Pedagogi Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS
Rp 104.000 Rp 130.000Kode | RR.PK0458 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pedagogi Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS
Penulis: Prof. Dr. Nana Supriatna, M.Ed., Neni Maulidah, M.Pd.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
352 Halaman
ISBN: 978-602-446-518-6
Sinopsis:
Di tengah-tengah berkembangnya teknologi informasi yang masif pada abad ini yang ditandai dengan penggunaan artificial intelligence, big data, dan internet of things, hanya satu kompetensi umat manusia yang tidak bisa digantikan oleh mesin, yaitu kreativitas. Buku berjudul Pedagogi Kreatif ini menawarkan alternatif pembelajaran dengan menempatkan unsur kognitif manusia, yaitu kreativitas. Melalui pedagogi kreatif, pendidik dapat mengembangkan gaya mengajar yang sesuai dengan pengalaman, bakat, dan minat, tanpa terbelenggu dengan berbagai prosedur pembelajaran terpola dan baku sebagaimana robot bekerja. Di tangan guru kreatif, dokumen kurikulum menjadi kurikulum yang imajinatif dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik tidak hanya memiliki pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan melainkan juga terinspirasi dan termotivasi untuk menjadi generasi yang kreatif dan inovatif.
Penulis mengangkat pedagogi kreatif sebagai salah satu pedagogi yang relevan untuk membekali peserta didik memiliki keterampilan abad ke-21. Di tangan guru kreatif, keterampilan berpikir kritis dan kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama dengan kelompok majemuk, berjejaring, berliterasi digital dan memecahkan masalah dapat dikembangkan. Untuk itu, buku ini layak dijadikan rujukan sebagai buku teks bagi dosen, mahasiswa, guru dan calon guru yang menaruh perhatian pada pengembangan kreativitas dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk disiplin Pendidikan Sejarah dan Pendidikan IPS.
———–
Daftar Isi
Bagian SATU
ASPEK TEORETIS PEDAGOGI KREATIF
BAB 1 PEDAGOGI KREATIF DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR
A. Belajar Menjadi Guru Kreatif dari Pengalaman Historis
B. Definisi Pedagogi Kreatif
C. Pembelajaran Kreatif melalui Guru Kreatif
D. Aspek Teoretis Munculnya Kreativitas
E. Merdeka Belajar melalui Pedagogi Kreatif
BAB 2 PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN ABAD KE-21
A. Merespons Tantangan Pembelajaran Abad ke-21
B. Pedagogi Kreatif sebagai Pendidikan Karakter
C. Pedagogi Kreatif sebagai Agenda Pendidikan Abad ke-21
D. Pedagogi Kreatif sebagai Pendekatan Personal
BAB 3 PEDAGOGI KREATIF DI SEKOLAH
A. Ciri-ciri Guru Kreatif dalam Pedagogi Kreatif
B. Kekuatan Imajinasi dalam Pedagogi Kreatif
C. Unsur-unsur Pedagogi Kreatif
D. Pedagogi Kreatif dan Terbentuknya Peserta Didik Kreatif
E. Penilaian Kreativitas Peserta Didik di Sekolah
BAB 4 MENSTIMULASI POTENSI OTAK
MELALUI PEMBELAJARAN KREATIF IMAJINATIF
A. Mengolah Potensi Otak dengan Memotivasi
B. Belahan Otak dan Fungsi Kreatif
C. Menstimulasi Belahan Otak dalam Pembelajaran Kreatif- Imajinatif
D. Aktivitas Belajar Kreatif Imajinatif melalui Permainan
Bagian DUA
PEDAGOGI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
BAB 5 MENGGALI POTENSI CREATIVEPRENEURSHIP ERA REVOLUSI INDISTRI 4.0 MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KREATIF
A. Mendekonstruksi Kurikulum dengan Menambah Isu Creativepreneurship
B. Mewadahi Creativepreneurship Era IR 4.0 dalam Pembelajaran Sejarah
C. Mendekatkan Creativepreneurship dengan Sejarah Lokal Peserta Didik
D. Belajar Mengenai Potensi Creativepreneurship Peserta Didik
BAB 6 PENGEMBANGAN KREATIVITAS IMAJINATIF MELALUI PERTANYAAN OPEN-ENDED DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
A. Masalah Pembelajaran Sejarah dan Pentingnya Kreatif Imajinatif
B. Berpikir Kreatif imajinatif dalam Pembelajaran Sejarah
C. Mendekonstruksi Pembelajaran Sejarah untuk Memberi Ruang Kreatif
D. Berpikir Kreatif-imajinatif Peserta Didik
BAB 7 MEMBANGUN KESADARAN SEJARAH DALAM MENGONSUMSI PANGAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN KREATIF
PEMBELAJARAN KREATIF
A. Kesadaran Sejarah Masyarakat agraris
B. Pedagogi Kreatif Membangun Kesadaran Historis Masyarakat Agraris
BAB 8 PEMBELAJARAN SEJARAH KREATIF UNTUK MEMBANGUN HUBUNGAN HARMONIS ANTAR ETNIS
A. Mengapa Pembelajaran Sejarah Harus Kreatif dan Inovatif?
B. Bagaimana mengemas Pembelajaran Sejarah Kreatif dan Inovatif?
BAB 9 MENGELOLA TUBUH PEREMPUAN MELALUI KISAH EMANSIPATORIS
A. Pentingnya Kesadaran tentang Kesetaraan
B. Berimajinasi Kreatif tentang Kesetaraan Melalui Karya Sastra
C. Memfasilitasi Pertanyaan Emansipatoris Peserta Didik
D. Beremansipasi Cara Milenial
Bagian TIGA
PEDAGOGI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS
BAB 10 BERKREASI MENGEMBANGKAN KURIKULUM IPS
A. Berkreatif Mengembangkan Kurikulum IPS
B. Hasil Penelitian Mengenai Kreativitas Guru dan Peserta didik pada Pembelajaran IPS
C. Pedagogi Kreatif dalam IPS
BAB 11 MENGATASI PHUBBING PESERTA DIDIK MELALUI PEDAGOGI KREATIF
A. Phubbing dan dampak Negatifnya
B. Tujuan Pendidikan IPS untuk mengatasi Phubbing
C. Keterampilan dalam IPS Abad ke-21 untuk Mengatasi Phubbing
D. Pedagogi Kreatif Abad ke-21 untuk mengatasi Phubbing
BAB 12 MELAWAN IKLAN BARANG KONSUMEN DI ERA PASCAKEBENARAN
A. Perilaku Konsumtif Peserta Didik
B. Mengonsumsi Era Pascakebenaran
C. Kolaborasi Kreatif Melawan Budaya Konsumtif
BAB 13 KARYA WISATA KREATIF KE TOILET SEKOLAH
A. Toilet Sekolah sebagai Laboratorium Berkreasi
B. Merangsang Imajinasi tentang Hidup Bersih Melalui Film
C. Memecahkan Masalah Sambil Berkreasi di Toilet
D. Indikator Kebersihan Toilet sebagai Instrumen Penilaian
BAB 14 PRAKTIK MENGAJAR INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS
A. Pengembangan Kurikulum Tahun 2013 sebagai Pengalaman Belajar
B. Pendekatan Personal dalam Pembelajaran IPS
C. Belajar Aktif dan Kreatif Kehidupan Sosial di Luar Kelas
D. Pengembangan Pengalaman Belajar Melalui PAR
BAB 15 MERDEKA BELAJAR DI RUANG DIGITAL
A. Memaknai Kompetensi sebagai Tujuan dalam berliterasi
B. Literasi Digital dengan “My Inquiry Journal”
BAB 16 MEMBERDAYAKAN DINI UNTUK TIDAK MENIKAH DINI
A. Pedagogi Kreatif: Memotivasi Pemberdayaan Peserta Didik
B. Pembelajaran Kreatif: Menyuarakan Suara yang Bungkam
C. Pedagogi Kreatif: Memberdayakan anak perempuan berkata “tidak” terhadap pernikahan dini
Tags: Inovasi Pendidikan, Menumbuhkan Kreativitas, Metode Pembelajaran Aktif, Pedagogi Kreatif, Pembelajaran IPS, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Sejarah, Penerapan Sejarah dan IPS dalam Kehidupan Sehari-hari, Penilaian Pembelajaran Kreatif, Teknologi dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS
Pedagogi Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah dan IPS
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 917 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
H. Drs. Soegiono, M.M., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, BW, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-086-0 Sinopsis: Para mahasiswa, para ilmuwan, para sastrawan, para budayawan, para politikus, para rohaniwan, dan bahkan anggota masyarakat umum, menggunakan filsafat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Oleh karena itu tampak terjadi keberagaman dalam penggunaannya,… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Dr. Wowo Sunaryo Kuswana, M.Pd. 16 x 24 cm, 324 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 1, 2011 ISBN: 978-979-692-071-6 Sinopsis : Buku ini berisi kajian mengenai pendekatan keterampilan berpikir sebagai kegiatan yang terorganisasi untuk mengidentifikasi proses mental peserta didik atau peserta didik yang perlu direncanakan, mendeskripsikan dan mengevaluasi proses berpikir… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Abdul Madjid. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 352 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-460-8 Sinopsis: Ada banyak persoalan yang dihadapi guru pada waktu ia berdiri di depan kelas. Berbagai alternatif penyelesaian masalah tersebut juga sudah banyak dibahas dalam berbagai forum ilmiah. Kenyataannya persoalan-persoalan pendidikan tak kunjung habis, datang silih berganti…. selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Penulis: Muh. Hizbul Muflihin, Dr., H., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-399-1 Sinopsis : Pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk kepribadian kaum muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, dan cinta tanah air dan bangsa. Oleh… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd., M.Si. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-640-4 Sinopsis: Biologi saat ini tengah diupayakan untuk dikaji menjadi landasan baru bagi kajian Ilmu komunikasi selain Antropologi, Sosiologi, Psikologi, Psikologi Sosial, serta ilmu-ilmu eksakta, seperti Fisika dan Matematika. Selain itu, Biologi sebagai salah… selengkapnya
Rp 72.800 Rp 91.00020%
Cepi Triatna, Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-629-9 Sinopsis: Kajian mengenai perilaku manusia saat ini tidak akan terlepas dari keterhubungan dan pengaruhnya (interaksi) dengan lingkungannya. Untuk dapat memahami mengenai perilaku organisasi secara tepat, terlebih dahulu harus dipahami beberapa konsep terkait dengan perilaku… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.00020%
Penulis: Muhibbin Syah Cetakan: 22, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 280 halaman ISBN: 979-514-672-6 Sinopsis: Seorang pendidik (guru, dosen, dsb.) dan tenaga kependidikan (kepala sekolah Madrasah dan para wakilnya) sangat memerlukan aneka ragam pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan profesinya sesuai dengan tuntutan zaman dan… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Judul : Administrasi & Supervisi Pendidikan Pengarang : M. Ngalim Purwanto Tahun : Cet 24, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 236 halaman ISBN : 979-514-039-6 Sinopsis: Pokok-pokok materi yang diuraikan dalam buku ini antara lain konsep administrasi pendidikan dalam hubungannya dengan ilmu administrasi, bidang-bidang garapan administrasi pendidikan, kepemimpinan dalam pendidikan,… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Dr. E. Mulyasa, M.Pd. 16×24 cm – 224 hlm Kertas Isi HVS 70 gr, 2 warna – Sampul AC 210 gr Cetakan 15, 2014 ISBN: 979-692-196-0 Sinopsis : Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) ini dimaksudkan untuk menghadapi pelaksanaan otonomi daerah. Di mana pemerintah daerah diberi otonomi untuk mengatur rumah tangganya sendiri, termasuk dunia pendidikan. Lalu… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd.,M.Si Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-145-4 Sinopsis : Dalam hidupnya manusia senantiasa dihadapkan pada berbagai permasalahan kehidupan. Permasalahan selalu hadir dan menuntut kita untuk mencari akar penyebab timbulnya persoalan. Ketika kita berusaha mengeksplorasi lebih jauh akar permasalahan tersebut, maka… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.