Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills)
Rp 92.800 Rp 116.000| Kode | RR.PK0399 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills)
Penulis: Helmawati, DR., S.E., M.Pd.I.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
316 Halaman
ISBN: 978-602-446-330-4
Sinopsis :
Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau keterampilan berpikir kritis (HOTS/Higher Order Thingking Skills) dibutuhkan pada masa mendatang. Di era revolusi industri 4.0, keterampilan menganalisis dan mengambil keputusan yang cepat dan tepat, merupakan bagian dari keterampilan berpikir tingkat tinggi, sangat diperlukan untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan menyelesaikan masalah yang begitu kompleks. Implementasi pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS ini diharapkan mampu meningkatkan mutu dan kompetensi lulusan yang siap bersaing dalam era revolusi industri 4.0.
Melalui buku ini pembaca dibawa untuk memahami dan menguasai tentang: Pendidikan di Indonesia; Otak, Pengetahuan, Berpikir, Kognisi dan Kognitif, Penalaran dan Logika pada Pembelajaran; Higher Order Thinking Skills (HOTS); Pembelajaran Berbasis HOTS; Komunikasi Ramah Otak dalam Proses Pembelajaran; Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS; Menyusun Soal-Soal HOTS Berbasis ICT; Tantangan dan Peluang Pendidikan di Era Revolusi Industri.
—
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
BAB II PENDIDIKAN DI INDONESIA
A. Pendidikan di Indonesia
B. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional
C. Guru sebagai Komponen Utama dalam Proses Pendidikan
D. Standar Nasional Pendidikan di Indonesia
BAB III OTAK, PENGETAHUAN, BERPIKIR, KOGNISI DAN KOGNITIF, PENALARAN DAN LOGIKA PADA PEMBELAJARAN
A. Pembelajaran
B. Otak
C. Pengetahuan
D. Berpikir
E. Kognisi dan Kognitif
F. Penalaran dan Logika
BAB IV HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)
A. Memahami HOTS
B. Kriteria HOTS Perspektif Bloom dan Anderson
C. Tahapan HOTS Anderson (Bloom)
BAB V PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS
A. Memahami Pembelajaran Berbasis HOTS
B. RPP Berbasis HOTS
C. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis HOTS
BAB VI KOMUNIKASI RAMAH OTAK DALAM PROSES
PEMBELAJARAN
A. Otak Belajar
B. Motivasi dan Emosi Memperkuat Memori
C. Pilihan Kata (Diksi)
D. Peta Konsep
E. Akromin
F. Akrostik
G. Rima (Sajak) dan Lagu
H. Angka dan Bentuk
I. Metode Loci (Loci Method)
J. Chunking (Penggolongan)
K. Asosiasi (Hubungan)
BAB VII PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS
A. Standar Penilaian Pendidikan
B. Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS
C. Kriteria Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS
BAB VIII MENYUSUN SOAL-SOAL HOTS BERBASIS ICT
A. Contoh Soal-Soal
B. Contoh Soal-Soal Berbasis HOTS
C. Menggunakan ICT sebagai Media Penilaian
BAB IX TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI
A. Ciptakan Sikap Mental Positif
B. Tumbuhkan Kecakapan Hidup (Life Skills)
C. Kecepatan Belajar
D. Cari Pengalaman Baru
BAB X PENUTUP
Tags: Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS, High Order Thinking Skills, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Berpikir Analitis, Keterampilan Berpikir Evaluatif, Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Berpikir Kritis, Metode Pembelajaran Berbasis HOTS, Pembelajaran Berbasis HOTS, Pembelajaran Inovatif Berbasis HOTS, Pengukuran Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Penilaian Berbasis HOTS
Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills)
| Berat | 650 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 915 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Prof. Dr. Suyono, M.Pd. 16 x 24 cm • 260 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 2, 2011 ISBN: 978-979-692-046-4 Sinopsis: Tidak dapat dipungkiri bahwa sudah banyak buku tentang teori belajar dan pengajaran atau pembelajaran yang beredar. Namun demikian buku ini sengaja melakukan positioning dengan mengedepankan komprehensivitas, yaitu mencoba… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Dr. Ira Puspitawati, M.Si., Psikolog, Iriani Indri Hapsati, M.Psi., Ratna Dyah Suryaratri, M.Si. 16 x 24 cm • 220 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-070-9 Sinopsis : Psikologi faal merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang mengalami perkembangan pesat dalam teori maupun penerapannya. Psikologi faal… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Penulis: Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si. dan Wendhie Prayitno, S.Kom., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-517-9 Sinopsis: Buku ini ditujukan bagi guru dan mahasiswa kependidikan sebagai referensi dalam menyusun instrumen untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi siswa. Buku… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd., M.Si. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-494-3 Sinopsis : Pada dasarnya konsep teknologi pendidikan masih tertuju pada upaya melahirkan prosedur-prosedur pemecahan masalah belajar manusia. Di antara inovasi dalam model pembelajaran berbasis teknologi informasi itu adalah animation learning, games learning, dan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Syamsu Yusuf LN, Prof., Dr., M.Pd. dan A. Juntika Nurihsan, M.Pd., D Cetakan 5, Tahun 2013 Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 979-692-797-7 Sinopsis : Innama bu’itstu li utammima makaarima-I akhlaaqi; sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak (Muhammad SAW) Kepribadian sesuatu yang selalu menarik perhatian banyak pihak, sepanjang masa. Dalam pergaulan masyarakat… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Judul : PSIKOLOGI KEPENDIDIKAN Pengarang : ABIN SYAMSUDDIN MAKMUN,M. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, vi + 250 halaman ISBN : 979-514-596-7 Sinopsis: Buku ini akan menuntun para calon guru untuk memahami psikologi kependidikan yang relevan dengan tugasnya kelak lewat sistem pengajaran modul. Pemilihan dan penyusunan pokok… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Dr. Wowo Sunaryo Kuswana, M.Pd. 16 x 24 cm • 300 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-079-2 Sinopsis : Manakala ketidakberhasilan dalam pencapaian tujuan, maka dikesankan pembelajaran didominasi oleh aspek kognitif. Banyak orang yang menuding “kognitif sebagai penyebab. Oleh karena itu, bertolak dari kepentingan pembelajaran… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: M. Saroni, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 212 Halaman ISBN: 978-602-446-398-4 Sinopsis : Membahas pendidikan tidak akan pernah selesai selama manusia masih hidup dan berpenghidupan sosial sebab pendidikan merupakan bagian tak terpisahkan dari dinamika kehidupan sosial manusia. Melalui pendidikan… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Sunaryo Kartadinata, Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 15×21 cm, 204 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-641-1 Sinopsis : Perdamaian, kedamaian, dan bahkan kekerasan pertama kali dibangun dalam pikiran manusia. Jika kedamaian ada dalam pikiran kita, maka lingkungan kita akan cenderung menjadi damai. Oleh karena itu, terciptanya kedamaian pertama… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-642-8 Sinopsis : Keluarga dapat dikatakan sebagai lembaga yang dibentuk atas dorongan manusia untuk berkelompok guna mengatur kehidupan dan mengorganisasi diri dalam upaya mencapai tujuan. Kajian ekonomi keluarga sendiri membahas tentang bagaimana keluarga menghadapi masalah… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.