Sosiologi Pendidikan Memahami Dinamika Sosiokultural Kondisi: Produk baru
Rp 60.000 Rp 75.000| Kode | RR.PK0431 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Sosiologi Pendidikan Memahami Dinamika Sosiokultural Kondisi: Produk baru
Penulis: M. Saroni, Dr., M.Ag.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
212 Halaman
ISBN: 978-602-446-398-4
Sinopsis :
Membahas pendidikan tidak akan pernah selesai selama manusia masih hidup dan berpenghidupan sosial sebab pendidikan merupakan bagian tak terpisahkan dari dinamika kehidupan sosial manusia. Melalui pendidikan manusia ingin memperoleh kehidupan yang baik sebagaimana yang dialami orang lain. Bahkan dalam kondisi tertentu seseorang ingin lebih baik dari orang lain. Untuk mewujudkan keinginan dan keikutsertaan diri dalam dinamika sosial terkadang manusia dihadapkan dengan dinamika persaingan, kerja sama atau pertentangan. Dinamika tersebut dipengaruhi oleh potensi diri masing-masing individu dan potensi diri dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Kemudian, keduanya memengaruhi dinamika interaksional antara manusia yang satu dengan lainnya. Dalam dinamika itulah terdapat pelajaran yang sangat berguna untuk dijadikan kajian pendidikan melalui pendekatan sosiologis.
Kajian-kajian sosiologis dalam dunia pendidikan akan berguna bagi para pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan termasuk bagi para pengamat pendidikan, khususnya di Indonesia. Di mana masyarakat Indonesia merupakan masyarakat heterogen yang multietnis yang terdiri dari ratusan suku bangsa, dengan daerah teritorial dan budaya masing-masing yang khas. Oleh karena itu, buku ini diberi judul ”Sosiologi Pendidikan Memahami Dinamika Sosiokultural” yang dilengkapi dengan kajian teori interaksionisme simbolik dan pendekatan multikultural.
——-
Daftar Isi:
BAB 1 PENDAHULUAN
BAB 2 QUO VADIS SOSIOLOGI PENDIDIKAN
A. Latar Belakang dan Tokoh Sosiologi Pendidikan
B. Definisi Sosiologi Pendidikan
C. Pokok Bahasan Sosiologi Pendidikan
D. Tujuan Sosiologi Pendidikan
BAB 3 KEDUDUKAN DAN PERANAN GURU DI SEKOLAH DAN DALAM MASYARAKAT
A. Pendahuluan
B. Definisi Kedudukan dan Peranan
C. Kedudukan dan Peranan Guru di Sekolah dan dalam Masyarakat
BAB 4 PERUBAHAN DAN PEMBENTUKAN SOSIAL BUDAYA MELALUI PENDIDIKAN
A. Definisi dan Ruang Lingkup Perubahan Sosial
B. Pengaruh Pendidikan terhadap Perubahan Sosial Budaya
C. Komunikasi Bahasa dalam Dinamika Pendidikan
D. Dinamika Pendidikan Melalui Proses Simbolik Antaretnis
E. Nilai Pendidikan dalam Budaya Keagamaan
BAB 5 RESIPROKAL GURU, BUDAYA, DAN PENDIDIKAN
A. Pendahuluan
B. Guru, Budaya, dan Pendidikan dalam Hubungan Resiprokal
C. Eksistensi Guru dalam Transmisi Budaya
D. Guru dalam Memahami Perkembangan Siswa
BAB 6 DINAMIKA SOSIAL PENDIDIKAN MELALUI KELUARGA
A. Pendidikan dalam Dinamika Sosial Keluarga
B. Pengaruh Pendidikan Keluarga terhadap Dinamika Sosial Kehidupan Masyarakat
C. Pembentukan Kepribadian melalui Pendidikan Keluarga
BAB 7 PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MASYARAKAT
A. Definisi Kurikulum Pendidikan Multikultural
B. Pendidikan Multikultural di Beberapa Negara
C. Teori Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural
D. Tujuan Kurikulum Pendidikan Multikultural
E. Proses Penerapan Kurikulum Berbasis Multikultural
F. Evaluasi Kurikulum Pendidikan Multikultural
BAB 8 PENDEKATAN KUALITATIF PADA LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL
A. Alasan Pendekatan Kualitatif
B. Metode Pengumpulan, Deskripsi, dan Interpretasi Data
BAB 9 TEORI INTERAKSIONISME SIMBOLIK MEMAHAMI TINDAKAN SOSIAL
A. Payung Teori Interaksionisme Simbolik
B. Teori Interaksionisme Simbolik Memahami Konflik
Tags: Analisis Sosiologis, Dinamika Sosiokultural, Faktor Sosial, Kajian Sosiologis, Kondisi Sosial, Pendidikan dan Masyarakat, pendidikan multikultural, Perubahan Sosial, Sosiologi Pendidikan, Teori Sosiologi
Sosiologi Pendidikan Memahami Dinamika Sosiokultural Kondisi: Produk baru
| Berat | 300 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.632 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : Cet 13, 2000 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xiii + 197 halaman ISBN : 979-514-384-0 Sinopsis : Buku ini terdiri atas dua bagian: bagian teoritis praktis dan bagian praktis. Berbagai teori pendidikan dibahas dan setiap masalah dijelaskan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Asis Saefuddin, H., Ika Berdiati Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-604-6 Sinopsis: Pembelajaran di kelas yang dikemas dengan menyenangkan merupakan dambaan peserta didik karena proses belajar yang menyenangkan bisa meningkatkan motivasi belajar yang tinggi bagi peserta didik guna menghasilkan produk dan proses belajar yang… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Penulis: Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. dan Rohanim, S.Pd., M.M. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 164 Halaman ISBN: 978-602-446-266-6 Sinopsis: Dengan perannya sebagai manajer, kepala sekolah harus memiliki karakter, kompetensi, dan keunggulan literasi yang semua dipadukan sebagai instrumen untuk mewujudkan kualitas… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Esmar Budi, Dr. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-126-3 Sinopsis: Materi dalam buku ini mengupas secara tuntas berdasarkan bahan ajar perkuliahan gelombang. Untuk memudahkan para mahasiswa dalam memahami materi yang diajarkan, maka buku ini secara umum dibagi menjadi dua bagian yang terdiri dari 8… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Ade Nandang S., Dr., M.Ag. dan Abdul Kosim, M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-246-8 Sinopsis: Kajian kebahasaan terus mengalami perkembangan. Linguistik sebagai ilmu yang mempelajari bahasa itu sendiri mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan tinjauan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.000Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 272 Halaman ISBN: 978-602-446-714-2 Sinopsis: Manajemen kelas adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Mengelola kelas merupakan bagian integral… selengkapnya
Rp 103.000Penulis: Sapriya, M.Ed., Prof. Dr. Cetakan: 11 (Revisi), 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-739-5 Sinopsis: Peranan lembaga pendidikan tinggi sudah sepantasnya memberikan fasilitasi untuk meningkatkan mutu luaran pendidikan di tanah air sejalan dengan pendekatan Outcomes- Based Education (OBE). Buku yang… selengkapnya
Rp 86.00020%
Syamsu Yusuf LN, Prof., Dr., M.Pd. dan A. Juntika Nurihsan, M.Pd., D Cetakan 5, Tahun 2013 Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 979-692-797-7 Sinopsis : Innama bu’itstu li utammima makaarima-I akhlaaqi; sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak (Muhammad SAW) Kepribadian sesuatu yang selalu menarik perhatian banyak pihak, sepanjang masa. Dalam pergaulan masyarakat… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: Siti Azisah, Dra., Hj., M.Ed.St., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 196 Halaman ISBN: 978-602-446-438-7 Sinopsis: Di zaman milenial ini menguasai Bahasa Inggris merupakan keniscayaan, bahkan telah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dan madrasah. Ironisnya, banyak peserta didik kurang mampu… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Nanang Priatna, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 352 Halaman ISBN: 978-602-446-304-5 Sinopsis : Mengapa matematika diakui sebagai tolok ukur utama untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang? Hal ini sesuai dengan karakteristik matematika sebagai ilmu yang bersifat… selengkapnya
Rp 100.800 Rp 126.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.