Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan
Rp 77.600 Rp 97.000| Kode | RR.AG0252 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan
Penulis: M. Karman, Dr., M.Ag.
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 388 Halaman
ISBN: 978-602-446-297-0
Sinopsis :
Mengapa teks Al-Quran relevan untuk segala situasi dan kondisi? Walau lahir di masa yang tidak seperti sekarang, teksnya dapat dikontekstualisasikan di berbagai tempat dan kondisi seiring perkembangan zaman.
Al-Quran memang ‘terasa’ dinamis sehingga penafsirannya tidak mudah, harus tekun dan ulet melakukan dialog dan refleksi.
Buku ini memang dikhususkan untuk mahasiswa pascaasarjana dengan program studi Pendidikan Agama Islam namun sebetulnya buku ini juga tepat untuk mahasiswa tingkat sarjana dan kalangan umum yang memiliki concern dalam pendidikan Islam.
—
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Al-Qurân dan Tuntutan Dinamika Penafsiran
B. Al-Qurân sebagai Kitab Kurikulum?
C. Ruang Lingkup
D. Metode
Bab II Hakikat Manusia dan Relasinya dengan Pendidikan
A. Term Manusia dalam Al-Qurân
B. Penciptaan Manusia dan Nilai-Nilai Pendidikan
C. Potensi-Potensi Dasar Manusia
D. Hakikat Fungsi Manusia dalam Kehidupan
Bab III Ilmu (Pengetahuan) dan Relasinya dengan Pendidikan
A. Term Ilmu (Pengetahuan) dalam Al-Qurân
B. Kedudukan Ilmu (Pengetahuan)
C. Sumber Ilmu (Pengetahuan)
D. Pendekatan Perolehan Ilmu (Pengetahuan)
E. Cabang Ilmu (Pengetahuan)
Bab IV Hakikat Pendidikan
A. Term Pendidikan dalam Al-Qurân
B. Tugas Pendidikan
C. Prinsip-Prinsip Pendidikan
Bab V Tujuan Pendidikan
A. Pengertian Tujuan Pendidikan
B. Kedudukan dan Prinsip Tujuan Pendidikan
C. Formulasi Tujuan Pendidikan
Bab VI Pendidik
A. Pengertian Pendidik
B. Kedudukan Pendidik
C. Tugas Pendidik
D. Interaksi Pendidik dengan Peserta Didik
E. Kompetensi Pendidik
Bab VII Peserta Didik
A. Pengertian Peserta Didik
B. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik
C. Karakteristik Perkembangan Kesadaran Beragama Peserta Didik
D. Sikap Peserta Didik kepada Pendidik
Bab VIII Materi Pendidikan
A. Pengertian Materi Pendidikan (Pembelajaran)
B. Ragam Materi Pendidikan
Bab IX Media Pendidikan
A. Pengertian Media Pendidikan
B. Landasan Penggunaan Media Pendidikan
C. Urgensi dan Karakteristik Media Pendidikan
D. Ragam Media Pendidikan
Bab X Komunikasi Pendidikan
A. Pengertian Komunikasi Pendidikan
B. Karakteristik Komunikasi Pendidikan
C. Prinsip-Prinsip Komunikasi
Bab XI Metodologi Pendidikan
A. Model Pembelajaran
B. Pendekatan Pendidikan/Pembelajaran
C. Metode Pendidikan
D. Teknik Pendidikan
Bab XII Evaluasi Pendidikan
A. Hakikat Evaluasi
B. Bentuk dan Tujuan Evaluasi
C. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pendidikan
D. Jenis-jenis Evaluasi Pendidikan
E. Teknik Evaluasi Pendidikan
Tags: Akhlak Mulia, kurikulum pendidikan Islam, Metode Pendidikan Islam, Pedagogi Islam, pendidikan anak, Pendidikan Islam, pendidikan karakter, pendidikan multikultural, Studi Al-Quran, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan
Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan
| Berat | 650 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 909 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd.,M.Si Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-145-4 Sinopsis : Dalam hidupnya manusia senantiasa dihadapkan pada berbagai permasalahan kehidupan. Permasalahan selalu hadir dan menuntut kita untuk mencari akar penyebab timbulnya persoalan. Ketika kita berusaha mengeksplorasi lebih jauh akar permasalahan tersebut, maka… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Judul : STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet-1, 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 276 Hlm ISBN : 979-692-796-9 Sinopsis: STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU Bangkitlah, bangkitlah guruku // Kehadiranmu tidak tergantikan. Biarlah dunia ini menjadi saksi: Kau bukan guru negeri // Kau bukan guru swasta Kau adalah… selengkapnya
Rp 62.400 Rp 78.00020%
Judul : PENGEMBANGAN KURIKULUM Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 220 halaman ISBN : 979-514-601-7 Sinopsis : Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam seluruh kegiatan pendidikan. Bahkan banyak pihak menganggap kurikulum sebagai “rel” yang menentukan arah… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Penulis: Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. dan Rohanim, S.Pd., M.M. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 164 Halaman ISBN: 978-602-446-266-6 Sinopsis: Dengan perannya sebagai manajer, kepala sekolah harus memiliki karakter, kompetensi, dan keunggulan literasi yang semua dipadukan sebagai instrumen untuk mewujudkan kualitas… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Ahmad Tafsir, Dr., Prof. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 332 hlm. Isi: Bookpaper 57,5 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-075-4 Sinopsis: Ilmu Pendidikan Islami (IPI) merupakan ilmu pendidikan berdasarkan pandangan Islam. Hal ini sangat penting karena untuk menghasilkan orang yang beriman dan bertakwa yang merupakan tujuan pendidikan. Tentunya orang tersebut harus memiliki akal yang… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Waini Rasyidin, H., Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-493-6 Sinopsis: Pedagogik adalah nilai dasar keilmuan dan profesi yang harus dibangun secara kokoh dan menjadi landasan bagi pemikiran dan tindakan pendidikan serta penyelenggaraan pendidikan guru. Pedagogik sebagai ilmu didukung dengan menggunakan ilmu-ilmu… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Cepi Triatna, Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-629-9 Sinopsis: Kajian mengenai perilaku manusia saat ini tidak akan terlepas dari keterhubungan dan pengaruhnya (interaksi) dengan lingkungannya. Untuk dapat memahami mengenai perilaku organisasi secara tepat, terlebih dahulu harus dipahami beberapa konsep terkait dengan perilaku… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.00020%
Prof. Dr. Nanang Fattah 16 x 24 cm • 320 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-076-1 Sinopsis : Sistem pendidikan nasional atau Sisdiknas merupakan acuan dalam pembuatan analisis kebijakan dan manajemen pendidikan baik di tingkat nasional, regional, maupun tingkat sekolah. Seperti kita ketahui pendidikan nasional… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000Penulis: Asep Sudarsyah, DR., M.Pd Cetakan: 1, 2017 Ukuran: 17 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 176 Halaman ISBN: 978-602-446-187-4 Sinopsis: Dalam pengembangan profesi guru proses pembelajaran merupakan kegiatan inti supervisi pendidikan. Kegiatan belajar tersebut ditandai dengan interaksi supervisor dengan guru secara kolaboratif, kolegial, dan berbasis sekolah. Fungsi… selengkapnya
Rp 65.00020%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 9, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 488 Halaman ISBN: 978-602-446-268-0 Sinopsis: Sejak lulus doktor dari Monash University Australia tahun 1996, khususnya setelah terbit edisi pertama buku ini tahun 2001, Profesor Deddy Mulyana menjadi pelopor dan… selengkapnya
Rp 138.400 Rp 173.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.