Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial
Rp 60.000 Rp 75.000Kode | RR.AG0262 |
Status | Tersedia |
Kategori | Agama |
Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial
Penulis: Dedih Wahyudin, Dr., M.Ag.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
268 Halaman
ISBN: 978-602-446-443-1
Sinopsis:
Pembelajaran bahasa Arab hingga kini masih menyisakan masalah yang belum terselesaikan baik dari sisi metode, teknik, maupun bahan ajar yang sesuai dengan target dan tujuan pembelajaran bahasa Arab itu sendiri. Banyak inovasi dalam berbagai bidang bahasa dilakukan oleh para ahli bahasa demi mendapatkan proses pembelajaran yang efektif dan efesien, mudah dimengerti dan tidak membosankan, namun tetap saja hasilnya kurang maksimal.
Buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab bagi Penutur Asing yang ada pada tangan Anda, diharapkan menjadi salah satu referensi utama bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab maupun Guru bahasa Arab yang sering merasa kesulitan untuk memahami penerapan metode pembelajaran yang ada.
Keunggulan buku ini berupaya menjelaskan teori dan metode praktis pembelajaran bahasa Arab yang disertai langkah-langkah dan contoh-contoh yang mudah dipahami.
———-
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
A. Mengajar, antara Ilmu dan Seni
B. Pentingnya Metode dalam Pendidikan
C. Keragaman Metode
D. Ciri-Ciri Metode Pembelajaran yang Baik
E. Pendekatan, Metode, dan Teknik
F. Kelenturan Penggunaan Metode
G. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Teknik Pengajaran Bahasa
Bab 2 Pendekatan dan Teori Pembelajaran Bahasa
A. Pendekatan Pembelajaran Bahasa
B. Teori Pembelajaran Bahasa
C. Hubungan Antarcabang-Cabang Bahasa
D. Metode Pengajaran Bahasa Asing Berdasarkan Teori Unit
Bab 3 Methods of Spirited Seventies
A. Community Language Learning (CLL)
B. Metode Total Physical Response (TPR)
C. Metode Natural Approach (NA)
D. Metode Silent Way (SW)
E. Metode Suggestopedia
Bab 4 Menyimak
A. Hakikat Menyimak
B. Unsur-unsur Penting dalam Menyimak
C. Menyimak yang Efektif
D. Ciri-ciri Penyimak yang Baik
E. Jenis-Jenis Menyimak
F. Tahapan Menyimak
G. Faktor yang Memengaruhi Menyimak
H. Kendala dalam Menyimak
I. Cara Meningkatkan Keterampilan Menyimak
J. Teknik Pembelajaran Menyimak
K. Jenis Pembelajaran Menyimak
Bab 5 Menyimak dan Teknik Mengajarkannya
A. Arti Penting Menyimak dalam Pembelajaran
B. Kompetensi dalam Keterampilan Menyimak
C. Tahapan Menyimak
D. Teknik-teknik Mengajarkan Istima’
Bab 6 Ta’bir
A. Kedudukan Ta’bir di antara Cabang-Cabang Bahasa
B. Tujuan Mempelajari Ta’bir
C. Landasan Ta’bir
D. Pengembangan Materi Ta’bir dalam Pembelajaran
E. Tahapan-Tahapan Mengajarkan Ta’bir
F. Macam-Macam Ta’bir
G. Pembelajaran Ta’bir Syafawy
H. Metode Pembelajaran Ta’bir Syafawy
I. Metode Pembelajaran Ta’bir Kitaby
Bab 7 Membaca
A. Membaca dari Segi Bentuk dan Cara Pelaksanaannya
B. Jenis-Jenis Membaca dari Segi Tujuan Pembaca
C. Jenis-jenis Membaca dari Sisi Kesiapan Pikiran Pembacanya
Bab 8 Metode Pembelajaran Membaca
A. Kelompok Pertama
B. Kelompok Kedua
C. Kelompok Ketiga
Bab 9 Teknik Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
A. Arti Penting Mufradât dalam Pembelajaran Bahasa
B. Pengertian Mufradât (Kosakata)
C. Jenis-Jenis Kosakata
D. Makna dan Fungsi Mufradât
E. Bentuk-Bentuk (Shiyagh) Kosakata Bahasa Arab
F. Pembelajaran Mufradât
G. Dasar-Dasar Pemilihan Mufradât
H. Pembelajaran Bahasa Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
I. Metode dan Teknik-Teknik Pembelajaran Mufradât Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Mufradât Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
J. Evaluasi dalam Pembelajaran Mufradât
Bab 10 Arti Penting Kaidah dalam Bahasa Arab
A. Kedudukan Kaidah di antara Cabang-Cabang Bahasa
B. Pembelajaran Kaidah antara Golongan yang Menerima dan Menolak
C. Tahapan Pengajaran Kaidah
D. Latihan Kaidah Bahasa
Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 662 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Khazanah Pendidikan Agama Islam Khozin, S.Ag.,M.A Cet 1, 2013 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 292 halaman ISBN : 979-979-692-152-2 Sinopsis: Selama ini agama (Islam) hanya dinilai sebagai value normatif yang mempunyai korelasi dengan privasi personal, bahkan memiliki kecenderungan melihat pada sisi internal (inside) saja. Padahal Islam telah menyiratkan tatanan teori-teori agama yang menyangkut… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Asep Muhyiddin, Prof.,Dr., M.Ag., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 336 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-465-3 Sinopsis: Upaya mengonstruksi fenomena dakwah menjadi sebuah disiplin ilmu sudah sukses dilakukan oleh para pakar dakwah sekitar abad ke-20. Hal ini ditandai dengan keberhasilannya dalam menyusun konstruk dan struktur bangunan ilmu dakwah. Pada… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Enang Hidayat, M. Ag. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 264 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-568-1 Sinopsis: Fiqih Jual beli merupakan bahasan terpanjang yang dikaji oleh para ulama dibandingkan dengan materi fiqih muamalah lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa jual beli merupakan bahasan yang harus mendapatkan perhatian serius dari umat Islam,… selengkapnya
Rp 58.400 Rp 73.00020%
Akhmad Alim, Dr., M.A. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 148 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-583-4 Sinopsis: Islam memandang sains dan teknologi terkait erat dengan konsep tauhid, yakni merupakan satu kesatuan dengan cabang pengetahuan lainnya. Islam tidak melihat alam sebagai entitas terpisah, melainkan sebagai bagian integral dari pandangan holistik Islam… selengkapnya
Rp 36.800 Rp 46.00020%
Kustadi Suhandang, Drs. Cetakan 1, 2013 16×24 cm 216 hlm. Isi:HVS 70 gr.; Sampul:AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-164-5 Sinopsis: Komunikasi bukan sekedar proses kegiatan penyampaian pesan saja, melainkan suatu ilmu pengetahuan yang bersifat kemasyarakatan. Proses dakwah pun—sangat boleh jadi—memiliki ilmu untuk melakukan kegiatannya itu, yakni ilmu yang analog dengan Ilmu Komunikasi, atau berakar dari Ilmu… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Acep Aripudin, Dr. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-154-6 Sinopsis: “Sebelum membaca buku ini, saya mengira Islam dan dakwah itu identik dengan Arab dan kearaban. Tapi dari buku ini, saya menemukan sebuah inspirasi baru, bahwa ternyata dakwah dan Islam bisa sangat meng-Indonesia.” Drg…. selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Nina Amanah, Dra., M.Ag. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 264 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-584-1 Sinopsis: Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah kepada manusia melalui perantara rasul-rasul Allah, yang merupakan satu sistem keyakinan (credo) atas adanya yang mutlak di luar manusia, satu sistem peribadatan (ritus), serta sistem norma… selengkapnya
Rp 58.400 Rp 73.00020%
SYOFRIN SYOFYAN, M.H. Cetakan ke-1, 2012 13×18 cm, 144 hlm. Isi: HVS 70 gr, Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-118-8 Sinopsis: Jin adalah salah satu makhluk yang diciptakan Allah Swt yang berada dalam dimensi yang berbeda dengan manusia, dan iblis adalah nama sifat jin yang jahat. Oleh karena itu, manusia harus selalu waspada terhadap eksistensi… selengkapnya
Rp 24.000 Rp 30.00020%
Judul : MANTIK KAIDAH BERPIKIR Pengarang : SYUKARDI SAMBAS, H, MSI. Tahun : Cet 3, 2000 Dimensi : 16 x 21 cm, HVS 70 gr, ix + 173 halaman ISBN : 979-514-593-2 Sinopsis: Kaidah berpikir untuk menghasilkan produk berpikir yang ilmiah dalam khazanah keislaman, dikaji dalam ilmu Mantik. Begitu pentingnya ilmu ini, Al-Ghazali sampai berkata,… selengkapnya
Rp 33.600 Rp 42.00020%
Penulis: Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 304 Halaman ISBN: 978-602-446-619-0 Sinopsis: Keindahan, urgensi, dan gaya pengungkapan fawātiḥ as-suwar serupa dengan intro pada feature, sehingga ia bisa disebut sebagai intro surah. Variasinya terdiri dari 12 (dua belas) macam,… selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.