Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial
Rp 56.000 Rp 70.000Kode | RR.AG0262 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Agama |
Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial
Penulis: Dedih Wahyudin, Dr., M.Ag.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
268 Halaman
ISBN: 978-602-446-443-1
Sinopsis:
Pembelajaran bahasa Arab hingga kini masih menyisakan masalah yang belum terselesaikan baik dari sisi metode, teknik, maupun bahan ajar yang sesuai dengan target dan tujuan pembelajaran bahasa Arab itu sendiri. Banyak inovasi dalam berbagai bidang bahasa dilakukan oleh para ahli bahasa demi mendapatkan proses pembelajaran yang efektif dan efesien, mudah dimengerti dan tidak membosankan, namun tetap saja hasilnya kurang maksimal.
Buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab bagi Penutur Asing yang ada pada tangan Anda, diharapkan menjadi salah satu referensi utama bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab maupun Guru bahasa Arab yang sering merasa kesulitan untuk memahami penerapan metode pembelajaran yang ada.
Keunggulan buku ini berupaya menjelaskan teori dan metode praktis pembelajaran bahasa Arab yang disertai langkah-langkah dan contoh-contoh yang mudah dipahami.
———-
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
A. Mengajar, antara Ilmu dan Seni
B. Pentingnya Metode dalam Pendidikan
C. Keragaman Metode
D. Ciri-Ciri Metode Pembelajaran yang Baik
E. Pendekatan, Metode, dan Teknik
F. Kelenturan Penggunaan Metode
G. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Teknik Pengajaran Bahasa
Bab 2 Pendekatan dan Teori Pembelajaran Bahasa
A. Pendekatan Pembelajaran Bahasa
B. Teori Pembelajaran Bahasa
C. Hubungan Antarcabang-Cabang Bahasa
D. Metode Pengajaran Bahasa Asing Berdasarkan Teori Unit
Bab 3 Methods of Spirited Seventies
A. Community Language Learning (CLL)
B. Metode Total Physical Response (TPR)
C. Metode Natural Approach (NA)
D. Metode Silent Way (SW)
E. Metode Suggestopedia
Bab 4 Menyimak
A. Hakikat Menyimak
B. Unsur-unsur Penting dalam Menyimak
C. Menyimak yang Efektif
D. Ciri-ciri Penyimak yang Baik
E. Jenis-Jenis Menyimak
F. Tahapan Menyimak
G. Faktor yang Memengaruhi Menyimak
H. Kendala dalam Menyimak
I. Cara Meningkatkan Keterampilan Menyimak
J. Teknik Pembelajaran Menyimak
K. Jenis Pembelajaran Menyimak
Bab 5 Menyimak dan Teknik Mengajarkannya
A. Arti Penting Menyimak dalam Pembelajaran
B. Kompetensi dalam Keterampilan Menyimak
C. Tahapan Menyimak
D. Teknik-teknik Mengajarkan Istima’
Bab 6 Ta’bir
A. Kedudukan Ta’bir di antara Cabang-Cabang Bahasa
B. Tujuan Mempelajari Ta’bir
C. Landasan Ta’bir
D. Pengembangan Materi Ta’bir dalam Pembelajaran
E. Tahapan-Tahapan Mengajarkan Ta’bir
F. Macam-Macam Ta’bir
G. Pembelajaran Ta’bir Syafawy
H. Metode Pembelajaran Ta’bir Syafawy
I. Metode Pembelajaran Ta’bir Kitaby
Bab 7 Membaca
A. Membaca dari Segi Bentuk dan Cara Pelaksanaannya
B. Jenis-Jenis Membaca dari Segi Tujuan Pembaca
C. Jenis-jenis Membaca dari Sisi Kesiapan Pikiran Pembacanya
Bab 8 Metode Pembelajaran Membaca
A. Kelompok Pertama
B. Kelompok Kedua
C. Kelompok Ketiga
Bab 9 Teknik Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
A. Arti Penting Mufradât dalam Pembelajaran Bahasa
B. Pengertian Mufradât (Kosakata)
C. Jenis-Jenis Kosakata
D. Makna dan Fungsi Mufradât
E. Bentuk-Bentuk (Shiyagh) Kosakata Bahasa Arab
F. Pembelajaran Mufradât
G. Dasar-Dasar Pemilihan Mufradât
H. Pembelajaran Bahasa Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
I. Metode dan Teknik-Teknik Pembelajaran Mufradât Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Mufradât Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
J. Evaluasi dalam Pembelajaran Mufradât
Bab 10 Arti Penting Kaidah dalam Bahasa Arab
A. Kedudukan Kaidah di antara Cabang-Cabang Bahasa
B. Pembelajaran Kaidah antara Golongan yang Menerima dan Menolak
C. Tahapan Pengajaran Kaidah
D. Latihan Kaidah Bahasa
Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 498 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF ISLAM Pengarang : ABDUL MAJID Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 236 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-049-5 Sinopsis: Rasullullah SAW telah bersabda: “Anak itu disembelihkan aqiqah pada hari ketujuh dari kelahirannya, kemudian diberi nama dan dibersihkan segala kotorannya. Jika telah berumur enam… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Acep Hermawan, Dr., M.Ag. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-470-7 Sinopsis: Memahami Al-Quran banyak kaitannya dengan variabel-variabel yang harus dikuasai, baik yang berkaitan dengan struktur bahasa, sejarah, maupun sosiokultural. Variabel-variabel tersebut dibicarakan dalam sebuah disiplin ilmu yang dikenal dengan ‘Ulumul Quran. Seseorang akan kesulitan… selengkapnya
Rp 48.800 Rp 61.00020%
M.Zaka Al Farisi,M.Hum. 16cm x 24cm. 264 hlm. Isi : HVS 70gr. Sampul : AC 210gr. ISBN : 978-979-692-055-6. Sinopsis: Menerjemahkan sebuah teks bukanlah semata persoalan mengalihkan kata demi kata dari bahasa sumber ke dalam bahasa target. Menerjemahkan berarti menghadirkan pesan (gagasan, pemikiran, perasaan) secara ekuivalen. Ada amanat yang harus disampaikan kepada yang berhak (pembaca)…. selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Penulis: Hariman Surya Siregar, M.Ag., Koko Khoerudin, M.Pd.I. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 364 Halaman ISBN: 978-602-446-350-2 Sinopsis: Fikih Muamalah adalah suatu ilmu yang mem- bahas mengenai aturan Allah Swt. yang wajib untuk ditaati dan mengatur hubungan antar- sesama manusia dalam kaitannya… selengkapnya
Rp 73.600 Rp 92.00020%
Penulis: Anas Salahudin, Drs., M.Pd., Acep Komarudin, M.Ag., Asep Andi Rahman, M.Ag. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. 236 Halaman ISBN: 978-602-446-372-4 Sinopsis: Pendidikan Islam sebagai suatu subsistem dari sistem pendidikan umum baru dikenal setelah diutusnya Muhammad Saw. sebagai rasul. Sistem pendidikan Islam… selengkapnya
Rp 54.400 Rp 68.00020%
Enang Hidayat, M.Ag. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 256 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-710-4 Sinopsis: Pada hakikatnya bentuk transaksi hukum ekonomi syariah mengandung makna dan tujuan saling tolong menolong serta menumbuhkan rasa kasih sayang di antara sesama manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai makhluk sosial. Lalu bagaimanakah bentuk… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Dr. Acep Aripudin 16 x 24 cm • 216 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN 978-979-692-062-4 Sinopsis: Buku ini membahas transformasi Islam lewat budaya. Sementara temanya mencakup proses pembentukan nilai-nilai Islam menjadi budaya manusia. Rekayasa konsep penulis lakukan, begitu juga dengan penulisan hasil-hasil penelitian tentang Islam… selengkapnya
Rp 42.400 Rp 53.00020%
Penulis: Euis Masruroh, Dr., M.Pd.I. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 320 Halaman ISBN: 978-602-446-641-1 Sinopsis: Buku yang sekarang ada di tangan pembaca ini memuat konsep dan teori pendidikan Islam serta pengaplikasiannya dalam proses pendidikan Islam yang dijalankan. Adapun tujuan pendidikan Islam adalah… selengkapnya
Rp 78.400 Rp 98.00020%
Penulis: Muhamad Basyrul Muvid, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 196 Halaman ISBN: 978-602-446-451-6 Sinopsis: Buku ini yang berjudul “Studi Pemikiran Pendidikan Islam Kontemporer”, lahir atas semangat penulis untuk memberikan sumbangsih terhadap kemajuan, perbaikan dan pembaharuan pendidikan Islam baik dari… selengkapnya
Rp 44.800 Rp 56.00020%
Yadi Janwari, Dr., M.A Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 348 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-735-7 Sinopsis: Dewasa ini pemikiran ekonomi Islam, baik di Indonesia maupun di dunia, pada umumnya mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Perkembangan tersebut ditandai dengan reposisi ekonomi Islam sebagai sebuah disiplin ilmu dan implementasi ekonomi Islam… selengkapnya
Rp 65.600 Rp 82.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.