Metode Penelitian Tindakan Kelas (Revisi)
Rp 68.000 Rp 85.000Kode | RR.PK0392 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Metode Penelitian Tindakan Kelas (Revisi)
Penulis: Rochiati Wiriaatmadja, Prof., Dr.
Cetakan: 12 (Revisi), 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 304 Halaman
ISBN: 978-602-446-302-1
Sinopsis:
Sudah banyak dibahas dalam berbagai forum ilmiah mengenai persoalan yang dihadapi para pendidik ketika ia mengajar di depan kelas. Kenyataannya berbagai persoalan pendidikan datang silih berganti, tak kunjung habis.
Di sini penulis menawarkan formula lain, buku yang merupakan edisi revisi ini menjelaskan bahwa Metode Penelitian Tindakan Kelas selain dapat meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, dan membangun sikap dan harga diri juga dapat meningkatkan kesejahteraan para pendidik. Lebih jauh lagi metode ini akan meningkatkan kinerja para pendidik yang pada gilirannya juga meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di negeri ini.
—
Daftar Isi
Bagian I
KONSEP PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Bab 1 PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pengantar
Tujuan
Awal Perkembangan Penelitian Tindakan Kelas
Pengaruh Aliran Filsafat Postmodernisme
Tradisi Penelitian Kualitatif
Apa yang Disebut Penelitian Tindakan Kelas?
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
Rangkuman
Bacaan Lanjutan
Bab 2 KERANGKA FILSAFAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Pengantar
Tujuan
Sejarah Singkat Penelitian Tindakan Kelas
Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas yang Emansipatoris dan
Membebaskan (Liberating)
Refleksi, Refleksi Diri, dan Pembelajaran yang Reflektif
Penelitian Tindakan Kelas dalam Konteks Rasa Percaya Diri dan
Harga Diri
Beberapa Catatan Mengenai Pencapaian Kebenaran dalam Penelitian
Pedoman Etik bagi Guru/Dosen yang Meneliti
Rangkuman
Bacaan Lanjutan
Bab 3 GURU ATAU DOSEN SEBAGAI PENELITI
Pengantar
Tujuan
Mengapa Guru Harus Meneliti?
Penelitian dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Pegangan Guru sebagai Peneliti
Mengapa Dosen Harus Meneliti?
Makna Penelitian Tindakan Kelas bagi Dosen dan Mahasiswa
Rangkuman
Bacaan Lanjutan
Bab 4 MODEL-MODEL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Pengantar
Rangkuman
Bacaan Lanjutan
Bagian II
PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENGANTAR
Bab 5 MENENTUKAN PERMASALAHAN DAN FOKUS PENELITIAN
Tujuan
Masalah dan Fokus Penelitian
Mengidentifikasi Permasalahan Penelitian
Menganalisis Permasalahan Penelitian
Membentuk Kerangka Pemikiran atau Paradigma
Menyusun Hipotesis
Rangkuman
Bacaan Lanjutan
Bab 6 PROSEDUR PENGUMPULAN DATA
Tujuan
Merencanakan Langkah-Langkah Penelitian
Peranan Peneliti sebagai Instrumen Penelitian Tindakan Kelas
Organisasi Penelitian Tindakan Kelas dan Peranan Anggota Tim
Peneliti
Beberapa Hal tentang Observasi
Tiga Fase Observasi
Beberapa Metode Observasi
Observasi Terfokus
Observasi Terstruktur
Observasi Sistematik
Bentuk Lain Teknik Pengumpulan Data
Wawancara
Dokumen sebagai Sumber Data
Rekaman Foto, Slide, Tape, dan Video
Gambaran Umum tentang Pengumpulan Data
Catatan Harian
Berbagai Hal tentang Catatan Lapangan
Rangkuman
Bacaan Lanjutan
Bab 7 ANALISIS DATA LAPANGAN
Beberapa Pandangan Mengenai Analisis Data
Langkah-Langkah Menganalisis Data
Kode dan Mengkoding
Catatan Reflektif
Catatan Pinggir
Pandangan Lain mengenai Analisis Data/Lapangan
Pembuatan Matriks
Rangkuman
Bagian III
KEBERHASILAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Bab 8 VALIDASI DATA DAN KREDIBILITAS
Pengantar
Tujuan
Kredibilitas Sebuah Penelitian
Wacana Mengenai Standar dalam Penelitian Kualitatif
Wacana Validasi dalam Kajian Kualitatif
Wacana Verifikasi dalam Penelitian Tindakan Kelas menurut Borg
dan Gall
Prosedur dan Pelaksanaan Validasi dari Hopkins
Rangkuman
Bacaan Lanjutan
Bab 9 PENAFSIRAN DATA
Pengantar
Problem yang Dihadapi Peneliti Waktu Menafsirkan
Mengonsolidasikan Teori
Mengaplikasikan Teori
Membuat Sintesis
Membuat Persamaan, Analog, dan Metafora
Penafsiran dalam Penelitian Tindakan Kelas Menurut Hopkins
Kesimpulan
Rangkuman
Bab 10 MENYUSUN LAPORAN PENELITIAN
Pengantar
Menyusun Laporan Penelitian secara Umum
Membuat Laporan Penelitian secara Akademik
Menuliskan Laporan Penelitian untuk Jurnal
Penulisan Laporan Penelitian untuk Hibah Penelitian
Daftar Rujukan
Lampiran
Rangkuman
Bacaan Pengayaan
Bab 11 DAMPAK PENELITIAN TINDAKAN KELAS TERHADAP KINERJA
PENDIDIK, SEKOLAH/ PERGURUAN TINGGI, DAN PENDIDIKAN
Pengantar
Tujuan
Wacana Mengenai Pembaruan Pendidikan
Dampak Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru
Dampak Penelitian Tindakan Kelas bagi Dosen
Dampak Penelitian Tindakan Kelas bagi Pembaruan Sekolah
Menyesuaikan Visi Pendidikan Lanjutan (Higher Learning) di
Perguruan Tinggi dengan Tuntutan Masa Depan
Rangkuman
Bacaan Pengayaan
Tags: Desain Penelitian Tindakan Kelas, Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas, Implementasi Penelitian Tindakan Kelas, Instrumen Penelitian Tindakan Kelas, Keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas, Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Penerapan Penelitian Tindakan Kelas dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Refleksi dalam Penelitian Tindakan Kelas, Tujuan Penelitian Tindakan Kelas
Metode Penelitian Tindakan Kelas (Revisi)
Berat | 550 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 671 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 272 Halaman ISBN: 978-602-446-714-2 Sinopsis: Manajemen kelas adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Mengelola kelas merupakan bagian integral… selengkapnya
Rp 103.00020%
Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-642-8 Sinopsis : Keluarga dapat dikatakan sebagai lembaga yang dibentuk atas dorongan manusia untuk berkelompok guna mengatur kehidupan dan mengorganisasi diri dalam upaya mencapai tujuan. Kajian ekonomi keluarga sendiri membahas tentang bagaimana keluarga menghadapi masalah… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: Kisyani-Laksono, Prof., Dr., Tatag Yuli Eko Siswono, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 264 Halaman ISBN: 978-602-446-200-0 Sinopsis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembeljaran di kelas. Selain… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Cepi Triatna, M.Pd., Dr. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-630-5 Sinopsis: Secara teoretis maupun praktis, kajian mengenai pengembangan kapasitas manajemen sekolah masih sangat jarang dilakukan di Indonesia, bahkan di dunia internsional sekalipun. Namun demikian, pengembangan kapasitas manajemen sekolah merupakan tren yang sedang dikaji oleh… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Alsuhendra, Dr., Ir., M.Si., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 284 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-161-4 Sinopsis : Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan. Namun, tidak semua makanan bermanfaat bagi tubuh. Karena berbagai alasan bahan makanan dapat saja mengandung senyawa kimia yang bukan tergolong sebagai zat gizi. Dengan… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Judul : SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT Pengarang : ANNA POEDJIADI, PROF, Dr. Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 167 HLM + X ISBN : 979-692-479-x Sinopsis : Melalui buku ini, penulisnya mengulas dengan jelas kaitan antara sains dan teknologi serta mafaatnya bagi masyarakat, melalui model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Sehingga… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Trisna Andarwulan, S.S., M.Pd., Prima Zulvarina, M.Pd., Milatuz Zakiyah, S.Pd., M.A., Muhammad Hambali, S.S., M.Pd., Fitrahayunitisna, M.Pd., Noveria Anggraeni Fiaji, M.Pd., Mokhamad Jainuri, M.Hum., Lilik Wahyuni, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 168 Halaman ISBN: 978-602-446-366-3 Sinopsis : Buku ini… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Judul : KARYA TULIS INOVATIF: SEBUAH PENGEMBANGAN PROFESI Pengarang : PROF.DR.H. SUDARWAN DANIM Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 164 halaman ISBN : 978-979-692-007-5 Sinopsis : Buku ini dipersembahkan untuk guru yang terus mengembangkan derajat profesionalitas sebagai tenaga pendidik. Untuk tujuan itu, guru, kepala sekolah, dan pengawas diharapkan mampu meningkatkan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Judul : PERENCANAAN PENDIDIKAN Pengarang : UDIN SYAEFUDIN SA’UD,DKK. Tahun : 2005 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 288 hlm. ISBN : 979-692-516-8 Sinopsis: Perencanaan pendidikan menjadi kunci efektivitas kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Namun kenyataannya, perencanaan pendidikan lebih dijadikan faktor pelengkap, sehingga sering terjadi tujuan yang ditetapkan tidak tercapai secara optimal…. selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
KorupsikorupsiMoh. Yamin Cetakan 1, 2016 16 x 24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-721-0 Sinopsis: Korupsi di negeri tercinta ini benar-benar telah menjadi penyakit yang sangat luar biasa destruktif. Korupsi telah meluluhlantakkan sendi-sendi kehidupan berbangsa. Dengan kata lain, korupsi telah membuyarkan masa depan bangsa menuju bangsa yang besar… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.