Penyehatan Manajemen Sekolah
Rp 84.000| Kode | RR.PK0489 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Penyehatan Manajemen Sekolah
Penulis:
Dr. Cepi Triatna, S.Pd., M.Pd.
Dr. Nani Hartini, S.Pd., M.Pd.
Elin Rosalin, S.Pd., M.Pd.
Dr. Suryadi, S.Pd., M.Pd.
Dr. Asep Sudarsyah, M.Pd.
Dr. Endang Herawan, M.Pd.
Cetakan: 1, 2025
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
212 Halaman
ISBN: 978-979-692-xxx-x
Sinopsis:
Penyehatan manajemen sekolah (juga berlaku untuk semua jenis satuan pendidikan: madrasah, pesantren, lembaga/badan diklat, dll.) merupakan upaya untuk menjadikan sekolah sehat (bebas dari penyakit) sehingga sekolah memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan sekolah secara lebih mudah dan efektif. Manajemen sekolah yang sehat akan dicirikan oleh sejumlah indikator kesehatan dalam perencanaan program sekolah, pengorganisasian sumber daya, penganggaran, implementasi program, kepemimpinan, supervisi pembelajaran, dan evaluasi program sekolah.
Buku ini akan menjelaskan secara detail bagaimana prosedur melakukan diagnosis penyakit manajemen sekolah berdasarkan indikator masing-masing fungsi manajemen. Proses selanjutnya adalah mengolah hasil, menganalisis sebab dan akibat, membuat kategori tindak lanjut yang diperlukan berdasarkan hasil analisis, serta melakukan tindak lanjut penyehatan manajemen sekolah.
Kajian mengenai penyehatan manajemen sekolah dalam buku ini tidak saja digunakan dalam perkuliahan yang mengkaji administrasi dan manajemen pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3, tetapi juga sangat bermanfaat untuk digunakan bagi para praktisi, khususnya para calon kepala sekolah, kepala sekolah, pengawas sekolah, pengurus yayasan pendidikan, dan pejabat dinas pendidikan serta konsultan bidang pendidikan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penyehatan manajemen sekolah.
—
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN
A. Pentingnya Penyehatan Organisasi dan Manajemen Pendidikan
B. Urgensi Pendidikan dalam Konteks Mikro, Messo, dan Makro
C. Pelajaran Penting dari Mutu Pendidikan Nasional
BAB II PENYAKIT MANAJEMEN SEKOLAH
A. Penyakit Manajemen Sekolah
B. Penyakit Perencanaan Sekolah
C. Penyakit Pengorganisasian Sumber Daya Sekolah
D. Penyakit Penganggaran Sekolah
E. Penyakit Dalam Pelaksanaan Program Kerja Sekolah
F. Penyakit Supervisi Pembelajaran
G. Penyakit Kepemimpinan Pendidikan
H. Penyakit Evaluasi Program Sekolah
BAB III DIAGNOSIS PENYAKIT MANAJEMEN SEKOLAH
A. Pengertian Diagnosis Penyakit Manajemen Sekolah
B. Tujuan Diagnosis Penyakit Manajemen Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Manajemen Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Manajemen Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Manajemen Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Diagnosis Penyakit Manajemen Sekolah
BAB IV DIAGNOSIS PENYAKIT PERENCANAAN SEKOLAH
A. Pengertian Penyakit Perencanaan Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Perencanaan Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Perencanaan Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Perencanaan Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Perencanaan Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Perencanaan Sekolah
BAB V DIAGNOSIS PENYAKIT PENGANGGARAN SEKOLAH
A. Pengertian Penyakit Penganggaran Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Penganggaran Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Penganggaran Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Penganggaran Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Penganggaran Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Penganggaran Sekolah
BAB VI DIAGNOSIS PENYAKIT PENGORGANISASIAN SUMBERDAYA SEKOLAH
A. Pengertian Penyakit Pengorganisasian Sumberdaya Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Pengorganisasian Sumberdaya Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Pengorganisasian Sumberdaya Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Pengorganisasian Sumberdaya Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Pengorganisasian Sumberdaya Sekolah
F. Tindaklanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Pengorganisasian Sumberdaya Sekolah
BAB VII DIAGNOSIS PENYAKIT IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH
A. Pengertian Penyakit Implementasi Program Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Implementasi Program Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Implementasi Program Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Implementasi Program Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Implementasi Program Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Implementasi Program Sekolah
BAB VIII DIAGNOSIS PENYAKIT KEPEMIMPINAN SEKOLAH
A. Pengertian Penyakit Kepemimpinan Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Kepemimpinan Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Kepemimpinan Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Kepemimpinan Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Kepemimpinan Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Kepemimpinan Sekolah
BAB IX DIAGNOSIS PENYAKIT SUPERVISI PEMBELAJARAN
A. Pengertian Penyakit Supervisi Pembelajaran di Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Supervisi Pembelajaran di Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Supervisi Pembelajaran
D. Hasil Diagnosis Penyakit Supervisi Pembelajaran
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Supervisi Pembelajaran di Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Supervisi Pembelajaran di Sekolah
BAB X DIAGNOSIS PENYAKIT EVALUASI PROGRAM SEKOLAH
A. Pengertian Penyakit Evaluasi Program Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Evaluasi Program Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Evaluasi Program Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Evaluasi Program Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Evaluasi Program Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Evaluasi Program Sekolah
BAB XI PENYEHATAN ORGANISASI
A. Organisasi Sehat VS Organisasi Sakit
B. Karakteristik Organisasi Sehat VS Karakteristik Organisasi Sakit
C. Arah Penyehatan Organisasi dan Manajemen Lembaga
D. Upaya-upaya Penyehatan Manajemen dan Organisasi
BAB XII PENYEHATAN ORGANISASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
A. Pemeliharaan dan Penyehatan Manajemen Satuan Pendidikan
B. Tujuan Pemeliharaan dan Penyehatan Kesehatan Manajemen Satuan Pendidikan
C. Prinsip Pemeliharaan dan Penyehatan Manajemen Satuan Pendidikan
D. Mekanisme Pemeliharaan dan Penyehatan Manajemen Satuan Pendidikan
E. Tugas dan Tanggungjawab Pemeliharaan dan Penyehatan Manajemen Satuan Pendidikan
Penyehatan Manajemen Sekolah
| Berat | 400 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 976 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Abdul Madjid. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 352 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-460-8 Sinopsis: Ada banyak persoalan yang dihadapi guru pada waktu ia berdiri di depan kelas. Berbagai alternatif penyelesaian masalah tersebut juga sudah banyak dibahas dalam berbagai forum ilmiah. Kenyataannya persoalan-persoalan pendidikan tak kunjung habis, datang silih berganti…. selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 285 HLM + xiii ISBN : 979-692-385- Sinopsis : Psikologi merupakan suatu disiplin ilmu yang dalam waktu bersamaan menempatkan manusia pada dua posisi sekaligus: sebagai subjek dan sebagai objek. Sebagai subjek manusia menjadi pelaku aktif… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Judul : Administrasi & Supervisi Pendidikan Pengarang : M. Ngalim Purwanto Tahun : Cet 24, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 236 halaman ISBN : 979-514-039-6 Sinopsis: Pokok-pokok materi yang diuraikan dalam buku ini antara lain konsep administrasi pendidikan dalam hubungannya dengan ilmu administrasi, bidang-bidang garapan administrasi pendidikan, kepemimpinan dalam pendidikan,… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Abdul Madjid, M.Pd. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 388 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-120-1 Sinopsis : Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa/mahasiswa mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi yang syarat dengan muatan nilai-nilai (Ilahiah, insaniah dan alamiah). Dalam konteks NKRI yang… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Judul : DASAR-DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM Pengarang : OEMAR HAMALIK Tahun : Cet-1, 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 288 Hlm ISBN : 97-692-210-x Sinopsis: Sejatinya, kurikulum tidak hanya berisi serangkaian petunjuk teknis materi pembelajaran. Lebih dari itu, kurikulum merupakan sebuah program terencana dan menyeluruh, yang menggambarkan kualitas pendidikan sebuah bangsa. Dengan sendirinya, kurikulum memegang… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Amos Neolaka, Prof., Dr., Ir., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 244 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-575-9 Sinopsis : Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan keingintahuan yang sangat besar. Oleh karena itulah tercipta ilmu pengetahuan. Saat ini, kepaduan antara ilmu pengetahuan dan penelitian sangat erat. Ilmu dan penelitian diibaratkan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Alsuhendra, Dr., Ir., M.Si., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 284 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-161-4 Sinopsis : Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan. Namun, tidak semua makanan bermanfaat bagi tubuh. Karena berbagai alasan bahan makanan dapat saja mengandung senyawa kimia yang bukan tergolong sebagai zat gizi. Dengan… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 156 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-089-1 Sinopsis: Tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) secara substansial adalah mengasuh, membimbing, mendorong, mengusahakan, dan menumbuhkembangkan manusia takwa. Ketakwaan merupakan high concept dalam arti memiliki banyak dimensi dan merupakan suatu kondisi yang pencapaiannya… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Penulis: Helmawati, DR., S.E., M.Pd.I. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-330-4 Sinopsis : Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau keterampilan berpikir kritis (HOTS/Higher Order Thingking Skills) dibutuhkan pada masa mendatang. Di era revolusi industri 4.0, keterampilan menganalisis dan mengambil keputusan… selengkapnya
Rp 92.800 Rp 116.00020%
Penulis: Sri Suhita, Dra., M.Pd. dan Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-271-0 Sinopsis: Apakah menikmati dan mengapresiasi sastra merupakan sesuatu yang sulit bagi mahasiswa baru? Apa ia membutuhkan persiapan khusus? Tidak semua orang… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.