Pengembangan Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam
Rp 78.400 Rp 98.000Kode | RR.AG0273 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Agama |
Pengembangan Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam
Penulis: Euis Masruroh, Dr., M.Pd.I.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
320 Halaman
ISBN: 978-602-446-641-1
Sinopsis:
Buku yang sekarang ada di tangan pembaca ini memuat konsep dan teori pendidikan Islam serta pengaplikasiannya dalam proses pendidikan Islam yang dijalankan. Adapun tujuan pendidikan Islam adalah untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Buku ini menggambarkan beberapa tema yang dianggap penting dalam konten pendidikan Islam. Hal-hal menarik yang bisa dipelajari dalam pembahasan materi pada buku ini adalah hal-hal mendasar materi ilmu pendidikan Islam, seperti: 1. Pengertian, Ruang Lingkup, dan Kegunaan Ilmu Pendidikan Islam; 2. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam; 3. Tujuan Pendidikan Islam; 4. Pendidik dan Peserta Didik dalam Persepektif Pendidikan Islam; 5. Media dan Sumber Pembelajaran Pendidikan Islam; 6. Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam; 7. Kurikulum Pendidikan Islam; 8. Lembaga Pendidikan Islam; 9. Sistem Pendidikan Islam; 10. Pembiayaan Pendidikan Islam; 11. Metode dan Pendekatan Pendidikan Islam; 12. Pengembangan Kemampuan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik dalam Perspektif Pendidikan Islam; 13. Evaluasi dalam Pendidikan Islam.
Buku ini dapat dijadikan sebagai buku pegangan mahasiswa dalam mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam pada Fakultas Tarbiyah, dan bagi dosen pendidikan Islam untuk menambah wawasan mereka dalam ilmu pendidikan Islam.
————
Daftar Isi
Bab I PENGERTIAN, RUANG LINGKUP, DAN KEGUNAAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM
A. Pengertian Ilmu Pendidikan Islam
B. Ruang Lingkup Pendidikan Islam
C. Kegunaan Ilmu Pendidikan Islam
Bab II DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM
A. Pengertian Dasar Ilmu Pendidikan Islam
B. Konsep Dasar Pendidikan Islam
C. Jenis Dasar-Dasar Pendidikan Islam
D. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam
Bab III TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM
A. Pengertian Tujuan Pendidikan Islam
B. Hierarki atau Tahapan Tujuan Pendidikan Islam
C. Fungsi Tujuan Pendidikan Islam
D. Aspek-Aspek Tujuan Pendidikan Islam
E. Ranah Tujuan Pendidikan Islam
Bab IV PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
A. Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam
B. Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam
C. Pola Hubungan Pendidik dan Peserta didik dalam Perspektif Pendidikan Islam
Bab V MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM
A. Alat atau Media Pendidikan Islam
B. Sumber Pembelajaran Pendidikan Islam
Bab VI LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
A. Pengertian Lingkungan Pendidikan Perspektif Islam
B. Macam-Macam Lingkungan Pendidikan Islam
C. Pengaruh Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Islam
D. Pembinaan Lingkungan dalam Pendidikan Islam
Bab VII KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM
A. Pengertian Kurikulum Pendidikan Islam
B. Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam
C. Ciri-Ciri Kurikulum Pendidikan Islam
D. Asas Kurikulum Pendidikan Islam
E. Prinsip-Prinsip Kurikulum Pendidikan Islam
F. Isi Kurikulum Pendidikan Islam
G. Tujuan Kurikulum Pendidikan Islam
H. Komponen Kurikulum
I. Organisasi Kurikulum
J. Orientasi Kurikulum Pendidikan Islam
K. Langkah-Langkah Mendesain Kurikulum Pendidikan Islam
L. Fungsi-Fungsi Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Bab VIII LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
A. Pengertian Lembaga Pendidikan Islam
B. Tujuan Lembaga Pendidikan Islam
C. Jenis-Jenis Lembaga Pendidikan Islam
D. Pengelolaan dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam
E. Fungsi dan Tugas Lembaga Pendidikan Islam
F. Prinsip-Prinsip Lembaga Pendidikan Islam
Bab IX SISTEM PENDIDIKAN ISLAM
A. Pengertian Sistem Pendidikan Islam
Bab X PEMBIAYAAN PENDIDIKAN ISLAM
A. Pengertian Biaya Pendidikan
B. Sumber-Sumber Pembiayaan Pendidikan
C. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan
D. Pentingnya Peralatan dalam Meningkatkan Mutu Sekolah
E. Problem Pembiayaan Pendidikan Islam dan Solusinya
Bab XI METODE, TEKNIK, DAN PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM
A. Metode Pendidikan Islam
B. Teknik Mengajar dalam Pendidikan Islam
C. Pendekatan Pendidikan Islam
Bab XII PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
A. Pengertian Perkembangan
B. Pengertian Kemampuan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik
C. Pengembangan Kemampuan Belajar Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik
D. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perkembangan Peserta Didik
E. Implikasi Aspek Psikomotorik, Afektif, dan Kognitif bagi Pendidikan
F. Pengembangan Tiga Ranah dalam Agama Islam
Bab XIII EVALUASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM
A. Pengertian Evaluasi
B. Tujuan dan Fungsi Evaluasi
C. Sasaran Evaluasi Pendidikan Islam
D. Jenis-Jenis Evaluasi
E. Prinsip-prinsip Evaluasi Pendidikan Islam
F. Langkah-Langkah Evaluasi
Pengembangan Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam
Berat | 400 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 386 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Dodo Widarda, S. Ag., M. Hum. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 384 Halaman Sinopsis: Pandangan holisme sebagai bagian dari potret perkembangan pemikiran manusia, telah memberi ruang bagi masuknya Sufi Healing—penyembuhan dengan metode sufisme— untuk turut menyelesaikan problem kehidupan di bidang kesehatan…. selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.00020%
Khazanah Pendidikan Agama Islam Khozin, S.Ag.,M.A Cet 1, 2013 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 292 halaman ISBN : 979-979-692-152-2 Sinopsis: Selama ini agama (Islam) hanya dinilai sebagai value normatif yang mempunyai korelasi dengan privasi personal, bahkan memiliki kecenderungan melihat pada sisi internal (inside) saja. Padahal Islam telah menyiratkan tatanan teori-teori agama yang menyangkut… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Acep Hermawan, Edisi/ Cet ke : Cet 1 Tahun Terbit : 2011 Bahasa : Indonesia Jumlah Halaman : ix + 206 hlm Kertas Isi : HVS Cover : Soft Ukuran : 15,5 x 24 cm Berat : 460 Gram ISBN : 978-979-692-060-0
Rp 35.600 Rp 44.50020%
Maman Abdurrahman, Prof., Dr., M.A. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 188 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-635-0 Sinopsis: Persoalan penelitian hadis akhir-akhir ini makin banyak dibicarakan para ulama. Di antara mereka, ada ulama yang mengikuti sistematika yang digunakan ulama pada abad sebelumnya, ada pula ulama yang melakukan kritik terhadap hadis-hadis… selengkapnya
Rp 37.600 Rp 47.00020%
Penulis: Acep Hermawan, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 408 Halaman ISBN: 978-602-446-267-3 Sinopsis: Sebagian masyarakat Indonesia masih beranggapan bahwa bahasa Arab hanyalah bahasa agama (Islam). Padahal sejarah masa lalu-saat spirit keilmuan di abad pertengahan memuncak-telah menunjukkan bahwa bahasa… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Nina Amanah, Dra., M.Ag. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 264 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-584-1 Sinopsis: Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah kepada manusia melalui perantara rasul-rasul Allah, yang merupakan satu sistem keyakinan (credo) atas adanya yang mutlak di luar manusia, satu sistem peribadatan (ritus), serta sistem norma… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Judul : KOMUNIKASI DAKWAH Pengarang : WAHYU ILAIHI, M.A. Tahun : Mei 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 216 halaman ISBN : 979-692-993-7 Sinopsis: Apabila ada yang ingin mengetahui apa tujuan dan bagaimanakah peran Komunikasi Dakwah, inilah buku yang membahas hal tersebut secara lengkap. Bahwa tujuan komunikasi tidak hanya menciptakan dan memupuk hubungan dengan… selengkapnya
Rp 42.400 Rp 53.00020%
Acep Hermawan, Dr., M.Ag. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-470-7 Sinopsis: Memahami Al-Quran banyak kaitannya dengan variabel-variabel yang harus dikuasai, baik yang berkaitan dengan struktur bahasa, sejarah, maupun sosiokultural. Variabel-variabel tersebut dibicarakan dalam sebuah disiplin ilmu yang dikenal dengan ‘Ulumul Quran. Seseorang akan kesulitan… selengkapnya
Rp 48.800 Rp 61.00020%
Penulis: Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 304 Halaman ISBN: 978-602-446-619-0 Sinopsis: Keindahan, urgensi, dan gaya pengungkapan fawātiḥ as-suwar serupa dengan intro pada feature, sehingga ia bisa disebut sebagai intro surah. Variasinya terdiri dari 12 (dua belas) macam,… selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.00020%
Helmawati, Dr., SE., M.Pd. I. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 176 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-608-4 Sinopsis: Salah satu hal penting yang dapat mempertahankan bahkan mengembangkan sebuah lembaga pendidikan adalah pengelolaan sistem informasi yang tepat. Informasi yang dikelola dengan baik dalam suatu sistem dikenal dengan istilah sistem informasi manajemen,… selengkapnya
Rp 35.200 Rp 44.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.