau menganalisis proses produksi dan interpretasi, tetapi juga menganalisis hubungan antara teks, proses produksi, dan kondisi sosialnya.
Buku Memahami Metode Penelitian Komunikasi ini ditutup dengan tulisan mengenai landasan etis dalam penelitian sosial (komunikasi). Penelitian sosial berlangsung dalam suatu konteks sosial. Karenanya, peneliti perlu memberi perhatian pada pertimbangan etis dan politis disamping pertimbangan ilmiah dalam merancang dan melaksanakan penelitiannya. Namun, seringkali, jawaban yang jelas untuk isu etis dan politis sulit untuk diperoleh. Bagian dari keberhasilan hidup dalam masyarakat adalah mengetahui apa yang masyarakat anggap sebagai sesuatu yang etis dan tidak etis. Hal yang sama berlaku untuk komunitas penelitian sosial. Oleh karena itu, siapa pun yang terlibat dalam penelitian sosial perlu menyadari kesepakatan umum yang dipertukarkan oleh para peneliti tentang apa yang pantas dan tidak pantas dalam pelaksanaan penelitian ilmiah (scientific inquiry).
—–
Daftar Isi
Memahami Paradigma Dalam Penelitian Komunikasi
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konseptual
C. Prosedur Penelitian
D. Contoh Penelitian
Daftar Pustaka
Riset Dan Proses Riset
A. Pendahuluan
B. Pembahasan Proses Penelitian Ilmiah
C. Kesimpulan
Daftar Pustaka
Metode Survei
A. Pendahuluan
B. Kerangka Konsep
C. Penelitian Survei Parental Mediation pada Orang Tua di Semarang Memahami Metode Penelitian Komunikasi
D. Kesimpulan
Daftar Pustaka
Metode Eksperimen
A. Pendahuluan
B. Kerangka Pemikiran
C. Penelitian Kuasi Eksperimen Dampak Video Bahaya Merokok
D. Penutup
Daftar Pustaka
Metode Analisis Isi Kuantitatif
A. Pendahuluan
B. Karakteristik Analisis Isi
C. Prosedur Analisis Isi
D. Catatan Penutup
Referensi
Analisis Semiotika: Roland Barthes
A. Pendahuluan
B. Penjelasan Konseptual
Daftar Pustaka
Metode Analisis Framing Berita: Eksplorasi Pada Berbagai Pendekatan
A. Pendahuluan
B. Contoh Penelitian Menggunakan Analisis Framing
Daftar Pustaka
Analisis Bingkai Robert Entman
A. Pendahuluan
B. Penjelasan Konseptual
C. Prosedur
D. Contoh Penelitian
E. Riset Penulis
Daftar Pustaka
Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough
A. Analisis Wacana Kritis (CDA): Sebuah Pengantar
B. Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough
C. Prosedur Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough
D. Praktik Penerapan CDA
Daftar Pustaka
Metode Studi Kasus
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konseptual
C. Prosedur Penelitian Studi Kasus
C. Contoh Penelitian Studi Kasus
Daftar Pustaka
Memahami Retorika Dan Dramatisme Kenneth Burke
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konseptual
C. Prosedur Penelitian
D. Contoh Penelitian
D. Penutup
Daftar Pustaka
Etnografi Komunikasi: Sebuah Pengantar
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konsepual: Kode-kode Tuturan dalam Konteks Etnografi Komunikasi
C. Langkah-Langkah Penelitian Etnografi Komunikasi
D. Contoh Penelitian
Referensi
Analisis Semiotika Naratif Dalam Penelitian Komunikasi
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konseptual
C. Prosedur Penelitian
D. Contoh Penelitian
Daftar Pustaka
Analisis Jaringan Komunikasi: Sebuah Pengantar
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konseptual
1. Analisis Jaringan komunikasi: Jaringan Komunitas/masyarakat
C. Prosedur Penelitian
D. Contoh Penelitian
E. Kesimpulan
Daftar Pustaka
Mengkaji Khalayak Media Menggunakan Metode Penelitian Resepsi
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konseptual
C. Prosedur Penelitian
D. Contoh Penelitian Analisis Resepsi
E. Penutup
Daftar Pustaka
Etika Penelitian Sosial
A. Pendahuluan
B. Kasus pelanggaran etika penelitian dahulu dan sekarang
C. Prinsip etika dan praktik profesional peneliti sosial
D. Komunitas Ilmiah
E. Penutup
Referensi
Memahami Metode Penelitian Komunikasi
Berat | 640 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 394 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Dr. Basuki Agus Suparno, M.Si. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 144 Halaman ISBN: 978-602-446-644-2 Sinopsis : “Life is a drama,” begitu kata Kenneth Burke. Tensi dramatik manusia ditampilkan dalam cara-cara memoralisasi, memuji, merendahkan, dan usaha-usaha untuk memperlihatkan diri sebagai orang yang… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 472 Halaman ISBN: 978-602-446-351-9 Sinopsis : Dari puluhan buku yang ditulis Begawan Ilmu Komunikasi, buku ini paling keren, sarat dengan muatan global dan lokal. Isinya dirangkai dengan serasi, berdasarkan riset perpustakaan… selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Alex Sobur, Drs., M.Si. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-452-3 Sinopsis : Endorsement: Buku karya Alex Sobur—akademisi dari Fikom Universitas Islam Bandung—ini menarik, karena menyajikan sesuatu yang ‘baru’ dalam studi komunikasi, yaitu ‘komunikasi naratif.’ Secara konseptual, gagasan tentang komunikasi naratif merupakan wilayah kajian dalam… selengkapnya
Rp 72.800 Rp 91.00020%
Penulis: Edi Suryadi, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 172 Halaman ISBN: 978-602-446-272-7 Sinopsis : Mengapa pemimpin organisasi kelembagaan membutuhkan strategi komunikasi? Lalu, apa hubungannya dengan visi dan misi yang terwujud dengan efektif dan efisien? Untuk mempelajarinya terkadang kajian… selengkapnya
Rp 39.200 Rp 49.00020%
Penulis: Billy K Sarwono, Prof. Dr., M.A., dkk. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 176 Halaman Sinopsis : Maraknya kasus pelecehan hingga kekerasan seksual adalah fenomena gunung es yang menghantui keseharian perempuan, dan jarang tuntas diselesaikan. Kekerasan seksual terjadi di berbagai area publik… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Judul : ANALISIS TEKS MEDIA Pengarang : ALEX SOBUR, DRS., MSI. Tahun : Cet I, November 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 200 hal + xii ISBN : 979-692-142-1 Sinopsis : Berita yang diterbitkan media massa tidaklah identik dengan peristiwa yang melatarbelakanginya. Berita lebih merupakan upaya rekonstruksi tertulis terhadap suatu realitas…. selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Penulis: Pujo Pramono Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 15 x 21 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 120 Halaman ISBN: 978-602-446-450-9 Sinopsis : Paradigma baru dalam menyusun strategi komunikasi perusahaan yang diperkenalkan dalam buku ini adalah suatu metoda ataupun cara-cara pengelolaan PR Perusahaan dengan menggunakan analogi teori dasar Marketing atau ilmu… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Ezi Hendri, M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 324 Halaman ISBN: 978-602-446-373-1 Sinopsis : Kadang-kadang kita membeli barang atau jasa yang sebenarnya tak dibutuhkan. Karena trik jualan atau diskon khusus, orang bisa membeli lebih banyak. Konsumen terdorong membeli merek tertentu, ingin memiliki… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Solatun D. Sayuti, Dr., Drs., M.Sc. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 304 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-158-4 Sinopsis : Komunikasi Pemasaran Politik karya Dr. Solatun ini merupakan paduan sempurna antara paparan teoretik yang komprehensif dan pengalaman praktis keterlibatannya secara langsung di arena pemasaran dan kampanye politik Indonesia pasca reformasi…. selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Filsafat Komunikasi Tradisi Fenomenologi Alex Sobur, M.Sc Cet-1, 2013 HVS 70 gr, 16 X 24 cm, 512 Hlm ISBN : 978-979-692-155-3 Sinopsis : Endorsement Filsafat Komunikasi: Sebuah “masterpiece” yang mengajak kita ikut menyelam ke kedalaman filsafat komunikasi. Karenanya, buku ini penting dibaca bagi siapa saja yang ingin menemukan esensi komunikasi. Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D…. selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.