Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya
Rp 57.600 Rp 72.000| Kode | RR.PK0290 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya
Penulis: Mahmud, H., Prof., DR., M.Si. , dkk.
Cetakan: 1, 2015
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
252 Halaman
ISBN: 978-979-692-626-8
Sinopsis:
Pendidikan LIngkungan Soslal Budaya merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar (MKD). Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya (PLSB) ini bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian serta wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mahasiswa mengenai berbagai gejala Yang ada dan timbul dalam lingkungan, khususnya gejala-gejala berkenaan dengan masyarakat dan lingkungan. Buku Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya (PLSB) ini merupakan salah satu upaya penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang mencukupi seperti yang diharapkan dalam Undang-Undang Rl No. 20 tahun 2003. Selain itu, juga sebagai salah satu pengayaan bahan perkuliahan Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya (PLSB) untuk membantu mahasiswa mendapatkan informasi tentang berbagai aspek yang terkait dengan bidang llmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, dan ilmu Alamiah Dasar. Materi dalam buku ini mencakup pembahasan tentang individu dalam hubungannya dengan masalah sosial, budaya, lingkungan, dan teknologi. Materi yang dibahas di antaranya tentang manusia sebagai makhluk individu dan sosial, hubungan nilai moral dan hukum, perubahan sosial dan pembangunan, hubungan kebudayaan dan modernisasi, lImu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) serta hubungan manusia dengan lingkungannya.
—
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya
B. Masalah-Masalah PLSB
C. Ruang Lingkup Studi PLSB
BAB 2 MANUSIA DAN PENDIDIKAN
A. Konsep Manusia
B. Konsep Pendidikan
C. Manusia dan Pendidikan
BAB 3 ESENSI DAN KONSEP DASAR ILMU SOSIAL, BUDAYA, DAN KEALAMAN
A. Pengertian Ilmu
B. Persyaratan Ilmu
C. Esensi dan Konsep Dasar Ilmu Sosial, Budaya, dan Kealaman
BAB 4 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
A. Manusia sebagai Makhluk Individu
B. Manusia sebagai Makhluk Sosial
C. Manusia Hubungannya dengan Alam
D. Peranan Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial
E. Dilema Antara Kepentingan Individu dan Kepentingan Sosial
BAB 5 HAKIKAT NILAI, NORMA, DAN MORAL SOSIAL
A. Nilai Sosial
B. Norma Sosial
C. Moral Sosial
BAB 6 PERANAN HUKUM DALAM KEHIDUPAN DEMOKRASI
A. Hukum
B. Demokrasi
BAB 7 INTERAKSI SOSIAL, KELOMPOK SOSIAL, DAN MASYARAKAT
A. Interaksi Sosial
B. Kelompok Sosial
C. Masyarakat
BAB 8 PERUBAHAN SOSIAL DAN PEMBANGUNAN
A. Perubahan Sosial
B. Dampak Perubahan terhadap Kehidupan Sosial
C. Pembangunan
BAB 9 KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN
A. Keragaman dan Kesederajatan
B. Unsur-unsur Keragaman dalam Masyarakat
C. Perkembangan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
D. Keanekaragaman Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
E. Pengaruh Keragaman terhadap Kehidupan Beragama, Bermasyarakat, Bernegara, dan Kehidupan Global
F. Manusia beradab dalam Keragaman
G. Faktor-Faktor Terjadinya Perubahan Sosial Budaya
BAB 10 MODERNISASI DAN GLOBALISASI
A. Modernisasi
B. Globalisasi
Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya
| Berat | 450 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.217 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Bambang Rustanto, Dr., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-651-0 Sinopsis : Dalam pengertian yang luas, kemiskinan dapat dikonotasikan sebagai suatu kondisi ketidakmampuan baik secara individu, keluarga maupun kelompok sehingga kondisi ini rentan terhadap timbulnya permasalahan sosial lainnya. Apa pun yang ada pada masyarakat… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Penulis: Mahmud, H., Prof., Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 320 Halaman ISBN: 978-602-446-306-9 Sinopsis : Apa kelebihan buku ini dibandingkan buku-buku tentang manajemen pendidikan lainnya? Buku ini memaparkan konsep manajemen modern yang umumnya dipakai oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi. Ilmu manajemen… selengkapnya
Rp 66.400 Rp 83.00020%
Penulis: Prof. Dr. H. Nanang Priatna, M.Pd. Nurhayati, S.Pd., M.Pd. Silviana Ayu Lorenzia, S.Pd. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 276 Halaman ISBN: 978-602-446-528-5 Sinopsis: Peningkatan kualitas pembelajaran sains dan teknologi merupakan upaya yang tidak dapat ditunda-tunda lagi sejalan dengan berbagai tantangan yang… selengkapnya
Rp 79.200 Rp 99.00020%
Helmawati, Dr., S.E., M.Pd.I. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 308 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-563-6 Sinopsis : Setiap manusia perlu pendidikan. Dengan pendidikan manusia dapat menggali seluruh potensi yang dimilikinya sehingga ia akan mampu menghadapi permasalahan hidup yang dihadapinya, baik di dunia maupun di akhirat. Tempat pendidikan yang pertama… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
E. Mulyasa, Prof., Dr., H., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 288 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-736-4 Sinopsis: Pembelajaran di sekolah ternyata sangat lambat dalam mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat. Banyak dari tradisi pembelajaran, mulai dari cara menyusun tempat duduk sampai keterikatan yang berlebihan pada… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Judul : KARYA TULIS INOVATIF: SEBUAH PENGEMBANGAN PROFESI Pengarang : PROF.DR.H. SUDARWAN DANIM Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 164 halaman ISBN : 978-979-692-007-5 Sinopsis : Buku ini dipersembahkan untuk guru yang terus mengembangkan derajat profesionalitas sebagai tenaga pendidik. Untuk tujuan itu, guru, kepala sekolah, dan pengawas diharapkan mampu meningkatkan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Prof. Dr. Muchlas Samani & Drs. Hariyanto, M.S. 16 x 24 cm – 264 hlm Kerts Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 6, 2017 ISBN: 978-979-692-065-5 Sinopsis: Buku ini berisi 5 pokok bahasan utama, pertama yaitu peranan penting pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa; kedua dasar filosofi dan posisi pendidikan karakter dalam pendidikan nasional;… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Judul : PSIKOLOGI KEPENDIDIKAN Pengarang : ABIN SYAMSUDDIN MAKMUN,M. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, vi + 250 halaman ISBN : 979-514-596-7 Sinopsis: Buku ini akan menuntun para calon guru untuk memahami psikologi kependidikan yang relevan dengan tugasnya kelak lewat sistem pengajaran modul. Pemilihan dan penyusunan pokok… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Abdul Madjid. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 352 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-460-8 Sinopsis: Ada banyak persoalan yang dihadapi guru pada waktu ia berdiri di depan kelas. Berbagai alternatif penyelesaian masalah tersebut juga sudah banyak dibahas dalam berbagai forum ilmiah. Kenyataannya persoalan-persoalan pendidikan tak kunjung habis, datang silih berganti…. selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Nana Supriatna, Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 380 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-714-2 Sinopsis: Tanpa disadari, selama ini penerapan kurikulum sekolah di Indonesia kurang memperhatikan unsur kesinambungan yang memadukan berbagai unsur ke dalam sebuah ekosistem. Peningkatan kualitas pendidikan berbasis teknologi modern sering kali mengabaikan ketersediaan dan… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.