Pendidikan Literasi
Rp 70.400 Rp 88.000Kode | RR.PK0403 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pendidikan Literasi
Penulis: Sarwiji Suwandi, Prof., Dr., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
224 Halaman
ISBN: 978-602-446-349-6
Sinopsis :
Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah kini tengah dilaksanakan di berbagai sektor kehidupan. Gerakan literasi tidak sebatas gerakan membaca dan menulis saja, tetapi terkait erat dengan gerakan bersama dalam memahami informasi dan ilmu pengetahuan secara komprehensif sehingga setiap orang bisa memiliki pemahaman analitis dan kritis yang baik. Secara singkat, literasi dalam memahami informasi dan ilmu pengetahuan dapat meningkatkan derajat hidup dan kesejahteraan seseorang. Literasi bersifat kompleks dan komprehensif karena menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang dalam konteks kehidupannya. Untuk itu, pendidikan literasi dalam ruang keluarga, sekolah, masyarakat, dan berbangsa-bernegara menjadi hal penting yang harus ditumbuhkan dan dibudayakan. Dari sinilah, buku ini akan membahas dan memperkaya wacana pendidikan literasi dalam membangun budaya belajar, profesionalisme pendidik, dan budaya kewirausahaan untuk mewujudkan marwah bangsa.
—–
Daftar Isi
Bagian Satu
Literasi dalam Konteks Pendidikan
Bab 1 Literasi dan Pendidikan
A. Konsep Literasi
B. Perkembangan Batasan Literasi dalam Berbagai Perspektif
C. Literasi dalam Konteks Pendidikan
Bab 2 Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Upaya Membangun Budaya Literasi
A. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks
B. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
C. Upaya Mengembangkan Budaya Literasi
Bab 3 Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Upaya Menghasilkan Generasi Literat
A. Generasi Kini: Haruskah “Dirisaukan?”
B. Memahami Literasi dalam Pembelajaran
C. Pengembangan Literasi dalam Pembelajaran
Bab 4 Pendidikan Bahasa Indonesia dan Tantangan Mencetak Wirausaha Literasi
A. Industri dan Ekonomi Kreatif
B. Wirausaha Literasi
C. Potensi Wirausaha Literasi dan Pengembangannya
D. Tantangan Mewujudkan Wirausaha Literasi
Bab 5 Membangun Budaya Literasi untuk Mengembangkan Profesionalisme Pendidik
A. Penelitian dan Peningkatan Mutu Pendidikan
B. Profesionalisme Pendidik
C. Menumbuhkembangkan Budaya Literasi
Bagian Dua
Literasi dalam Konteks Bermasyarakat
dan Berbangsa
Bab 6 Meneratas Jalan Menuju Peningkatan Minat dan Budaya Baca
A. Faktor Determinan Minat Baca
B. Pemberdayaan Perpustakaan
C. Peningkatan Minat dan Budaya Baca
Bab 7 Peran Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Budaya Literasi
A. Bangsa yang Unggul
B. Peningkatan Peran Bahasa Indonesia
Bab 8 Pengembangan Karakter dan Budaya Baca untuk Mewujudkan Bangsa yang Unggul
A. Karakter dan Pendidikan Karakter
B. Karakter Bangsa yang Unggul
C. Upaya Sinergis dalam Pengembangan Karakter
Bab 9 Pengembangan Budaya Literasi sebagai Investasi Pengukuhan Kemartabatan Bangsa
A. Memahami Kemartabatan Bangsa
B. Bangsa yang Bermartabat
Tags: Evaluasi Pembelajaran Literasi, Kurikulum Pendidikan Literasi, Literasi, Manfaat Pendidikan Literasi, Materi Pendidikan Literasi, Metode Pembelajaran Literasi, Pembelajaran Literasi, Pendidikan Literasi, Pentingnya Pendidikan Literasi, Tujuan Pendidikan Literasi
Pendidikan Literasi
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 970 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Hasbiyallah, Dr., H., M.Ag. dan Nayif Sujudi, M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 308 Halaman ISBN: 978-602-446-369-4 Sinopsis : Perkembangan dan perubahan teknologi yang semakin cepat telah mendorong berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Islam, seperti pesantren modern. Lembaga pendidikan ini tengah menunjukkan eksistensinya… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Siti Azisah, Dra., Hj., M.Ed.St., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 196 Halaman ISBN: 978-602-446-438-7 Sinopsis: Di zaman milenial ini menguasai Bahasa Inggris merupakan keniscayaan, bahkan telah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dan madrasah. Ironisnya, banyak peserta didik kurang mampu… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Suyadi, M.PD.I Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 224 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-137-9 Sinopsis : Data realistik menunjukkan bahwa moralitas dan karakter bangsa saat ini telah runtuh, sehingga dengan sendirinya telah mengundang berbagai musibah dan bencana yang meluas pada ranah sosial keagamaan, hukum, maupun politik di negeri ini. Kemendiknas… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Mulyasa, H.E., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 336 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-142-3 Sinopsis : Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas hanya dapat direkayasa melalui pendidikan yang dirancang oleh guru profesional dan bermutu. Akhir-akhir ini pemerintah sedang melakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang akan ditindaklanjuti dengan Penilaian… selengkapnya
Rp 75.200 Rp 94.00020%
Penulis: Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. dan Rohanim, S.Pd., M.M. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 164 Halaman ISBN: 978-602-446-266-6 Sinopsis: Dengan perannya sebagai manajer, kepala sekolah harus memiliki karakter, kompetensi, dan keunggulan literasi yang semua dipadukan sebagai instrumen untuk mewujudkan kualitas… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Judul : MENGGAMBAR BUSANA Pengarang : USWATUN HASANAH, DRA., DKK Tahun : Cet ke-1, Januari 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 132 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-018-1 Sinopsis : Buku ajar ini dititikberatkan pada proses menggambar manusia telanjang dengan proporsi kusus bidang desain busana, menggambar manusia berbusana, serta detil model… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Ace Suryadi, Prof., M.Sc., Ph.D. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 188 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-492-9 Sinopsis: Secara umum penyusunan buku ini bertujuan untuk menghimpun dan menganalisis kembali berbagai informasi, hasil penelitian, dan hasil analisis kebijakan baik yang dilakukan oleh Balitbang Kemdikbud, institusi lain, maupun oleh perorangan untuk merumuskan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 9, 2017 16×24 cm, 240 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-447-9 Sinopsis: Kebijakan perubaham kurikulum merupakan politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam pelaksanaannya seringkali dipolitisasi untuk kepentingan kekuasaan. Di sekolah: guru, kepala sekolah, pengawas dan peserta didik sangat berkepentingan,… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : PRAKTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : 2009 Dimensi : 16×24 HVS 70 Gram-AC 120, 224 Halaman ISBN : 979-692-934-1 Sinopsis: PRAKTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas) merupakan salah satu kegiatan penelitian yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus mengangkat harkat dan martabat guru. Peningkatan kualitas pendidikan akan… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Penulis: Helmawati, DR., S.E., M.Pd.I. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-330-4 Sinopsis : Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau keterampilan berpikir kritis (HOTS/Higher Order Thingking Skills) dibutuhkan pada masa mendatang. Di era revolusi industri 4.0, keterampilan menganalisis dan mengambil keputusan… selengkapnya
Rp 92.800 Rp 116.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.