Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar
Rp 108.000 Rp 135.000| Kode | RR.PK0438 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar
Penulis: Ridwan Abdullah Sani, Dr., M.Si., Kaharuddin Arafah, M.Si., Ishak Aziz, Dr., M.Pd., Ratna Tanjung, Dra., M.Pd., Hary Suswanto, Dr., M.T.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
380 Halaman
ISBN: 978-602-446-430-1
Sinopsis:
Buku ini ditulis oleh tim dosen yang mengampu mata kuliah Evaluasi dan Penilaian Hasil Belajar dari Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Makasar, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Negeri Malang.
Buku ini ditujukan bagi mahasiswa kependidikan dan guru berbagai bidang studi.
Isi buku mencakup Konsep dan Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran (Bab 1),
Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (Bab 2),
Model Evaluasi dan Program Pembelajaran (Bab 3),
Penilaian PAN dan PAP (Bab 4),
Penilaian Autentik (Bab 5),
Penyusunan Instrumen dan Pengukuran Hasil Belajar (Bab 6),
Tes Objektif dan Esai (Bab 7),
Alat Ukur Non-tes (Bab 8),
Validitas dan Reliabilitas Hasil Pengukuran (Bab 9),
dan Pengolahan Data Hasil Belajar (Bab 10).
Setiap bab dipaparkan secara jelas, dan pada penjelasan tentang instrumen pengukuran hasil belajar diberikan contoh alat ukur dan pengolahan data penilaian hasil belajar agar pembaca dapat memahami isi buku secara mudah.
——-
Daftar Isi
BAB 1 Konsep Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran
A. Pendahuluan
B. Pengertian Evaluasi dan Penilaian
C. Jenis-Jenis Penilaian
D. Kriteria Penilaian
E. Metode dan Teknik Penilaian
F. Objek dan Subjek Penilaian
G. Instrumen Penilaian
H. Penilaian Berbasis Kelas
BAB 2 Evaluasi Proses dan hasil Belajar
A. Pendahuluan
B. Evaluasi dalam Pembelajaran Abad ke-21
C. Evaluasi Proses Belajar Mengajar
D. Evaluasi Hasil Belajar
E. Tujuan dan Manfaat Pelaksanaan Evaluasi
F. Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar
BAB 3 Model Evaluasi Program Pembelajaran
A. Pendahuluan
B. Evaluasi Program
C. Model-Model Evaluasi Program
BAB 4 Penilaian PAN dan PAP
A. Pendahuluan
B. Penilaian Acuan Patokan (Criterion Referenced Evaluation)
C. Penilaian Acuan Norma (PAN)
D. Analisis Manual dalam Penilaian Acuan Norma (PAN)
E. Persamaan dan Perbedaan PAN dan PAP
BAB 5 Konsep Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran
A. Pendahuluan
B. Pengertian Penilaian Autentik
C. Tahapan Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik
BAB 6 Penyusunan Instrumen Pengukuran hasil Belajar
A. Pendahuluan
B. Dasar-dasar Penyusunan Tes Hasil Belajar
C. Cara Menyusun Instrumen Tes dan Non-Tes
D. Membuat Tes Hasil Belajar
E. Menganalisis Tes Hasil Belajar
F. Menyusun Tes Keterampilan
BAB 7 T es Objektif dan ESAI
A. Pendahuluan
B. Jenis-jenis Tes Hasil Belajar
C. Tes Bentuk Uraian (Tes Esai)
D. Tes Bentuk Objektif
E. Menyusun Tes Objektif
F. Menyusun Soal Uraian (Esai)
BAB 8 Alat Ukur Nontes
A. Pendahuluan
B. Portofolio
C. Observasi, Wawancara, dan Angket
D. Skala Sikap
BAB 9 Validitas, Reliabilitas, dan Objektivitas
A. Pendahuluan
B. Validitas
C. Menentukan Tingkat Validitas Tes
D. Reliabilitas
E. Objektivitas Tes
F. Uji Validitas Berdasarkan Jawaban Peserta Tes
BAB 10 Pengolahan Data Hasil Belajar
A. Pendahuluan
B. Pemeriksaan Ujian
C. Pengolahan Skor Secara Statistik
D. Penetapan Hasil Tes
E. Analisis Hasil Penilaian Sikap dan Perilaku
F. Analisis Penilaian Penguasaan Pengetahuan dan Keterampilan
Tags: Evaluasi dan Penilaian, Evaluasi Formatif, Evaluasi Proses, Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar, Evaluasi Sumatif, Kurikulum Evaluasi, Penilaian Hasil Belajar, Rubrik Penilaian, Teknik Evaluasi Proses, Teknik Penilaian Hasil Belajar
Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar
| Berat | 650 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.301 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: M. Karman, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 388 Halaman ISBN: 978-602-446-297-0 Sinopsis : Mengapa teks Al-Quran relevan untuk segala situasi dan kondisi? Walau lahir di masa yang tidak seperti sekarang, teksnya dapat dikontekstualisasikan di berbagai tempat dan… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Prof. Dr. Ishak Abdulhak, M.Pd. & Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 16 x 24 cm, 292 hlm Kertas isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2015 ISBN: 978-979-692-167-6 Sinopsis : Buku ini mengkaji mengenai varian dan kawasan dari Teknologi Pendidikan yang lebih praktis bagi para praktisi dunia pembelajaran di lingkungan pendidikan baik persekolahan… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Penulis: Yuni Sugiarti, S.T., M.Kom. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-228-4 Sinopsis: Mengapa menguasai Java sejak dini adalah investasi penting bagi masa depan? Buku ini yang akan mengupas tuntas teknis penggunaan data base, Unified Modelling Language (UML),… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Ahmad Tafsir, Dr., Prof. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 332 hlm. Isi: Bookpaper 57,5 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-075-4 Sinopsis: Ilmu Pendidikan Islami (IPI) merupakan ilmu pendidikan berdasarkan pandangan Islam. Hal ini sangat penting karena untuk menghasilkan orang yang beriman dan bertakwa yang merupakan tujuan pendidikan. Tentunya orang tersebut harus memiliki akal yang… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Arita Marini, DR., Ir. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 120 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-160-7 Sinopsis: Geometri adalah cabang matematika yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Geometri ini disebut juga ilmu ukur. Oleh Karena itu, dalam buku Geometri dan Pengukuran ini dibahas secara lengkap mengenai geometri… selengkapnya
Rp 25.600 Rp 32.00020%
Abdul Majid, M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 400 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-143-0 Sinopsis: Standar proses pendidikan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu prinsip pendidikan adalah proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang… selengkapnya
Rp 84.000 Rp 105.00020%
Bayong Tjasyono, Prof., Dr., HK., DEA, Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm 180 hlm. Isi: HVS 70 gram; Sampul: AC 210 ISBN: 978-979-692-182-9 Sinopsis: Buku ini berusaha untuk menyingkap Keajaiban Planet Bumi menurut konsepsi sains (ayat Kauniyah) dan Islam (Ayat Qauliyah), di antaranya: 1. Mengapa gunung berjalan seperti jalannya awan? [QS. Al-Naml (27):88]. Dapat dijelaskan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Prof. Dr. Nana Supriatna, M.Ed., Neni Maulidah, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 352 Halaman ISBN: 978-602-446-518-6 Sinopsis: Di tengah-tengah berkembangnya teknologi informasi yang masif pada abad ini yang ditandai dengan penggunaan artificial intelligence, big data, dan internet of things, hanya… selengkapnya
Rp 104.000 Rp 130.00020%
Judul : EKONOMI & PEMBIAYAAN PENDIDIKAN Pengarang : NANANG FATTAH Tahun : Cet 1, 2000 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 164 hlm ISBN : 979-692-002 Sinopsis : Materi ini membahas tentang konsep ekonomi dan pembiayaan pendidikan, khususnya keterkaitan pendidikan dengan ekonomi secara makro yang mengandung implikasi terhadap kebijakan dalam… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Mulyasa, H.E., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 336 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-142-3 Sinopsis : Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas hanya dapat direkayasa melalui pendidikan yang dirancang oleh guru profesional dan bermutu. Akhir-akhir ini pemerintah sedang melakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang akan ditindaklanjuti dengan Penilaian… selengkapnya
Rp 75.200 Rp 94.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.