Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk PGSD dan PGMI
Rp 42.400 Rp 53.000| Kode | RR.PK0443 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk PGSD dan PGMI
Penulis: Rohmat Widiyanto, M.Pd.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
144 Halaman
ISBN: 978-602-446-445-5
Sinopsis:
Proses pendidikan merupakan rangkaian kegiatan yang sangat kompleks dan luas cakupannya. Apabila kita berbicara tentang pendidikan maka kita tidak akan pernah lepas dari aktivitas belajar ataupun proses pembelajaran serta muatan materi ajar yang dipelajari apapun itu termasuk salah satu materi Kajian IPS di MI/SD.
Buku ini menyajikan konsep dasar munculnya IPS di Indonesia, kajian Fakta, Konsep dan Generalisasi, dimensi dalam pendidikan IPS sampai dengan materi kajian IPS yang diajarkan di sekolah dasar/madrasah hingga implementasi kurikulum dan pengembangannya.
———-
Daftar Isi
BAB 1
Hakikat IPS Dan Karakteristik Pendidikan IPS
A. Latar Belakang IPS
B. Hubungan IPS dengan Ilmu Sosial
C. Tujuan Pendidikan IPS: 10
Daftar Pustaka
BAB 2
Fakta, Konsep Dan Generalisasi Dalam IPS
A. Pengertian Fakta dan Contoh Fakta
B. Pengertian Konsep Dan Contoh Konsep
C. Pengertian Generalisasi dan Contoh Generalisasi
Daftar Pustaka
BAB 3
Kajian IPS MI/SD
A. Pendekatan Lingkungan dalam Pengembangan Materi
IPS MI/SD
B. Pendekatan Spiral dalam Pengembangan Materi
IPS MI/SD
C. Pendekatan Keterampilan Proses Sosial
Daftar Pustaka
BAB 4
Dimensi Dalam Pendidikan IPS
A. Dimensi Pengetahuan
B. Dimensi Keterampilan
Daftar Pustaka
BAB 5
Keterampilan Dasar Dalam Ilmu-Ilmu Sosial
A. Keterampilan Bertanya
B. Keterampilan Menyusun dan Menguji Generalisasi
Daftar Pustaka
BAB 6
Keragaman Sosial, Ekonomi, Pendidikan Budaya Dalam Masyarakat Indonesia
A. Keragaman Budaya
C. Keragaman Ekonomi
D. Keragaman dalam Pendidikan
Daftar Pustaka
BAB 7
Hubungan Manusa Terhadap Kondisi Geogerafis Kehidupan Sosial, Budaya, Ekonomi, Dan Masyarakat Indonesia
Kondisi Geografis Indonesia
Daftar Pustaka
BAB 8
Kajian IPS MI/SD
A. Lembaga Politik
B. Lembaga Yudikatif
C. Pemerintah Pusat
Daftar Pustaka
Bab 9
Perspektif dan Isu-Isu Global dalam IPS
A. Pengertian Kesadaran Perspektif
B. Kesadaran akan Planet Bumi
C. Dinamika Global
Daftar Pustaka
Bab 10
Dinamika Interaksi Manusia
Dinamika Kehidupan Manusia dalam Perekonomian
Daftar Pustaka
Bab 11
HAM, Demokrasi Konstitusional, dan Penegakan Hukum
A. Hak Asasi Manusia
B. Kedaulatan Rakyat
C. Keabsahan Keluasan Demoikratis
D. Pendidikan Kewarganegaraan
Daftar Pustaka
Bab 12
Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran IPS di MI/SD
A. Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran IPS SD/MI
B. Model Pembelajaran IPS SD/MI
C. Ruang Lingkup Kajian IPS di SD/MI
D. Hakekat Evaluasi Pembelajaran MI/SD
Tags: Evaluasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Sosial, IPS untuk PGSD dan PGMI, Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial, Manfaat Ilmu Pengetahuan Sosial, Materi Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial, Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk PGSD dan PGMI
| Berat | 350 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.089 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Sukiman, Dr., S.Ag., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 264 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-628-2 Sinopsis : Dunia Pendidikan saat ini dihadapkan pada tuntutan masyarakat untuk dapat menghasilkan para lulusan yang berkualitas tinggi dan mampu bersaing pada era globalisasi. Selain itu, juga memiliki bekal pengetahuan agama, moral, dan akhlak… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Dr. Sigit Purnama, M.Pd. Dr. Ellyn Sugeng Desyanti, M.Pd. Alucyana, M.Psi., Psikolog. Ratna Pangastuti, M.Pd.I. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 276 Halaman ISBN: 978-602-446-570-4 Sinopsis: Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Heru Kurniawan Cetakan 1, 2013 16×24 cm 172 hlm. Isi: HVS 70 gram; Sampul: AC 210 ISBN: 978-979-692-183-6 Sinopsis: Budaya literasi, terutama membaca dan menulis anak di Indonesia masih sangat rendah. Padahal membaca dan menulis merupakan hal penting dalam proses belajar anak. Membaca berkaitan dengan jalan yang harus dilakukan dalam meng-input ilmu pengetahuan, sedangkan menulis… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Penulis: Nanang Priatna, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 352 Halaman ISBN: 978-602-446-304-5 Sinopsis : Mengapa matematika diakui sebagai tolok ukur utama untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang? Hal ini sesuai dengan karakteristik matematika sebagai ilmu yang bersifat… selengkapnya
Rp 100.800 Rp 126.00020%
Warsono, M.S., Prof., Dr. – Haryanto, Drs., M.S. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 324 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-121-8 Sinopsis: Model pembelajaran aktif merupakan alternatif yang harus diperhatikan jika kualitas lulusan ingin diperbaiki. Penggunaan cara-cara pembelajaran aktif baik sepenuhnya atau sebagai pelengkap cara-cara belajar tradisional akan meningkatkan kualitas pembelajaran…. selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Prof. Dr. Dedy Mulyasana, M.Pd. 16 x 24 cm – 252 hlm Kertas Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 3, 2015 ISBN: 978-979-692-064-8 Sinopsis: Di masa kini, diperlukan lembaga pendidikan yang bermutu. Lantas bagaimana cara menciptakan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing? Buku ini memaparkan konsep manajemen strategis yang berperan menciptakan pendidikan berdaya… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Ridwan Abdullah Sani, Dr., M.Si., Kaharuddin Arafah, M.Si., Ishak Aziz, Dr., M.Pd., Ratna Tanjung, Dra., M.Pd., Hary Suswanto, Dr., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 380 Halaman ISBN: 978-602-446-430-1 Sinopsis: Buku ini ditulis oleh tim dosen yang mengampu mata kuliah Evaluasi… selengkapnya
Rp 108.000 Rp 135.000Irika Widiasanti, M.T., Ir., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 180 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-130-0 Sinopsis : Konstruksi dan kemampuan untuk membangun merupakan keterampilan tertua manusia karena keterampilan membangunlah yang membedakan Homo sapiens dari spesies lain pada zaman prasejarah. Ketika masyarakat mulai berkembang lebih terorganisasi, kemampuan membangun pun… selengkapnya
Rp 54.00020%
Judul : PERENCANAAN PENDIDIKAN Pengarang : UDIN SYAEFUDIN SA’UD,DKK. Tahun : 2005 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 288 hlm. ISBN : 979-692-516-8 Sinopsis: Perencanaan pendidikan menjadi kunci efektivitas kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Namun kenyataannya, perencanaan pendidikan lebih dijadikan faktor pelengkap, sehingga sering terjadi tujuan yang ditetapkan tidak tercapai secara optimal…. selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Judul : SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT Pengarang : ANNA POEDJIADI, PROF, Dr. Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 167 HLM + X ISBN : 979-692-479-x Sinopsis : Melalui buku ini, penulisnya mengulas dengan jelas kaitan antara sains dan teknologi serta mafaatnya bagi masyarakat, melalui model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Sehingga… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.