Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Rp 80.000 Rp 100.000| Kode | RR.PK0210 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abdul Madjid, M.Pd.
Cetakan 1, 2012
16×24 cm, 388 hlm.
Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr.
ISBN: 978-979-692-120-1
Sinopsis :
Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa/mahasiswa mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi yang syarat dengan muatan nilai-nilai (Ilahiah, insaniah dan alamiah). Dalam konteks NKRI yang mayoritas masyarakatnya memeluk Islam, seharusnya PAI mendasari pendidikan- pendidikan lain, serta menjadi core (inti) dan primadona bagi masyarakat, orang tua dan peserta didik. Namun, dalam kenyataannya kurang mendapat perhatian yang proporsional. Padahal mata pelajaran PAI termasuk pada kelompok pengembangan kepribadian, sejatinya dijadikan tolok ukur dalam membentuk watak, kepribadian dan moral bangsa (national character building). Kehadiran buku ini setidaknya dapat dijadikan bahan/referensi bagi mahasiswa, guru dan pihak lainnya sebagai kajian pada dua mata kuliah, yaitu ‘Telaah Kurikulum PAI’ serta ‘Belajar dan Pembelajaran PAI’ walaupun tidak sepenuhnya menggambarkan tentang apa yang dibutuhkan pada mata kuliah tersebut.
Secara garis besar, isi buku ini dapat dikategorikan ke dalam dua bagian, yaitu: Pertama, Telaah kurikulum PAI, hal ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman agar kegiatan pembelajaran PAI yang hendak dilakukan oleh guru diawali dengan kegiatan menelaah kurikulum. Dengan menelaah kurikulum, guru dapat memetakan keterhubungan antara satu kompetensi dengan kompetensi lainnya baik secara vertikal maupun horizontal sehingga guru dan pengelola pendidikan akan memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan program pendidikan, bahan ajar, tata urut dan cakupan materi, penyajian materi, serta peran guru dan murid dalam rangkaian pembelajaran. Tanpa pemahaman yang baik dan benar terhadap tujuan, prinsip-prinsip dan isi kurikulum, guru akan mendapatkan kesulitan ketika menjabarkannya ke dalam kegiatan pembelajaran.
Kedua, buku ini menyajikan model-model pembelajaran PAI dan penilaiannya, yaitu dengan menyuguhkan berbagai model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang pernah diujicobakan oleh berbagai pihak dan menunjukkan respons dan hasil yang positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran PAI baik dari aspek pengetahuan, sikap, maupun tindakan. Hal ini dapat dijadikan modal/bahan untuk terus dikembangkan sehingga melahirkan model-model baru dalam pembelajaran PAI yang lebih efektif.
Tags: Belajar dan Pembelajaran, Konsep Belajar dalam Islam, Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Metode Pembelajaran Agama Islam, Model Pembelajaran Agama Islam, Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Sistem Pembelajaran Agama Islam, Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Tujuan Pembelajaran Agama Islam
Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
| Berat | 600 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.162 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Muhibbin Syah Cetakan: 22, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 280 halaman ISBN: 979-514-672-6 Sinopsis: Seorang pendidik (guru, dosen, dsb.) dan tenaga kependidikan (kepala sekolah Madrasah dan para wakilnya) sangat memerlukan aneka ragam pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan profesinya sesuai dengan tuntutan zaman dan… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Abdul Madjid, dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 348 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-581-0 Sinopsis : Pelaksanaan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pembelajaran yang mengacu pada Silabus. Rencana pembelajaran tersebut perlu dikembangkan semaksimal mungkin oleh guru, baik secara individu maupun kelompok, agar kompetensi sikap, pengetahuan,… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Dr. E. Mulyasa, M.Pd. 16×24 cm – 224 hlm Kertas Isi HVS 70 gr, 2 warna – Sampul AC 210 gr Cetakan 15, 2014 ISBN: 979-692-196-0 Sinopsis : Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) ini dimaksudkan untuk menghadapi pelaksanaan otonomi daerah. Di mana pemerintah daerah diberi otonomi untuk mengatur rumah tangganya sendiri, termasuk dunia pendidikan. Lalu… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Abdul Madjid, M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-582-7 Sinopsis : Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran adalah bagian integral dari proses kegiatan pembelajaran. Penilaian ini bertujuan menilai efektivitas dan efisiensi kegiatan pengajaran sebagai bahan untuk perbaikan dan penyempurnaan program serta pelaksanaannya. Salah satu… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Ismet Basuki, Prof., Dr., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 252 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-471-4 Sinopsis : Penilaian merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kualitas sistem pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam kualitas… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Sitepu, B.P., Prof., Dr., M.A. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-104-1 Sinopsis : Selaras dengan kemajuan industri buku di Indonesia, Pemerintah secara bertahap memilih buku teks pelajaran dari buku-buku yang diterbitkan swasta. Kebijakan ini berlaku untuk semua mata pelajaran di semua jenis dan tingkat… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Penulis: Zainal Arifin, H., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 384 Halaman ISBN: 978-602-446-336-6 Sinopsis : Program adalah rencana dari sebuah sistem. Suatu rencana perlu dituangkan secara tertulis sehingga dapat dipelajari oleh semua pihak yang terlibat. Dalam praktiknya, sering kali pelaksanaan… selengkapnya
Rp 112.000 Rp 140.00020%
Helmawati, Dr., SE., M.Pd.I. Cetakan 2, 2017 16×24 cm, 248 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-703-6 Sinopsis : Dewasa ini, banyak pendidik yang sudah tidak dapat dikatakan lagi sebagai model atau teladan yang baik bagi anak. Minimnya figur atau teladan, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat dapat berdampak pada… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: M. Saroni, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 212 Halaman ISBN: 978-602-446-398-4 Sinopsis : Membahas pendidikan tidak akan pernah selesai selama manusia masih hidup dan berpenghidupan sosial sebab pendidikan merupakan bagian tak terpisahkan dari dinamika kehidupan sosial manusia. Melalui pendidikan… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Muh. Hizbul Muflihin, Dr., H., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-399-1 Sinopsis : Pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk kepribadian kaum muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, dan cinta tanah air dan bangsa. Oleh… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.