Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Industri 4.0
Rp 52.800 Rp 66.000Kode | RR.PK0432 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Industri 4.0
Penulis: Sarwiji Suwandi, Prof., Dr., M.Pd.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 240 Halaman
ISBN: 978-602-446-395-3
Sinopsis:
Revolusi Industri 4.0 merupakan era yang memandang teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas akibat perkembangan teknologi informasi digital yang menjadi tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin yang menyebabkan segala hal menjadi tanpa batas. Teknologi informasi pun kini menjadi saluran utama yang mendominasi kehidupan manusia dalam membangun eksistensinya dalam segala ruang, termasuk dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Hal ini terjadi karena pembelajaran bahasa Indonesia muaranya adalah internalisasi kemampuan dan keterampilan komunikasi informasi, dan era industri 4.0 telah membuat teknologi informasi berperan penting dalam arus proses komunikasi dan informasi.
Pembelajaran bahasa Indonesia sekarang jadi tidak bisa dilepaskan dari teknologi informasi sebagai ciri khas era revolusi Industri 4.0. Dari sinilah, buku ini membahas prinsip-prinsip mendasar dalam mengelaborasi pembelajaran bahasa Indonesia yang berbasis pada prinsip-prinsip utama di era Revolusi Industri 4.0 yang meliputi:
(1) interoperabilitas (kesesuaian) yang terkait dengan penggunaan media internet untuk membangun hubungan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia;
(2) transparansi informasi yang terkait pemanfaatan kemampuan sistem informasi untuk secara virtual memperkaya model pembelajaran bahasa Indonesia;
(3) bantuan teknis yang terkait penggunaan sistem informasi untuk membantu dalam mengumpulkan data pada pembelajaran bahasa Indonesia; dan
(4) keputusan mandiri penggunaan teknolgi informasi membuat melakukan tugas mandiri dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
———-
Daftar Isi
BAGIAN SATU
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada Era Industri 4.0
BAB 1 Tantangan Mewujudkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Efektif pada Era Revolusi Industri 4.0
A. Peserta Didik Abad Ke-21 dan Pola Pikir Guru
B. Tantangan Guru pada Era Digital
C. Tantangan Pemilihan dan Pengembangan Bahan Ajar
D. Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berwawasan Pendidikan Multikultural
E. Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bermuatan Kecerdasan Ekologis
xii Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Industri 4.0
BAB 2 Mereduksi Benturan Kecerdasan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0
A. Karakteristik Siswa Zaman Sekarang
B. Menghindari Disorientasi Pembelajaran
C. Mereduksi Benturan Kecerdasan
BAB 3 Meneguhkan Paradigma Mutu Pembelajaran Bahasa Indonesia
A. Orientasi Mutu Pembelajaran
B. Pemutakhiran Kurikulum
C. Pengembangan Bahan Ajar
D. Pembelajaran Berpusat pada Siswa
F. Pengembangan Kreativitas dan Kemampuan Literasi
BAB 4 Menyelaraskan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Perguruan Tinggi dengan Perspektif Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
A. Komitmen pada Keunggulan
B. Pemutakhiran Kurikulum
C. Proporsi Pembelajaran Bahasa dan Sastra dalam Perspektif KKNI
D. Pengembangan Standar Minimal
BAB 5 Mengasah dan Meningkatkan Profesionalisme Pendidik Melalui Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
A. Tantangan Pendidik Profesional
B. Bahan Ajar dan Pengembangannya
C. Kreativitas dan Inovasi Pengembangan
BAGIAN DUA
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penilaian Autentik
BAB 6 Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berorientasi pada Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa
A. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
B. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berorientasi HOTS
C. Peran Guru dalam Pembelajaran yang Berorientasi HOTS
BAB 7 Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks dengan Pendekatan Saintifik
A. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks
B. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
BAB 8 Peran Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis pada Kebutuhan Siswa
A. Memantapkan Orientasi Pembelajaran
B. Pembelajaran Aktif dan Efektif
BAB 9 Penilaian Autentik untuk Ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
A. Ujian Nasional dan Praktik Pembelajaran
B. Penilaian Autentik
C. Soal Ujian Nasional
BAB 10 Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
A. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa
B. Penilaian Berbasis Kelas
C. Penilaian Portofolio
BAGIAN TIGA
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Kurikulum 2013
BAB 11 Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
A. “Kebaruan” Kurikulum 2013
B. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks
C. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
D. Peran Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum
BAB 12 Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013
A. Kurikulum 2013 dan Pertaruhan Mutu Pendidikan
B. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013
C. Peran Guru Bahasa dan Sastra Indonesia
D. Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013
Tags: Bahasa Indonesia Era Industri 4.0, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia, Manfaat Pembelajaran Bahasa Indonesia, Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Industri 4.0, Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia, Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Industri 4.0
Berat | 440 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 855 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Abdul Madjid, M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-582-7 Sinopsis : Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran adalah bagian integral dari proses kegiatan pembelajaran. Penilaian ini bertujuan menilai efektivitas dan efisiensi kegiatan pengajaran sebagai bahan untuk perbaikan dan penyempurnaan program serta pelaksanaannya. Salah satu… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Prof. Dr. Suyono, M.Pd. 16 x 24 cm • 260 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 2, 2011 ISBN: 978-979-692-046-4 Sinopsis: Tidak dapat dipungkiri bahwa sudah banyak buku tentang teori belajar dan pengajaran atau pembelajaran yang beredar. Namun demikian buku ini sengaja melakukan positioning dengan mengedepankan komprehensivitas, yaitu mencoba… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Arbangi, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 168 Halaman ISBN: 978-602-446-521-6 Sinopsis: Guru sebagai bagian integral dari organisasi sekolah perlu mengembangkan kompetensinya agar peka dan mampu menghadapi perubahan dan perkembangan zaman. Tugas pokok, fungsi, serta kedudukan guru dalam koridor profesi… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Nusa Putra, Dr. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 160 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-573-5 Sinopsis : Penelitian tindakan, terutama penelitian tindakan partisipatori atau emansipatori pada mulanya populer dan banyak digunakan oleh para aktivis gerakan sosial untuk pemberdayaan petani, buruh, dan kaum marginal lainnya, seperti anak jalanan. Kemudian penelitian tindakan… selengkapnya
Rp 37.600 Rp 47.00020%
Penulis: Kisyani-Laksono, Prof., Dr., Tatag Yuli Eko Siswono, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 264 Halaman ISBN: 978-602-446-200-0 Sinopsis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembeljaran di kelas. Selain… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Judul : METODOLOGI PENGAJARAN AGAMA ISLAM Pengarang : AHMAD TAFSIR Tahun : Cet 5, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 168 halaman ISBN : 979-514-530-4 Sinopsis : Buku ini tidak hanya akan membantu para calon guru agama Islam yang belajar di Fakultas Tarbiyah, namun berguna juga bagi semua orang… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Penulis: Ridwan Abdullah Sani, Dr., M.Si., Kaharuddin Arafah, M.Si., Ishak Aziz, Dr., M.Pd., Ratna Tanjung, Dra., M.Pd., Hary Suswanto, Dr., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 380 Halaman ISBN: 978-602-446-430-1 Sinopsis: Buku ini ditulis oleh tim dosen yang mengampu mata kuliah Evaluasi… selengkapnya
Rp 108.000 Rp 135.00020%
Esmar Budi, Dr. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-126-3 Sinopsis: Materi dalam buku ini mengupas secara tuntas berdasarkan bahan ajar perkuliahan gelombang. Untuk memudahkan para mahasiswa dalam memahami materi yang diajarkan, maka buku ini secara umum dibagi menjadi dua bagian yang terdiri dari 8… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet-1, 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 276 Hlm ISBN : 979-692-796-9 Sinopsis: STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU Bangkitlah, bangkitlah guruku // Kehadiranmu tidak tergantikan. Biarlah dunia ini menjadi saksi: Kau bukan guru negeri // Kau bukan guru swasta Kau adalah… selengkapnya
Rp 62.400 Rp 78.00020%
Judul : MENJADI GURU PROFESIONAL Pengarang : MOH. UZER USMAN Tahun : Cet 29, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 154 halaman ISBN : 979-514-003-5 Sinopsis: Dalam buku ini penulis memberikan petunjuk praktis untuk menjadi guru profesional. Kepraktisannya menonjol terutama karena menyertakan pedoman, contoh-contoh, dan ciri-ciri profesionalisme keguruan. Anda dapat menggunakannya untuk… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.